Riwayat Rasulullah

Judul              : Riwayat Rasulullah saw
Penulis          : Hadhrat Mirza Bashiruddin Mahmud Ahmad
Judul Asli     : Life of Muhammad
Penerjemah : Mian Abdul Hayye HP, Sukri Barmawi, Syafi'i R. Batuah, R. Ahmad Anwar
Editor            : Ekky O. Sobandi
Edisi               : Cetakan 4 Mei 2017
Ukuran         : 22x15 cm
Isi                    : viii+285 halaman
Penerbit        : Neratja Press, 2017

Sinopsis Riwayat Rasulullahsaw

Buku Riwayat Rasulullah saw merupakan bagian dari buku Pengantar Mempelajari Al-Quran karya Mirza Bashiruddin Mahmud Ahmad ra, yang pertama kali terbit tahun 1947 dalam bahasa Urdu. Buku tersebut diterjemahkan dalam bahasa Inggris dengan judul Introduction of the Holy Quran dan telah diterbitkan beberapa kali dan diterjemahkan dalam berbagai bahasa.

Di Indonesia, terbitan bahasa Inggris itu diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dengan judul tersebut di atas, pada tahun 1966. Bagian artikel yang diberi judul Riwayat Rasulullah saw juga merupakan terjemahan dari Life of Muhammad yang telah terbit beberapa kali. Buku ini merupakan Edisi ke-4, dilengkapi dengan indeks yang tidak terdapat pada terbitan sebelumnya.

Buku ini menguraikan kehidupan Rasulullah saw yang digambarkan secara sketsa dengan sangat luar biasa, dan tidak pernah digambarkan oleh para pakar serta penulis sejarah kehidupan Nabi Muhammad saw, setelah menguraikan secara singat tapi menyeluruh dari segi kehidupan Rasulullah saw, Hadhrat Mirza Bashiruddin Mahmud Ahmad menyorot secara tajam kepribadian dan watak yang sempurna Rasulullah saw diantaranya diuraikan bagaimana beliau saw menyikapi segala persekusi yang dilancarkan kaum kuffar, beliau membangun suatu komunitas yang kuat dalam waktu singkat, para musuh Islam yang berbalik menjadi sahabat rela mati demi membela Islam dan Rasulullah saw, Fatah Mekkah yang terjadi tanpa ada setetes pun darah yang jatuh, kemenangan yang diikutui dengan pemberiaan maaf dan ampunan. Pendeknya, buku ini merupakan kitab terbuka tentang Rasulullah saw yang sangat pantas dan relevan dijadikan inspirasi bagaimana kita berperilaku.

(Visited 151 times, 1 visits today)