بسم اللہ الرحمن الرحیم

Sayyidina Amirul Mu’minin, Hazrat Mirza Masroor Ahmad, Khalifatul Masih al-Khaamis (أيده الله تعالى بنصره العزيز, ayyadahullaahu Ta’ala binashrihil ‘aziiz) pada 21 Desember 2018 (Fatah 1397 Hijriyah Syamsiyah/13 Rabi’ul Akhir 1440 Hijriyah Qamariyah) di Masjid Baitul Futuh, Morden UK (Britania raya)

أشْهَدُ أنْ لا إله إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لا شَرِيك لَهُ ، وأشْهَدُ أنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ.

أما بعد فأعوذ بالله من الشيطان الرجيم.

بسْمِ الله الرَّحْمَن الرَّحيم * الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمينَ * الرَّحْمَن الرَّحيم * مَالك يَوْم الدِّين * إيَّاكَ نَعْبُدُ وَإيَّاكَ نَسْتَعينُ * اهْدنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقيمَ * صِرَاط الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْر الْمَغْضُوب عَلَيْهمْ وَلا الضالِّينَ.

(آمين)

Tadinya saya ingin mengawali khutbah saya dengan menyampaikan kisah sahabat Nabi Muhammad shallaLlahu ‘alaihi wa sallam yang mengikuti perang Badr lalu menyampaikan perihal mukarram (yang terhormat) Mirza Anas Ahmad Sahib (مکرم مرزا انس احمد صاحب) yang wafat beberapa hari lalu. Namun disebabkan cukup banyak surat yang diterima dari orang-orang yang berisi kesan kesan mereka terhadap almarhum, untuk itu menurut hemat saya saya akan menyampaikan perihal almarhum pada hari ini. Mirza Anas Ahmad Sahib adalah putra tertua Hazrat Khalifatul Masih Tsalits (رحمہ اللہ تعالیٰ) RahimahuLlahu ta’ala (rha). Beberapa hari lalu beliau tutup usia di Rabwah dalam usia 81 tahun. انا للہ وانا الیہ راجعون Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raajiuwn.

Berdasarkan garis ayah, beliau adalah cucu tertua Hazrat Mushlih Mau’ud radhiyAllahu ta’ala ‘anhu (ra), sedangkan dari garis ibu, beliau adalah cucu Hazrat Nawab Mubarakah Begum dan Hazrat Nawab Muhammad Ali Khan Sahib. Berdasarkan garis tersebut, beliau adalah (ماموں زاد بھائی) sepupu saya juga.[1]

Beliau mengenyam Pendidikan dasar di Qadian lalu dilanjutkan di Rabwah, Pakistan. Beliau mendapatkan gelar MA di Universitas Punjab (Pakistan). Untuk beberapa masa beliau berkhidmat di college lalu melanjutkan Pendidikan di Universitas Oxford, Inggris dan meraih gelar M.A.. Dengan karunia Allah ta’ala pada tahun 1955 beliau telah waqf zindegi (mewakafkan kehidupan). Pada tahun 1962 beliau mulai menempuh pengkhidmatan dalam berbagai bidang dengan penuh kerja keras. Beliau terbiasa bekerja dengan totalitas, gigih dan penuh semangat.

Telaah beliau sangat mendalam untuk bidang keilmuan hadits, filsafat dan sastra Bahasa Inggris. Secara khusus beliau sangat menekuni bidang hadits. Untuk itu atas keinginan sendiri beliau mempelajari dasar-dasar ilmu hadits dari Yth. Almarhum Maulwi Khurshid Ahmad Sahib. Beliau memiliki perpustakaan pribadi yang sangat bagus di rumah, mengoleksi buku buku yang sangat berkualitas. Beliau seorang yang gemar menelaah buku. Jika ada mahasiswa dari latar belakang bidang apapun datang kepada beliau untuk meminta bimbingan, beliau bekali dengan pengetahuan mendalam. Beliau pun memiliki koleksi lengkap kitab-kitab rujukan hadits yang sangat penting dan mendasar yang beliau kumpulkan dari berbagai toko buku.

Ketika beliau mewakafkan hidup pada tahun 1955, Hazrat Mushlih Mau’ud radhiyAllahu ta’ala ‘anhu (حضرت مصلح موعود رضی اللہ تعالیٰ عنہ) menceritakan mengenai beliau, “Ketika saya mencanangkan gerakan wakaf zindegi, setelahnya saya menerima tiga pengajuan wakaf. Pertama pengajuan wakaf dari cucu saya, Mirza Anas Ahmad putra Mirza Nasir Ahmad Sahib. Semoga Allah Ta’ala memberikan taufik padanya untuk dapat memenuhi niatnya itu. Anas Ahmad menulis, ‘Tadinya saya berniat untuk mewakafkan hidup setelah menempuh pendidikan hukum, namun sekarang dimana saja Huzur berkehendak untuk menugaskan saya, saya siap.’”

Dengan karunia Allah Ta’ala, beliau mendapatkan taufik untuk berkhidmat selama 56 tahun di berbagai kantor Jemaat. Penugasan pertama di Talimul Islam College sebagai pengajar. Pada tahun 1975 ditetapkan sebagai Naib Nazir Islah wa Irsyad, setelah itu sebagai Additional Nazir Islah wa Irsyad. Kemudian, sebagai sekretaris pribadi Hazrat Khalifatul Masih III (ketiga) dan Hazrat Khalifatul Masih IV (keempat) ketika lawatan pertama ke Eropa. Selanjutnya, beliau mendapatkan taufik berkhidmat sebagai administrator Jamiah Ahmadiyah Rabwah, kemudian sebagai Nazir Talim untuk beberapa tahun. Naib Nazir Diwan lalu sebagai Wakilut Tasnif di Tahrik Jadid. Selanjutnya, pada bulan Maret 1999 juga ditetapkan sebagai Wakilul Isyaat. Meskipun pada tahun 1997 beliau sudah retired (pensiun) dari sisi umur, namun beliau mendapatkan taufik untuk berkhidmat sampai akhir hayat. Beliau pun pernah mendapatkan taufik berkhidmat di kepengurusan Khuddamul Ahmadiyah dan Ansharullah Markaz.

Beliau telah menerjemahkan buku Barahin Ahmadiyah dan Mahmud ki Amin kedalam Bahasa Inggris dan telah diterbitkan. Terakhir kali beliau masih mengerjakan pengeditan penerjemahan buku Surmah Casym Ariya, Izalah Auham dan Durre Samiin dalam Bahasa Inggris. Setelah sekolah milik kita dinasionalisasi [pemerintah] yang setelah itu Jemaat mendirikan sekolah di bawah lembaga Nasir Foundation dan beliau ditetapkan sebagai kepala sekolah.[2] Beliau pun berkhidmat sebagai anggota majlis Ifta, anggota Nur Foundation Board juga. Didirikannya Nur Foundation bertujuan untuk menerbitkan kitab-kitab Hadits terbitan Jemaat yang disertai dengan terjemah dan Syarh (uraian penjelasan)nya. Pada masa masa akhir kehidupan beliau, beliau juga tengah menerjemahkan Musnad Ahmad Bin Hanbal kedalam Bahasa Urdu.

Paska hijrah dari Qadian pada saat perpisahan India Pakistan, Hazrat Mushlih Mau’ud (ra) menceritakan satu peristiwa berkenaan dengan pengorbanan Hazrat Mushlih Mau’ud (ra) sendiri yang mana ada kaitannya juga dengan almarhum sehingga perlu saya sampaikan juga. Hazrat Mushlih Mau’ud (ra) bersabda, “Ketika kami hijrah dari Qadian, saya katakan kepada keluarga besar saya, ‘Kalian akan mendapatkan jatah makan dari Langgar Khana seperti yang didapatkan orang lainnya.’

Karena kondisi keuangan saat itu tidak baik, untuk itu setiap orang ditentukan jatahnya. Saat itu saya sampaikan bahwa disebabkan kondisi keuangan yang tidak baik, untuk itu setiap kepala akan mendapatkan jatah satu roti. Begitu juga yang saya katakan kepada keluarga besar bahwa mereka pun akan mendapatkan jatah yang sama.

Suatu hari, cucu saya, Anas Ahmad datang kepada saya sambil menangis mengatakan, ‘Perut saya tidak kenyang dengan satu roti saja.’

Saya tegaskan padanya, ‘Saya hanya bisa memberikan satu roti padamu.’”

Lalu Huzur II (ra) merelakan setengah roti bagian Huzur diberikan kepada Anas Ahmad.

Hazrat Mushlih Mau’ud (ra) bersabda, “Saat itu saya melewati hari-hari dengan memakan setengah roti sedangkan Anas Ahmad satu setengah. Ketika jatah satu roti bagi para tamu dihilangkan maka saya pun akan meningkatkan jatah roti untuk keluarga besar saya. Namun selama tamu pun mendapatkan jatah satu roti, saya pun memberikan bagian setengah roti saya kepada Anas. Kemudian, setelah itu kondisi keuangan semakin membaik, yang mana tidak hanya hasil panen tanah-tanah di Sindh baik, bahkan Allah ta’ala membuka pintu penghasilan lainnya bagi Jemaat, sehingga aturan jatah makanan tadi ditiadakan.”

Menantu almarhum, Mirza Waheed Ahmad Sahib (ان کے داماد مرزا وحید احمد صاحب) menulis, “Suatu ketika saya akan melakukan perjalanan ke Bukhara dan Samarqand, Mirza Anas Ahmad Sahib mengatakan kepada saya, ‘Sesampainya disana, kamu harus berziarah ke makam Imam Bukhari, Sampaikan doa dan salam saya di sana.’ Disebabkan kecintaan kepada Rasulullah, wujud tersebut (Imam Bukhari) pada seribu ratusan tahun lalu telah mengumpulkan khazanah sabda-sabda dan riwayat Rasulullah (saw) lalu menyampaikanya kepada kita. Untuk itu beliau berhak mendapatkan doa dan salam dari kita.” [3]

Doktor Noori Sahib (ڈاکٹر نوری صاحب) menulis, “Kenangan hidup saya bersama beliau dan mendapatkan kesempatan untuk bergaul dengan beliau cukup lama. Apapun tugas yang diberikan kepada beliau, beliau kerjakan dengan penuh semangat. Meskipun dalam kondisi lemah karena sakit, saya mendapati beliau tengah menerjemahkan buku Hazrat Masih Mau’ud (as). Berjam-jam beliau mengetik di laptop di rumah sakit sementara orang-orang datang dengan membawa referensi ayat-ayat Al-Quran dan buku-buku Hazrat Masih Mau’ud (as) lalu memberikannya kepada beliau.

Beliau sering mengatakan, ‘Saya hanya ingin supaya tugas yang diberikan oleh Khalifah kepada saya, saya dapat menyelesaikannya dengan bantuan Allah Ta’ala.’”

Noori Sahib menulis, “Daya ingat beliau sangat luar biasa, beliau adalah pecinta sejati hadits dan Rasulullah shallaLlahu ‘alaihi wa sallam (saw). Beliau menjelaskan riwayat-riwayat Hazrat Masih Mau’ud ‘alaihis salaam (as) dan para Khalifah dengan penuh gejolak semangat dan sangat menarik, sehingga para pendengar pun terbawa haru. Ketika menerangkan riwayat-riwayat mata beliau basah dan suara beliau terasa berat.

Beliau pun kental dengan sifat sabar. Dalam berbagai keadaan sulit pun beliau selalu memperlihatkan kesabaran dan ketegaran. Beliau tetap teguh dengan penuh kesabaran dalam menghadapi kesulitan. Disebabkan sakit, beliau tidak mampu walau hanya mengangkat gelas cae dan tidak juga dapat membalikan badan di atas tempat tidur. Namun meskipun demikian beliau selalu melaksanakan tugas-tugas dan melaksanakan tanggung jawab dengan segenap hati. Beliau tidak memberikan kesempatan orang lain untuk mengeluhkan kelemahan diri beliau, bahkan selalu ridha atas keridhaan Allah Ta’ala.

Beliau selalu menemui orang yang datang dengan wajah ceria dan senyuman. Ini merupakan akhlak luhur beliau. Sehari sebelum dirawat di Tahir Heart institute beliau menjumpai saya. Disebabkan oleh penyakit tampak rasa sakit yang luar biasa dari wajah beliau. Meskipun demikian beliau berjumpa dengan tersenyum dan berkata, ‘Saya rasa kepergian saya tidak lama lagi, saya akan pergi menemui Tuhan saya.’

Perkataan tersebut beliau ucapkan dengan senyuman.”

Noori Sahib menulis perihal sifat bersyukur Mia Anas, “Beliau kental dengan sifat bersyukur dan menghargai kebaikan orang lain. Dalam dua kesempatan beliau mengatakan kepada saya, ‘Jasa baik yang anda lakukan kepada saya yakni merawat saya dengan niat tulus, saya tidak akan pernah mampu untuk membalasnya.’

Sembari menyatakan perasaan itu, beliau menghadiahi saya buku diary (harian) Hazrat Khalifatul Masih Tsalis yang mana di dalamnya biasa Huzur menulis mimpi-mimpi yang beliau terima. Begitu juga beliau menghadiahkan kepada saya satu buku catatan Hazrat Khalifatul Masih Tsalits.

Beliau juga bersikap penuh kasih sayang kepada tim medis. Perpustakaan yang ada di kamar beliau, saya lihat sendiri, ke empat rak buku yang terletak di ke empat penjuru dinding kamar beliau dipenuhi buku bahkan sampai menyentuh atap. Di dalamnya mencakup buku-buku berbagai topik sains dan ekonomi juga. Menurut beliau buku-buku tersebut telah beliau baca.”

Putri Meer Daud Ahmad Sahib bernama Nudrat menulis, “Paska kewafatan beliau, banyak sekali kenangan lama tentang almarhum yang muncul dalam benak saya. Begitu juga menyegarkan ingatan akan Hazrat Khalifatul Masih tsalits (III) (rha). Ketika pernikahan putri saya, saya pergi untuk mengecek persiapan ke tenda. Saya mendapati Saudara Anas (بھائی انس) tengah duduk disana dan menangis. Saya merasa heran kenapa beliau sudah berada di sini, setelah melihat saya beliau mengatakan, ‘Hari ini saya sangat merindukan ayahmu, Almarhum Meer Daud Ahmad Sahib. Untuk itu saya datang kemari dan berdoa untukmu.’”

Keponakan (بھانجے) beliau Amir Ahmad Sahib menulis, “Beliau seperti seorang ayah yang penyayang dalam keadaan susah dan senang. Di setiap rumah biasa terjadi seseorang berbicara dengan nada marah kepada saudara lainnya. Meskipun demikian beliau selalu memaafkan saudara yang bernada tinggi tersebut layaknya tidak terjadi apa-apa. Bahkan jika beliau merasa orang lain menderita disebabkan oleh nasihat yang beliau sampaikan, lalu meskipun nasihat yang beliau sampaikan itu baik, beliau tetap menyampaikan permohonan maaf pada keesokan harinya.”

Muniruddin Shams Sahib, Additional Wakilut Tashnif (منیر الدین شمس صاحب ایڈیشنل وکیل التصنیف) menulis, “Saya senantiasa mendapati beliau sebagai seorang yang penuh simpatik dan penyayang. Meskipun usia beliau cukup tua dari saya, beliau tidak pernah memperlihatkan diri lebih tua atau lebih tinggi keilmuan dari saya. Semenjak saya berhubungan dengan beliau untuk urusan Tashnif (pernaskahan buku dan proses hingga siap cetak), saya mendapati beliau sebagai penolong, pembimbing dan selalu membantu. Kapan saja beliau diberikan tugas, beliau mengerjakannya dengan kerja keras dan penuh keseriusan. Bahkan, beliau selalu mengatakan, ‘Berikan lagi saya pekerjaan yang lebih karena semakin banyak yang dikerjakan dalam keadaan sakit, akan lebih baik.’

Beliau memiliki kecintaan dan ketaatan yang dalam kepada Khilafat. Ketika berbicara mengenai tugas-tugas, beliau sering mengatakan, ‘Sampaikan salam saya kepada Khalifah.’”

Beliau sering mengirim salam kepada saya (Huzur V atba) dan sering menanyakan, “Apakah disebabkan pekerjaan saya, Huzur kecewa atau tidak?”

Setiap saat beliau selalu khawatir jangan sampai Khalifah kecewa. Meskipun beliau tengah sakit, namun ketika saya berikan suatu tugas, beliau selalu berusaha untuk segera menyelesaikannya.

Beliau mendapatkan taufik untuk memberikan pengkhidmatan yang sangat terpuji dalam penerjemahan sebagian buku Hazrat Masih Mau’ud (as) ke dalam Bahasa Inggris. Beliau mendapatkan taufik untuk menerjemahkan sebagian buku Barahin Ahmadiyah dengan terjemahan yang sangat baik. Dalam finalisasi terjemahan tim kami selalu memberikan pertimbangan khusus pada masukan-masukan beliau.

Kapan pun diberikan petunjuk atau ketika saya memberikan petunjuk, lalu Departemen Wakalat Tashnif menyampaikan kepada Mia Sahib bahwa Khalifah-e-Waqt meminta pendapat beliau, maka Mia Anas Sahib menyampaikan pendapat yang sangat baik. Walhasil, beliau adalah seorang alim ulama, pengetahuan beliau sangat mendalam dan sekarang Jemaat telah kehilangan itu. Semoga Allah Ta’ala menciptakan lagi ulama-ulama lainnya.

Satu per satu keistimewaan almarhum ditulis tiap orang. Banyak sekali muballigh menuliskannya juga. Syams Shab juga menulis, “Beliau sangat menghormati muballighin dan ini merupakan keistimewaan beliau yang besar dan beliau pun sering memberikan bimbingan dalam bidang keilmuan.”

Hafiz Muzaffar Ahmad Sahib, Additional Nazir Islah wa Irsyad Maqami Rabwah (حافظ مظفر احمد صاحب ایڈیشنل ناظر اصلاح و ارشاد مقامی ربوہ آئے), menulis, “Mia Sahib memiliki beragam keistimewaan. Beliau seorang hamba yang bertakwa. Beliau mencintai Allah Ta’ala, Al-Quran dan Rasulullah. Beliau seorang yang sederhana dan rendah hati. Sifat pengasih dan penyayang merupakan keistimewaan beliau yang tampak jelas. Selain huququllah, beliau pun memperhatikan Huququl ibad. Beliau simpatik kepada orang miskin dan tidak membiarkan orang yang membutuhkan kembali dengan tangan kosong, sekalipun untuk membantunya beliau terpaksa harus berhutang. Beliau seorang alim ulama, sangat gemar menuntut ilmu dan untuk itu beliau sangat gigih dan bekerja keras.

Beliau sendiri menuturkan kepada saya bahwa beliau telah menamatkan telaah buku Hazrat Masih Mau’ud (as) ketika paska ujian matrik yakni ketika liburan paska lulus kelas kesepuluh. Beliau juga pernah menyampaikan kepada saya bahkan beliau tuliskan dalam sepucuk surat bahwa beliau telah menamatkan telaah buku Hazrat Masih Mau’ud (as) di usia 15 atau 16 tahun. Beliau adalah pecinta sejati Rasulullah (saw). Hal itulah yang membuat beliau gemar mempelajari ilmu hadits. Beliau bahkan memiliki kecintaan yang dalam. Kecintaan dan telaah tersebut menciptakan kemampuan yang tinggi dan kemahiran dalam bahasa Arab, sehingga selain ilmu hadits, beliau pun memperdalam syarhnya dan lain-lain langsung dari Bahasa Arab.

Setelah lulus kelas kesepuluh beliau mempelajari Sahih Bukhari dari Hakim Khurshid Sahib. Setelah itu saya melihat ketika beliau bertugas sebagai dosen di college, maka sebelum pergi ke college biasanya mobil beliau tengah terparkir di depan rumah hakim Sahib. Setelah belajar hadits dari Hakim sahib lalu beliau berangkat ke tempat pekerjaan.

Setelah itu beliau menelaah sendiri Sihah sittah dan kitab-kitab hadits lainnya. Sampai nafas terakhir beliau terus sebagai penuntut ilmu. Beliau mengoleksi khazanah kitab-kitab hadits yang sangat berharga dan banyak di perpustakaan pribadi beliau yang sangat bermanfaat dan bernilai. Dari sisi itu perpustakaan pribadi beliau luar biasa dan istimewa. Begitu gandrungnya dengan ilmu hadits sehingga kitab-kitab ilmu-ilmu pendukung ilmu Hadits pun seperti ilmu Rijaal dan ilmu ushul hadits, beliau koleksi. Beliau selalu melakukan penelaahan yang dalam dan selalu mengadakan diskusi keilmuan.”

Terkait penerjemahan Shihah sittah, ketika saya (Huzur V atba) mendirikan lembaga baru dari sini yakni Noor Foundation, tugasnya ialah menerjemahkan hadits-hadits kedalam Bahasa Urdu dan begitu juga syarh (uraian dan penjelasan) atas sebagiannya.

Hafiz Muzaffar sahib menulis, “Di dalam lembaga ini Mia sahib juga ditetapkan sebagai anggota. Meskipun kesibukan kantor yang luar biasa, Mia sahib mengambil tanggung jawab untuk menerjemahkan bagian yang paling sulit dan panjang dari penerjemahan urdu kitab Musnad Ahmad Bin Hanbal. Meskipun kesibukan lainnya dan juga kesehatan yang tidak mendukung beliau tetap melanjutkan pekerjaan tersebut. Beliau berhasil menyelesaikan penerjemahan satu bagian yang berisi ratusan hadits. Pengkhidmatan beliau akan terus menjadi kenangan.

Satu pemandangan indah akan kecintaan beliau terhadap hadits tampak dari Dars (kajian) hadits beliau di bulan Ramadhan di Mesjid Mubarak. Beliau menyampaikannya dengan penuh persiapan dan kerja keras yang pada umumny mengenai beragam topik riwayat hidup Rasulullah (saw). Bahan-bahan yang beliau kumpulkan untuk disampaikan sangat luar biasa dan istimewa. Dalam suara beliau ada keharuan. Kami biasa menyimak daras beliau pada bulan Ramadhan yang disampaikan dengan sangat baik. Diserati dengan semangat kecintaan dan dengan cara yang menarik, sehingga untuk beberapa saat pendengar merasa terbawa kepada zaman awal Islam. Pada Jalsah Salanah Rabwah dulu pun beliau mendapatkan kehormatan untuk menyampaikan pidato sampai beberapa tahun.”

Shamim Parwez Sahib, Naib Wakeel Waqf e nou (شمیم پرویز صاحب نائب وکیل وقف نو) menulis, “Satu kisah kecintaan beliau kepada Khilafat selalu tertanam dalam diri saya. Setelah terpilih Khalifah keempat, saat itu saya berkhidmat sebagai Qaid daerah Jhang, ketika pemilihan Khalifah, saya bertugas di bagian luar Mihrab Masjid Mubarak. Seketika terdengar kabar dari masjid terpilihnya Hazrat Mirza Tahir Ahmad sebagai Khalifah keempat, meskipun saat itu kondisinya sangat panas pada bulan Juni, namun beliau langsung bersujud syukur diatas lantai panas.”

Dr Iftikhar Sahib (ڈاکٹر افتخار صاحب) dari London, menulis, “Beliau adalah seorang pewaqaf zindegi dalam makna hakiki. Beliau tetap hadir di kantor dalam kondisi bagaimanapun. Belia terus menyibukkan diri sampai nafas terakhir untuk tugas isyaat dan penerjemahan. Beliau sangat larut dalam penerjemahan dan terkadang beliau melewati berhari hari untuk mencari pemilihan kalimat kata yang sesuai. Standar ketaatan beliau sangat istimewa.”

Khalid Sahib dari Russian Desk di London (خالد صاحب رشین ڈیسک) menulis, “Kapan pun muncul pribadi Mia Sahib di benak saya, bagi saya pribadi beliau merupakan perwujudan hakiki dan manifestasi Hadits Rasulullah (saw), اطلُبوا العِلمَ مِنَ المَهدِ إلَى اللَّحْدِ ‘Uthlubul ilma minal mahdi ilal lahdi.’ – “Tuntutlah ilmu dari sejak dalam buaian sampai menjelang liang lahat.”[4]

Mia Sahib sangat cinta untuk mempelajari berbagai bidang keilmuan. Beliau tidak pernah menyia-nyiakan kesempatan untuk dapat meraih ilmu dan wawasan baru. Hadits merupakan materi favorit beliau begitu juga ilmu Bahasa. Beliau sangat gemar mempelajari ilmu Bahasa. Beliau juga hobby mempelajari berbagai bahasa.

Mengkhidmati tamu merupakan keistimewaan beliau juga. Pada tahun 2005 Rustam Hamadi Hammad Wali Sahib, Presiden Jemaat Rusia yang juga seorang muallim datang ke Rabwah untuk tugas persiapan penerjemahan Al Quran dalam Bahasa Rusia. Kami mendapatkan kesempatan untuk bekerja bersama beliau. Ketika itu finalisasi tugas. Saat itu Rustam Sahib tinggal di Guest House Tahrik Jadid. Suatu ketika Rastam sahib meminta suatu makanan yang lebih sesuai dengan keadaan beliau saat itu, namun tidak dapat disediakan, atau mungkin sudah habis saat itu.

Ketika kabar tersebut sampai kepada Mia Anas, beliau langsung memanggil saya dan mengatakan, ‘Rustam sahib adalah tamu terhormat kita. Kewajiban utama kita untuk memenuhi segala keperluannya.’

Lalu beliau mengeluarkan uang dari saku dan memerintahkan untuk membeli makanan yang diminta dan mengatakan, ‘Jika memerlukan sesuatu nanti kabari saya.

Saya katakan kepada beliau, ‘Makan yang diminta sudah ada dan sudah tersedia.’ Setelah itu pun beliau masih terus menanyakannya.”

Muhammad Salik Sahib (محمد سالک صاحب), Muballigh Birma menulis suatu peristiwa yang sangat mengesankan Munir Ahmad seorang mahasiswa dari Srilanka yang saat ini beliau berkhidmat di Srilanka sebagai Muballig. Ketika menuntut ilmu di Jamiah Rabwah, beliau sakit parah. Mia Sahib yang saat itu menjabat sebagai Administrator Jamiah sangat khawatir siang malam datang berkunjung ke asrama Jamiah untuk mengetahui keadaannya layaknya kerabat beliau sendiri yang sakit.

Shamshad Sahib (شمشاد صاحب), Muballig Amerika menulis, “Ketika rapat dengan para muballig, almarhum selalu berusaha untuk meningkatkan semangat tabligh di dalam diri para muballigh. Beliau sangat gemar membaca dan juga sering menasihatkan kepada para muballighin untuk rajin menelaah buku-buku. Beliau sendiri selalu menumpuk banyak buku buku di kantor sebagai bahan bacaan. Beliau rajin menelaah kitab Bukhari Syarif. Beliau juga sering berdiskusi dengan para muballigh yang datang.”

Shahid Mahmud Sahib (شاھد محمود صاحب), Muballig Ghana menulis, “Saya yang lemah mendapatkan taufik untuk berkhidmat selama lebih dari 12 tahun di Wakalat Isyaat sebagai Direktur bulletin bulanan Tahrik Jadid bagian Bahasa Inggris. Saya mendapatkan banyak sekali pelajaran dari beliau. Kecintaan dan ketaatan beliau kepada Hazrat Masih Mau’ud (as) dan para Khulafa sangat dalam. Tidak jarang beliau berkaca kaca ketika mendengar nama Hazrat Masih Mau’ud (as). Beliau sering mengajak saya duduk bersama di kantor untuk menerjemahkan buku-buku khususnya buku Barahin Ahmadiyah, Surma Casyam Arya dan mahmud ki amiin. Sering juga beliau mengajak saya menerjemah di rumah beliau sendiri. Beliau tidak memperhatikan apakah itu hari libur atau jam kantor telah selesai. Seringkali beliau melanjutkan pekerjaan meskipun setelah selesai jam kantor. Meskipun demikian beliau tetap memperhatikan pengkhidmatan dan kecintaan kepada saya sebagai tamu.”

Beliau mengatakan bahwa beliau telah menugaskan seseorang untuk mengimami shalat Zhuhur di kantor supaya semua staf kantor dapat shalat berjamaah. Saya terkadang memperhatikan ketika beliau melaksanakan shalat sunnah dan shalat lainnya, shalat beliau sangat indah untuk dipandang. Beliau melaksanakan shalat dengan penuh kelezatan. Beliau selalu bersikap penuh kasih sayang kepada staf kantor. Suatu hari meskipun sakit saya masuk kantor lalu beliau memaksa saya untuk beristirahat di rumah dan memberikan izin cuti selama 6 hari. Namun jika beliau sendiri yang sakit, beliau tetap hadir di kantor dan setelah itu melanjutkan pekerjaan di rumah.”

Ayyaz Mahmood Khan, Muballigh berkhidmat di Wakalat Tashnif UK (ایاز محمود خان مربی وکالت تصنیف یو۔کے) menulis, “Saya mempelajari banyak hal dari beliau perihal tugas-tugas. Karena beliau menerjemahkan buku-buku Hazrat Masih Mau’ud (as) dengan penuh semangat, sehingga ketika menerjemah, almarhum sering berbagi pengalaman kepada saya perihal istilah-istilah rumit dan bagaimana jawabannya,. Satu hal yang sering beliau katakan adalah dalam penerjemahan tidaklah cukup dengan hanya melibatkan terjemahan per kata dari kamus. Penting untuk diperhatikan apakah kata atau istilah tersebut dapat mengurangi keluhuran Hazrat Masih Mau’ud (as) atau tidak? Jika terjemahan tiap kata tidak tepat, maka perlu dicari kata lain yang dapat mengekspresikan (menyampaikan) bahasan sebenarnya. Begitu dalamnya beliau dalam bidang penerjemahan, sehingga meskipun sakit beliau tetap melanjutkannya. Ketika sakit beliau sering mengatakan kepada saya, ‘Disebabkan sakit, percepatan pekerjaan saya menjadi berkurang. Ketika saya duduk, saya tidak dapat melakukan sebanyak seperti yang saya inginkan. Saya merasa lelah, namun tetap saya duduk bekerja untuk 6 atau 7 jam lamanya.’”

Saya (Huzur V atba) melihat sendiri beliau biasa bekerja dalam sehari 12, 13 bahkan 15 jam.

Ayyaz Sahib (ایاز صاحب) menulis: Ketika kami ke Rabwah, Mia Sahib juga mengisi kelas kami. Beliau sering mengatakan dan kapan pun saya berbicara dengan beliau, beliau menasihatkan kami, ‘Biasakanlah membaca literature. Biasakan untuk membaca berbagai macam buku. Jangan hanya membatasi pada buku-buku agama saja. Baca juga filsafat dan literatur novel yang dengan begitu bahasa dan ilmu kalian akan semakin luas.’

Beliau mengatakan secara khusus kepada saya untuk mengamalkannya karena saya sering menerjemah. Suatu hari saya menanyakan perihal kata sulit dalam penerjemahan kedalam Bahasa Inggris kepada beliau. Lalu Mia Sahib berfikir sejenak dan memberikan tiga pilihan kata. Saya katakan kepada Mia Sahib, ‘Hazrat Choudry Zafrullah Khan Sahib pernah menerjemahkan kata tersebut dalam Bahasa Inggris seperti yang tuan beritahukan.’

Mendengar itu Mia Sahib sangat bahagia dan berkata, ‘Benar sekali itu. Kata itulah terjemahan yang betul.’

Sebagai wujud rasa hormat beliau kepada Zafrullah Khan Sahib, beliau mengatakan, ‘Bahasa beliau sangat baik. Gunakan kata tersebut.’

Saya juga melihat bagaimana beliau menganggap akal dan pemahamannya sama sekali tidak berarti di hadapan Khalifah. Sebelum ini, jika beliau menyampaikan suatu pendapat, namun saya sampaikan pendapat Khalifah kepada beliau bahwa Khalifah mengatakan demikian maka beliau langsung mengatakan, ‘Berarti itu yang benar. Saya yang keliru. Apa yang huzur katakan itu yang benar.’

Dengan cara itu beliau berkali-kali memberikan pelajaran kepada saya bahwa pendapat lain tidak ada nilainya ketika Khalifah telah mengatakan sesuatu. Yang benar adalah yang dikatakan Khalifah dan kita harus mengamalkannya.”

Syeikh Nasir Sahib (شیخ نصیر صاحب), staf Russian Desk di  sini (London) menulis, “Saya pernah berkhidmat dengan Mia Sahib di kantor Wakalat Isyaat selama 16 tahun. Saya telah belajar banyak hal dari beliau. Saya selalu mendapati beliau seperti ayah yang mencintai. Beliau tidak pernah membuat saya merasa sebagai bawahan. Jika terkadang saya merasa bahwa orang tua tidak ada, beliau selalu mengatakan, ‘Anggap saya sebagai ayahmu.’

Beliau bersikap penuh kasih sayang kepada seluruh staf. Jika disebabkan karena kesalahan saya, beliau memperlihatkan sedikit kemarahan maka beliau mengingatnya dan pada hari berikutnya beliau mengatakan, ‘Kamu telah memaafkan saya kan?’

Saya jawab, ‘Mia Sahib, saya sama sekali tidak merasa bahwa tuan memarahi saya.’

Jika terkadang marah, beliau sama sekali diam, sehingga kami paham Mia Sahib (میاں صاحب) tengah marah. Namun tidak lama kemudian beliau menelepon kami untuk suatu tugas dan tidak memendam rasa marah itu di dada. Kapanpun beliau ditugaskan sesuatu oleh Khalifatul Masih, lalu beliau mengadakan rapat dengan staf terkait dan membahas metode yang akan ditempuh. Beliau sendiri mengambil bagian tugas yang paling sulit dan meskipun sakit beliau tetap berusaha untuk melaksanakan tugas di rumahnya. Jika beliau merasa sulit untuk datang ke kantor, beliau memanggil staf ke rumah beliau dan bekerja di rumah. Tidak ada istilah cuti dan istirahat bagi beliau. Terkadang beliau menerjemah sambil terlentang di tempat tidur. Beberapa kali saya membonceng beliau menggunakan sepeda untuk pergi ke kantor.”

Zahid Mahmud Majid Sahib (زاہد محمود مجید صاحب), staf Isyaat menulis, “Saya mendapatkan kesempatan untuk berkhidmat Bersama dengan yth. Mia sahib. Beliau sangat menyintai Khilafat. Ketika menulis surat kepada Huzur, beliau diliputi suasana haru yang dalam. Jika Huzur menugaskan sesuatu kepada almarhum, beliau terus merasa gelisah sebelum dapat menyelesaikannya. Jika kesehatan tidak mendukung, beliau akan sangat bersedih. Saya pernah terkena penyakit batu ginjal dan di operasi di Fazl umar Hospital. Ayah saya mengatakan, ‘Selama operasi masih berlangsung, Mia Sahib terus berjalan-jalan di luar ruang operasi sambil berdoa.’”

Muhammadud Din Bhatti Sahib (محمد الدین بھٹی صاحب) staf Isyaat menulis, “Saya mendapatkan taufik bekerja dengan beliau sejak tahun 1995 sampai akhir hayat beliau. Almarhum Mia Sahib senantiasa bersikap penuh hormat kepada para staf beliau. Kapan saja beliau memanggil staf untuk suatu tugas, beliau meminta untuk duduk di kursi terlebih dahulu lalu memulai pembicaraan.

Jika beliau telah memperlihatkan kemarahan kepada staf, beliau segera memperlihatkan kasih sayangnya, sehingga terkadang beliau meminta maaf. Suatu ketika, Mia Sahib menugaskan sesuatu kepada saya lalu saya sampaikan bahwa saya tidak dapat mengerjakannya. Penolakan saya kurang etis namun beliau memaafkannya lalu hanya mengatakan, ‘Seyogyanya Anda tidak menjawab seperti itu.’

Disebabkan karena sakit pada bagian lutut, sehingga saya tidak bisa datang tepat waktu di kantor. Ketika saya datang terlambat, kolom absensi terlambat saya di ceklist oleh staf, dan jika ceklist terlambat sudah mencapai jumlah tertentu, maka akan terhitung sebagai satu ketidakhadiran. Lalu Mia Sahib merekomendasikan kepada Wakil Ala sahib bahwa lutut saya sakit, supaya tidak dihitung terlambat. Mia Sahib sangat memperhatikan siswa yang miskin, orang yang belum punya pekerjaan dan para janda. Beliau biasa membelikan seragam sekolah, buku-buku untuk para siswa dan biasa memberikan surat rekomendasi untuk yang masih menganggur supaya mendapat pekerjaan.

Ihsanullah sahib, Muballig silsilah Ghana (احسان اللہ صاحب مربی سلسلہ گھانا) menulis, “Saya pernah bertugas di kantor Wakalat Isyaat selama 9 tahun dengan beliau. Beliau adalah wujud yang dipenuhi dengan kecintaan dan hormat kepada Khilafat. Beliau selalu menyuntikkan kecintaan tersebut kedalam hati orang-orang yang bekerja dengan beliau dengan cara yang halus. Suatu hari beliau memanggil saya dan meminta saya duduk di dekat beliau seraya berkata, ‘Saya sedang menulis surat untuk Huzur, untuk difakskan segera.’

Ketika menulis kata ‘Hazrat Khalifatul Masih Al Khamis’, beliau tampak diliputi kecintaan yang dalam dan pandangan beliau terhenti beberapa menit pada kata itu lalu dengan perasaan penuh haru, beliau terus menyampaikan berkenaan dengan Khilafat.

Bagaimana kasih sayang beliau kepada bawahan sangat mengherankan yakni beliau tidak membiarkan bawahan berdiri di depan beliau, meskipun sakit parah beliau tetap tampak memperlihatkan senyuman. Jika sehari beliau memarahi seseorang, maka beliau menghiburnya selama dua hari sehingga terkadang kami merasa malu, padahal kemarahan beliau hanya dalam corak nada suara beliau tinggi. Tidak menggunakan kata kata kasar atau menyinggung perasaan. Jika melihat ada yang bersikap kasar di kantor, beliau menampakkan ketidaksukaan atas perbuatan tersebut.”

Muhammad Talha Sahib, Dosen Takhassus Hadits Jamiah Ahmadiyah di Rabwah (محمد طلحہ صاحب ہیں استاد حدیث کے متخصصین کے شعبہ میں جامعہ میں) menulis, “Selama takhassus (spesialisasi bidang), sekitar satu tahun saya dan Yth. Sayyid Fahad sahib mendapatkan kesempatan untuk memperdalam ilmu hadits dari Yth. Mirza Anas Ahmad sahib. Meskipun banyak tanggung jawab lainnya dan kesehatan yang buruk beliau selalu berusaha sebisa mungkin supaya jangan ada hari-hari yang kosong dari pelajaran Hadits. Suatu hari disebabkan kesehatan yang buruk, beliau tidak dapat hadir di kelas, lalu beliau memanggil kami ke rumah beliau untuk belajar.”

Bpk. Asif Uwais, Muballigh silsilah berkhidmat di Wakalat Isyaat (آصف اویس مربی سلسلہ وکالت اشاعت) menuturkan, “Beberapa bulan lalu saya ditugaskan di Wakalat Isyaat (perbukuan dan penerbitan). Beberapa bulan tersebut merupakan masa-masa penuh kenangan bagi saya. Mia sahib (Almarhum) selalu memberikan perhatian dengan penuh kasih sayang dalam setiap kesempatan. Usia kami berdua terpaut lebih dari 55 tahun, namun ketika bergaul dengan beliau saya merasa paut usia itu tidak ada, obrolan pun terjalin sangat baik, untuk menghangatkan suasana beliau pun tidak jarang mengeluarkan candaannya. beliau mendapatkan tugas untuk menerjemahkan Musnad Ahmad Bin Hanbal. Dalam kondisi umur yang sudah senja dan kesehatan yang sangat buruk pun beliau tetap bersemangat untuk melaksanakan tugas-tugas. Keputusasaan atau perasaan pekerjaan tidak akan dapat diselesaikan tidak terlintas dalam benak beliau.”

Mahasiswa Jamiah Ahmadiyah di Rabwah, Muhammad Kashif (محمد کاشف) menulis, “Skripsi saya berjudul ‘Para Sekretaris Pribadi Khalifah Ahmadiyah’. Beberapa bulan terakhir saya beberapa kali menemui almarhum. Alhamdulillah! Beliau berkenan meluangkan waktunya yang sangat berharga dan bersikap penuh kasih sayang kepada saya. Meskipun sakit beliau berkenan diwawancarai. Ketika wawancara dengan penuh haru mengatakan, ‘Upaya dan kerja keras manusia tidak ada artinya, inilah ringkasan kehidupan saya. Apapun yang terjadi, itu semua berkat karunia Allah ta’ala dan jalinan dengan Khilafat.’”

Bpk. Asif Ahmad Zafar (آصف احمد ظفر) dari Rabwah menuturkan, “Sebelum wafat beliau berobat di Tahir Heart Hospital. Saya pergi untuk menjenguk beliau. Meskipun dalam kondisi yang menderita dan terpasang masker di wajah mungkin untuk oksigen, beliau membuka masker ketika saya memperkenalkan diri lalu kami berbincang.

Saya berkata, ‘Mia Sahib! Insha Allah! Semoga Allah menurunkan karunia kesembuhan kepada tuan, insya Allah.’

Beliau menjawab, ‘Panggilan Allah ta’ala pun merupakan sebuah karunia.’

Mendengar jawaban beliau seperti itu saya heran betapa dalam keadaan demikian pun beliau tetap bertawakkal kepada Allah dan tidak mengkhawatirkan kematian.”

Jalinan beliau dengan Khilafat yang disampaikan orang-orang tentang beliau, memang tidak berlebih-lebihan dan memang jalinan itu lebih dalam lagi dari itu yang mana beliau perlihatkan melalui setiap amal perbuatan dan teladan beliau. Ketika Hazrat Khalifatul Masih Ar-Rabi (IV) rha menetapkan saya (Huzur V atba) sebagai Amir Maqami dan Nazir A’la, disebabkan ketaatan kepada Khilafat, almarhum pun taat sepenuhnya kepada Amir dan memberikan penghormatan penuh. Meskipun usia saya lebih muda 13 atau 14 tahun dari beliau, namun beliau memperlihatkan ketaatan yang sempurna kepada Amir. Begitu pun setelah saya menjadi Khalifah, beliau memperlihatkan teladan ketaatan yang sempurna kepada Khilafat.

Semoga Allah Ta’ala memberikan magfirah dan rahmat-Nya kepada beliau. Hal-hal yang beliau sampaikan untuk meraih karunia Allah ta’ala, semoga Allah Ta’ala mengabulkannya. Memberikan beliau tempat di tengah-tengah para kekasih beliau. Semoga Allah Ta’ala menjadikan anak keturunan beliau orang-orang yang terjalin dengan Khilafat.

Pada saat kewafatan Yth. Mirza Ghulam Ahmad Sahib, Almarhum melihat mimpi. Pernah saya sampaikan hal ini. Pada khotbah kali ini pun ada yang menulis kepada saya tentang hal tersebut. Almarhum menulis, “Pada saat kewafatan Mia Ghulam Ahmad Sahib dua hari lalu, saya melihat mimpi. Dalam mimpi tersebut Saudara Khurshid dan Mia Ghulam Ahmad pergi menghadap Allah Ta’ala. Mereka berdua berjumpa dengan Hazrat Rasulullah (saw) dan Hazrat Masih Mau’ud (as).

Pada saat itu timbul keinginan dalam diri saya untuk berjumpa dengan Allah ta’ala seperti itu. Lalu saya berkata, ‘Ya Allah! Panggillah juga hamba ke dekat Engkau!’

Lalu Allah ta’ala berfirman, ‘Kamu majulah!’

Dengan demikian Allah Ta’ala memberikan tempat kepada saya di dekat-Nya.

Allah ta’ala telah memberikan kabar pengampunan dan rahmat atas beliau. Semoga Allah Ta’ala terus meninggikan derajat beliau dan semoga anak keturunan beliaupun menjadi orang yang saleh.

 

Khotbah II

 

اَلْحَمْدُ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنُؤْمِنُ بِهِ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْهِ

وَنَعُوْذ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا

مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلَا هَادِيَ لَهُ –

 وَنَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَنَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

عِبَادَ اللهِ! رَحِمَكُمُ اللهُ!

 إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِى الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ

يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذكَّرُوْنَ –

أُذكُرُوا اللهَ يَذكُرْكُمْ وَادْعُوْهُ يَسْتَجِبْ لَكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ

Penerjemah                : Mln. Mahmud Ahmad Wardi, Syahid (London, UK); Editor: Dildaar Ahmad Dartono (Indonesia).

[1] Dalam bahasa Urdu mengenal penyebutan yang berbeda untuk kakek-nenek dari jalur ibu (dada-dadi), kakek-nenek jalur ayah (nana-nani), saudara tua ayah (taya), saudara muda ayah (chacha). Saudara ibu disebut mamu dan istri saudara ibu disebut mamani. Saudari ibu disebut khalah dan suaminya disebut khalu. Putra saudara ibu atau saudara sepupu jalur ibu disebut mamuzad bhai.

[2] Pada tahun 1970, Partai Rakyat Pakistan (Pakistan People’s Party) memenangkan pemilihan umum. Pemimpin partai itu ialah Zulfikar Ali Bhutto. Partai Rakyat Pakistan (PPP) didirikan di tahun 1967. Kawan dekat Bhutto ialah J.A. Rahim, seorang pensiunan dan ideolog Marxis (kiri, sosialis-komunis). Sejumlah Marxis dan intelektual progresif, jurnalis, aktivis mahasiswa, serta aktivis serikat buruh kemudian juga turut bergabung termasuk kelompok Sosialis Islam Ramay. Kebijakan Bhutto diantaranya menguasai semua sekolah, perguruan tinggi, dan rumah sakit yang dimiliki oleh berbagai komunitas di negara ini. Tahun 2004, Presiden Pervez Musharraf memerintahkan privatisasi bersyarat bagi  lembaga-lembaga pendidikan minoritas. https://indonesia.ucanews.com/2014/11/13/umat-katolik-pakistan-bersukacita-menyusul-sekolah-mereka-dikembalikan-pemerintah/

[3] Shahih al-Bukhari ialah Kitab koleksi Hadits (sabda Nabi Muhammad (saw)) yang disusun Imam Muhammad bin Ismail al-Bukhari (wafat 256 AH/870 M) (rahimahullah). Beliau berasal dari Bukhara (dekat Samarkand, sekarang wilayah Uzbekistan, Asia Tengah atau selatan Rusia). Hingga abad 13, wilayah tersebut didominasi penduduk cabang keturunan Iran kuno (Persia), seperti Sogdians, Baktria dan lain-lain. Penguasaan orang-orang Arab, kemudian bangsa Turki lalu Mongol dan kemudian Rusia mempengaruhi komposisi dan varietas etnisitas dan bahasa di sana.

[4] Tercantum dalam Adabul Muta’allimiin – Sopan Santun para Pelajar (آداب المتعلّمين) karya (محمد بن الحسن الجهرودي الطوسي، المشهور بـالخواجة نصير الدين الطوسي ) Abu Jafar Muhammad Ibn Muhammad Ibnu Al Hasan Nasiruddin Al-Tusi (Khawajah Nashiruddin ath-Thusi) adalah seorang ilmuwan serba bisa dari Persia. Beliau lahir pada 18 Februari 1201 Masehi di Kota Tus yang terletak di dekat Mashed, Persia (sekarang sebelah timur laut Iran). Juga dalam Tafsir al-Qummi (تفسير القمي) karya Ali ibn Ibrahim al-Qummi (على بن ابراهيم القمي), bahasan juz 2, h. 401. Beliau hidup pada pertengahan kedua abad ke-3 dan awal abad ke-4 Hijriyah (w. 940 M). Beliau pernah berjumpa dan belajar dengan Imam Ali an-Naqi (Hadi), putra Muhammad al-Jawad, putra Ali ar-Ridha, putra Musa al-Kazhim, putra Ja’far ash-Shadiq dst hingga Hazrat Ali ra dan Siti Fathimah.