JAGAT RAYA DICIPTAKAN UNTUK HADHRAT MIRZA GHULAM AHMAD?

 

لَوْلاَكَ لَمَا خَلَقْتُ اْلأَفْلاَكَ

(Laulaaka lamaa Kholaqtul-Aflaaq)

 Seandainya bukan karena engkau, Aku tidak akan menciptakan jagat raya ini.

Sebagaian Ulama keberatan menerima pernyataan tersebut sebagai wahyu dari AllAh swt yang turun kepada Hazrat Mirza Ghulam Ahmad, karena wahyu tersebut hanya diperuntukkan kepada Sayyidina Al-Mushthofa Muhammad saw.

 

Jawaban Ahmadiyah:

  • Hadhrat Masih Mauud menjelaskan wahyu ini sebagai berikut:

Pada masa setiap Pembaharu yang agung langit dan bumi baru diciptakan secara ruhani. Yakni para malaikat ditugaskan untuk melayani maksud-maksud tersebut, sedangkan di bumi diciptakan jiwa – jiwa yang selalu tanggap. Jadi, wahyu ini mengisyaratkan kepada hal tersebut (Haqiqotul-Wahyi, catatan kaki, hal.99).

  • Syekh Abdul Qodir Jaelani Al-Kaelani rohmatulloh ‘alaih, menjelaskan tentang wali-wali Allah subhanahu wa ta’ala dan orang-orang yang mendapatkan kedekatan (qurb) Ilahi sebagai berikut:

بِهِمْ ثَبَاتُ اْلأَرْضِ وَالسَّمَآءِ وَقَرَارُ الْمَوْتَى وَاْلأَحْيَاءِ إِذْ جَعَلَهُمْ مَلِيكُهُمْ أَوْتَادًا لِْلأَرْضِ الَّتِي رَحَى فَكُلٌّ كَاْلجَبَلِ الَّذِي رَسَا

 Dikarenakan merekalah, maka dikuatkan bumi dan langit, dan ditetapkan orang-orang yang hidup dan mati, ketika mereka dijadikan oleh Pemilik mereka sebagai tonggak bumi yang berputar, jadi, semuanya seperti gunung yang tegak (Futuhul-Ghoib, Maqolah 14, baris terakhir, juga Qowa’idul-Jawahir, catatan hal. 28).

  • Syekh Abdul Qodir Jaelani rahmatullah ‘alaih berkata ditempat lain

بِهِمْ تَمْطُرُ السَّمَآءُ وَتُنْبِتُ اْلأَرْضُ وَهُمْ شَمِنُ الْبَدْوِ وَالْعِبَادِ بِهِمْ يُدْفَعُ الْبَلاَءُ عَنِ الْخَلْقِ

 Karena mereka langit menurunkan hujan dan bumi menumbuhkan tumbuh-tumbuhan dan mereka menjadi pemelihara negeri-negeri dan manusia dan dikarenakan mereka makhluk dihindarkan dari bencana (Risalah Al-Fathurrabbani wal-Faidhur-rahmani Kalamus-Syeh Abdil-Qadir Jaelani, Mathbu’ah Mimiyah, Mesir, Jilid XII dan XIV).

  • Hadhrot Imam Rabbani Alfi Tsani rohmatulloh‘alaih berkata:

Tuhan adalah tempat perlindungan penghuni langit dan bumi, merupakan ghonimah yang karenanya dari Dialah hujan diturunkan dan melalui Dialah penduduk bumi dianugerahi rizki dan kesuburan:

بِهِمْ يُمْطَرُونَ وَبِهِمْ يُرْزَقُونَ

Karena mereka para makhluk dikaruniai hujan dan karena mereka para makhluk diberi rejeki (Maktubat, Jilid II, Maktub hal. 92)

  • Sir Dr. Muhammad Iqbal berkata:

‘Jagat raya ini hanyalah merupakan warisan bagi orang mukmin yang berani berkorban. Bukanlah seorang mukmin yang tidak memiliki sifat Muhammad (Bali Jibril, hal 53, baris ke 5). Semua jagat raya ini adalah warisan bagi orang yang beriman. Jagat raya adalah merupakan argumentasi (hujjah) bagi ucapanku.