Al-Quran
al-quran

Al-Quran merupakan kompilasi wahyu verbal yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw selama dua puluh tiga tahun. Al-Qur’an adalah kitab Suci umat Islam. Al-Qur’an menetapkan bagi mereka hukum dan perintah-perintah, aturan-aturan perilaku sosial dan akhlak mereka dan mengandung filosofi agama yang komprehensif. Bahasa Al-Qur’an adalah bahasa Arab.

Selain nama utama, Al-Quran juga dikenal dengan nama-nama berikut: Al-Kitab (Kitab); Al-Furqan (Pembeda); Adz-Dzikir (Peringatan); Al-Bayan (Penerangan); Al-Burhan (Penjelasan); Al-Haqq (Kebenaran); At-Tanzil (Yang Diturunkan); Al-Hikmah (Kebijaksanaan); Al-Huda (Petunjuk); Al-Hukm Peraturan/hukum); Al-Mau’izah (Nasehat); Ar-Rahmat (Karunia); An-Nuur (Cahaya); Ar-Ruuh (Firman)

Surah dan Ayat

Al-Quran dibagi menjadi 114 Surah dan masing-masing surah terdiri dari ayat-ayat. Ada 6.348 ayat di dalam Al-Quran. Panjang surah berbeda-beda, beberapa surah ada yang hanya beberapa baris saja dan surah lainnya mencapai banyak halaman. Surah Al-Baqarah (Surah ke-2) adalah Surah yang terpanjang, terdiri dari 287 ayat sedangkan Surah Al-Kautsar (Surah ke-108) adalah surah terpendek dengan hanya terdiri dari empat ayat termasuk basmalah.

Teks Al-Qur’an tetap tidak mengalami perubahan selama 1400 tahun. Jutaan Al-Quran yang beredar di dunia saat ini semuanya sama huruf demi hurufnya. Hal ini tidak mengherankan karena Allah telah berfirman dalam Al-Qur’an bahwa Dia sendiri yang akan menjaga kitab ini:

إِنّا نَحنُ نَزَّلنَا الذِّكرَ وَإِنّا لَهُ لَحافِظونَ

“Sesungguhnya, Kami Yang telah menurunkan Peringatan Alquran ini, dan sesungguhnya Kami baginya adala Pemelihara. (15:10)

Apa Kandungan Al-Quran?

Bagi umat Islam, Al-Quran adalah firman Allah yang berisi panduan lengkap bagi umat Islam. Sebagian besar Al-Qur’an berisi tentang Tuhan, sifat-sifat-Nya dan hubungan manusia dengan Tuhan. Tetapi Al-Qur’an juga mengandung petunjuk bagi pengikutnya, catatan sejarah nabi-nabi dan masyarakat, argumen tentang Nabi Muhammad saw sebagai nabi yang benar dan kabar suka bagi orang-orang yang beriman dan peringatan bagi orang-orang kafir. Secara garis besar, isi Al-Qur’an dapat dikelompokkan ke dalam lima kategori utama:

  • Sifat Dunia Kerohanian
  • Hukum dan Perintah
  • Sejarah
  • Hikmah Kebijaksanaan
  • Nubuatan

Terjemahan Al-Quran Dalam Berbagai Bahasa

Baca Online di Quran Browser

Terjemahan Dalam Format PDF

Baca atau Download Tafsir Al-Qur’an (Urdu dan Inggris)

(Visited 588 times, 1 visits today)