PROGRAM JEMAAT AHMADIYAH

Masalah yang kedua berhubungan dengan program atau rencana kerja. Mengenai hai inipun Jemaat Ahmadiyah mempunyai satu program bersama, sedangkan tidak ada satu Jamaah lain yang mempunyai serupa ini. Jemaat Ahmadiyah di tiap-tiap negeri melancarkan perlawanan yang sengit dengan segala kewaspadaannya terhadap serangan-serangan dari kaum Kristen. Dewasa ini bagian dunia yang terlemah dan dalam beberapa hal terkuat adalah benua Afrika, kaum Kristen pada saat ini telah mengarahkan segenap kekuasaannya untuk menanam pengaruhnya di Afrika. Dengan terang-terangan mereka sekarang menyatakan maksud dan tujuannya. Mulanya hanya terbatas di kalangan padri saja yang menaruh perhatian kesana, kemudian timbul minat pada Partai Konservatif (Conservative Party) Kerajaan Inggris dan sekarang Partai Buruh (Labour Party)-nya telah mengumumkan, bahwa keselamatan Eropa sekarang tergantung kepada kemajuan dan kedaulatan Afrika. Akan tetapi Eropa berpendapat, bahwa kemajuan dan kedaulatan ini baru akan berfaedah kepada Eropa apabila seluruh penduduk Afrika memeluk agama Kristen. Rahasia ini sudah tercium oleh Ahmadiyah semenjak 24 tahun yang lalu dan segera pada saat itu juga, mengirimkan muballighnya ke sana. Dengan tindakan yang cepat ini, ribuan orang-orang yang tadinya memeluk agama Kristen telah keluar dari agama itu kemudian memeluk agama Islam.

Dewasa ini hanya Jemaat Ahmadiyah satu-satunya Jamaah Islam yang paling terorganisasi. Orang-orang Nasrani mulai menghindarkan diri uantuk berhadapan dengan orang-orang Ahmadiyah. Di dalam karangan-karangan mereka berturut-turut mereka nyatakan hal ini, bahwa Jemaat Ahmadiyah telah menggagalkan usaha dan daya upaya padri-padri. Kegiatan tabligh ini di Afrika Barat juga telah berlangsung semenjak bertahun-tahun. Walaupun di wilayah itu kegiatan-kegiatan baru menginjak taraf permulaan dan oleh sebab itu hasilnya tidak begitu gemilang seperti halnya di Afrika timur, akan tetapi meskipun demikian, sudah mulai ada beberapa orang Kristen masuk Islam. Mudah-mudahan di dalam beberapa tahun lagi di sini juga para muballigh kami dapat menunjukkan hasil usaha yang amat gemilang.

Di Indonesia dan Malaysia pun sudah sejak lama berdiri misi Ahmadiyah yang giat berusaha mengurungkan niat orang-orang yang hendak melarikan diri dari Islam lalu mengumpulkan dan mempersatukan mereka untuk menghadapi lawan.

Diantara negara-negara Kristen, Amerika Serikat terhitung yang terkuat. Disana pun sejak 24 tahun yang lalu, muballigh Ahmadiyah beroperasi dan ribuan penduduk Amerika telah menjadi Ahmadi. Mereka tiap-tiap tahun membelanjakan ribuan dollar untuk keperluan tabligh Islam. Jika dibandingkan dengan kekayaan yang melimpah ruah di Amerika, maka jumlah ini tidak seberapa artinya. Begitu juga dengan kegiatan padri-padri di sana, maka daya upaya kami masih kerdil sekali. Tetapi pokoknya perlawanan sudah kami mulai dan berangsur-angsur kemenangan ada di pihak kami. Buktinya, kami dapat memboyong orang-orang dari umat Nasrani itu dan masuk ke dalam lingkungan kami, sebaliknya tidak seorangpun dari orang-orang kami yang tertarik oleh mereka.

Jadi hendaknya jangan mengatakan bahwa mengapa Ahmadiyah telah mendirikan Jamaah baru yang sebelumnya tidak ada. Apakah hal ini patut dicela ataukah patut dihargai?

(Visited 67 times, 1 visits today)