Pengantar Mempelajari Al-Quran

Judul : Pengantar Mempelajari Al-Quran
Penulis : Mirza Bashiruddin Mahmud Ahmad
Judul Asli : Introduction to the Study of the Holy Quran
Alih Bahasa : Syukri Barmawi & Syafi Rajo Batuah
Ukuran : 15 x 23 cm
Cetakan 4: 2018
Isi : xii + 592 halaman
Penerbit : Neratja Press 2018
ISBN : 978-602-0884-24-0

Sinopsis Buku Pengantar Mempelajari Al-Quran

Pengantar Mempelajari Al-Quran ini, aslinya berbahasa Urdu, diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan judul “The Introduction to Study of The Holy Qur’an”. Buku ini merupakan pengantar dari “Al-Quran dengan Terjemahan dan Tafsir Singkat” karya Hadhrat Mirza Bashiruddin Mahmud Ahmad, Khalifatul Masih II yang memimpin Jemaat Ahmadiyah dari tahun 1914 sampai 1965.

Pertama kali diterbitkan dalam versi bahasa Indonesia pada tahun 1966 diterjemahkan oleh Bapak Syukri Barmawi dan Syafi Rajo Batuah (Almarhum). Karya terjemahan kedua beliau ini kemudian diterbitkan ulang pada tahun 1989, 2009 dan 2018.

Walaupun buku ini aslinya diterbitkan tahun 1947, namun isinya masih tetap aktual untuk menjawab dan menjelaskan berbagai isu yang hangat saat ini seperti masalah terorisme, pemerintahan Islam, peperangan atau pemberontakan, masalah wanita, toleransi dll.; namun yang lebih penting lagi ialah penjelasan untuk apa tujuan manusia diciptakan serta semuanya dibahas dengan sangat apik dan dengan bahasa yang sederhana hingga memudahkan kita menyimak apa dan bagaimana isi dari kitab suci umat Islam “Al-Quran” itu sebagai kitab suci terakhir yang diturunkan Allah Taala kepada umat manusia.

Al-Quran Karim adalah Kitab Suci yang paripurna. Terjemah dan Tafsir singkat yang di – antar – oleh buku ini didalamnya membahas seluruh masalah yang dihadapi oleh umat manusia. Buku ini sebagai pengantar, menjelaskan – untuk memudahkan kita semua, baik yang beragama Islam maupun yang bukan-Islam dalam mempelajari dan meneliti Al-Qur’an.