Khotbah Jumat

Sayyidina Amirul Mu’minin Hadhrat Mirza Masroor Ahmad

 Khalifatul Masih al-Khaamis ayyadahullaahu Ta’ala binashrihil ‘aziiz [1]

Tanggal 16 September 2011 di Masjid Baitul Futuh, UK.

أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك لـه، وأشهد أن محمّدًا عبده ورسوله. أما بعد فأعوذ بالله من الشيطان الرّجيم.

 بسْمِ الله الرَّحْمَن الرَّحيم* الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمينَ * الرَّحْمَن الرَّحيم * مَالك يَوْم الدِّين * إيَّاكَ نَعْبُدُ وَإيَّاكَ نَسْتَعينُ * اهْدنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقيمَ * صِرَاط الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْر الْمَغْضُوب عَلَيْهمْ وَلا الضَّالِّينَ،

[آمين. ]

 

Hudhur menyampaikan Khutbah Jumat pada Ijtima khudam dan Lajnah Jerman hari ini. Hudhur juga mengatakan hari ini juga awal dari Ijtima Khudam UK dan juga Jalsah dan Ijtima yang diadakan Negara-Negara lain. Semoga pertemuan ini menjadi sukses dengan mendapat karunia Allah dan masing-masing peserta mendapatkan manfaat serta tujuan dari pertemuan ini. Semoga ALLAH melindungi dan menjaga para peserta dari kejahatan dan dengki orang-orang jahat dan senantiasa dalam perlindunganNya.

Dengan rahmat ALLAH setiap hari kita menyaksikan kemajuan Jemaat. Seiring berkembangnya Jemaat, lawan yang penuh dengki juga tumbuh di setiap Negara. Pertumbuhan mereka adalah bukti dengan berkat ALLAH kita bergerak terus maju di dunia.Seorang mukmin seharusnya tidak usah takut akan hal itu. Apa yang harus ditakuti oleh orang mukmin adalah kurangnya ketulusan dan hubungan dengan jemaat dan dengan Khalifah, atau kurang bertaqwa.

Al Masih as yang dijanjikan mengatakan kita harus hati-hati jika keshalehan dan taqwa tetap saja pada tingkat tertentu, karena hal itu merupakan suatu kemunduran. Jadi Hudhur menghimbau pada anggota Jemaat baik lelaki, perempuan, anak-anak, orang tua dan para pemuda harus hati-hati karena para musuh akan senantiasa menghalangi untuk taqwa. Hadhrat Masih Mau’ud as mengatakan bahwa kita tidak perlu peduli pada kaum lawan tetapi harus focus pada peningkatan ketaqwaan dan kesucian.

ALLah sendiri yang akan berurusan dengan lawan. Seperti dinyatakan dalam AlQuran karim: إِنَّ اللَّهَ مَعَ الَّذِينَ اتَّقَوْا وَالَّذِينَ هُمْ مُحْسِنُونَ (النحل 129) ”Sesungguhnya, Allah beserta orang orang yang benar dan orang yang berbuat baik.”(16:129) Hudhur mengatakan bahwa jika kita senantiasa meningkatkan keimanan kita maka musuh tidak akan bisa membahayakan kita dengan cara apapun. Inilah yang kita dapatkan dari sejarah kita selama 125 tahun. Musuh telah merampas kehidupan dari beberapa orang terkasih kita dan juga menjarah harta-harta kita.

Sebagai imbalannya, mereka yang meninggal dunia telah menemukan kehidupan dan kenikmatan yang kekal di sisi ALLAH serta ALLAH juga telah mengganti segala kerugian keuangan mereka. Banyak orang orang menjadi saksi kejadian kejadian yang dahulu. Allah juga telah menganugrahkan kita tingkat keimanan yang lebih tinggi sebagai imbalan atas beragam pengorbanan kita.

Oleh karena itu kita tidak perlu terus menerus memikirkan kejahatan lawan, tetapi kita harus senantiasa meningkatkan taqwa demi meraih ridha ALLAH swt. Doa doa kita akan menarik kasih karunia Tuhan jika kita memiliki hub yang kuat dgn Nya. Hudhur mengatakan bahwa kita mencoba untuk memberikan perlawanan tidak disekitar saja melainkan juga di surat kabar dan saluran-saluran TV di dunia yang merupakan sumber informasi tentang kita.

Hadhrat Masih Mau’ud as pernah berkata pada suatu majlis bahwa banyak orang yang masuk jemaat tanpa alasan yang jelas untuk itu. Menurut beliau as kita tidak pernah menunjuk ulama-ulama dari agama lain untuk mengajak orang-orang masuk Jemaat. ALLAH lah yang mengatur semua ini.

Hudhur mengatakan bahwa mereka masuk jemaat setelah membaca karya-karya HadhratMasih Mau’ud as dan setelah disampaikan tabligh oleh para mubaligh Jemaat atau melihat sesuatu dalam pengalaman pengalaman spiritual mereka. ALLAH sendiri yang menuntun mereka. Seperti yang dikatakan oleh Hadhrat Masih Mau’ud as bahwa mereka adalah orang orang yang ALLAH sudah mengatur temptnya ntuk menerima dan masuk kedalam Jemaat Illahi ini.

Hal itu sudah terbukti sejak era Hadhrat Masih Mau’ud as sampai sekarang. Ini merupakan bukti kebenaran Hadhrat Masih Mau’ud as bahwa Allah yang mengatur segalanya sehingga orang orang masuk jemaat walau masih ada yang tetap menjadi penentang.

Hadhrat Masih Mau’ud as mengatakan bahwa beliau menerima wahyu yang menyatakan Firaun & orang orang dimasanya, Haman & orang orang dimasanya merupakan musuh yang zalim. Menurut mereka Firaun percaya bahwa Israil akan hancur, namun Allah menunjukkan bahwa mereka salah. Begitu juga pendapat orang orang tentang Jemaat, namun kehendak ALLAH berbeda.

Hudhur mengatakan tidak ada yang bisa menghancurkan Jemaat baik secara pemerintahan maupun organisasi. Banyak utusan Firaun dan Haman yang dating tetapi mereka tidak bisa berhasil. Banyak kejahatan dan kedengkian yang mereka senantiasa lontarkan dan akhirnya justru berbalik kepada mereka. Banyak contoh menunjukkan bagaimana Allah terus senantiasa memberkati Jemaat ini dan Hudhur akan memaparkan beberapa diantaranya.

Seorang Ahmadi dari Palestina menulis bahwa ketika beliau kecil beliau bermimpi Rasulullah saw memberi beliau berita gembira bahwa beliau nanti akan menjadi tentara Imam Mahdi dan sejak saat itu ia telah mulai mencari. Pada suatu kali beliau menonton siaran Kristen di TV di mana Islam dan Rasulullah saw dihujat. Cepat beliau pindah ke siaran Arab dan berharap ada respon terhadap siaran Kristen itu namun beliau hanya melihat diskusi hal hal yang tidak jelas. Beberapa waktu kemudian beliau tidak sengaja melihat MTA dan merasa orang orang yang beliau lihat disitu adalah orang orang yang benar. Akhirnya dgn melihat MTA telah merubah hidup beliau dan setelah meyakinkan hatinya beliau baiat.

Ahmad Ibrahim sahid dari Negara Arab bercerita bahwa beliau nonton MTA tanpa sengaja. Awalnya beliau jadi galau dan akhirnya beliau memantapkan hati untuk menonton. Beliau mengatakan shalat Isttikharah dan dijawab:

“إن الذين يبايعونك إنما يبايعون الله”

”Sungguh orang-orang yang berjanji-setia pada engkau adalah orang orang yang berjanji-setia pada Allah“. (48:11). Keluarganya memusuhi beliau. Tapi beliau minta Hudhur untuk mendoakan segala usaha beliau mentablighi keluarganya.

Hasty sahid mnulis bahwa setelah baiat beliau merasa dihidupkan kembali dan seakan akan hidup di zaman Rasulullah saw. Setelah bliau baiat para ulama menantang bliau terus. Beliau punya rumah yang besar dan ingin dijadikan mesjid yang akan dipersembahkan demi kepentingan Jemaat ILLahi ini. Ketika beliau Istikharah beliau melihat orang orang senantiasa melemparkan kebohongan terhadap Imam Mahdi as. Setelah menonton MTA beliau senantiasa bertabligh.

Pada pemerintahan sebelumnya beliau ditahan dan dipenjarakan. Namun beliau tetap bertabligh dipenjara. Beliau meyakinkan orang orang tentang kematian Yesus as. Beliau juga menjelaskan konsep jihad. Beliau ditanyai tentang jemaat Mesir dan mengapa beliau senantiasa bertabligh. Beliau menjawab bahwa bukan kemauan beliau untuk bertabligh tetapi beliau hanya menjawab pertanyaan pertanyaan orang dan beliau tidak mau berbohong. Bicara yang jujur merupakan perbedaan orang orang Ahmadi dgn orang-orang dunia yang senantiasa berputar dalam kebohongan.

Para mubayin baru senantiasa melakukannya dalam rangka menegakkan kebenaran. Perubahan-perubahan suci datang setelah baiat pada Al Masih yang dijanjikan yang hanya berlandaskan kebenaran. Hasty sahib menyatakan bahwa polisi mengancam beliau untuk dipenjarakan atas tuduhan kejahatan peledakan bom kalau beliau tidak berhenti bertabligh. Namun beliau tidak menghiraukannya. Para ulama coba mempengaruhi istrinya dgn menyatakan bahwa suaminya telah menipunya namun istri Hasty menyatakan bahwa beliau telah menjadi Ahmadi lebih dahulu dari suaminya.

Osama sahib dari Aljazair menulis bahwa beliau tadinya tidak tau apa apa tentang Jemaat sampai 2 thn yang lalu dimana anak lelaki beliau member tahunya tentang MTA namun beliau tidak menggubrisnya. Karena ada masalah keluarga, beliau mulai merenung tentang agama, dan ketika beliau nonton MTA hatinya merasa puas. Setelah mempelajari buku buku jemaat, beliau mulai bertabligh dan menghadapi lawan. Beliau jadi teringat kehidupan para Rasul-Rasul Allah yang senantiasa mendapatkan perlawanan. Beliau mohon ke Hudhur untuk menerima baiat beliau.

Tayyab sahib dari Aljazair merngatakan andaikan tidak ada cannel siaran Kristen maka beliau belu akan baiat. Cacian di siaran Kristen dan diamnya orang Muslim meresahkan beliau. Pada suatu kali tanpa sengaja beliau melihat tayangan MTA dimana sedang mendiskusikan kebenaran Rasul Rasul Allah dan Bibble. Beliau senang sekali dengan hal ini dan setelah menonton MTA beberapa kali beliau merasa bahwa beliau telah menemukan apa yang beliau cari. Beliau menulis surat pada Hudhur untuk menerima baiatnya.

Abdullah sahib dari Marokko menulis bahwa beliau sudah menonton MTA selama beberapa bulan dan benar benar menyukai siaran Al Quran yang disajikan sesuai dgn pandangan Islam yang sebenarnya.Dia mengatakan bahwa beliau sudah menolak interpretasi yang salah tentang AlQuran tang disajikan senantiasa berlawanandengan logika, seoerti contohnya “jin” yang maksudnya makhluk halus.

Beberapa Ahmadi yang masih lemah cenderung akan hal hal semacam ini, menurut Hudhur. Pada hal seorang yang berakal sehat harus menolak hal hal demikian. Abdullah sahid menceritakan pada atasannya ditempat kerja bahwa nabi Adam as bukanlah manusia pertama yang hal ini merupakan suatu bahaya andaikata tetap bertahan bahwa Adam as manusia pertama.

أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ

Beliau minta pada atasannya tsb untuk berhenti mengatakan hal yang salah ini lagi pada orang- orang. Abdullah sahib kebetulan menonton MTA dan sangat senang. Beliau merasa bahwa Allah telah menghapus kegelapan darinya melalui Hadhrat Masih Mau’ud as. Beliau minta Hudhur untuk menerima baiat beliau.

Yasir sahib dari Oman menulis bahwa beliau sudah lama mencari kebenaran. Alhamdulillah beliau menemukannya sekarang. Kelurusan ajaran Islam membuat dia sangat yakin bahwa nabi suci saw akan turun kembali. Ketika tanpa sadar beliau menonton Mta dan melihat Imam Mahdi as. Beliau terpana seakan beliau merasa seperti melihat Photo Rasulullah saw. Beliau terus menyaksikan tayangan MTA dengan antusias dan cinta beliau semakin berkembang dan akhirnya menerima Ahmadiyah. Beliau ingin sekali ketemu Hudhur dan senantiasa mohon didoakan.

Hudhur sangat memperhatikan hal ini. Orang-orang yang baru menjadi Ahmadi yang merasa keimanan mereka sudah menyatu di darah mereka. Mereka senantiasa ingin meningkatkan kwalitas keimanan mereka.

Seorang wanita Kurdi yang tinggal di Norwaygia pernah secara kebetulan menonton MTA pada thn 2006 dan dgn senang hati melihatnya,namun beliau lupa cannel nya sampai akhirnya thn 2010 beliau menemukannya kembali. Beliau begitu mengagumi argument argument yang disajikan MTA dan terjemahan serta afsir AlQurannya. Ketika beliau melihat photo Imam Mahdi as beliau tdk ragu lagi akan kebenarannya.

Pada awalnya beliau sendiri tdk begitu yakin akan kenabian Hadhrat Masih Mau’ud as. Tetapi semua itu terhapus sejak mempelajari literature literature Jemaat. Beliau menyatakan kekeguman beliau pd ajaran ini dan ingin bergabung dalam jihadnya. Menurut Hudhur inilah jihad indah yang diajarkan Imam Mahdi as dengan cara mempelajari AlQuran & Hadis. Inilah yang diperkenalkan beliau diabad yang lalu dan bukan hanya buat kaum lelaki tetapi wanita juga. Mereka saling bahu membahu. Bahkan pengorbanan mereka terkadang melebihi pria.

Hussein Muhammad Saleh Sahib di Aljajair menulis bahwa 10 tahun yang lalu beliau hanya tahu tentang islam secara formal. Beliau baca AlQuran dan mencoba memahaminya. Suatu kali beliau tanpa sengaja nonton MTA dan beliau begitu bergembira dan terpesona pada apa yang beliau lihat. Beliau merasa sudah menjadi ahmadi sejak saat itu.

Beliau telah membaca banyak literatur literature jemaat baik dalam bahasa arab dan Perancis dan menengarkan kutbah Hudhur. Menurut beliau tertundanya baiat beliau dikarenakan beliau sudah merasa ahmadi tetapi masih takut tidak akan bisa memenuhi janji baiat. Menurut Hudhur hal hal seperti ini sering kali terjadi pada mubaiah baru yang harus selalu diperhatikan. Dan bagi para jemaat turunan perlu memikirnya.

Nasir Sahib menulis bahwa beliau sudah mancari kebenaran ini sejak 4 tahun silam dan sudah banyak mendengarkan diskusi diskusi tentang hal itu. 3 bulan lalu beliau tanpa sengaja menonton MTA melihat siaran tentang Hani Sahib. Dia kemudian menyadari para lawan ahmadi benar benar tidak punya dasar. Beliau percaya bahwa orang yang telah menemukan kebenaran tidak boleh mencemoh yang lain. Beliau menulis bahwa prinsipnya ia setuju dengan argumen dan kesaksian Hani Sahib dan minta pada Hudhur untuk membingbing beliau apa yang harus beliau lakukan setelah ia baiat.

Seorang dari Irak menulis bahwa beliau telah menonton MTA sejak 3 tahun yang lalu sembari menelaahnya. Kemudian beliau istikharah dan melihat sebuah mimpi dimana beliau bersalaman dengan Nabi Suci SAW disebuah tenda diatas sebuah bukit. Kemudian diminta kebukit yang lain dan bersalaman lagi dengan Rasullullah SAW ditenda yang berbeda. Beliau kaget bagaimana mungkin ada 2 Nabi Suci saw. Beliau menuju tenda kedua dan melihat Rasulullah saw dalam bentuk yang pertama Cuma sedikit lebih rendah. Akhirnya beliau yakin pada hatinya dan baiat. Suatu hal yang sangat disukainya bahwa orang orang dari ras yang berbeda bergabung di jemaat tanpa ada diskriminasi apapun.

Khalid sahib menulis bahwa beliau diberitau oleh temannya yang bukan Ahmadi bahwa orang orang Ahmadi percaya pada kedatangan Imam Mahdi as di India dan beberapa keyakinan lainnya. Dia merasa tertarik akan hal ini dari awal. Ketika beliau nonton MTA beliau lebih yakin lagi.

Beliau ceritakan pada teman beliau bahwa beliau ingin baiat dan teman beliau malah mengatakan beliau sudah kehilangan akal sehatnya. Awalnya, beliau melihat photo Imam Mahdi as dan yakin akan kebenarannya. Menurut beliau, beliau sudah diperlihatkan kebenarran ini dan ingin baiat di tangan Hudhur.

Ameer sahib dari Gambia menulis bahwa dalam suatu program tabligh seorang teman bernama Alio Kamara sahib diperkenalkan. Diskusi dgn beliau diadakan yang berlangsung selama 2 minggu. Sadr sahib menganjurkan beliau untuk minta petunjuk Allah. Pada malam yang sama Kamara sahib melihat dalam mimpinya dimana ada seorang suci dengan sorban di kepala mengatakan padanya ,”Disinilah tempat bimbingan itu.” Kamara sahib mengatakan bahwa orang suci itu adalah Imam Mahdi as, yang photonya sudah beliau lihat. Akhirnya beliau disodorkan formulir baiat dan minta dibaca hati-hati. Beliau lihat dan tidak perlu lagi menunggu untuk mengisinya dan masuk ke Jemaat Illahi ini.

Amir sahib dari Pantai Gading menulis bahwa ada seorang yang selalu membuat Jimat, melihat dalam mimpinya dimana ada seorang suci yang mengatakan bahwa “Saya adalah nabi Isa as (yesus)” Ketika orang ini dating kerumah missi dan melihat photo Imam Mahdi as tiba tiba beliau minta baiat karena beliau begitu tanda akan wajah itu yang merupakan wajah yang beliau lihat dalam mimpi dan sejak saat itu beliau berhenti praktek praktek jimatnya.

Hudhur mengatakan banyak sekali kejadian kejadian seperti ini bagi para orang yang berhati shaleh yang dibimbing langsung oleh Allah,photo atau ajaran ajaran Hadhrat Masih Mau’ud as yang menimbulkan daya tarik. Menurut Hudhur, kemajuan Jemaat lebih pesat dari apa yang kita usahakan. Ini adalah Missi ILLahi dan akan nyata kebenarannya.

Hadhrat Masih Mau’ud as mengatakan secara syariah ada 2 aspek penting sebagai perlindungan hak-hak Allah dan hak hak sesama makhluk Allah. Hak Allah adalah untuk dicintai, dipatuhi dan dipuja dan percaya atas Ke-EsaanNya serta tidak mempersekutukanNya. Hak-hak sesama makhluk Allah adalah tidak arogan, penghianatan dan pelanggaran kepercayaan atau kekejaman apapun. Tidak ada penekanan pada moral seseorang.

Hadhrat Masih Mau’ud as mengatakan bahwa hal ini seperti 2 ungkapan sederhana saja namun sulit dalam pelaksanaannya. Hanya dengan karunia Allah semata seseorang bisa meraih kedua aspek ini. Sebagian orang ada yang cepat marah dan meracuni hati dan lidah mereka sehingga menjauh dari kesucian. Mereka senantiasa bermaksud melawan saudara-saudara mereka baik dalam hati maupun pada lidah mereka. Ada juga yang mengikuti nafsu mereka sehingga melamggar batas yang ditetapkan oleh Allah.

Hudhur mengatakan di sebagian Negara menonton film vulgar ataupun mendengarkan materi yang tidak senonoh dan kegiatan sia sia lainnya adalah bukti kurangnya Taqwa. Para pemuda harus berhati-hati akan hal ini. Hadhrat Masih Mau’ud as secara singkat menyatakan bahwa seseorang belum mencapai iman yang sempurna sebelum kondisi moralnya benar-benar baik dan benar.

Hadhrat Masih Mau’ud as menulis bahwa berdasarkan pengamatan beliau as kondisi moral masyarakat sangat rendah. Banyak orang orang senantiasa berfikir untuk membuka keburukan seseorang. Mereka senantiasa mencari cari kesalahan sekecil apapun. Jika suatu kesalahan dihubungkan dengan mereka, mereka akn sangat tersinggung. Kita harus senantiasa berbuat baik, berfikiran positif dan hal inilah yang akan membuat kita bersatu. Menurut Hadhrat Masih Mau’ud as banyak orang orang yang tidak peduli dan tidak mau berbagi pada saudara saudara seiman mereka.

Pada hal hadis sudah menyuruh kita harus berbuat baik pada tetangga sekalipun. Tetangga yang dimaksud bukan hanya seseorang yang tinggal disekitar kita tetapi teman seiman juga tetangga kita walau mereka tinggal bermil mil jaraknya.

Hadhrat Masih Mau’ud as mengatakan bahwa kedatangan beliau memiliki 2 tujuan, yaitu untuk membangun Taqwa dan kemurnian yang benar bagi umat Islam dan mematahkan salib bagi umat Keristen sehingga tidak akan ada Tuhan Tuhan palsu dan hanya satu Allah yang disembah. Beliau menghimbau agar para lawan mengingatnya dan jika dalam tugas HadhratMasih Mau’ud as ada kemunafikan didalamnya maka hal ini akan menghancurkan ajaran beliau as sendiri.

Dia juga mempertanyakan, apakah pernah ada seorang pembohong yang sukses ? Sebagaimana dijelaskan dalam AlQuran إن الله لا يهدي من هو مسرف كذاب ”Sesungguhnya Allah tidak akan melindungi orang orang yang pembohong” Hadhrat Masih Mau’ud as berkata jika Missi beliau berlandaskan duniawi maka beliau as akan hancur namun jika tidak, pasti malaikat akan melindungimya,

Berikutnya Hudhur membacakan doa-doa Hd Masih Mau’ud as dengan begitu khusuk “ Saya berdoa pada Allah semoga Allah melindungi Jemaat dan dunia bisa melihat jelas bahwa nabi Suci saw adalah Nabi yang benar. Dan orang orang senantiasa meningkatkan keimanan pada ALLAH. Terlepas adanya gempa bumi semoga orang orang mengingat Allah dan beriman kepadaNYA.

Hudhur berdoa semoga kita bisa mengambil pelajaran dari bencana bencana alam yang terjadi dan Rasulullah saw serta para pengikutnya tetap bersemangat dan tetap menambah Ketauhidan ( percaya pada Ke-Esaan Allah).