Inti Ajaran Islam Bagian Kedua

 

buku inti ajaran islam bagian keduaJudul : Inti Ajaran Islam – Bagian Kedua
Penulis : Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad as
Judul Asli : The Essence of Islam Volume II
Penerjemah : A. Q. Khalid
Editor : Abdul Wahab Mbsy
Penyelaras Bahasa: Ekky O. Sabandi
Edisi : Edisi Pertama, 2017
Ukuran : 15.5 x 23 cm
Isi : xvi+ 466 hal
Penerbit : Neratja Press
ISBN : 978-602-14539-5-7

 

Download (4 Mb)


SINOPSIS INTI AJARAN ISLAM BAGIAN KEDUA

Buku ini merupakan bagian kedua dari kumpulan ekstraksi yang berjudul “Inti Ajaran Islam” (The Essence of Islam). Jilid pertama dari The Essence of Islam diterbitkan pada tahun 2014.

Buku ini berisikan ucapan dan fatwa Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad dari Qadian. Dalam edisi pertama dibahas tentang penjelasan empat pokok ajaran Islam, yaitu tujuan beragama, Allah, Nabi Muhammad saw dan kitab suci Al-Quran.

Di bagian kedua ini dibahas tentang delapanbelas topik. Diantaranya dalam bab pertama dibahas tentang argumentasi bahwa bahasa Arab adalah induk segala bahasa. Dan di bab ke 2 membahas tentang Wahyu; pengertian dan pentingnya wahyu, bagaimana turunnya, bagaimana jenisnya, dan bagaimana kapasitas penerima wahyu.

Tentang sumber hukum Islam setelah Alquran dibahas dalam bab 3, posisi Alquran dan Sunnah, termasuk bagaimana memposisikan hadits jika bertentangan dengan Alquran.

Dalam pembahasan tentang Malaikat, buku ini tidak saja menjelaskan secara rinci seputar Malaikat tetapi juga menjawab keraguan orang-orang yang meragukan eksistensi Malaikat. Begitu juga dalam bab tentang doa, buku ini juga menjelaskan tentang pengabulan doa, cara bagaimana doa dikabulkan dan sanggahan terhadap orang-orang yang menganggap pengabulan doa sebagai bentuk hukum alam semata.

Dalam selanjutnya dibahas tentang pentingnya tobat dan istighfar, hal yang akan membawa manusia pada keselamatan. Dan bagaimana mendapatkan keselamatan? Hal itu dibahas di bab selanjutnya.

Dalam bab tentang jihad dibahas bahwa kesalahan pemaknaan jihad akan memunculkan anggapan negatif terhadap Islam dari pihak non-Muslim. Peperangan yang dilakkan oleh Islam di masa-masa awal adalah bersifat membela diri. Perang yang dilakukan adalah izin yang dilakukan dari kekejaman dan kekejian yang melampaui batas dari orang-orang kafir. Sebaliknya tantangan saat ini adalah jihad pensucian kalbu.

Bahasan lain dalam buku ini adalah tentang Rukun Islam, takdir dan nasib, ketakwaan, takabur, prasangka buruk, azab dunia, ruh manusia, kebangkitan kembali, surga dan neraka dan tujuan penciptaan.

 


Buku Lainnya:

(Visited 44 times, 1 visits today)