Buku Karomatus Shodiqiin (Mukjizat Kebenaran)

Karomatus Shodiqiin (Mukjizat Kebenaran)

Download:
Karomatus Shodiqiin (Bahasa Arab)
Karomatus Shodiqiin (Bahasa Arab dan Urdu)
Alternatif Download: Book Browser


Resensi Buku Karomatus Shodiqiin

Buku ini ditulis dalam Bahasa Arab. Pada bulan Januari 1893,  Maulvi Mohammad Hussain menerbitkan suatu artikel di surat kabar miliknya Ishaatus Sunnah yang berisi tuduhan bahwa  Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad  tidak menguasai Bahasa Arab, tak pula dapat menerjemahkan dan menafsirkan Al-Qur’an. Oleh karena itu tak berhak mendapat bantuan Ilahi. Ia menyebut beliau sebagai pendusta dan dajjal.

Hadhrat Ahmad menantang Maulvi Mohammad Hussain untuk mengambil secara acak Surah di dalam Alquran untuk dibuat tafsirnya dalam Bahasa Arab, dan di akhir tafsir itu harus ada seratus bait syair pujian kepada Rasulullah saw. Beliau juga mengatakan kepadanya bahwa ia juga dipersilakan untuk meminta bantuan orang lain, termasuk gurunya, Maulvi Nazir Hussain.

Maulvi Mohammad Hussain menyatakan bahwa ia siap namun tak ada kelanjutannya. Kebisuannya sebenarnya menggambarkan bahwa ia tidak sanggup melakukannya. Dalam situasi demikianlah Hadhrat Ahmad  menulis buku Karamatus Sadiqeen ini, yang berisi empat eulogi (qasidah) dan tafsir Surah Al Fatihah.

Buku ini berisi empat qasidah yang indah (susunan sajak yang terdiri dari 639 bait) dengan karakter yang tak ada bandingannya. Dan sebuah tafsir Surah Alfatihah dalam bahasa Arab yang menawan, yang ditulis dalam waktu seminggu. Ia kemudian mengundang Maulwi Muhammad Hussain Batalwi untuk menguji pengetahuannya dengan berkompetisi secara terbuka dalam tulisan yang  bersifat sastra seperti itu, tetapi Maulwi Muhammad Hussain Batalwi menghindar dnegan sebuah penjelasan panjang yang ia terbitkan dalam jurnalnya, Isyaatus Sunnah no. 8, vol 190-192.


Sumber      :Karamatus Sadiqeen dan Hidden Treasures of Islam
Penerjemah: Mahmud Surahman
Editor         : Khaeruddin Ahmad Jusmansyah