Khutbah Ilhamiyah

Judul              : Khutbah Ilhamiyah
Penulis          : Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad
Judul Asli     : Khutbah Ilhamiyah (Arab)
Penerjemah : Abkary Munwanna
Edisi               : Cetakan 1, Desember 2016
Ukuran         : 14.8 x 21 cm
Isi                    : viii+ 48 halaman
Penerbit        : Neratja Press
ISBN              : 978-602-70788-6-4

Pada 11 April 1900, bertepatan dengan hari 'Id-ul-Adha, Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad menyampaikan khutbah dalam bahasa Arab, dan atas perintah beliau, khutbah ini dicatat kata demi kata oleh Hadhrat Maulvi Nuruddin dan Hadhrat Maulvi Abdul Karim. Hadhrat Masih Mau'ud as memerintahkan kepada kedua sahabat itu untuk menanyakan kepada beliau jika ada kalimat yang kurang jelas mereka dengar, karena jika terlewat, maka kalimat itu akan terlupakan.

Sejatinya buku Khutbah Ilhamiyyah terdiri dari 5 bab, namun yang bisa diterbitkan saat ini baru salah satu bab, yaitu bab yang berisi khutbah yang berdasarkan ilham, karenanya buku ini diberi nama Khutbah Ilhamiyyah. Mudah-mudahan di masa mendatang dapat juga kita terbitkan secara lengkap bersama 4 bab lainnya. Dalam bab Khutbah Ilhamiyah ini, Hadhrat Ahmad as menjelaskan secara luas tentang falsafah pengorbanan.

Hadhrat Khalifatul Masih Vatba menyampaikan dalam Khutbah Jum'ah tgl. 11 April 2014, bahwa Hadhrat Masih Mau'ud as secara khusus menginginkan agar Khutbah Ilhamiyah itu diterbitkan berupa sebuah buku dan beliau sendiri telah menerjemahkannya ke dalam bahasa Urdu dan Parsi. Beliau telah menganjurkan juga agar orang-orang Jemaat menghafalkannya seperti menghafal Al-Quran." Karena itu dalam terjemahan versi bahasa Indonesia ini disertakan juga tulisan Arabnya lengkap dengan syakalnya sesuai dengan i'rab yang disusun oleh Hadhrat Masih Mau'udas berdasarkan Ilham dari Allahswt.

(Visited 60 times, 1 visits today)