SIARAN PERS

Penghargaan Komunitas Anggota Pendonor Kornea Mata Terbanyak
di Indonesia oleh Museum Rekor Indonesia (MURI)

Ashyhadu Allaa ilaaha Illallah Wa Ashyhadu anna Muhammadar-Rasuulullah

Bismillahir-rohmaanir-rohiim

amir ahmadiyah abdul basith rekor muri

Menurut data Direktur Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo, Hikmat Wangsaatmadja, SpM, Mkes, MM angka kebutaan penduduk Indonesia secara nasional adalah 1,5% dari total penduduk atau sekitar 3,7 Juta orang, dimana 2 juta Tuna Netra sebetulnya berpotensi dapat disembuhkan, namun pendonor mata yang ada masih sangat sedikit yaitu 13.000 orang.

Sebagai komunitas agama yang selalu mengedepankan amalan nilai-nilai ajaran agama pada wujud  kemanusiaan dan kontribusi pada negara, Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) sejak tahun 1985 mencanangkan Gerakan Donor Mata kepada seluruh anggota komunitasnya dan terus berusaha mensosialisasikan ke masyarakat luas untuk menjadi bagian dari masyarakat yang peduli pada kondisi Tuna Netra yang membutuhkan donor mata.

Saat ini 6.800 orang anggota komunitas Jemaat Ahmadiyah Indonesia telah tercatat sebagai Calon Donor Mata di Bank Mata dan menargetkan tahun ini bisa terus cepat bertambah mencapai 10.000 ribu orang Calon Donor Mata.

Sebagai penghargaan atas kiprahnya dalam gerakan Donor Mata di Indonesia, Museum Rekor Indonesia (MURI) menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) sebagai ‘Komunitas Pendonor Mata Terbanyak di Indonesia secara berkesinambungan’, yang diserahkan oleh pendiri MURI bapak Jaya Suprana kepada Amir Nasional JAI, Bapak Haji Abdul Basit, pada hari Sabtu, 22 Juli 2017 di Kantor Pusat JAI, Wisma Rahmat Ali,  Jalan Balikpapan I No.10, Jakarta Pusat yang dihadiri oleh wakil dari Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,  Bank Mata DKI  dan Pengurus Nasional Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI).

pendonor kornea mata ahmadiyah terbanyak

 

Rekor MURI Pendonor Mata diberikan juga kepada Desa Manislor, Kuningan – Jawa Barat, sebagai Rekor Nasional untuk Desa dengan warganya terbanyak Pendonor Mata, sebanyak 1.516 orang.

rekor donor mata terbanyak ahmadiyah manislor

Dalam sambutannya Pendiri MURI Jaya Suprana mengatakan bahwa Rekor Donor Mata ini bukan saja Rekor Nasional namun Rekor Dunia karena belum pernah ada komunitas seperti JAI dan warga satu desa seperti Desa Manislor yang mencapai pencapaian jumlah pendonor mata seperti saat ini.

Dalam kesempatan yang sama diadakan Seminar dan Workshop Donor Mata untuk menyiapkan tenaga Profesional oleh Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) membantu Bank Mata dalam tindakan operasi eksisi kornea mata pendonor ketika Calon Donor Mata meninggal.

LOVE FOR ALL HATRED FOR NONE

Jakarta, 22 Juli 2017

Yendra Budiana

Sekretaris Pers & Juru Bicara

Jemaat Ahmadiyah Indonesia

Email : info@ahmadiyah.id
Twiter : @AhmadiyahID

(Visited 292 times, 1 visits today)