SIARAN PERS

INTERNATIONAL PEACE SYMPOSIUM 2016

Implementation of Pancasila in Freedom of Religions as Inspiration for the World”

 

Ashyhadu Allaa ilaaha Illallah Wa Ashyhadu anna Muhammadar-Rasuulullah

BISMILLAHIR-ROHMANIR-ROHIM

Dunia saat ini tidak diragukan lagi dalam keadaan yang sangat berbahaya, perang dan kekerasan diluar batas kemanusiaan semakin meningkat yang diiringi gelombang pengungsian. Konflik besar yang terjadi di Timur Tengah terus berusaha di eskspor ke seluruh dunia menjadi konflik internasional, tidak terkecuali Indonesia melalui promosi ideologi-ideologi yang membenarkan kekerasan dan intoleransi atas nama agama.

Khilafat Muslim Ahmadiyah melalui pemimpin tertingginya saat ini Hazrat Mirza Masroor Ahmad terus menerus mengingatkan para pemimpin dunia dan umat manusia tentang krisis dunia dan menegakkan keadilan sebagai jalan untuk terciptanya perdamaian dunia.

Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia sejatinya adalah ideologi yang sudah teruji menjadi landasan yang kuat untuk menjaga harmoni kehidupan berbangsa dan bernegara serta cinta-cita luhur meraih keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Nilai-nilai Pancasila selaras dengan nilai-nilai ajaran Islam yang menekankan pada moral, kemanusiaan, persatuan, toleransi, perdamaian dan keadilan.

Konsistensi perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam hal yang paling sensitif, yaitu kehidupan beragama menjadi tantangan tersendiri ke depannya. Hal tersebut merupakan modal bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi gelombang arus global ideologi ekstrem, liberalisme, kapitalisme di satu sisi dan ideologi radikal atas nama agama di sisi lain.

Pancasila dan bangsa Indonesia berpeluang besar menjadi inspirasi bagi bangsa lain di dunia tentang sebuah masyarakat yang kompleks dan beragam tetapi dapat hidup damai, harmoni dan memenuhi keadilan hak-hak warga negaranya termasuk kebebasan beragama.

Islam mengajarkan bahwa kecintaan pada bangsa merupakan bagi dari iman, Islam juga mengajarkan bahwa nilai-nilai hakiki sebuah agama adalah tentang kebermanfaatan dan perdamaian yang hanya bisa terwujudkan jika ada sebuah keadilan.

Komunitas Jemaat Muslim Ahmadiyah Indonesia sebagai bagian dari masyarakat Islam Indonesia dan bagian yang tak terpisahkan dari bangsa Indonesia memiliki tanggung jawab untuk memenuhi panggilan agama sekaligus negara dalam mempromosikan perdamaian dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia, sekaligus mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Untuk itu kami mengundang semua pihak yang peduli tentang Indonesia, perdamaian dunia dan kebebasan beragama untuk hadir memberi kontribusi pemikiran dan pandangannya dalam:

International Peace Symposium 2016

“Implementation of Pancasila in Freedom of Religions as Inspiration for the World”

 

Sabtu, 29 Oktober 2016
Convention Hall, Lantai 1
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta

Press Secretary Jemaat Ahmadiyah Indonesia
Email : info@ahmadiyah.id
Twiter : @AhmadiyahID

 

(Visited 6 times, 1 visits today)