9 September 2016

Masjid Subhan diresmikan oleh Hadhrat Mirza Masroor Ahmad.

Jemaat Muslim Ahmadiyah dengan bangga mengumumkan bahwa pada tanggal 6 September 2016, Pemimpin Dunia Jemaat Muslim Ahmadiyah, Khalifah Kelima, Hadhrat Mirza Masroor Ahmad meresmikan Masjid Subhan di kota Morfelden-Walldorf – Jerman.

Saat kedatangannya, Hudhur meresmikan masjid dengan membuka sebuah plakat peringatan dan memanjatkan doa syukur kepada Allah Taala.

Hudhur kemudian memimpin shalat Zuhur dan Asar di masjid baru ini serta menanam sebuah pohon di halaman mesjid untuk lebih lanjut menandai acara ini.

Menyusul setelahnya, diadakan sebuah resepsi khusus yang dihadiri sekitar 150 pejabat dan tamu sebagai bagian dari peresmian Masjid. Berbagai pejabat hadir, termasuk Walikota Morfelden-Walldorf.

Presiden Nasional Jemaat Muslim Ahmadiyah Jerman, Abdullah Wagishauser memberikan sambutan, yang kemudian diikuti oleh para tamu.

Pastur Jochen Muhl yang mewakili Gereja Protestan mengatakan:

“Saya ingin gunakan kesempatan ini untuk mengucapkan selamat kepada Jemaat Muslim Ahmadiyah atas peresmian Masjid ini. Kalian adalah orang-orang yang baik dan teman kami.”

Pemimpin Komunitas Budha, Matthias Groninger mengatakan:

“Merupakan suatu kehormatan besar bagi kota ini mendapatkan kunjungan dari Hadhrat Mirza Masroor Ahmad. Saya ucapkan selamat kepada kalian semua atas pembangunan Masjid ini yang saya yakini akan menjadi simbol perdamaian.”

Walikota Morfelden-Walldorf, Heinz-Peter Becker mengatakan:

“Suatu hak asasi manusia yang mendasar adalah memperoleh kebebasan beragama dan kami menyaksikannya disini, di Jerman. Ini merupakan bagian dari konstitusi kita. Memang, Jemaat Muslim Ahmadiyah senantiasa menjujung tinggi hak asasi manusia dan melawan segala bentuk paksaan dalam agama.”

Setelah itu, pidato utama disampaikan oleh Hadhrat Mirza Masroor Ahmad dimana beliau berbicara dan menjelaskan berbagai masalah menurut kaca mata ajaran Islam.

Hadhrat Mirza Masroor Ahmad bersabda seraya berbicara bagaimana semua agama pada dasarnya adalah kekuatan untuk menciptakan perdamaian:

“Semua agama-agama besar dunia ada di kota ini. Jika para pengikutnya bertindak sesuai dengan ajaran hakiki dari agama masing-masing, kalian tidak akan pernah melihat munculnya konflik dan perpecahan. Semua agama pada dasarnya berusaha untuk membangun nilai-nilai perdamaian, kecintaan dan toleransi.”

Hadhrat Mirza Masroor Ahmad lebih lanjut bersabda:

“Tujuan dari pendirian sebuah masjid adalah untuk membangun perdamaian dan tentu saja setiap tempat ibadah adalah simbol perdamaian dan kerukunan. Ketika Hadhrat Rasulullah saw diberikan izin untuk melakukan peperangan yang bersifat membela diri, hal itu dilakukan demi menegakan perdamaian dan kebebasan berkeyakinan.”

Hudhur bersabda bahwa perang yang terjadi di masa awal Islam dilakukan untuk membangun kebebasan beragama universal.

Hadhrat Mirza Masroor Ahmad bersabda:

“Dimana saja Islam memberikan izin untuk melakukan peperangan defensif kepada Hadhrat Muhammad saw, hal itu dilakukan demi melindungi para pengikut berbagai agama dan tempat-tempat ibadah, yakni untuk melindungi gereja, kuil, sinagog, masjid dan berbagai tempat ibadah setiap pengikut agama.”

Berbicara tentang perlunya berkumpul bersama dan mengadakan dialog bagi semua orang, Hadhrat Mirza Masroor Ahmad bersabda:

“Dialog antar masyarakat dan kelompok berbeda adalah sangat penting dan merupakan suatu cara  untuk menghilangkan sekat dan menumbuhkan saling pengertian. Ingatlah bahwa kita senantiasa melakukan kesalahan dan memiliki kelemahan, oleh sebab itu lebih baik perhatikanlah kelebihan masing-masing, abaikanlah kekurangannya. Inilah cara untuk membangun hubungan dan sarana agar terciptanya perdamaian.”

Hadhrat Mirza Masroor Ahmad mengakhiri pidato beliau dengan bersabda:

“Sebuah pesan perdamaian dan kerukunan senantiasa menggema ke segala penjuru dari setiap tempat didirikannya masjid-masjid dan Jemaat-Jemaat kita. Karena masjid ini telah diresmikan, saya yakin Muslim Ahmadi di sini akan menyebarkan pesan cinta dan perdamaian Islam ini ke setiap tempat.”

Hadhrat Mirza Masroor Ahmad melanjutkan:

“Saya berdoa agar masyarakat setempat hari demi hari akan lebih menyadari bahwa keberadaan masjid ini tidak hanya menambah keindahan kota ini melainkan sebagai sarana terciptanya kedamaian dan keamanan bagi mereka.”

Acara secara resmi ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Hadhrat Mirza Masroor Ahmad dan dilanjutkan dengan makan malam.

22 Deer Park Road, London, SW19 3TL UK
Tel/Fax: (44) 020 8544 7678 Email: media@pressahmadiyya.com


Ahmadiyya Muslim Community
Press & Media Office

URL sumberpressahmadiyya.com

(Visited 11 times, 1 visits today)