Diterbitkan 16 Juni 2015

Pertemuan Tiga Hari tersebut diakhiri dengan pidato yang menggugah hati disampaikan oleh Khalifah ke-5 Jemaat Muslim Ahmadiyah.

2015-06-04-UK-MKA-Ijtema-001
Pada 14 Juni 2015, Pemimpin Dunia Jemaat Muslim Ahmadiyah, Khalifah ke-5, Hazrat Mirza Masroor Ahmad Aba menyampaikan pidato berkesan sebagai penutup Ijtima Nasional Perkumpulan Pemuda Muslim Ahmadiyah (Majlis Khuddamul Ahmadiyya) ke-43 di UK. Ijtima Nasional pada tahun ini (2015) bertemakan ‘Perlunya Khilafat’.

Maksud Ijtima yang diadakan di ‘Islamabad’, Tilford, Surrey, tersebut ialah  untuk meningkatkan tingkat akhlak dari partisipan dan mengusung ruh perdamaian, kesatuan dan cinta negara dimana ia tinggal. Tahun ini acara dihadiri lebih dari 5000 peserta.

2015-06-04-UK-MKA-Ijtema-002

Seiring dengan menajamnya konflik dunia, Khalifah yang juga merupakan pemimpin spiritual bagi jutaan Muslim Ahmadi sedunia, sekali lagi menyerukan untuk sepenuhnya menolak dan mengecam segala bentuk ektrimisme. Beliau juga memimpin para peserta untuk menguatkan kembali janji mereka baik bagi agama maupun negara mereka.

Hazrat Mirza Masroor Ahmad Aba mengulas tentang pemuda Kristen yang hidup sepanjang abad awal Agama Kristen. Beliau mengemukakan bahwa Al-Qur’an suci menceritakan bagaimana keyakinan mereka, kaum Kristen yang bertahap menurun dikarenakan faktor-faktor duniawi.

Hazrat Mirza Masroor Ahmad Aba bersabda:

“Berangsur-angsur, materialisme mengambil tempat di dalam kehidupan kaum Kristen awal dan kekuatan iman merekapun menjadi lemah. Dan pada akhirnya keimanan mereka hanya tinggal nama.”

Hazrat Mirza Masroor Ahmad Aba melanjutkan:

“Tidak dipungkiri bahwa Kristen terus menyebar dan berkembang, namun apa yang mereka raih kemudian hanyalah kesuksesan dunia, bukan benderang dan majunya kerohanian mereka.”

2015-06-04-UK-MKA-Ijtema-003

Huzur Aba menyebutkan pernyataan dari seorang mantan Pemimpin gereja yang sangat senior dimana ia mengungkapkan kekhawatirannya bahwa Umat Kristen bisa jadi  tinggal satu generasi saja yang jauh dari kepunahan.

Huzur Aba menyatakan hal ini mesti menjadi peringatan bagi pemuda Ahmadi Muslim agar jangan pernah memperoleh keimanan demi imbalan.

Hazrat Mirza Masroor Ahmad Aba bersabda:

“Merosotnya nilai keagamaan dan keadaan masyarakat dan bangsa-bangsa pada masa kini menjadi tanda peringatan dan pelajaran bagi kita.”

Berkenaan dengan institusi Khilafat (Kepemimpinan spiritual) yang dimiliki Jemaat Muslim Ahmadiyah, Huzur Aba bersabda Khilafat yang berdiri ini sungguh berbeda dengan sebutan kekhalifahan yang memimpin kelompok teroris dan dikenal dengan ISIS atau IS yang jahat dan bengis itu.

2015-06-04-UK-MKA-Ijtema-004

Terkait pengaruh yang merusak dari kelompok-kelompok ektrimis, Hazrat Mirza Masroor Ahmad Aba bersabda:

“Para pemuda dibuat salah arah dan mendapat pengaruh radikalisme. Mereka benar-benar disimpangkan dalam pengertian konsep jihad dan mati syahid. Dan membuat mereka membunuh dan berlaku begitu keji terhadap orang-orang tak berdosa yang tak terbilang jumlahnya. Para pemuda ini diradikalisasi dan dikirim untuk membuat kerusuhan dengan mengatasnamakan jihad yang mutlak, tidak masuk akal dan keliru.

Hazrat Mirza Masroor Ahmad melanjutkan:

“Sementara itu, Jemaat Muslim Ahmadiyah di bawah kepemimpinan dan bimbingan dari khalifah sedang menyebarluaskan pesan cinta, kasih sayang dan damai ke seluruh dunia. Kami melakukan ini karena Hz. Masih Mau’ud as telah membuktikan bahwa inilah Islam sejati. Di Eropa, Amerika Utara dan Selatan, Afrika, Asia, Australia dan semua negara lain di dunia, komunitas kami bersatu di bawah bendera perdamaian.”

2015-06-04-UK-MKA-Ijtema-005

Berkenaan perhatian beliau terhadap generasi muda masa ini, Hazrat Mirza Masroor Ahmad Aba bersabda:

“Saya terus menerus memperhatikan dan merasa khawatir terhadap generasi muda kita. Saya tidak menginginkan sedikit-pun salah satu dari generasi muda kita berjalan jauh dari agama mereka, karena menjauhnya mereka dari agamanya berarti akan tersia-siakannya kehidupan mereka dan pula mereka luput dari keberkatan dan ganjaran Allah Ta’ala.”

Hazrat Mirza Masroor Ahmad Aba bersabda tanggung jawab yang diemban setiap Ahmadi Muslim ialah menyebarluaskan ajaran damai hakiki Islam ke seluruh dunia.

“Jangan pernah menunggu ataupun ragu pada masa ini, melainkan melangkahlah ke depan sebagai hamba-hamba sejati Masih Mau’ud As dan jadilah termasuk di antara mereka yang mengumpulkan ganjaran-ganjaran rohani dalam kehidupan ini dan akhirat kelak.”

Hazrat Mirza Masroor Ahmad Aba bersabda:

“Pada jaman ini kalian semua harus memegang teguh janji kalian bahwa akan menjadi orang-orang yang haus dalam menyebarkan ajaran-ajaran damai Islam ke seluruh dunia. “

Berbicara mengenai Islam sebagai agama universal, Hazrat Mirza Masroor Ahmad Aba bersabda:

“Kewajiban kita ialah menerangkan kepada siapapun bahwa Al-Qur’an karim telah memberikan kepada dunia ajaran-ajaran yang tak terbatas waktu dan sempurna kepada seluruh umat manusia.”

Mengungkapkan harapan dan ekspektasi terhadap generasi muda Muslim Ahmadi, Hazrat Mirza Masroor Ahmad Aba:

“Saya mendoakan semoga kalian tidak pernah termasuk ke dalam golongan pemuda yang menjadi beban bagi negaranya dan mencemari nama bangsanya. Karena sungguh orang-orang seperti itu adalah penyebab kerugian terbesar bagi agamanya..”

2015-06-04-UK-MKA-Ijtema-006

Sebagai penutup, Hazrat Mirza Masroor Ahmad Aba bersabda:

“Pada hari ini saya meminta kepada kalian semua untuk berjanji bahwa kegiatan tahunan ini akan mendorong kalian memiliki perbaikan kerohanian. Berjanji bahwa kalian akan menjadi orang-orang yang mengarahkan dunia menuju kerohanian dan Allah Ta’ala.”

Hazrat Mirza Masroor Ahmad Aba meneruskan:

“Kita harus buktikan pada dunia jika kata-kata kita tidaklah hampa. Kita buktikan bahwa kita menjalankan kehidupan kita sebagai duta-duta perdamaian dan mercusuar ajaran-ajaran Islam sejati. Tak ada satu-pun Ahmadi Muslim yang perlu menjadi korban bentuk kerumitan inferioritas – karena kita memiliki alasan, logis, bukti dan di atas semuanya adalah kebenaran ada di pihak kita.”

Sebelumnya sebuah laporan disampaikan Mirza Waqas Ahmad, Sadr Nasional Khudamul Ahmadiyah Muslim dimana beliau membacakan berbagai kegiatan selama berlangsungnya  acara 3 hari tersebut.

Dalam acara Ijtima, Para pemuda Muslim Ahmadi dari 107 majelis di seluruh UK  berkompetisi dalam berbagai bidang akademik dan olahraga. Mereka hadir dalam beragam pameran dan berjumpa pula dengan pemuda-pemuda dari daerah lain di UK.

Pemuda Muslim mengunjungi ‘Any Questions Desk’ dimana mereka bisa bertanya dengan nyaman seputar permasalahan agama dan sosial.

Pada tahun ini Perkumpulan Pemuda Muslim Ahmadiyah di Amerika Serikat juga sedang melangsungkan pertemuan tahunan pada tanggal yang sama dan begitu pula acara mereka ditutup dengan pidato dari Hazrat Mirza Masroor Ahmad, yang disaksikan dalam siaran langsung dari kamp di Pocono Mountains, Pennsylvania. Hadir 1200 pemuda pada Ijtima Nasional ke-46 yang dimotori Majlis Khuddamul Ahmadiyya USA.

22 Deer Park Road, London, SW19 3TL UK
Tel/Fax: (44) 020 8544 7678 Email: media@pressahmadiyya.com


Ahmadiyya Muslim Community
Press & Media Office

URL sumber: khalifaofislam.com

(Visited 20 times, 1 visits today)