Kewafatan Nabi Isa ibnu Maryam as.


2. Beberapa Penjelasan Hadits

Walaupun ada lagi keterangan-keterangan Al-Quranul-Majid yang menjelaskan bahwa Nabi Isa ‘alaihis salam sudah wafat, akan tetapi cukuplah rasanya dengan 6 keterangan tersebut. Sekarang marilah kita renungkan pula sabda Nabi kita Al-Mushthafa Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam berkenaan dengan hal yang sedang kita bahas ini:

(1) Nabi kita Al-Mushthafa Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

2. BEBERAPA PENJELASAN HADIS_Hujajul-Kiramahhal428

“Sebenarnya Isa ibnu Maryam telah hidup dalam 120 tahun” (Ath- Thabrani dalam Al-Mustadrak, Hujajul-Kiramah, hal. 428)

Berkenaan dengan Hadis ini ada pernyataan sebagai berikut:

2. BEBERAPA PENJELASAN HADIS_hadis dipercaya

“Orang-orang yang meriwayatkan Hadis ini dipercayai dan Hadis ini diriwayatkan dari beberapa jalan.”

Jadi, Hadis yang shahih ini memastikan bahwa usia Nabi Isa ‘alaihis salam 120 tahun – orang yang mengatakan bahwa beliau masih hidup dan berumur lebih 2000 tahun tentu pengakuannya berlawanan dengan Hadis yang shahih ini – Pendapat manakah yang mau diikuti, sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam atau pendapat ulama? Ahmadiyah memilih sabda Rasulullah Sayyidina Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam saja.

(2) Nabi kita Al-Mushthafa Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

2. BEBERAPA PENJELASAN HADIS_Al-Yawaqitu wal-JawahirJilidIIhal22

“Jika Musa dan Isa itu hidup tentu keduanya mengikuti aku” (Al-Yawaqitu wal-Jawahir, Jilid II, hal. 22).

Kata “jikalau hidup” itu menyatakan bahwa Nabi Musa ‘alaihis salam pun tidak hidup dan Nabi Isa ‘alaihis salam pun juga tidak hidup lagi.

(3) Tatkala Nabi kita Al-Mushthafa Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam telah naik mi’raj, beliau berjumpa dengan Nabi adam ‘alaihis salam, Nabi Yahya ‘alaihis salam, Nabi Isa ‘alaihis salam, Nabi Yusuf ‘alaihis salam, Nabi Ibrahim ‘alaihis salam, Nabi Musa ‘alaihis salam telah diakui bahwa mereka berjumpa dengan ruh mereka itu, bukan melihat tubuh mereka seperti tubuh kita ini.

Maka nyatalah sudah bahwa Nabi Isa ‘alaihis salam pun sudah wafat seperti para Nabi lainnya. Tidak ada dalam Hadis yang shahih bahwa Nabi Isa ‘alaihis salam telah dilihat dengan tubuh kasarnya. Jadi, sebagaimana Nabi-nabi lain dilihat, begitu juga Nabi Isa ‘alaihis salam dilihat, maka sudah tentu bahwa sebagaimana Nabi-nabi lain sudah wafat, begitu juga Nabi Isa ‘alaihis salam juga sudah wafat.

(4) Tatkala Nabi kita Al-Mushthafa Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam hampir wafat, beliau bersabda:

2. BEBERAPA PENJELASAN HADIS_BukhariJuz IIIbabMaridhun-Nabi

“Kutukan Tuhan bagi orang-orang Yahudi dan Kristiani karena mereka menjadikan kuburan Nabi-nabi mereka itu masjid” (Al-Bukhari, Juz III, bab Maridhun-Nabi)

Hadis ini menyatakan bahwa Nabi Isa ‘alaihis salam sudah wafat dan sudah dikuburkan. Hadis ini juga menyatakan bahwa orang-orang Nasrani sudah menjadikan kuburan Nabi Isa itu sebagai masjid – dimana kuburan itu? Nabi kita Sayyidina Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak menjelaskan.

Inilah sepuluh keterangan Al-Quranul-Majid dan Hadis Nabi yang menunjukkan bahwa Nabi Isa ‘alaihis salam itu sudah wafat.

[⇑]


(Visited 139 times, 1 visits today)