Khotbah Jumat

Sayyidina Amirul Mu’minin, Hadhrat Mirza Tahir Ahmad

Khalifatul Masih Ar-Rabbi ayyadahullaahu Ta’ala binashrihil ‘aziiz

13 September 2002

أشْهَدُ أنْ لا إله إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لا شَرِيك لَهُ ،

وأشْهَدُ أنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ.

أما بعد فأعوذ بالله من الشيطان الرجيم.

بسْمِ الله الرَّحْمَن الرَّحيم * الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمينَ * الرَّحْمَن الرَّحيم * مَالك يَوْم الدِّين * إيَّاكَ نَعْبُدُ وَإيَّاكَ نَسْتَعينُ * اهْدنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقيمَ * صِرَاط الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْر الْمَغْضُوب عَلَيْهمْ وَلا الضَّالِّينَ. (آمين)

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَءَامِنُوا بِرَسُولِهِ يُؤْتِكُمْ كِفْلَيْنِ مِنْ رَحْمَتِهِ وَيَجْعَلْ لَكُمْ نُورًا تَمْشُونَ بِهِ وَيَغْفِرْ لَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Hai orang-orang yang beriman , bertakwalah kepada Allah dan berimanlah kepada Rasul-Nya, niscaya Allah akan menganugerahkan dua bagian dari rahmat-Nya dan akan menganugerahkan cahaya yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan dan Dia mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,

Hadhrat Abu Darda’ meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda: Barangsiapa yang pergi shalat dalam kegelapan malam maka pada hari kiamat Allah akan menganugerahkan nur padanya.

Sunan Addarami Kitabushalat Bab Fadhlul-masyyi ilal masaajid fiz- zhulm

Allamah Ibnu Hayyan dari Andalusia dalam menafsirkan ayat يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَءَامِنُوا dibawah ayat وَيَجْعَلْ لَكُمْ نُورًا تَمْشُونَ بِهِ menulis bahwa dalam ayat ini maksud nur ialah apa yang ada disebutkan dalam ayat . يَسْعَى نُورُهُمْ Mereka yang terjerumus dalam dosa dalam kondisi kafir maka Allah akan memaafkan mereka.

Dalam dukungan terhadap ayat ini ada sebuah hadis yang menyebutkan bahwa ada tiga orang yang Allah akan berikan ganjaran dua kali lipat. Satu diantarannya ialah ahli kitab yang beriman kepada nabi mereka dan kepada Rasulullah saw juga.

Bahru Muhiyth

Hadhrat Aqdas Masih Mauud a.s. bersabda:

Nur yang membedakan antara hamba-hamba Allah yang khas/ istimewa dan hamba-hamba-Nya yang lain ialah ilham, kasyaf dan keahlian dalam ilmu agama;dan topik-topik /rahasia-rahasia ilmu yang halus dan ilmu yang dalam dari Tuhan yang turun pada para hamba-Nya yang khas.

(Terjemah dari penyusun) ( Hamamatul-busyra hal. 87)

Kemudian bersabda:

Pada hari itu juga nur keimanan yang diraih orang mu’min secara terselubung akan secara terang-terangan berlari-lari di kanan mereka.

Filsafat Ajaran Islam hal.98

Kemudian Hadhrat Masih Mauud a.s. selanjutnya bersabda:

Wahai orang-orang yang beriman jika kamu menjadi orang yang bertakwa, maka Allah akan meletakkan suatu perbedaan diantara kamu dan orang lain( yang bukan bertakwa). Perbedaan itu ialah kamu akan dianugerahi nur yang sama sekali tidak akan didapati pada orang lain selain kamu,yakni nur ilham, nur pengabulan doa dan nur keramat orang-orang pilihan Tuhan.

Ainah Kamalati Islam hal 296

Hadhrat Masih Mauud a.s. selanjutnya bersabda:

Dengan ungkapan apakah kita bersyukur pada Tuhan yang telah menganugerahi taufik pada kita mengikuti nabi yang merupakan mentari bagi orang yang bernasib mujur sebagaimana pelanet-pelanet memiliki matahari. Dia telah zahir pada masa kegelapan lalu menerangi dunia dengan cahayanya. Dia tidak letih dan lelah.selama belum membersihkan Arab dari syirik. Dia sendiri merupakan dalil bagi kebenarannya karena nurnya ada pada setiap zaman dan mengikutinya secara benar dapat sedemikian rupa membersihkan manusia sebagaimana air sungai yang bersih suci membersihkan kain yang kotor. Siapakah (adakah) yang telah datang kepada kami dengan hati tulus lalu tidak menyaksikan nur itu ? dan siapakah yang dengan niat yang tulus mengetuk pintu itu lalu kemudian tidak dibukakan pintu baginya ? Namun sayang sekali ! kebanyakan adat kebiasaan manusia lebih menyukai kehidupan yang rendah/dunia dan mereka tidak menginginkan nur masuk di dalam diri mereka.

Chasymai Makrifat hal 288

Ini merupakan terjemahan syair Hadhrat Masih Mauud a.s. dalam bahasa Farsi:

Di dalam jiwa Muhammad saw terdapat nur yang unik. Di tambang Muhammad saw terdapat suatu permata yang unik dan aneh. Hati akan bersih dari kegelapan apabila masuk dalam barisan sahabah-sahabah Muhammad saw.Demi rambut kening Rasulullah saw, saya kurban demi wajah Muhammad saw yang bercahaya .Di jalan ini jika aku dibakar dan dibunuh, saya tidak akan memalingkan muka dari istana Muhammad.Engkau telah menyinari jiwa kami karena asyik dan cinta.Wahai Muhammad saw jiwaku berkurban untukmu. Wahai musuh ! waspadalah dan takutlah pada pedang pamungkas (mematikan) Muhammad saw Waspadalah !wahai orang-orang yang mengingkari nur/cahaya Muhammad dan keagungan Muhammad saw .Meskipun keramat kini telah lenyap,namun datanglah dan lihatlah pada sahaya-sahaya/pecinta-pecinta Muhammad saw.

Dalam qasidah beliau Hadhrat Masih Mauud a.s. bersabda:

Jiwa berkurban untukmu wahai makhluk terbaik. Kami telah menyaksikan kisah nurmu dalam kegelapan.Kami telah melihat tanda (mu) yang berfungsi memberi minum, mengairi dan memberikan kesembuhan dari penyakit pada orang-orang yang lalai. Kami telah melihat (gerhana)matahari dan bulan sebagaimana engkau telah isyarahkan.Sungguh keduanya telah gerhana supaya segenap makhluk mengetahui.Ini merupakan nur yang agung untuk kami dari Tuhan kami.. Kami akan memperlihatkan padamu sebagaimana gemerlapanya pedang diperlihatkan..

Nurulhak jilid 2

Ilham 1893:

            قل ان كنتم تحبون الله فاتبعوني يحببكم الله.ويجعل لكم نورا ويجعل لكم فرقانا ويجعل لكم من المنصورين .ان الله مع الذين اتقوا وان الله مع المحسنين. هذا ما الهمني ربي في وقتي هذا و من قبل ينعم علي من يشاء و هو خير المنعمين.

Qul inkuntum tuhibbuwnallah fattab’uwniy yuhbibkumullah.wayaj’allakum nuwraa wayaj’alakum furqwaana. Wayaj’allakum minalmanshuwriyna.innallaha ma’alladziynattaqau wa annallah ma’almuhsiniyna. Hadza maa alhamani rabbi fi waqti hadza wamin qablu yun’imu ‘ala man-yasya wa hua khairul mun’imiyna.Katakanlah jika kamu mencintai Allah maka ikutilah aku.Allah akan mencintaimu. Dan Dia akan memberikan nur –Nya yang istimewa padamu Dan Dia akan memberikan tanda yang khas padamu dan akan memasukkan kamu dalam kelompok orang-orang yang diberikan pertolongan.Allah bersama orang yang bertakwa dan bersama orang-orang yang berbuat kebaikan.

Inilah ilham yang Tuhan telah wahyukan kini dan sebelumnya padaku. Dia menganugerahkan karunia kepada siapa yang Dia kehendaki dan Dia sebaik-baik yang memberi ni’mat.

Ainah Kamalati Islam hal. 374-375

            اني انور كل من في الدار.ظفر من الله وفتح مبين.ظفر وفتح من الله .فخر احمد

Inni unawwiru kulla man fiddaar zhafarun minallahi wa fathun mubiyn.zhafarun wafatahun mubiyn. Fakhar Ahmad.

Saya akan menyinari orang yang berada dalam rumah ini Dari Tuhan kemenangan dan kemenangan yang nyata.Kemenangan dan keunggulan dari Tuhan. Kebanggan Ahmad.

Tazkirah hal. 495 Cetakan 1969

Qamaruddin Shahid