Khotbah Jumat
Sayyidina Amirul Mu’minin, Hadhrat Mirza Masroor Ahmad, Khalifatul Masih al-Khaamis (ayyadahullaahu Ta’ala binashrihil ‘aziiz) pada 12 Oktober 2018 (Ikha 1397 HS/02 Safar 1440 HQ) di Masjid Baitul Futuh, Morden, UK (Britania Raya)
أشْهَدُ أنْ لا إله إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لا شَرِيك لَهُ ، وأشْهَدُ أنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ.
أما بعد فأعوذ بالله من الشيطان الرجيم.
بسْمِ الله الرَّحْمَن الرَّحيم * الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمينَ * الرَّحْمَن الرَّحيم * مَالك يَوْم الدِّين * إيَّاكَ نَعْبُدُ وَإيَّاكَ نَسْتَعينُ * اهْدنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقيمَ * صِرَاط الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْر الْمَغْضُوب عَلَيْهمْ وَلا الضالِّينَ.
(آمين)
Riwayat hidup para sahabat Rasulullah (saw) yang akan saya sampaikan pada hari ini tidak tidak dijaga secara rinci oleh sejarah. Keterangan singkat mengenai biodata mereka dijelaskan secara singkat. Namun karena saya berharap supaya seluruh kisah riwayat hidup para sahabat Badr dapat dikumpulkan dalam suatu literatur jemaat, untuk itu saya akan sampaikan juga para sahabat yang riwayatnya singkat.
Bagaimanapun kedudukan para sahabat Rasul adalah istimewa meskipun hanya singkat saja dapat menarik keberkatan bagi kita dengan mengisahkan keistimewaan atau mengenang mereka. Inilah wujud-wujud yang meskipun miskin dan lemah, namun terdepan dalam melindungi agama. Mereka tidak gentar menghadapi kekuatan musuh, bahkan segenap ketawakkalannya hanya kepada Zat Allah semata. Mereka telah berjanji untuk setia dan cinta kepada Rasulullah (saw), untuk itu mereka tidak gentar untuk mengorbankan jiwa. Disebabkan oleh penjagaan atas janji setianya itu, sehingga Allah Taala memberikan kabar suka surge pada mereka dan mengumukan bahwa Allah ridha atas mereka.
Sahabat pertama, Hadhrat Abdu Rabbihi Bin Haq Bin Aus (عَبْدُ رَبِّهِ بنُ حَقّ بن أَوْس بن ثَعْلَبَةَ بنِ طَرِيف بن الخَزْرَج بن سَاعِدَةَ بن كعب بن الخَزْرج الأَنصاريّ الخزرجيّ الساعديّ) radhiyAllahu ta’ala ‘anhu. Berkenaan dengan beliau ada beberapa pendapat. Sebagian berpendapat nama beliau Abdur Rabb, sebagian lagi berpendapat Abdullah. Ibnu Ishaq berpendapat nama beliau adalah Abdullah Bin Haq, sedangkan pendapat Ibnu Umarah (ابن عُمَارة) adalah Abdu Rab Bin Haq (عبد رب بن حَقِّ بن أَوس). Beliau berasal dari Banu Saidah, keluarga Banu Khazraj. Beliau ikut serta pada perang Badr.[1]
Sahabat berikutnya, Hadhrat Salamah Bin Tsabit, nama lengkap beliau adalah Salamah Bin Tsabit Bin Waqsy (سَلَمة بن ثَابِت بن وَقْش بن زُغْبة بن زَعُوراءَ بن عبد الأَشهل الأَنصاري الأَشهلي) radhiyAllahu ta’ala ‘anhu. Hadhrat Salamah ikut serta pada perang Badr. Pada perang Uhud beliau disyahidkan oleh Abu Sufyan. Ayahanda beliau, Hadhrat Tsabit Bin Waqsy, paman beliau Hadhrat Rifa’at Bin Waqsy dan saudara beliau Hadhrat Amru Bin Tsabit juga syahid pada perang Uhud. Banyak sekali anggota keluarga beliau yang ikut serta pada perang Uhud. Ibunda beliau bernama Laila Binti Yaman (ليلى بنت اليمان), saudari Hadhrat Hudzaifah Bin Yaman (حُذيفة بن اليمان).
Sahabat berikutnya, Hadhrat Sinan Bin Shaifi, berasal dari Banu Salma, ranting Banu Khazraj (سِنَان بن صَيْفيّ بن صَخْر بن خَنْساءَ بن سِنَان بن عُبَيد بن عَدِيّ بن غَنْم بن كعب بن سَلمة الأَنصاري الخَزْرجي السَّلَمي) radhiyAllahu ta’ala ‘anhu.[2] Ibunda beliau bernama Nailah Binti Qais (نائلة بنت قيس بن النعمان بن سنان من بني سلمة). Seorang putra beliau bernama Mas’ud.
Beliau masuk Islam berkat upaya tabligh Mus’ab bin Umair pada 12 Nabawi. شهد العقبة، وهو أَحد السبعين الذين بايعوا النبي صَلَّى الله عليه وسلم عندها، وشهد بدرًا وأُحدًا Beliau ikut serta pada Baiat Aqabah kedua Bersama dengan 70 sahabat Anshar lainnya. Beliau ikut pada perang Badr dan Uhud. Beliau syahid pada perang Khandaq.
Sahabat berikutnya Hadhrat Abdullah Bin Abdu Manaf, berasal dari kabilah Banu Nu’man (عَبْدُ اللهِ بْنُ عَبْدِ مَنَافِ بْنِ النُّعْمَانِ بْنِ سِنَانِ بْنِ عُبَيْدٍ) radhiyAllahu ta’ala ‘anhu. Beliau dijuluki Abu Yahya (أَبُو يَحْيَى). Ibunda beliau Hamimah Binti Ubaid (حميمة بنت عبيد بن أبي كعب بن القين بن كعب ابن سواد من بني سلمة). Beliau mempunyai seorang putri yang bernama sama yaitu Hamimah (حميمة). Ibunda beliau bernama Rubai Binti Tufail (الربيع بنت الطفيل بن النعمان بن خنساء بن سنان بن عبيد وشهد عبد الله بن عبد مناف بدرا وأحدا وتوفي وليس له عقب). Beliau ikut serta pada perang Badr dan Uhud.[3]
Sahabat selanjutnya, Hadhrat Muhriz Bin Amir Bin Malik (مُحْرزُ بنُ عامر بن مالك بن عدِيّ بن عامر بن غَنْم بن عَدِيّ بن النجار الأَنصاري الخزرجي، ثمّ النجاري) radhiyAllahu ta’ala ‘anhu. Beliau wafat ketika berangkat menuju perang Uhud pada pagi hari. Nama lengkap beliau Muhriz Bin Amir, berasal dari Banu Adi Bin Najar. Ibunda beliau bernama Saudah Binti Khaitsmah Bin Harits dan berasal dari kabilah Aus. Ibunda beliau adalah kaka ipar Hadhrat Hadhrat Sa’ad (ra) bin Khaitsamah (سعد بن خيثمة). Berkenaan dengan beliau tertulis bahwa dari Ammi Sahal Binti abi Kharajah terlahir putri Asma dan Kultsum. Beliau ikut serta pada perang Badr. Pada hari ketika Hadhrat Rasulullah (saw) akan berangkat menuju perang Uhud, pada pagi harinya beliau wafat. Beliau terhitung sebagai sahabat yang ikut perang Uhud. Karena beliau telah berniat untuk ikut perang Uhud untuk itu Rasulullah (saw) memasukkan beliau kedalam sahabat Uhud.
Berikutnya, Hadhrat A’idz Bin Maish, sahabat Anshar (عَائِذُ بن مَاعص بن قَيْس بن خَلْدة بن مُخَلَّد بن عامر بن زُريق، الأَنصاري الخزرجي ثم الزرقي) radhiyAllahu ta’ala ‘anhu. Nama beliau A’idh Bin Mais, berasal dari kabilah Anshar banu Zuraiq. Hadhrat Rasulullah (saw) menjalinkan persaudaraan antara beliau dengan Hadhrat Suwaibath Bin Harmalah (سُوَيْبِط بن حَرْملة العَبْدري). Beliau dengan saudara beliau Mu’adz Bin Maish (معاذ بن ماعص) ikut serta dalam perang Badr. Beliau ikut serta pada seluruh peperangan bersama dengan Rasulullah (saw). Beliau juga ikut serta pada peristiwa Bir Maunah dan perang Khandaq. Beliau syahid pada masa kekhalifahan Hadhrat Abu Bakar, ketika perang Yamamah pada tahun 12 Hijriyah.
Berikutnya, Hadhrat Abdullah Bin Salamah Bin Malik Anshari (عبد الله بن سَلِمة بن مالك بن الحارث بن عديّ بن الجد بن العجلان بن ضبعة، من بليّ) yang berasal dari Qabilah Baliyy Anshar. Ikut serta pada peperangan Badr dan Uhud dan syahid pada perang Uhud. Ketika syahid beliau dibungkus dalam satu kain bersama dengan jenazah Hadhrat Mujadzdzar bin Ziyad (المُجَذَّر بن زياد) (ra) lalu diletakkan diatas unta dan dibawa ke Madinah.
Ibunda Hadhrat Abdullah Bin Salamah (yaitu أُنَيْسَةَ بِنْتِ عَدِيٍّ Hadhrat Anisah Binti Adi) datang kepada Rasulullah (saw) dan memohon, يَا رَسُولَ اللهِ، ابْنِي عَبْدُ اللهِ بْنُ سَلَمَةَ وَكَانَ بَدْرِيًّا، قُتِلَ يَوْمَ أُحُدٍ، أَحْبَبْتُ أَنْ أَنْقُلَهُ إِلَيَّ، فَآنَسَ بِقُرْبِهِ “Ya Rasulullah (saw), putra saya ikut serta pada perang Badr dan syahid pada perang Uhud. Saya ingin membawanya untuk dikuburkan di Madinah supaya saya dapat selalu dekat dengannya.”
Rasulullah (saw) mengizinkannya. وَكَانَ الْمُجَذَّرُ خَفِيفَ اللَّحْمِ، وَعَبْدُ اللهِ ثَقِيلًا Hadhrat Abdullah Bin Salma bertubuh besar dan berat, sedangkan Mujadzdzar bin Ziyad (المُجَذَّر بن زياد) (ra) kurus.
Diriwayatkan bahwa keduanya seimbang diatas unta yakni berat badan keduanya sama. Melihat hal itu orang-orang keheranan. Hadhrat Rasululah bersabda, سَوَّى بَيْنَهُمَا عَمَلُهُمَا “Amal perbuatan keduanya telah membuat keduanya seimbang.”[4]
Berikutnya, Hadhrat Mas’ud Bin Khaldah (مسعود بن خَلدة بن عامر بن مخلد بن عامر بن زريق الأنصاريّ الزرقيّ). Nama beliau Mas’ud Bin Khaldah. Dalam beberapa riwayat disebutkan Mas’ud Bin Khalid (مسعود بن خالد). Beliau berasal dari Kabilah Anshar Banu Zuraiq (من بني زُرَيق). شهد بَدْرًا وأُحدًا وقُتل يوم بئر معونة شهيدًا في قول محمد بن عمر. وأما عبد الله بن محمد بن عمارة فإِنه قال: قُتل يوم خَيْبَر شهيدًا Beliau ikut serta pada perang Badr dan Uhud. Dari beberapa riwayat diketahui bahwa beliau syahid dalam peristiwa Bir Ma’unah. Sedangkan dalam riwayat lainnya beliau syahid ketika perang Khaibar.[5]
Berikutnya, Hadhrat Mas’ud Bin Sa’ad Anshari (مسعود بن سَعْد بن قيس بن زيد بن خَلْدَةَ بن عامر بن زُرَيق). Beliau berasal dari kabilah Anshar Banu Zuraiq. شهد مسعود بدرًا وأُحُدًا ويوم بئر معونة، وقُتل يومئذٍ شهيدًا في رواية محمّد بن عمر، وقال عبد الله بن محمّد بن عمارة الأنصاريّ: قُتل مسعود يوم خيبر شهيدًا Beliau ikut serta pada perang Badr dan Uhud. Sebagian berpendapat bahwa Hadhrat Mas’ud Bin Sa’ad syahid ada peristiwa Bir Ma’unah. Sedangkan Muhammad Bin Umarah dan Abu Na’im (Sejarawan Muslim) berpendapat bahwa beliau syahid pada perang Khaibar.[6]
Berikutnya, Hadhrat Zaid Bin Aslam Anshari (زَيْد بن أسْلَم بن ثَعْلَبة بن عَدِيّ بن الجَدّ بن العَجْلان). Beliau berasal dari Kabilah Anshar Banu Ajlan. Beliau ikut serta pada perang Badr dan Uhud. قتله طُلَيحة بن خُوَيْلد الأسَدي يوم بُزَاخة أول خلافة أبي بكر، وقتل معه عُكَّاشة بن مِحْصَن Pada awal masa kekhalifahan Hadhrat Abu Bakr, Hadhrat Zaid syahid ketika bertarung dengan Tulaihah Bin Khuwailid Al-Asadi pada hari Buzakhah.[7]
Buzakhah merupakan tempat sumber mata air tempat mana terjadi peperangan antara pasukan Islam dengan mereka yang memberontak terhadap pemerintahan Islami. Mereka dibawah pimpinan pendakwa kenabian bernama Tulaihah Bin Khuwailid Al-Asadi.
Berikutnya, Hadhrat Abul Mundzir Yazid Bin Amir (أبو المنذر يَزيد بن عَامِر عَامِر بن حديدَة بن غَنَم بن سَوَاد بن غَنْم بن كعب بن سَلمة الأنصاريّ). Dalam riwayat lain beliau bernama Yazid Bin Amru. Berasal dari kabilah Anshar Banu Sawad. وشهد يزيد بن عامر العَقَبة مع السبعين من الأنصار في روايتهم جميعًا وشهد بدرًا وأُحُدًا Beliau ikut serta pada Baiat Aqabah, perang Badr dan perang Uhud. Anak keturunan beliau ada juga yang di Madinah dan Baghdad. Keturunan beliau menyebar.[8]
Berikutnya, Hadhrat Amru Bin Tsa’labah Anshari, berasal dari kabilah Anshar Banu Adiyy bin an-Najjaar (عمرو بن ثعلبة بن وَهْب بن عديّ بن عامر بن غَنْم بن عديّ بن النجار بن حكيم الأنصاري). Beliau lebih dikenal dengan nama julukan [yaitu Abu Hukaim al-Anshari (أبو حكيم الأنصاريّ) atau Abu Hukaimah (أبو حُكَيمة الأنصاريّ)]. Ikut serta pada perang Badr dan Uhud.
Hadhrat Amru Bin Tsa’labah meriwayatkan, لقيت رسول الله صَلَّى الله عليه وسلم بالسيالة، فَأَسْلَمْتُ، وَمَسَحَ رَأَسِي “Saya bertemu dengan Rasulullah (saw) di daerah Siyalah dan baiat di sana. Rasulullah (saw) mengusap kepala saya.”[9]
Wazah Bin Salma seorang sahabat meriwayatkan dari ayahnya bahwa meskipun sudah berumur 100 tahun namun bagian rambut beliau yang diusap oleh Rasulullah (saw) tidak memutih.
Berikutnya, Hadhrat Abu Khalid al-Harits Bin Qais Bin Khaldah Bin Mukhallad (الحَارِثُ بن قَيْس بن خَلْدة بن مُخَلَّد). Berasal dari Kabilah Anshar Banu Zuraiq. Beliau lebih dikenal dengan nama julukannya [Abu Khalid]. Beliau ikut serta pada Baiat Aqabah, Badr dan seluruh peperangan lainnya bersama dengan Rasulullah (saw). Ikut serta pada perang Yamamah dengan Hadhrat Khalid Bin Walid dan terluka. Luka beliau sembuh, namun pada masa Hadhrat Umar luka tadi kambuh lagi dan menyebabkan kewafatan beliau. Untuk itu beliau dimasukkan kedalam Syuhada perang Yamamah.
Berikutnya, Hadhrat Abdullah Bin Tsa’labah (عبد الله بن ثعلبة بن خزمة الأنصاري) sahabat Anshar yang berasal dari kabilah Baliyy. Nama beliau Abdullah bin Tsa’labah. Ikut serta pada perang Badr dan Uhud. Beliau ikut serta dalam perang Badr Bersama dengan saudara beliau bernama Hadhrat Bahhaats Bin Tsa’labah.
Berikutnya, Hadhrat Nahab (atau Bahhaats) bin Tsa’labah (نحاب بن ثَعْلَبَة بن خَزْمَة), berasal dari Anshar kabilah Baliyy. وله أخوان: عبد اللّه ويزيد، شهد عبد اللّه بدرًا، وشهد يزيد العقبتين، ولم يشهد بدرًا Beliau memiliki dua saudara, Hadhrat Abdullah dan Hadhrat Yazid. Saudara beliau, Hadhrat Yazid ikut serta pada baiat Aqabah pertama dan kedua.
Hadhrat Nahab Bin Tsa’labah ikut serta pada Baiat Aqabah dan ikut serta bersama saudara beliau, Hadhrat Abdullah dalam perang Badr dan Uhud. Diriwayatkan bahwa nama Hadhrat Mahab Bin Tsa’labah adalah Bahhaats Bin Tsa’labah (بحَّاثُ).[10]
Berikutnya, Hadhrat Malik Bin Mas’ud (مَالِك بن مَسْعُود). Nama beliau Malik Bin Mas’ud. Beliau berasal dari Anshar Kabilah Banu Saidah. Ikut serta pada perang Badr dan Uhud.
Berikutnya, Hadhrat Abdullah Bin Qais Bin Shakhr Anshari (عبد الله بن قَيْس بن صَخْر بن حَرَام بن ربيعة بن عديّ بن غَنْم بن كعب بن سلمة الأنصاري الخزرجي، من بني سلمة). Berasal dari Kabilah Banu Salamah. Beliau ikut dengan saudara beliau (yaitu Ma’bad مَعْبَد) dalam perang Badr dan Uhud.
Berikutnya, Hadhrat Abdullah Bin ‘Abs (عبد الله بن عبس عُرْفُطة بن عديّ الخزرجي الأنصاريّ). Beliau berasal dari Anshar Kabilah Khazraj ranting Banu Adi. Sebagian periwayat menyebutkan nama beliau Abdullah Bin Ubais. Beliau ikut serta dengan Rasulullah (saw) dalam perang Badr dan seluruh peperangan setelah itu.
Berikutnya, Hadhrat Mu’attib bin Qusyair al-Anshari (مُعَتِّب بن قُشَيْر). Dalam sebagian riwayat nama beliau disebut Hadhrat Mu’attib bin Basyir (مُعَتِّب بن بَشِير). Beliau berasal dari Qabilah Aus Anshar (الأَنصاري الأَوسي) ranting Banu Dhabi’ah (بني ضبيعة بن زيد). Hadhrat Mu’attib Bin Qusyair ikut serta pada Baiat Aqaba. Beliau ikut serta pada perang Badr dan Uhud.
Berikutnya, Hadhrat Sawad Bin Ruzn Anshari (سَوَادُ بْنُ رُزْنِ بْنِ زَيْدِ بْنِ ثَعْلَبَةَ بْنِ عُبَيْدِ بْنِ عَدِيِّ بْنِ غَنْمِ بْنِ كَعْبِ بْنِ سَلَمَةَ الأَنْصَارِيّ). Nama beliau Sawad Bin Ruzn. Dalam beberapa riwayat nama beliau Aswad Bin Ruzn (أسود بن رُزْنِ) dan Sawad Bin Riziq (سواد بن يزيد، وقيل: ابن رزق، وقيل: ابن رزيق بن ثعلبة بن عُبيد) juga. Beliau ikut serta pada perang Badr dan Uhud.
Berikutnya, Hadhrat Mu’attib Bin Auf (: مُعَتِّب بن عوف بن عامر بن الفَضْل بن عفِيف). Beliau berasal dari Kabilah Banu Khiza’ sekutu Hiyah banu Mahzum. Beliau disebut juga dengan Mu’attib putra Al-Hamra (ابن الحمراء). Dijuluki Abu Auf. Beliau ikut serta pada hijrah Habsyah yang kedua. Ketika Hadhrat Mu’attib Bin Auf hijrah dari Makkah ke Madinah, beliau tinggal di rumah Hadhrat Mubasyir bin Abdul Mundzir (لمّا هاجر معتّب بن عوف من مكّة إلى المدينة نَزَلَ على مُبشّر بن عبد المنذر). Hadhrat Rasulullah (saw) menjalinkan persaudaraan antara beliau dengan Hadhrat Tsa’labah Bin Hathib Anshari. Beliau ikut serta dalam perang Badr, Uhud, Khandak dan seluruh peperangan lainnya bersama dengan Rasulullah (saw). Beliau wafat pada 57 Hijri dalam usia 78 tahun.
Berikutnya, Hadhrat Bujair bin Abi Bujair (بُجَير بن أبي بُجَير العَبْسِيّ، من بني عَبس بن بَغِيض بن رَيْث بن غَطَفَان). Hadhrat Bujair Bin Abi Bujair ikut serta dalam perang Badr dan Uhud. Hanya itu yang tertulis berkenaan dengan beliau.
Berikutnya, Hadhrat Amir ibn al-Bukair (عَامِرُ بنُ البُكَيْر بن عبد ياليل اللَّيْثِي). Beliau berasal dari Kabilah Banu Sa’d. شهد بدرًا هو وإخوته إياس بن البُكير، وعاقل بن البُكير، وخالد بن البكير، كلهم شهدوا بدرًا وما بعدها من المشاهد، وأَسلموا في دار الأرقم Hadhrat Amir ikut serta pada perang Badr. Saudara beliau Hadhrat Iyas ibn al-Bukair, Hadhrat Aqil ibn al-Bukair, Hadhrat Khalid ibn al-Bukair ikut dalam perang Badr bersama beliau dan mereka ikut juga dalam peperangan setelah itu juga. Mereka semua baiat di Darul Arqam. قتل عامر بن البُكير يوم اليمامة شهيدًا Hadhrat Hadhrat Amir ibn al-Bukair syahid ketika perang Yamamah.[11]
Berikutnya, Hadhrat Amru Bin Suraqah Bin Al Mu’tamar. Nama lengkap beliau Hadhrat Amru Bin Suraqah Bin Mu’tamar (عَمْرو بن سُرَاقة بن المُعْتَمِر بن أَنس بن أذاة بن رياح بن قُرْط بن عَبْد الله بن رزَاح بن عديّ بن كعب القرشي العدوي). Seperti yang saya katakan beliau wafat pada masa kekhalifahan Hadhrat Utsman. Ibunda beliau bernama Qadamah Binti Abdillah Bin Umar (قُدامة بنت عبد الله بن عمر بن أُهيب بن حذافة بن جمح). Sebagian berpendapat ibunda beliau bernama Aminah Binti Abdillah Bin Umair Bin Uhayb (أمّه آمنة بنت عبد الله بن عُمير بن أُهيب). Hadhrat Amru Bin Suraqah berasal dari Kabilah Banu Adi. Hadhrat Abdullah Bin Suraqah adalah saudara beliau.
Ketika Hadhrat Amru Bin Suraqah hijrah ke Madinah Bersama dengan saudara beliau Hadhrat Abdullah, Hadhrat Rifa’at Bin Abdul Mundzir Anshari mempersilahkan beliau di rumahnya. Hadhrat Rasulullah (saw) menjalinkan persaudaraan antara beliau dengan Hadhrat Sa’ad Bin Zaid. Hadhrat amru Bin Suraqah ikut serta dalam perang Badr, Uhud, khandaq dan seluruh peperangan lainnya.
Hadhrat Amir Bin Rabiah meriwayatkan, “Hadhrat Rasulullah (saw) mengutus kami ke peperangan Nakhlah, Hadhrat Amru Bin Suraqah juga ikut Bersama kami. Perawakan beliau tinggi dan kurus. ketika perjalanan Hadhrat Amru Bin Suraqah terduduk sambil memegang perut, karena tidak ada makanan minuman saat itu. Karena kelaparan sehingga beliau tidak dapat berjalan lagi. Lalu kami mengambil sebuah batu dan mengikatkannya dengan kuat di perut beliau. Setelah itu beliau mampu berjalan lagi. Lalu kami sampai di satu kabilah Arab. Kabilah tersebut mengkhidmati kami. Setelah itu beliau berjalan lagi.
Setelah makan dan berjalan lagi Hadhrat Amru Bin Suraqah mengatakan, قد كنْتُ أحسب الرِّجْلين يحملان البطن، فإذا البطنُ تحمل الرجلين ‘Sebelum ini saya beranggapan bahwa kedua kaki manusia lah yang mengangkat perut, ternyata hari ini saya baru tahu bahwa sebenarnya perut lah yang mengangkat kaki. Jika perut kosong, manusia tidak akan dapat berjalan.’”[12]
Hadhrat Umar menghadiahkan kepada beliau satu bagian tanah Khaibar. Seperti yang saya katakan Hadhrat Suraqah wafat pada masa kekhalifahan Hadhrat Utsman.
Berikutnya, Hadhrat Tsabit Bin Hazzal (ثَابِتُ بن هَزَّال بن عَمْرو الأنصاري). Beliau berasal dari ranting Khazraj Banu Amru Bin Auf (بني عمرو بن عوف بن الخزرج). Beliau ikut serta bersama dengan Hadhrat Rasulullah (saw) dalam perang Badr, Uhud, Khandaq dan seluruh peperangan lainnya. قُتل يوم اليمامة شهيدًا سنة اثنتي عشرة في خلافة أبي بكر الصّدّيق Beliau syahid pada tahun ke-12 Hijriyah pada perang Yamamah di masa kekhalifahan Abu Bakr.[13]
Berikutnya, Hadhrat Subai’ Bin Qais (سبيع بن قيس بن عبسة). Beliau dari Khazraj Anshari. Ikut serta pada perang Badr dan Uhud. Ibunda beliau bernama Khadijah Binti Amru Bin Zaid (خديجة بنت عمرو بن زيد). Beliau memiliki seorang putra bernama Abdullah yang ibunya berasal dari Kabilah Banu Jadarah (بني جدارة). Anak itu wafat. Selain itu beliau tidak punya anak lagi. Hadhrat Ubadah Bin Qais (عبادة بن قيس) adalah saudara beliau. Hadhrat Subai’ Bin Qais dan Hadhrat Ubadah Bin Qais adalah paman Hadhrat Abu Darda. Zaid Bin Qais (زيد بن قيس) juga adalah saudara kandung Hadhrat Subai’ Bin Qais.[14]
Hadhrat Khabab Maula Utbah Bin Ghazwan (خَبّاب، مولى عتبة بن غَزْوان). Hadhrat Khabab adalah Maula (budak belian yang dimerdekakan) oleh Hadhrat Utbah Bin Ghazwan. Nama julukan beliau adalah Abu Yahya, sekutu Banu Naufal (بني نوفل بن عبد مناف). Ketika Hijrah ke Madinah, Rasulullah (saw) menjalinkan ikatan persaudaraan antara beliau dengan Hadhrat Tamim Maula Kharasy Bin Shamah (تميم مولى خراش بن الصّمّة).
Hadhrat Khabab ikut serta pada perang Badr, Uhud, Khandaq dan seluruh peperangan lainnya bersama Rasulullah (saw). Beliau wafat di Madinah pada tahun ke-19 Hijriyah, saat itu berusia 50 tahun. Jenazah beliau dishalatkan oleh Hadhrat Umar.
Berikutnya, Hadhrat Sufyan (Ra) bin Nasr Anshari, berasal dari Qabilah Khazraj Banu Josham (سُفْيانُ بن نَسْر بن زيد بن الحارث الأَنصاري الخزرجي، من بني جُشَم بن الحارث بن الخزرج). Ada perbedaan pendapat perihal nama ayah beliau. Sebagian menulis Nasr sebagian lagi menulis Bisyr (بِشر). Beliau ikut serta pada perang Badr dan Uhud. Berdasarkan satu riwayat bahwa Hadhrat Rasulullah (saw) menjalinkan persaudaraan antara beliau dengan Hadhrat Thufail Bin Harits.
Berikutnya, Abu Makhsyi ath-Thai (سُوَيْد بن مَخْشِيّ، أَبُو مخشي الطائي), lebih dikenal dengan nama julukan Abu Maghsya. Nama beliau Suwayd Bin Makhsyi (سُوَيْد بن مَخْشِيّ). Abu Makhsyi ath-Thai adalah rekan Banu Asad. كان من المهاجرين الأولين، وممن شهد بدرًا Beliau termasuk orang yang hijrah pada masa awal. Beliau ikut serta pada perang Badr.
Berikutnya, Hadhrat Wahb Bin Abi Sarh (وهب بن أبي سرح بن ربيعة بن هلال بن مالك بن ضبة بن الحارث بن فهر بن مالك القرشي الفهري). Musa Bin Uqba mengatakan: Beliau ikut serta dalam perang Badr bersama dengan saudara beliau Amru.
Haitsam Bin Adi memasukkan beliau kedalam sahabat yang ikut hijrah ke Habsyah. Namun sebagian lagi berpendapat yaitu al-Biladur Ray (Baladuri) mengatakan, “Keikutsertaannya dalam hijrah ke Habsyah tidak terbukti. Beliau hanya ikut dalam perang Badr. Tidak ada mengenai hijrah beliau ke Habsyah.”
Berikutnya, Hadhrat Tamim maula banu Ghanam, sahabat Anshar (تميم الغَنْمي. مولى بني غَنْم بن السِّلْم بن مالك بن الأوس بن حارثة الأنصاري الأوسي بدري). Hadhrat Tamim adalah budak belian yang dimerdekakan oleh Banu Ghanam bin as-Silm. Beliau ikut serta dalam perang Badr dan Uhud.
Hadhrat Abul Hamra Maula Harits Bin Rifa’at bin al-Harits Afra (مولى آل عَفْرَاء أبو الحمراء، مولى الحارث بن رفاعة بن الحارث) ikut serta pada perang Badr dan Uhud. Hadhrat Mu’adz, Hadhrat aud, Hadhrat Ma’udz dan Abul Hamra hanya memiliki satu ekor unta saat perang Badr yang ditunggangi bergantian oleh mereka.[15]
Berikutnya, Hadhrat Abu Sabrah Bin Abi Ruham (أَبو سَبْرَةَ بن أَبي رُهْم بن عبد العُزّى القرشي العَامِرِيّ). Abu Sabrah adalah nama julukan beliau. Begitu dikenalnya beliau dengan nama julukan ini sehingga orang-orang lupa dengan nama asli beliau.
Ibunda beliau bernama Barra binti Abdul Muthallib (بَرّة بنت عبد المطلب بن هاشم). Artinya, ia bibi Hadhrat Rasulullah (saw) (saw). Dengan demikian Hadhrat Abu Sabrah adalah sepupu Rasulullah (saw).
Hadhrat abu Sabrah telah hijrah ke Habsyah sebanyak dua kali. Pada hijrah ke Habsyah yang kedua ikut serta juga istri beliau Ummi Kultsum Binti Suhail bin Amru (أمّ كلثوم بنت سهيل بن عمرو). Beliau memiliki tiga putra yang bernama Abdullah, Muhammad dan Sa’d. Ketika Hadhrat Abu Sabrah hijrah dari Makkah ke Madinah, beliau tinggal di rumah Mundzir bin Muhammad.
Hadhrat Rasulullah (saw) menjalinkan persaudaraan antara beliau dengan Salamah Bin Salaamah (سلمة بن سلامة بن وَقْش). Hadhrat Abu Sabrah ikut serta bersama dengan Rasulullah (saw) dalam perang Badr. أنه أقام بمكة بعد وفاة رسول الله صَلَّى الله عليه وسلم إلى أن مات في خلافة عثمان Paska kewafatan Rasulullah (saw) (saw) beliau pindah dari Madinah ke Makkah. Beliau wafat pada masa kekhalifahan Hadhrat Utsman.
Berikutnya, Hadhrat Tsabit Bin Amru Bin Zaid (ثَابِتُ بن عَمْرو بن زيد الأنْصَارِي). Ibnu Ishaq dan Zuhri, sejarawan menyebutkan silsilah keturunan Hadhrat Tsabit bin Amru berasal dari Banu Najjar (بني النجار). Sedangkan Ibnu Mundah (ابن منده) menyebutkan bahwa beliau berasal dari Banu Asja’ yakni sekutu Anshar (أشجع حليف للأنصار). Ikut serta pada perang Badr dan syahid pada perang Uhud.
Berikutnya, Hadhrat Abul ‘A’ur Bin Al Harits (أَبُو الْأَعْوَرِ بْنُ الْحَارِثِ). Ada perbedaan pendapat perihal nama beliau. Ibnu Ishaq berpendapat bahwa nama beliau adalah Ka’b (كعب بن الحارث). Sedangkan menurut Ibnu Umarah nama beliau adalah Harits Bin Zhalim (الحارث بن ظالم بن عبس). Paman beliau bernama Ka’ab. Orang yang tidak mengenal menyebut beliau dengan menggunakan nama paman beliau, Ka’b. Demikian juga menurut Ibnu Hisyam.[16]
Ibunda beliau Ummi Niyar Binti Iyas Bin Amir, berasal dari ranting Kabilah Khazraj, Anshar yakni Banu Adi Bin Najjar (أمّ نِيار بنت إياس بن عامر). Beliau ikut serta pada perang Badr dan Uhud.
Berikutnya, Hadhrat ‘Abs bin ‘Amir ibn ‘Adi (عبس بن عامر بن عدي بن سنان). Ibnu Ishaq menamakan beliau ‘Abs. Musa Bin Uqba menyebut ‘Abs juga. Nama ibunda beliau Ummul Baniin binti Zuhair Bin Tsa’labah. Berasal dari Kabilah Banu Salamah yang merupakan cabang dari Khazraj yang termasuk kalangan Anshar. Hadhrat ‘Abs termasuk kedalam salah satu dari 70 sahabat yang ikut pada baiat Aqaba. Beliau ikut serta juga pada perang Badr dan Uhud.
Berikutnya, Hadhrat Iyas ibn al-Bukair (إيَاسُ بنُ البُكَيْر بن عبد ياليل بن ناشب بن غِيَرَة بن سعد بن لَيْث بن بكر بن عبد مناة بن كنانة بن خزيمة بن مدركة بن إلياس الكناني الليثي). Beliau disebut juga Ibnu Abi Bakir. Berasal dari Kabilah Banu Sa’ad Bin Laits merupakan sekutu Banu Adi (حليف بني عَدِيّ بن كعب بن لؤي). Hadhrat Aqil (عاقل), Hadhrat Amir (عامر), Hadhrat Iyas dan Hadhrat Khalid (خالد) bersama-sama baiat di Darul Arqam. Hadhrat Iyas dan saudara-saudaranya, Hadhrat Aqil, Hadhrat Khalid dan Hadhrat Amir bersama-sama hijrah ke Madinah. Di sana mereka tinggal di rumah Hadhrat Rifa’at Bin Abdul Mundzir (رفاعة عبد المنذر). Dari pihak ibu, beliau memiliki tiga saudara juga. Kesemuanya ikut serta pada perang Badr.
Ibnu Yunus mengatakan bahwa Iyas ikut serta ketika penaklukan Mesir dan wafat pada tahun ke-34 Hijriyah padahal berdasarkan satu riwayat lainnya Hadhrat Iyas syahid pada perang Yamamah. Saudara beliau, Hadhrat Mu’adz, Hadhrat Ma’udz dan Aqil syahid pada perang Badr sedangkan Hadhrat Khalid pada peristiwa Raji’ dan dan Hadhrat Amir pada perang Yamamah. Berkenaan dengan Hadhrat Amir terdapat satu riwayat bahwa beliau syahid dalam peristiwa Bir Maunah.
Hadhrat Iyas Bin Bukair ikut menyertai Rasulullah (saw) dalam perang Badr, Uhud, khandak dan seluruh peperangan lainnya. Beliau termasuk Muslim awwalin dan termasuk orang yang hijrah pada masa awal. Beliau adalah ayah Muhammad Bin Iyas Bin Bukair. Hadhrat Rasulullah (saw) menjalinkan persaudaraan antara beliau dengan Hadhrat Harits Bin Khazman. Beliau adalah seorang penyair juga.
Diriwayatkan oleh Zaid Bin Aslam bahwa keluarga Al-Bukair datang menghadap Rasulullah (saw) dan memohon, زوِّج أختنا فلاناً “Wahai Rasulullah (saw)! Mohon nikahkan saudari kami dengan si Fulan.”
Hadhrat Rasulullah (saw) bersabda, أَيْنَ أَنْتُمْ عَنْ بِلالٍ ؟ “Bagaimana pendapat Anda sekalian mengenai Bilal? Bilal lebih baik darinya. Pikirkanlah kembali mengenainya.” Lalu mereka pulang.
Selanjutnya, mereka datang lagi datang menghadap Rasulullah (saw) dan memohon, يا رسول الله أنكِح أختنا فلاناً “Wahai Rasulullah (saw)! Mohon nikahkan saudari kami dengan si anu.”
Hadhrat Rasulullah (saw) bersabda lagi, أَيْنَ أَنْتُمْ عَنْ بِلالٍ ؟ “Bagaimana pendapat Anda sekalian mengenai Bilal?”
Mereka lalu pulang untuk merenungkannya.
Selanjutnya, mereka datang lagi datang menghadap Rasulullah (saw) dan memohon, أنكِح أختنا فلاناً “Wahai Rasulullah (saw)! Mohon nikahkan saudari kami dengan si anu.”
Hadhrat Rasulullah (saw) bersabda lagi, أَيْنَ أَنْتُمْ عَنْ بِلالٍ ؟ “Bagaimana pendapat Anda sekalian mengenai Bilal?”
Beliau (saw) selanjutnya bersabda, أَيْنَ أَنْتُمْ عَنْ رَجُلٍ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ ؟ “Bagaimana pendapat Anda sekalian mengenai seseorang yang telah dikabarkan sebagai penghuni surga oleh Allah ta’ala?”
Lalu mereka mengatakan, “Baiklah!” Kemudian, mereka menikahkan saudarinya dengan Bilal.[17]
Demikianlah kedudukan Hadhrat Bilal, seperti apa perjodohan ditempuh pada zaman itu. Memang benar, menolak tawaran perjodohan untuk pertama dan kedua kali, namun untuk yang ketiga mereka taat pada perintah. Walhasil, setiap orang memiliki kedudukannya sendiri. Sebagian orang pada kali pertama langsung mengiyakan tawaran perjodohan dari beliau. Sebagian lagi ada yang merenungkan terlebih dahulu. Bagaimanapun dari riwayat tersebut dapat diketahui bagaimana kedudukan Hadhrat Bilal.
Berikutnya, Hadhrat Malik Bin Numailah (مَالِكُ ابْنُ نُمَيْلَةَ). Nama ibunda beliau adalah Numailah. Beliau disebut juga Ibnu Numailah. (مالك بن ثابت المزني) Berasal dari Qabilah Mazinah yang merupakan sekutu ranting Kabilah Aus Bani Muawiyah (بني معاوية بن عوف بن عمرو بن عوف بن مالك بن الأَوس). Beliau ikut serta pada perang Badr dan Uhud dan syahid pada perang Uhud. (شهد بدرًا، وقتل يوم أُحد شهيدًا)
Berikutnya, Hadhrat Hadhrat Unais Bin Qatadah (أُنـَيْس بن قتادة بن ربيعة بن خالد بن الحارث بن عُبيد). Beliau berasal dari kabilah Aus Anshar. Beliau ikut serta pada perang Badr bersama dengan Rasulullah (saw). Beliau syahid pada perang Uhud. Abul Hakam bin Akhnas Bin Syarik telah mensyahidkan beliau.
Hadhrat Unais Bin Qatadah menikahi Khansa Binti Khidzam (خَنْسَاء بنتُ خِدَام بن خالد الأنصارية) pada hari ketika beliau syahid pada perang Uhud.[18] Ketika beliau telah syahid pada perang Uhud, ayahanda Hadhrat Khansa menikahkan putrinya dengan seseorang dari Kabilah Mazinah. Namun Hadhrat Khansa tidak menyukainya. Akhirnya wanita tersebut datang ke hadapan Rasulullah (saw) untuk mengadukan hal ini. Rasulullah (saw) lalu membatalkan pernikahan Hadhrat Khansa. Rasulullah (saw) bersabda, لا نِكَاحَ لَهُ انْكِحِي مَنْ شِئْتِ “Jika wanita ini tidak menyukainya, maka dibatalkan.” Setelah itu Hadhrat Khansa menikah dengan Hadhrat Abu Lubabah. Dari pernikahan tersebut terlahir Hadhrat Shaib bin Abi Lubabah.[19]
Inilah contoh kebebasan wanita dalam perjodohan. Mereka yang memaksakan kehendak kepada putrinya, hendaknya mengambil pelajaran dari peristiwa ini.
Berikutnya, Hadhrat Harits bin Arfajah. Berasal dari Kabilah banu Ghanam (الحَارِثُ بن عَرْفَجَةَ بن الحارِث بن مالك بن كعب بن النَّحَّاط بن كعب بن حارثة بن غنم بن السَّلْم بن امرئ القيس بن مالك بن الأوس الأنصاري الأوسي). Beliau ikut serta pada perang Badr dan Uhud.
Berikutnya, Hadhrat Rafi Bin Anjadah Anshari (رَافِعُ ابن عَنْجَدَة الأنصاري الأوسي). Ayahanda Hadhrat Rafi bernama Abdul Harits (عبد الحارث). Anjadah adalah nama ibunda beliau. Daripada terkenal dengan nama bapaknya, justru Hadhrat Rafi dikenal dengan nama ibunya. Berasal dari Kabilah Banu Umayyah bin Zaid Bin malik (بني أمية بن زيد بن مالك بن عوف بن عمرو بن عوف بن مالك بن الأوس). Beliau ikut serta pada perang Badr, Uhud dan Khandaq. Berdasarkan satu riwayat, Rasulullah (saw) telah menjalinkan persaudaraan antara beliau dengan Hadhrat Hushain Bin Harits (الحصين بن الحارث بن المطّلب بن عبد مناف بن قُصيّ).[20]
Berikutnya, Hadhrat Khalidah Bin Qais (خليدة بن قَيْس بن النُّعمان بن سِنَان بن عبيد بن عدي بن غنْم بن كعب بن سلمة). Ibunda beliau bernama Idam bint al-Qain, berasal dari Banu Salamah (إدام بنت القين بن كعب بن سواد من بني سلمة). Selain Khalida bin Qais, nama beliau juga Khulaid Bin Qais (خُلَيْدُ بن قَيْس), Khalid Bin Qais (خالد بن قيس). Beliau ikut serta pada perang Badr dan Uhud. Saudara kandung yang bernama Khallaad ditetapkan sebagai sahabat Badr oleh sebagian sejarawan.
Berikutnya, Hadhrat Tsaqaf Bin Amru (ثقف بن عمرو بن سميط). Berkenaan dengan kabilah beliau terdapat beragam pendapat. Sebagian berpendapat berasal dari banu Islam dan sebagian lagi berpendapat Banu Asad (بني أسد بن خزيمة) dan ada lagi yang mengatakan dari Kabilah Sulaim (بني سُليم). Beliau adalah sekutu banu asad. Namun sebagian lain berpendapat beliau adalah rekan Banu abdusy Syams.
Beliau ikut serta pada perang Badr dengan dua saudaranya yang bernama Hadhrat Malik bin Amru (مالك بْن عَمْرو) dan Madlaj Bin amru (مدلاج بْن عَمْرو).
Hadhrat Saqaf Bin Amru termasuk yang hijrah pada masa awal. Beliau ikut serta pada perang Badr, Uhud, Khandaq, Hudaibiyah dan Khaibar. Beliau syahid pada perang Khaibar.
Berikutnya, Hadhrat Sabrah Bin Fatik (سَبْرة بن فَاتِك الأَسَدِيّ), saudara Khuraim Bin Fatik (خُريم بن فاتك الأسدي) berasal dari keluarga Banu Asad. Ayah beliau bernama Fatik Bin Al Akhram. Dalam riwayat lain disebutkan nama beliau Hadhrat Samurah Bin Fatik (سَمُرة بن فاتك).
Aiman Bin Khuraim (أيمن بن خُرَيْم الأسدي) meriwayatkan, أن أبي وعمي شهدا بدرا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم فعهدا إلي ألا أقتل أحدا يشهد أن لا إله إلا الله فإن جئتني ببراءة من النار قاتلت معك “Ayah dan paman saya keduanya ikut serta pada perang Badr. Mereka mengambil janji dari saya supaya saya tidak akan berperang dengan umat Muslim.”[21]
Abdullah Bin Yusuf (عبد الله بن يوسف التِّيِّسي) mengatakan, كان سبرة بن فاتك هو الذي قسم دمشق بين المسلمين “Sabrah adalah orang yang membagi wilayah Damaskus di kalangan umat Muslim.”
Beliau termasuk penduduk Syria.
Beliau (Sabrah Bin Fatik ra) meriwayatkan, قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «الْمِيزَانُ بِيَدِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ يَرْفَعُ قَوْمًا وَيَضَعُ قَوْمًا» “Rasulullah (saw) bersabda, ‘Timbangan berada di tangan Allah, Dia memberikan keunggulan kepada sebagiannya dan kekalahan pada sebagiannya.’”[22] Hal demikian disebabkan oleh amal perbuatan mereka.
Suatu ketika Hadhrat Sabrah Bin Fatik lewat di dekat Hadhrat Abu Darda (أبي الدرداء). Hadhrat Abu Darda mengatakan, إن مع سبرة نُورًا من نور محمد صَلَّى الله عليه وسلم “Sabrah disertai oleh nur (cahaya) dari nur-nur Muhammad shallaLlahu ‘alaihi wa sallam.”[23]
Abdur Rahman bin A’idh (عبد الرحمن بن عائذ) meriwayatkan, لقد رأيتُ رجلًا سبَّ سَبْرة فكظم غيظه مُتحرّجًا من جوابه حتى بكى من الغيظ “Suatu kali saya melihat seseorang yang memaki Hadhrat Sabrah, namun beliau menahan emosi untuk tidak membalas makiannya. Beliau diam. Disebabkan menahan emosi yang dalam, beliau mengeluarkan air mata.”
Nabi yang mulia (saw) bersabda, نِعْمَ الرَّجُلُ سَمُرَةُ، لَوْ أَخَذَ مِنْ لِمَّتِهِ وَشَمَّرَ مِنْ مِئْزَرِهِ “Betapa bagusnya Samurah (nama lain Sabrah) jika memendekkan (merapikan) limmah-nya (rambut yang sampai menutupi kedua cuping telinga).”
Ketika sabda ini sampai kepada beliau, beliau segera mengamalkannya.[24]
Beliau mengatakan, ولودِدْتُ أنه لا يأتي عليَّ يوم إلا عدا عليّ فيه قرْني من المشركين عليه لأمَتُه إن قتلني فذاك، وإن قتلته عَدَا عليَّ مثلُه “Saya berkeinginan supaya setiap hari dapat bertarung dengan orang Musyrik yang memakai baju besi. Jika orang Musyrik itu mensyahidkan saya, tidak mengapa. Namun jika saya berhasil membunuhnya, saya ingin supaya ada lagi orang musyrik yang tampil melawan saya.”[25]
Sebagian orang berpendapat bahwa beliau tidak ikut dalam perang Badr. Imam Bukhari dan yang lainnya memasukkan beliau kedalam sahabat Badr.
Demikianlah mengenai para sahabat. Sekarang setelah shalat jumat saya akan memimpin shalat jenazah ghaib. Itulah tadi riwayat-riwayat para sahabat. Selanjutnya setelah shalat Jum’at saya akan memimpin 2 shalat Jenazah gaib.
Jenazah yang pertama adalah Tn. Engku Adnan Ismail, Sadr (Presiden) Jemaat Ahmadiyah Malaysia. Beliau wafat pada usia 74 tahun. Innaa lillaahi wa innaa ilaihi rooji’uun. Ayah beliau termasuk di antara para ahmadi awwaliin yang baiat pada tahun 1956 melalui perantaraan Muballigh Singapura, Mln. Muhammad Sadiq dan presiden pertama Jemaat Singapura, Tn. Muhammad Salikin. Ayah beliau seorang Mufti di negara bagian Johor, Malaysia dan merupakan kerabat Raja negara bagian tersebut dari pihak kakek dari ibu. Setelah menjadi Ahmadi beliau dipindahkan ke beberapa departemen pemerintahan yang lain.
Tn. Adnan lahir pada bulan Agustus 1944. Pada tahun 1968 beliau meraih gelar BA di bidang Political Science. Kemudian pada tahun 1969 beliau mulai bekerja di departemen bidang administratif dan diplomatik. Dari tahun 1969 hingga 1981 beliau melakukan riset di departemen perdana menteri. Pada waktu itu beliau ditugaskan di kedutaan besar Malaysia di Beijing dan Bangkok. Karir beliau terus naik dan diangkat menjadi Kepala Divisi di Dewan Keamanan Nasional Perdana Menteri. Di sini beliau bekerja dari tahun 1984 sampai 1992. Selain itu dari tahun 1992 hingga 1997, di luar Departemen Perdana Menteri beliau juga bekerja di beberapa kantor pemerintahan lainnya.
Pada tahun 1996 beliau menjalani operasi by pass jantung. Kemudian pada tahun 1997 untuk kedua kalinya beliau bekerja di Departemen Riset Perdana Menteri. Meskipun beliau baiat pada tahun 1956 bersama orang tua beliau, namun baru pada tahun 1981 sepulang dari penugasan di Bangkok beliau menjadi ahmadi sejati dan ikatan beliau dengan Jemaat semakin erat.
Pada tahun 1986, Hadhrat Khalifatul Masih Ar-Rabi’ r.h. menetapkan beliau sebagai Presiden pertama Jemaat Malaysia dan di masa kepemimpinan beliau banyak terjadi perubahan dan kemajuan-kemajuan. Pembangunan gedung Baitussalam dan Baiturrahman selesai di masa beliau. Beliau banyak membantu untuk membawa Muballighin-muballighin dari Indonesia ke Malaysia dan menyediakan tempat tinggal mereka di sana. Demikian juga beliau mengirim para pelajar dari Malaysia ke Jamiah Rabwah dan Qadian.
Sejak dua tahun terakhir kesehatan beliau memburuk, beberapa kali masuk rumah sakit. Beliau menulis surat kepada saya bahwa beliau ingin berobat ke Tahir Heart Institute. Kemudian pada bulan Mei tahun ini beliau pergi ke Tahir Heart. Setelah beberapa lama di sana kesehatan beliau membaik, namun kemudian untuk kedua kalinya kesehatan beliau memburuk dan kemudian masuk rumah sakit lagi.
Dengan karunia Allah Ta’ala beliau adalah seorang Mushi. Beliau meninggalkan satu anak perempuan dan dua anak laki-laki. Tn. Engku Adnan Ismail, meskipun berasal dari keluarga bangsawan Negara Bagian Johor, adalah orang yang rendah hati. Beliau menjalankan tugas-tugas di pemerintahan maupun di Jemaat dengan sangat baik. Beliau memperhatikan laporan-laporan yang akan dikirim ke Markaz hingga ke rincian yang terkecil dan sering kali mengerjakan pekerjaan Jemaat di kantor hingga larut malam.
Beliau memperlakukan dengan baik para pengurus, karyawan, anggota Jemaat dan khususnya para Muballigh. Beliau memberi perhatian secara khusus kepada anak-anak, yakni senantiasa memikirkan ta’lim dan tarbiyat anak-anak Jemaat, dan mengatakan bahwa mereka ini lah masa depan Jemaat. Istri beliau mengatakan bahwa beliau selalu menekankan supaya di dalam Jemaat ini anak-anak harus meraih pendidikan yang tinggi dan beliau selalu memikirkan mengenai kemajuan Jemaat.
Pada hari kewafatannya, di rumah sakit tidak ada ambulans yang bersedia. Tidak ada transportasi yang tersedia untuk membawa beliau ke mesjid. Seorang anggota Jemaat menghubungi seorang sukarelawan, seorang China bernama Quan Chi. Ia biasa menggunakan mobilnya sebagai ambulans dan membantu orang-orang untuk mengantar jenazah. Orang China tersebut menulis di Facebooknya bahwa ketika membawa jenazah ini ia mengalami suatu pengalaman yang unik dan luarbiasa. Ia menulis bahwa ketika ia mulai mengemudikan vannya, di jalan yang biasanya macet parah tiba-tiba saja menjadi lengang. Dan yang biasanya perjalanan ditempuh selama satu jam, tetapi pada hari itu ditempuh hanya dalam waktu 25 menit saja. Kemudian ia mengatakan, “Sesampainya di mesjid saya merasa bahwa nampaknya ini adalah jenazah seorang pengkhidmat agama.”
Wakilut Tabshir Rabwah, Tn. Mansur Khan menulis, “Tn. Adnan Ismail berkhidmat sebagai Presiden Jemaat Malaysia dalam waktu yang lama. Beliau seperti ayah bagi para anggota Jemaat. Pada saat kunjungan ke Malaysia saya berkesempatan berbincang-bincang dengan beliau mengenai masalah-masalah Jemaat, saya mendapati beliau adalah seseorang yang bekerja dengan amalan yang penuh hikmah dan banyak meraih kesuksesan pada pekerjaan-pekerjaan Jemaat yang nampak mustahil diselesaikan. Pendapat beliau sangat dipercaya dalam perkara-perkara yang pelik dan rumit.”
Semoga Allah Ta’ala meninggikan derajat beliau dan semoga anak keturunan beliau meneladani dan menegakkan kebaikan-kebaikan beliau, serta senantiasa dekat dengan Jemaat.
Jenazah yang kedua adalah Ny. Hamidah Begum yang merupakan istri dari Tn. Khalil Ahmad. Pada tanggal 5 Oktober beliau meninggal pada usia 84 tahun. Innaa lillaahi wa innaa ilaihi rooji’uun. Beliau lahir dari keluarga ahmadi, di Bheini Banggar, sebuah kampung dekat Qadian. Beliau disiplin dalam shalat, rajin tahajud. Beliau memang tidak berpendidikan tinggi secara duniawi, namun beliau sangat mencintai Al-Quran. Dalam sehari beliau berulangkali menilawatkan AL-Quran. pada bulan Ramadhan, dikarenakan kecintaannya mendengarkan ayat-ayat Al-Quran, beliau secara dawam pergi shalat tarawih. Ketika dulu di Rabwah kaum ibu masih pergi untuk shalat Jum’at, pada waktu itu beliau selalu berusaha untuk menjadi yang pertama sampai di Mesjid Aqsa untuk shalat Jum’at. Oleh karena itu beliau selalu datang jauh lebih awal untuk shalat Jum’at.
Beliau hidup dengan sederhana. Uang yang beliau dapatkan, dengan senang hati beliau berikan untuk berbagai gerakan candah dan pembangunan masjid, dan bersyukur kepada Allah Ta’ala. Beliau menikahkan banyak anak-anak perempuan dan beliau sendiri menyiapkan Jahiz (barang-barang antaran dari pihak orang tua pengantin perempuan) bagi anak-anak perempuan yang tidak mampu. Beberapa kali beliau memberikan perhiasan beliau untuk candah atau diberikan kepada orang-orang yang tidak mampu. Pergi dengan rutin mengunjungi orang-orang miskin adalah hal yang paling menyenangkan untuk beliau.
Beliau sangat ringan tangan dalam berbuat kebaikan dan bersedekah. Tidak membiarkan orang yang membutuhkan pulang dari rumah beliau dengan tangan kosong. Dengan karunia Allah Ta’ala beliau juga seorang musiah. Beliau meninggalkan 2 anak perempuan dan 8 anak laki-laki.
Beliau adalah kakak perempuan Tn. Lathif Ahmad Kahlon, seorang muballigh yang telah pensiun. Dan anak laki-laki beliau yang paling besar, Dokter Muzafar Choudry juga mendapatkan taufik untuk terus melakukan waqaf arzi. Beliau tinggal di sini, di UK. Anak laki-laki beliau Tn. Bisharat Naweed seorang Mubaligh dan saat ini mendapatkan taufik berkhidmat di Reunion Island.
Menantu beliau, Tn. Hafiz Abdul Halim juga seorang Mubaligh di Rabwah. Cucu beliau juga seorang Mubaligh dan dua cucu lainnya juga Hafiz Qur’an. Seorang cucu beliau juga sedang belajar di Jamiah UK. Pada umumnya saya memimpin shalat jenazah ibu dari para mubaligh yang bertugas di lapangan dan mereka tidak bisa ikut serta dalam shalat jenazah orang tua mereka, baik itu ayah atau ibu mereka.
Tn. Bisharat Naweed juga pada waktu itu sedang bertugas di lapangan dan tidak bisa hadir pada saat kewafatan beliau. Untuk itulah saya menetapkan hari ini untuk shalat jenazah gaib beliau.
Tn. Bisharat Naweed menulis, “Setelah lulus dari Jamiah Ahmadiyah saya lalu bertugas di lapangan. Suatu kali saya pulang ke rumah, dan tidak pergi ke mesjid untuk shalat subuh. Melihat ini beliau berkata kepada saya, ‘Anakku! Ketika kamu sedang berada di tempat tugas orang-orang melihatmu. Mungkin kamu pergi ke mesjid dikarenakan orang-orang melihatmu. Tapi ingatlah, di sini Tuhan melihatmu, oleh karena itu selalu perhatikanlah shalat-shalat dan selalu perhatikanlah bahwa Tuhan sedang melihatmu.’”
Beliau menceritakan, “Kami sedang belajar di Jamiah ketika tiba-tiba ayah saya wafat. Kakak saya telah pergi ke luar negeri dan Ibu saya sendirian mengurus keluarga dengan baik. Suatu hari saya mengatakan kepada beliau dengan bercanda bahwa saya akan mengatakan kepada Jemaat, bahwa ibu saya sendirian, saya ingin mengkhidmati beliau, oleh karena itu jangan tugaskan saya ke tempat yang jauh. Namun beliau menanggapi ini dengan serius dan dengan keras mengatakan, ‘Kemanapun Jemaat menugaskan, kamu harus pergi ke sana. Tidak lah mungkin, jika saya telah mewaqafkan seorang anak saya, lalu saya menahan anak yang diwaqafkan itu untuk tetap bersama saya, sedangkan saya mengatakan kepada anak-anak yang mencari penghidupan dunia, Pergilah dan carilah dunia. Jika saya harus menahan seorang anak saya di samping saya, maka itu bukan kamu, tapi mereka yang mencari dunia.’” Ini adalah ghairat beliau.
Kemudian Tn. Bisharat Naweed juga menulis, “Ketika terakhir kali saya pergi ke Pakistan pada saat cuti, saya mengatakan kepada beliau, ‘Saya akan mengirimkan anak dan istri saya ke tempat ibu.’
Meskipun beliau telah begitu lemah, untuk bangun dari tempat tidur pun sulit, namun beliau tetap tidak mengizinkan. Beliau mengatakan, ‘Tidak, anak dan istri harus bersamamu. Ia harus tinggal dengan suami.’”
Inilah pelajaran dari para orang tua, yang saat ini pun sangat penting bagi kita semua. Semoga Allah Ta’ala meninggikan derajat beliau dan semoga anak keturunan beliau diberikan taufik untuk mengkhidmati agama dengan penuh kesetiaan.
Penerjemah : Mln. Mahmud Ahmad Wardi, Syahid (London, UK) & Mln. Muhammad Hashim (Jakarta, Indonesia)
Editor : Dildaar Ahmad Dartono (Qadian, India)
Referensi proof reading (baca ulang dan komparasi naskah) : http://www.islamahmadiyya.net (bahasa Arab)
[1] Ibn al-Atsir dalam Asadul Ghabah fi Ma’rifatish Shahaabah (أسد الغابة في معرفة الصحابة)
[2] Al-Ishabah (الإصابة في تمييز الصحابة)
[3] Ath-Thabaqaat
[4] Asadul Ghabah fi Ma’rifatish Shahaabah (أسد الغابة), jilid 7, h. 31, Anisah binti Adi, terbitan Darul Kutubil ‘Ilmiyyah, Beirut, 1996. Tercantum juga dalam Ma’rifatush Shahabah karya Abu Nu’aim (معرفة الصحابة لأبي نعيم) no. 7521
[5] Al-Isti’aab fi Ma’rifatil Ashhaab (الاستيعاب في معرفة الأصحاب)
[6] ath-Thabaqaat ibn Sa’d.
[7] Ibn al-Atsir dalam Asadul Ghabah fi Ma’rifatish Shahaabah (أسد الغابة في معرفة الصحابة)
[8] Ibn al-Atsir dalam Asadul Ghabah fi Ma’rifatish Shahaabah (أسد الغابة في معرفة الصحابة) dan ath-Thabaqaat ibn Sa’d.
[9] Ibn al-Atsir dalam Asadul Ghabah fi Ma’rifatish Shahaabah (أسد الغابة في معرفة الصحابة)
[10] Asadul Ghabah (أسد الغابة)
[11] Al-Isti’aab fi Ma’rifatil Ashhaab (الاستيعاب في معرفة الأصحاب)
[12] Al-Ishabah
[13] Ath-Thabaqaat karya Ibn Sa’d.
[14] Ath-Thabaqaat karya Ibn Sa’d.
[15] Nama lain al-Harits ialah Afra. Sumber al-Bidayah wan Nihaayah.
[16] Asadul Ghabah (أسد الغابة في معرفة الصحابة – لابن الأثير)
[17] Ath-Thabaqaat karya Ibn Sa’d, (طَبَقَاتُ الْبَدْرِيِّينَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ), (وَمِنْ بَنِي تَيْمِ بْنِ مُرَّةَ بْنِ كَعْبٍ).
[18] Al-Ishabah (الإصابة في تمييز الصحابة) Al-Ishabah fi tamyizish shahabah, Unais ibn Qatadah, terbitan Darul Kutubil ‘Ilmiyyah, Beirut, 1995.
[19] Syarh az-Zurqani ‘ala muwatha imam malik (شرح الزرقاني على موطأ الإمام مالك); Sunan al-Kubra karya Al-Baihaqi (السنن الكبرى للبيهقي), Kitab Wasiyat (كِتَابُ الْوَصَايَا), (جِمَاعُ أَبْوَابِ التَّرْغِيبِ فِي النِّكَاحِ وَغَيْرِ), bab (بَابُ لا نِكَاحَ إِلا بِوَلِيٍّ)
[20] Ath-Thabaqaat
[21] Musnad Abi Ya’la (مسند أبي يعلى), penulis (أحمد بن علي بن المثنى أبو يعلى الموصلي التميمي) no. 947, mengutip ucapan Ayman saat diajak oleh Marwan ibn al-Hakam untuk berperang melawan adh-Dhahhak ibn Qais, seorang pejabat pada masa Muawiyah, Yazid dan Muawiyah bin Yazid. Setelah kewafatan ketiganya, Bani Umayyah kehilangan patron yang kuat. Adh-Dhahhak memihak Abdullah ibn Zubair yang berpusat di Makkah. Marwan ibn al-Hakam berusaha menguatkan posisi politik Bani Umayyah.
[22] Kitab Asy-Syari’ah (الكتاب: الشريعة), karya Abu Bakr Muhammad ibn al-Husain ibn Abdullah al-Ajurri al-Baghdadi (أبو بكر محمد بن الحسين بن عبد الله الآجُرِّيُّ البغدادي) yang wafat pada 360 Hijriyah, bagian mengenai (الْإِيمَانِ بِالْمِيزَانِ: أَنَّهُ حَقٌّ تُوزَنُ بِهِ الْحَسَنَاتُ وَالسَّيِّئَاتُ), no. 908
[23] Ath-Thabrani dalam Musnad orang-orang Syam (الطَّبَرَانِيُّ في مسند الشّاميين)
[24] Asadul Ghaabah. Nama lain Sabrah ialah Samurah (سَمُرةَ بن الفَاتِك الأَسَدِيّ).
[25] Al-Ishabah fi Tamyizish Shahabah.