Kutipan Khotbah Jumat

Sayyidina Amirul Mu’minin Hadhrat Mirza Masroor Ahmad

 Khalifatul Masih al-Khaamis ayyadahullaahu Ta’ala binashrihil ‘aziiz

Tanggal 08 November 2013 di Nagoya, Jepang

أشْهَدُ أنْ لا إله إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لا شَرِيك لَهُ ، وأشْهَدُ أنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ.

أما بعد فأعوذ بالله من الشيطان الرجيم.

بسْمِ الله الرَّحْمَن الرَّحيم * الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمينَ * الرَّحْمَن الرَّحيم * مَالك يَوْم الدِّين * إيَّاكَ نَعْبُدُ وَإيَّاكَ نَسْتَعينُ * اهْدنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقيمَ * صِرَاط الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْر الْمَغْضُوب عَلَيْهمْ وَلا الضَّالِّينَ. (آمين)

 

Kutipan Lengkap bahasan mengenai Tahrik Jadid

Tetapi, bersamaan dengan itu, ini pun hendak saya sampaikan, karunia Allah Ta’ala yang sedang turun kepada Jemaat Ahmadiyah di setiap tempat di seluruh dunia adalah jawaban nyata Allah Ta’ala atas gemuruhnya teriakan slogan-slogan tidak bermoral para penentang Jemaat Ahmadiyah yang mereka lakukan di masa hidup Hadhrat Mushlih Mau’ud, Khalifatul Masih II r.a. Karunia Allah Ta’ala itu juga merupakan penampakan dukungan Allah Ta’ala serta kesaksian-Nya secara nyata terhadap Jemaat Ahmadiyah. Pada masa Hudhur II ra, para penentang dalam suara teriakannya bertekad memporak-porandakan bumi Qadian dan, na’uudzubillaah, menghancur-leburkan Jemaat Ahmadiyah.[1] Pada waktu itu, tepatnya pada 1934, Hadhrat Mushlih Mau’ud r.a. meletakkan pondasi Tahrik Jadid, dan bersabda bahwa jawaban terhadap gerakan slogan-slogan anti Jemaat Ahmadiyah yang sedang bergemuruh pada waktu itu adalah Tabligh menyebar-luaskan Jemaat Ahmadiyah ke seluruh dunia.[2]

Oleh karena itulah, para anggota Jemaat sejak waktu itu dengan semangat membara penuh keikhlasan mulai tampil untuk menyerahkan pengorbanan harta dan Jemaat Ahmadiyah, Islam sejati, mulai menyebar ke berbagai negara di dunia Internasional. Muballighin dikirim kel uar negeri, masjid-masjid dibangun, karya untuk pengkhidmatan terhadap kemanusiaan mulai dilakukan dengan membangun Rumah-rumah Sakit dan sekolah-sekolah. Orang-orang yang pernah bertekad keras untuk memporak-porandakan Qadian itu, sampai sekarang keadaan mereka tidak tahu dimana rimbanya, apakah masih bertahan nama atau sisa-sisa wujud mereka atau semua sudah binasa, akan tetapi Jemaat Ahmadiyah sampai sekarang segar-bugar dan telah berdiri tegak dalam 200 negara lebih di seluruh dunia.

Setiap tahun banyak sekali masjid yang dibangun. Setiap tahun ratusan ribu manusia masuk ke dalam pangkuan Islam melalui Jemaat Ahmadiyah. Jemaat Jepang juga telah mendapat anugerah nikmat berupa sebuah masjid, yang secara lahirnya tidak nampak sedikitpun kemungkinan untuk mendapatkannya dalam tempo yang sangat singkat. Maka atas karunia ini kita harus selalu bersyukur sambil menundukkan kepala kita di hadapan Allah Ta’ala, dan hak-hak utamanya tiada lain adalah kita harus mengadakan perobahan yang bersih dalam diri kita yang dapat diterima di sisi Allah Ta’ala . Untuk itu semoga Allah Ta’ala memberi taufiq kepada kita semua. Amin.

Karunia Allah Ta’ala yang sedang nampak dari Tahrik Jadid juga kita harus mengungkapkannya dengan rasa syukur dan demikian penting mensyukuri nikmat-nikmat Allah Ta’ala yang turun melalui Tahrik Jadid ini kita harus selalu menyebutkannya. Kebetulan tahun baru Tahrik Jadid dimulai di saat saya sedang dalam lawatan ke luar negeri. Atau katakanlah, tahun perjanjian Tahrik Jadid tahun ini berakhir dalam lawatan saya ke Australia dan ke negara-negara Timur Jauh, dimana kita telah menyaksikan pemandangan nikmat-nikmat Allah Ta’ala yang tidak terhitung banyaknya. Pemandangan nikmat-nikmat Allah Ta’ala dalam lawatan ini bukan semata-mata hasil dari usaha kita. Penjelasannya secara rinci, insya Allah akan saya sampaikan di waktu lain.

Sekarang, sebagaimana telah saya katakan bahwa tahun perjanjian Tahrik Jadid sudah berakhir. Saya telah memutuskan untuk pengumuman awal periode baru Tahrik Jadid ini disampaikan dari Jepang. Maka pada waktu ini laporan secara ringkas, yang seperti biasa saya sampaikan, akan disampaikan kemudian, setelah itu dimulainya perjanjian Tahrik Jadid tahun ke-80 akan saya umumkan, insya Allah. Sesuai dengan laporan yang saya terima sampai sekarang – perlu diketahui pula bahwa laporan dari beberapa Negara belum diterima-bahwa Jemaat mendapat taufik berkorban harta untuk candah Tahrik Jadid tahun lalu sebanyak £ 7.869.100 Pound Sterling terdapat peningkatan £ 650,000 lebih banyak dari tahun sebelumnya. Penambahan ini boleh jadi lebih banyak dari itu karena dalam mata uang lokal di tiap negara telah sangat banyak, akan tetapi banyak mata uang lokal negara-negara menjadi kecil bila dibanding dengan nilai tukar Pound Sterling, akibatnya, terlihat penambahan begitu kecil, walau dilihat dari negara-negara itu, penambahan telah sangat besar.

Pakistan masih bertahan menduduki rangking pertama untuk seluruh dunia, dan untuk negara-negara luar Pakistan susunannya adalah sebagai berikut: Pertama Jerman, kedua USA (Amerika Serikat), ketiga UK, keempat India, kelima Indonesia, kemudian Australia, dua negara Arab, Ghana dan Switzerland. Dengan karunia Allah Ta’ala Jemaat Jerman telah jauh melompat ke depan dan meningkatkan pemasukan Tahrik Jadid €350,000 lebih banyak dari tahun yang lalu, dan mereka telah menerima pemasukan £182,000 lebih banyak dari USA. Amerika Serikat mengumpulkan candah £75.000 lebih banyak dibanding UK. Sedangkan Jemaat UK mengumpulkan candah Tahrik Jadid £400,000 lebih unggul dari Jemaat Kanada.

Bila saja Jemaat Jerman menerima pemasukan lebih banyak dari tahun lalu, Amir Jemaat Jerman bersama anggota Pengurusnya selalu mengemukakan kekhawatiran semenjak saya menetapkan larangan mengambil candah dari para Ahmadi yang bekerja di tempat dimana dijual barang-barang haram, misalnya daging babi atau minuman arak. Mereka khawatir pemasukan candah mereka akan berkurang. Tahun pertama ketika beliau menyatakan kekhawatiran maka pemasukan candah mereka malahan meningkat beratus ribu Uero, dan tidak pernah mengalami susut. Di tahun ini hanya pemasukan Tahrik Jadid saja €350,000 lebih banyak dari tahun lalu. Semoga Allah Ta’ala memberkati harta, iman dan keluarga mereka.

Dari segi penerimaan per kapita (per orang) USA tampil rangking pertama, kemudian Switzerland, Australia, Jepang, UK (Inggeris), Jerman, Norwegia, Perancis, Belgia dan Kanada. Dari segi mata uang lokal, peningkatan pemasukan yang paling banyak adalah Ghana, Jerman, Australia, Pakistan, Kanada, India dan USA. Pada tahun ini saya telah menganjurkan agar jumlah pejanji Tahrik Jadid ditingkatkan sebanyak mungkin. Maka tahun ini jumlah pejanji bertambah 225.000 orang. Dengan karunia Allah Ta’ala jumlah pejanji seluruhnya sebanyak 1.134.000 orang. Dari antara negara-negara Afrika dari segi jumlah pemasukan candah Tahrik Jadid, yang terbanyak pertama adalah Ghana, disusul oleh Nigeria, Mauritius, Burkina Faso, Tanzania, Gambia, Benin, Kenya, Serra Leone dan Uganda. Jemaat Sierra Leone telah berusaha meningkatkan jumlah pejanji Tahrik Jadid terbanyak di seluruh Afrika dan diikuti oleh Mali, Burkina Faso, Gambia, Benin, Senegal, Liberia, Uganda dan Tanzania.

Daftar awwal mujahidin [orang-orang pertama yang berjanji saat baru diumumkannya program] Tahrik Jadid dengan karunia Allah masih hidup sejumlah 1261 orang.[3] Di Pakistan tiga buah Jemaat terbesar adalah Lahore, Rabwah dan Karachi. Selain itu ada 10 Jemaat besar yaitu Islamabad (ibukota negara Pakistan), Rawalpindi, Multan, Quetta, Syaikhupura, Peshawar, Haidarabad, Bahawalnagar, Okarah, Nawabshah. Dari segi total pemasukan, Jemaat di Jerman ialah Nowes, Rodermark, Koln, Haderburg, Koblez, Darsh, Mahdi abad, Deinegarten, Wasenburg dan Nida. Di level propinsi, dari segi pemasukan: Darmstd, Hamburg, Frankfurt, Grossgrou, Wezbaden, Morvalden, Waldarfatd, Offenbach, Meinheim, Reidstadt, Wedisen.

Jemaat-Jemaat terpenting di USA adalah Los Angelos, Inland Empire, Silicon Valley, Detroit, Harrisburge, Los Angelos East, Colombus, Seattle, Los Angelos West, Silver Spring and Pheonix. Di UK (Britania), Jemaat-Jemaat berikut ini adalah sepuluh Jemaat paling utama yaitu Fazle Mosque, West Hill, New Malden, Worcester Park, Raynes Park, Birmingham Central, Mosque West, Baitul Futuh,Thornton Heath and Cheam. Menurut Region adalah London, North East, Midlands, South, Middlesex.

Jemaat paling maju di Kanada adalah Peace Village, Calgary, Vaughan, Vancouver, Edmonton, Durham, Ottawa, Saskatoon and Lloydminster. Sepuluh Jemaat utama di India adalah Jemaat Kerala (Propinsi/Negara Bagian Kerala), Kalikut (Kerala), Hyderabad, Andhra Pradesh, Kananoor Town (Kerala), Wangadi (Kerala), Qadian (Punjab), Kalkutta (Bengal), Yadgir (Karnataka), Chennai (Tamil Nadu) dan Matha Town (Kerala).

Tahun ini Jemaat Kababir (Haifa, dalam wilayah pemerintahan Israel, mayoritas adalah asli Arab) telah menuliskan laporan saat tahu bahwa pengumuman Tahrik Jadid disampaikan dari Jepang, mereka menambahkan dua kali lipat dalam jumlah pengorbanan mereka. Jemaat Kababir adalah Jemaat terbesar dari antara negara-negara Arab. Pengorbanan mereka di tahun ini mencapai € 20.000. Semoga Allah Ta’ala memberkati jiwa-jiwa dan harta benda mereka, dan meningkatkan iman yang telah ikut serta dalam semua pengorbanan apapun dan yang telah mengambil bagian dalam candah Tahrik Jadid. Semoga semua pengorbanan itu semata-mata demi meraih ridha Allah Ta’ala dan Allah Ta’ala menerimanya. آمين Aamiin.

[1] Tarikh Ahmadiyyah jilid 6, halaman 177

[2] Khotbah Jumat 23 November 1934, Al-Fadhl Qadian, jilid 22 nomor 66, tanggal 29 November 1934, halaman 113-114

[3] Angka 1261 ini kami dapatkan dari website resmi Jemaat bahasa Arab. Berdasarkan data pada khotbah Jumat November 9-11-2012, jumlah yang masih hidup di periode itu ialah 285. Jadi, kemungkinan angka 1261 adalah salah melainkan 261.