Buku Penzahiran Kebenaran (Sach-Chai Ka Izhar)

the Truth Revealed (Penzahiran Kebenaran) Sachai ka Izhar

Download (Bahasa Inggris)

PDF
Google Books
Audio Book


Resensi 

Buku ini berisi  korespondensi Hazrat Mirza Ghulam Ahmad (Hadhrat Masih Mau’ud) dengan beberapa pemuka Kristen.

Buku yang  diterbitkan pada tahun 1893 ini menjelaskan tentang janji yang dibuat oleh Abdullah Atham (seorang Kristen) bahwa jika ia kalah dalam perdebatan maka ia akan masuk agama Islam. Buku ini juga memuat surat-surat yang ditulis oleh beberapa orang Arab terpelajar dari Hijaz dan Syria yang mengakui kebenaran dakwah Hadhrat  Masih Mau’ud.

Masih Mau’ud menyebutkan Maulvi Mohammad Hussain turut membantu orang-orang Kristen melalui surat kabar Isyaatus Sunnah. Bantuan ini berupa pernyataan bahwa Hadhrat Masih Mau’ud adalah kafir, sehingga orang Kristen dapat mengatakan bahwa Hadhrat Masih Mau’ud adalah seorang non-Muslim, maka mereka tak perlu lagi berdebat perkara agama dengan dengannya.

Di akhir buku ini, Hadhrat Masih Mau’ud memberi tanggapan atas selebaran yang dibuat oleh Abdul Haq Ghaznawi, yakni mengundang dia beserta orang-orang yang sepaham dengannya untuk bermubahalah. Dan sebagai catatan tambahan, di dalam jawabannya itu Hadhrat Masih Mau’ud mengatakan bahwa jika Maulvi Mohammad Hussain  tidak tampil, maka hal itu akan menjadi bukti bahwa kabar ghaib tentang dirinya yang menyatakan bahwa ia akan bertobat dan berhenti menyebut beliau kafir, telah menjadi kenyataan.

 


Sumber       : Sach-chai ka Izhar (the Expression of Truth
Penerjemah : Mahmud Surahman
Editor          : Khaeruddin Ahmad Jusmansyah