Hazrat Mirza Masroor Ahmad mengatakan bahwa gerhana adalah waktu untuk berdoa dan memohon ampunan kepada Allah taala.

Pada hari Jumat 20 Maret 2015, saat terjadinya gerhana matahari, Pemimpin Dunia Jamaah Muslim Ahmadiyah, Khalifah Kelima, Hazrat Mirza Masroor Ahmad, memimpin shalat gerhana selama terjadinya gerhana matahari di Masjid Fazl London.

Setelah shalat, Huzur menyampaikan khotbah singkat dimana beliau meriwayatkan sabda Nabi Muhammad saw yang berkaitan dengan makna gerhana.

Hazrat Mirza Masroor Ahmad mengatakan bahwa di dunia saat ini orang menganggap bahwa gerhana hanyalah tontonan semata, mereka menempuh perjalanan jauh hanya untuk dapat menyaksikan pemandangan gerhana dengan jelas, namun bagi mukmin sejati tidaklah pantas melakukan hal seperti itu.

Menurut ajaran Nabi Muhammad saw gerhana merupakan suatu peringatan, oleh karenanya mukmin sejati harus mengarahkan perhatiannya untuk mengingat Allah taala, memohon ampunan dan bersedekah.

Dalam meriwayatkan sabda Rasulullah saw, Huzur mengatakan:

“Tanda gerhana yang Allah tunjukkan ini bukan terjadi karena kehidupan atau kematian seseorang, sebaliknya, Allah memperingatkan hamba-hamba-Nya melalui hal-hal tersebut. Jadi ketika kalian menyaksikannya, maka bergegaslah untuk mengingat Allah dan meminta ampunan-Nya.”

Kemudian pada hari itu, selama khutbah Jumat, Huzur mengatakan bahwa menurut sabda Rasulullah saw peristiwa gerhana matahari dan bulan telah dinubuatkan sebagai tanda kedatangan Nabi Isa yang dijanjikan.

Pada tahun 1894, tanda ini telah tergenapi di masa kehidupan Pendiri Jamaah Muslim Ahmadiyah, Hazrat Mirza Ghulam Ahmad, yang mendukung pendakwaannya sebagai Imam Mahdi dan Almasih Yang Dijanjikan. Huzur mengatakan bahwa ratusan orang percaya kepada pendakwaan Hadhrat Masih Mau’ud saat mereka menyaksikan gerhana matahari dan bulan.

22 Deer Park Road, London, SW19 3TL UK
Tel/Fax: 020 8544 7678 Email: press@amjinternational.org
Twitter: @AhmadiyyatIslam

Press Secretary AMJ International

URL sumber: ahmadiyah.id/20150324
(Visited 6 times, 1 visits today)