Khotbah Jumat
Sayyidina Amirul Mu’minin, Hadhrat Mirza Masroor Ahmad
Khalifatul Masih al-Khaamis ayyadahullaahu Ta’ala binashrihil ‘aziiz
1 April 2005 di Masjid Fadhl, Morden, London, UK.
أشْهَدُ أنْ لا إله إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لا شَرِيك لَهُ ،
وأشْهَدُ أنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ.
أما بعد فأعوذ بالله من الشيطان الرجيم.
بسْمِ الله الرَّحْمَن الرَّحيم * الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمينَ * الرَّحْمَن الرَّحيم * مَالك يَوْم الدِّين * إيَّاكَ نَعْبُدُ وَإيَّاكَ نَسْتَعينُ * اهْدنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقيمَ * صِرَاط الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْر الْمَغْضُوب عَلَيْهمْ وَلا الضَّالِّينَ. (آمين)
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ,الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ.مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ.إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ.اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ.صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ
Di dalam diri Rasulullah saw terkumpul semua akhlak yang fikiran manusia dapat lingkupi dan di dalam zat beliau terkumpul semua akhlak yang pantulannya nampak atau dapat nampak dalam diri hamba-hamba pilihan Allah dan pada para nabi Allah. Dari antara itu satu akhlak adalah bersyukur atau tau berterima kasih. Di dalam Al-Quran berkenaan dengan Hadhrat Ibarahim Allah berfirman
شَاكِرًا لِأَنْعُمِهِ – yang mensyukuri ni`mat-ni`mat Allah. An-nahl 122. Dan berkenaan dengan Hadhrat Nuh Dia berfirman:
إِنَّهُ كَانَ عَبْدًا شَكُورًا Sesungguhnya dia adalah hamba (Allah) yang banyak bersyukur. Bani Israil 4 Sekali-kali bukanlah maksudnya bahwa legimimasi/ pengakuan dari Allah itu hanya diraih oleh dua nabi itu semata dan tidak dapat ditandingi oleh siapapun. Berkenaan dengan Rasulullah saw disebutkan bahwa di dalam diri nabi beliau saw telah dikumpulkan semua kebaikan para nabi bahkan beliau adalah -افضل الرسل –afdhalurrusul – Rasul ter-afdhal/termulia, yakni lebih mulia dari semua Rasul. Semua keindahan, semua akhlak-akhlak mulia bagaimanapun itu, jika ingin melihat puncaknya /titik tertingginya maka lihatlah pribadi Rasulullah saw. Berkenaan dengan beliau Dia berfirman :
وَلَكِنْ رَسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ- tetapi dia adalah Rasulullah dan semua-mulia nabi. Al-Ahzab 41 Kedudukan beliau disisi Allah paling dekat dari semua. Semua standar akhlak yang tinggi dan sifat-sifat yang mulia yang didapatkan di dalam diri para nabi atau akan didapatkan di dalam diri para nabi yang akan datang titik puncak semuanya itu telah sempurna dalam diri beliau saw seolah –olah pada semuanya beliau telah membubuhkan contoh-contoh beliau pada mereka. Dan kini inilah contoh –contoh itu yang akan kekal tetap ada selama dunia ada. Jadi ini merupakan legitimasi atau pengukuhan yang paling besar yang Allah telah berikan pada beliau saw.
Sebagaimana sebelumnya telah saya sebutkan, yakni akhlak atau budi pekerti bersyukur atau mengetahui bagaimana berterima kasih ini, hari ini berkenaan dengan itu saya akan sampaikan. Cara-cara apa yang beliau tempuh sebagai seorang hamba yang tau berterima kasih atau menyatakan terima kasih kepada hamba-hamba-Nya, itu yang akan dipaparkan.
Rasulullah saw setiap saat, setiap detik senantiasa dalam pencaharian bahwa bagaimana dilakukan ungkapan rasa terimakasih pada Allah.Tidak ada peluang yang beliau biarkan berlalu dimana beliau tidak berdoa dengan penuh gejolak rasa syukur di hadapan Allah. Setiap saat inilah senantiasa upaya beliau bahwa supaya beliau menjadi hamba yang paling bersyukur/berterima kasih pada Allah dan untuk itu setiap saat beliau senantiasa berdoa.
Sebagaimana tertera dalam sebuah riwayat yang Abdullah bin Abbas riwayatkan bahwa Rasulullah saw senantiasa berdoa
اللهم اجعلنى لك شاكرا ولك ذاكرا – allaahummaj’alni laka syaakirang wa laka dzaakira– Wahai Allah jadikalah aku menjadi orang yang banyak bersyukur dan banyak berdzikir kepada Engkau. abu daud kitaabush-shalat bab ma yaquulurrajulu idza aslama
Tertera dalam riwayat lain dimana di dalam itu ada kata-kata yang lebih bersama dengan doa itu. Beliau memohon ini di hadapan Tuhan beliau: Wahai Allah, jadikanlah aku menjadi orang yang paling banyak bersyukur pada Engkau, menjadi orang yang mengikuti nasehat Engkau dan senantiasa mengingat nasehat Engkau. Musnad Ahmad bin Hanbal jilid 3hlm 250 Edisi Beirut
Untuk selanjutnya saya akan sajikan contoh-contoh yang dari itu akan dapat diketahui sampai dimana ungkapan rasa syukur beliau kepada Allah. Bagaimana setiap saat setiap detik senantiasa dalam mencari celah bagaimana menyatakan gejolak rasa syukur , tetapi kendati demikian terdapat rasa khawatir yang beliau utarakan dalam bentuk doa ialah supaya saya senantiasa menjadi orang yang bersyukur. Beliau dalam setiap hal, kendati itu sampai yang sekecilnya sekalipun, andaikata sampai faedahnya pada diri beliau atau telah sampai faedahnya pada beliau maka beliau menyatakan rasa syukur kepada Zat Allah. Kemudian tidak ada lagi dipersoalkan mengenai nikmat-nikmat Allah yang berlalu tampa beliau mengucapkan rasa tarima kasih. Sebagaimana tertera dalam sebuah riwayat bahwa apabila datang hujan yang pertama (di awal tahun) maka beliau bersyukur kepada Allah.
Berkaitan dengan ini Hadhrat Anas bin malik meriwayatkan bahwa pada suatu ketika kami bersama Hudhur saw. Maka begitu untuk merasakan hujan pertama turun beliau membuka kain penutup kepala beliau dan mengambil hujan itu tampa tutup kepala. Pada saat ditanyakan maka beliau menjawab bahwa ini baru-baru datang dari Tuhan –Ku. Musnad Ahmad bin Hanbal jilid 3 hlm 267 Edisi Beirut
Tertera dalam riwayat lain bahwa apabila tetesan hujan pertama (di awal tahun) turun maka beliau menyambutnya dengan lidah beliau bahwa ini adalah nikmat Allah dan inilah cara untuk pengungkapan rasa syukur atau terima kasih atas turunnya yaitu mengambilnya diatas beliau atau dirasakan.
Kemudian banyak sekali beberapa hal sebagai misal sesudah makan, bagaimana beliau menyatakan rasa syukur kepada Allah.
Tertera dalam sebuah riwayat yang bersumber dari Abu Said r.a bahwa kapan saja beliau memakan sesuatu atau minum maka sesudahnya seperti inilah beliau mengucapkan rasa syukur:
الحمد لله الذى اطعمنا وسقانا وجعلنا من المسلمين –alhamdulillahilladzii ath’amana wa ja’alana minal muslimiin- Segala puji bagi Allah yang telah memberikan makan dan minum kepada kami dan telah menjadikan kami sebagai orang Islam Tirmidzi Kitabuddakwaat ma dzaa yaquulu idza fariga minal ththaa’m. Padahal makananpun bukannya makanan yang spesial (banyak minyak samin dan bumbu-bumbu lainnya) tetapi itu merupakan makanan yang sangat sederhana namun apa saja yang beliau makan itu beliau makan dengan mengungkapkan gejolak rasa syukur atau rasa terima kasih yang sangat besar pada Allah.
Sebagaimana tertera dalam sebuah riwayat yang bersumber dari Hadhrat Abdullah bin Salam r.a bahwa saya telah melihat nabi saw meletakan sebiji korma di atas sekerat roti dan beliau bersabda bahwa korma ini adalah sebagai lauk pauk roti ini ( Abu Daud kitabul imaan bab arrajulu yahlufu an laa yataaddama dan kebanyakan yang terjadi adalah bahwa beliau saw memakan roti dengan cuka atau air dan untuk itupun tidak terhitung beliau bersykur kepada Allah.
Kemudian manakala beliau menggunakan pakaian baru maka beliau mamakainya lalu bersyukur kepada Allah. Beliau senantiasa berdoa agar terhindar dari dampak-dampak buruknya. ( Berkaitan dengan itu hadhrat Abu Sai’id Khudri meriwayatkan bahwa apabila Rasulullah saw menggunakan kain baru, baik itu serban atau baju maupun selimut, maka dengan nama Allah Yakni setelah membaca بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ baru beliau mengenakannya lalu beliau biasa memanjatkan doa ini:
اللهم لك الحمد انت كسوتنيه اسئلك خيره وخير ما صنع له و اعوذبك من شره وشر ما صنع له
Allahumma lakal hamdu anta kasautaniihi as aluka khairahu wa khaira ma shuni’a lahuu wa ‘a uudzu bika min syarrihi wa syarima shuni’a lahu
Wahai Allah segala puji hanya bagi Engkau. Engkau-lah yang telah memakaikan ini kepadaku. Dan kebaikannya dan untuk tujuan mana diciptakan saya memohon kebaikannya pada-Mu. Dan saya memohon perlindungan pada Engkau dari keburukannya dan untuk tujuan mana itu diciptakan. Tirmidzi kitabullibas bab ma yaquulu idzaa labisa tsauban jadiidan
Pada dasarnya banyak sekali sisi-sisinya. Satu, terkadang di sebagian kain terdapat sesuatu yang khususnya dewasa ini, sebagian orang-orang menjadi alergi jika mengenakannya yang dari ini pun keluar satu sisi keburukannya. Kemudian sejumlah orang terkadang menyuruh menjahitkan jenis stelan baju dan celana yang berkwalitas tinggi, yang di dalam diri beliau saw tentu tidak ada hal/keburukan serupa itu tetapi untuk mengajarkan atau memberikan pembelajaran kepada ummat beliau, beliau biasa mendoa seperti ini,yakni hindarilah dari keburukannya, jangan ampai dari satu jenis pakaian timbul satu corak ketakabburan.
Kemudian pada saat tidur dan pada saat bangun dari tidur sambil memuji Allah biasa beliau memanjatkan doa ini yang disebutkan dalam riwayat demikian. Diriwayatkan dari Hadhrat Huzaifah bahwa apabila Rasulullah saw ditempat tidur/hendak tidur maka beliau berdoa:
اللهم باسمك اموت واحيا – allahuma biismika amuutu waahya– bahwa hidup dan mati ku adalah dengan nama Engkau. Dan apabila bangun di pagi hari /bangun dari tempat tidur maka beliau membaca doa
الحمدلله الذى احيانا بعد ما اماتنا واليه النشور –alhamdulillahilladzi ahyaana ba’da maa amaatana wa ilaihinnusyuur-segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami mati dan hanya kepada-Nyalah kita akan kembali. Buklhari kitabuttauhid bab assual biasmaaillah wa isti’aadzihi
Tidak ada sisi kehidupan yang beliau lihat terdapat karunia Allah di dalamnya atas diri beliau yang beliau tidak mengucapkan syukur/terima kasih pada Allah atas hal itu. Sehingga beliau pergi untuk melakukan buang hajat sekalipun, saat kembali timbul gejolak syukur di dalam diri beliau. Riwayatnya disebutkan seperti demikian, yakni beliau memanjatkan doa ini dan apabila beliau keluar dari buang hanjat maka beliau membaca doa ini
الحمد لله الذى اذهب عنى اذى وعافانى –alhamdulillaahilladzi adzhaba ‘anni adza wa ‘aafaani- Segala puji bagi Allah yang telah menjauhkan dari diri ku barang yang merugikan dan telah menganugerahkan kesehatan pada saya. Ibnu majah kitabuththahaarah bab maa yaquulu idza kharaja minal khalaa’
Dokter mengakui bahwa banyak sekali penyakit adalah akibat rusaknya pencenaan dan usus dan itu adalah akibat karena gerakannya yang tidak benar dan akibat tidak buang air. Sejumlah penyakit –penyakit menjadi bertambah. Jadi inipun merupakan hal yang harus kita bersyukur kepada Allah bahwa segala sesuatu yang merupakan bagian dari tubuh, segala organ yang bekerja dengan baik dan fungsinya berjalan dengan baik atas hal itupun harus hendaknya bersyukur kepada Allah.
Kemudian beliau menegakkan standar tinggi ibadah-ibadah adalah supaya beliau menjadi hamba-Nya yang bersyukur. Berkenaan dengan itu tertera dalam sebuah riwayat bahwa Hadhrat Aisyah r.a meriwayatkan bahwa pada malam hari Rasulullah saw sedemikian lama melakukan shalat sehingga kaki beliau menjadi bengkak. Saya bertanya pada beliau prihal beliau berdiri melakukan shalat ini, ya Rasul Allah ! apakah berkenaan dengan Tuan Allah telah berfirman bahwa semua dosa-dosa Tuan telah dimaafkan, baik yang akan datang maupun yang telah berlalu. Namun Tuan sedemikian panjang berdiri ? Maka beliau menjawab. Apakah saya tidak ingin menjadi hamba Allah yang tahu berterima kasih Yang sedemikian banyak telah berbuat baik kepada saya. Apakah saya tidak berdiri untuk bersyukur pada-Nya Bukhari kitabuttafsiir suratul fatah
Kemudian tertera dalam sebuah riwayat dalam kaitan dengan ibadah,tertera sebuah riwayat berkenaan dengan memanjatkan puji syukur. Atha meriwayatkan bahwa pada suatu kali saya,Ibnu Umar dan bersama Ubaidullah bin Umar hadir di hadapan Hadhrat Aisyah r.a dan kami bertanya:
” Beritahukanlah kepada kami kisah Rasulullah saw yang paling ajaib yang Tuan telah lihat dari Rasulullah saw . Mendengar pertanyaan itu Hadhrat Aisyah karena teringat akan Rasulullah saw beliau menjadi gelisah lalu menangis sambil berkata bahwa setiap prilaku Rasulullah saw adalah unik. Kemudian beliau berkata : Pada suatu saat Rasulullah saw datang kepada saya dan berbaring di atas tempat tidur. Kemudian beliau bersabda: Hai Aisyah ! apakah kamu memberikan izin kepada saya untuk beribadah kepada Tuhan-ku. Saya menjawab, demi Allah saya sangat menghargai keinginan Tuan dan menyukai kedekatan dengan Tuan. Dari saya Tuan dizinkan/bebas. Baru beliau bangun lalu berwudhu dari tempat air wudhu dan beliau berdiri untuk melakukan shalat dan beliau mulai melakukan shalat dan sedemikian rupa beliau menangis sehingga air mata bercucuran di dada beliau. Setelah shalat sambil bersandar kesebelah kanan, sedemikian rupa beliau duduk sehingga tangan kanan beliau berada di bawah pipi sebelah kanan. Kemudian beliau mulai menangis sehingga air mata beliau berjatuhan ke tanah. Pada waktu shalat subuh Hadhrat Bilal hadir di hadapan beliau. Dan tatkala melihat beliau saw sedemikian rupa menangis seperti itu maka beliau bertanya, ya Rasulullah saw ! kenapa begitu banyak Tuan menangis, sedangkan Allah telah memaafkan semua kesalahan-kesalahan Tuan yang telah lalu dan yang akan datang . Maka Rasululah saw menjawab , “Apakah saya jangan menjadi hamba Allah yang tahu bagaimana harus berterima kasih. Dan kenapa saya tidak menangis sebab Allah Tuhan-ku telah menurunkan ayat ini kepadaku . Dan beliau membaca sampai ayat surah Ali Imran.
إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ.الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَوَاتِ َالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّار
“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. Tafsir Ruuhulbayan zeeri tafsir surah Ali Imran ayat 191-192
Kemudian dalam riwayat lain disebutkan demikian bahwa Hadhrat Aisyah menanyakan bahwa,ya Rasulullah saw ! kenapa begitu banyak Tuan menangis, sedangkan Allah telah memaafkan semua kesalahan-kesalahan Tuan yang telah lalu dan yang akan datang . Maka Rasulullah saw menjawab , “Apakah saya jangan menjadi hamba Allah yang tahu bagaimana harus berterima kasih. Sebab Allah Tuhan-ku telah menurunkan ayat ini kepada saya.
إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ.الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَوَاتِ َالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّار
Kemudian Rasulullah saw bersabda: Kehancuranlah bagi orang yang membaca namuun tidak merenungkannya. Tafsir Ruuhulbayan zeeri tafsir surah Ali Imran ayat 191-192
Kemudian lihatlah, sebuah pemandangan aneh yang dari mana dapat diketahui rasa cemas dan gejolak (permohonan) ampunan bagi ummat beliau juga dan rasa syukur/terima kasih beliau kepada Allah. Diriwayatkan dari Hadhrat Sa’ad bin Abi Waqas bahwa pada saat kami tengah kembali dari Mekah ke Madinah bersama Rasulullah saw pada saat itu tatkala sampai ke tempat yang bernama Azura maka Rasulullah saw mengangkat tangan untuk berdoa dan beliau memanjatkan doa cukup lama. Kemudian Hudhur saw jatuh untuk bersujud dan sampai sedemikian lama beliau dalam keadaan berdoa kemudian beliau berdiri dan beliau mengangkat tangan untuk memanjatkan doa. Kemudian beliau bersujud. Tiga kali beliau melakukan seperti itu. Kemudian beliau bersabda bahwa aku memanjatkan doa ini pada Tuhan-ku dan aku telah memohon syefaat untuk ummatku maka Allah memberikan izin kepada saya untuk memberikan syefaat kepada ummatku sebanyak satu pertiga. Kemudian saya bersujud untuk menyatakan rasa syukur kepada Allah dan setelah mengangkat kepala kemudian beliau berdoa kepada Allah untuk ummat beliau,maka Allah tambah memberikan izin kepada saya memberikan syefaat kepada ummat saya satu pertiga. Kemudian saya melakukan sujud syukur lalu mengangkat kepala seraya memanjatkan doa untuk ummatku. Kemudian Allah memberikan izin kepadaku untuk memberikan syefaat untuk ummat ku sebanyak satu pertiga. Kemudian saya jatuh untuk melakukan sujud syukur di hadapan Allah. Nah,dengan melihat gejolak rasa syukur seorang hamba yang bersyukur itu Allah telah memberikan hak memberikan syefaat kepada beliau. Abu Daud kitabuljihad bab fii sujuudisyukur
Kemudian dalam sebuah riwayat sisi gejolak syukur beliau diketahui demikian. Hadhrat Abdurrahman bin Auf meriwayatkan bahwa pada suatu saat Rasulullah saw keluar. Saya pergi di belakang beliau saw sehingga Hudhur saw sampai di kuburan disana beliau saw jatuh dalam bersujud dan beliau melakukan sujud yang panjang. Sehingga saya menyangka bahwa mungkin Allah mengambil ruh beliau. Maka untuk melihat beliau saya mendekat dengan beliau saw maka beliau duduk dan bersabda bahwa apa yang terjadi dengan dirimu Abdurrahman ? Saya bertanya wahai Rasul Allah ? Tuan melakukan sujud sedemikian panjang dan saya khawatir jangan-jangan Allah mengambil ruh Tuan. Beliau bersabda bahwa Jibril memberikan habar suka kepada saya bahwa Allah berfirman untuk kepentingan saya bahwa barangsiapa yang mengirim selawat kepada engkau maka Saya akan menurunkan rahmat-rahmat-Ku dan barangsiapa yang mengirim salam maka Saya akan mengirimkan selamat padanya. Mendengar ini saya bersujud syukur kepada Allah. Musnad Ahmad hadis Abdurrahman bin Auf
Sebabnya beliau mengungkapkan rasa syukur kepada Allah dan melakukan sujud sedemikian panjang ialah: Pertama, supaya diberikan dorongan kepada ummat beliau untuk memanjatkan doa –doa dan membaca selawat sambil mengatakan bahwa karunia Allah akan turun pada orang yang mengirim selawat. Kedua, sebabnya beliau melakukan sujud syukur adalah supaya akibat dari selawat itu akan tercipta juga sarana pengampunan bagi summat. Kemudian jika beliau melihat cara mengungkapkan rasa syukur di dalam diri bangsa-bangsa lain maka di dalam itupun beliau berupaya untuk mengamalkannya supaya jangan ada peluang yang terlepas untuk melakukan syukur kepada Allah.
Tertera dalam sebuah riwayat yang bersumber dari Hadhrat Abu Hurairah r.a bahwa Rasulullah saw lewat di suatu kelompok orang-orang Yahudi yang melakukan puasa hari Asyurah. Rasulullah saw menanyakan kepadanya bahwa puasa bagaimana ini. Mereka menjawab bahwa hari inilah Allah menyelamatkan Nabi Musa dan Baniisrail dari musibah tenggelam. Dan pada hari inilah Firaun tenggelam dan perahu nabi Nuh berhenti di gunung Judi. Nuh a.s dan Musa a.s berpuasa pada hari ini sebagai tanda rasa syukur atau terima kasihnya kepada Tuhan. Maka Rasulullah saw bersabda: Saya adalah orang yang lebih berhak memiliki hubungan dengan Musa a.s dan karena itulah saya lebih berhak untuk melakukan puasa. Kemudian Rasulullah saw sendiri melakukan puasa dan memerintahkan kepada sahabahnya untuk melakukan puasa di bulan Asyura(Sebelum adanya perintah puasa pent.). Musnad Ahmad bin Hanbal jilid 2 hal 359-360 Edisi Beirut
Jadi, disini bukan masaalah bahwa itu adalah cara kaum lain atau cara agama lain lalu apa perlunya untuk melakukannya(tidak demikian cara beliau saw). Tetapi karena yang dilakukan itu merupakan pekerjaan baik sebagai tanda rasa syukur kepada Allah maka perhatian beliau tertuju ke arah itu.
Kemudian di hadapan Allah nampak kepada kita pemandangan uniknya ungkapan terima kasih beliau yang nampak pada saat penaklukan kota Mekah. Pada umumnya bangsa yang menang sesudah penaklukan bangsa yang dikalahkan, mereka masuk ke dalam kota yang dikalahkan dengan penuh wibawa dan kebesaran , masuk ke kota dengan bangga. Tetapi Rasulullah saw pada kesempatan seperti itu masuk ke kota Mekah dengan membawa gejolak syukur.
Tetera dalam sebuah riwayat bahwa pada saat penaklukan kota Mekah saat beliau sampai di tempat Dzi Thua maka beliau mengenakan serban/ikat kepala buatan Yaman yang berwarna merah dan beliau diam /berhenti di atas tunggangan beliau. Pada saat ketika beliau melihat bahwa bagaimana dengan memberikan kemenangan betapa Allah telah memberikan kemuliaan dan kehormatan kepada beliau. Hudhur dengan rasa rendah hati dan dengan penuh rasa syukur menundukkan kepala beliau sehingga nampak bahwa janggut beliau yang mulia hampir menyentuh punggung unta beliau. Assiratunnabawiyyah liibni Hisyam Dzikru fathi makkata wushuulunnabiyyi ila dzi thua Sedemikian rupa beliau tunduk sehingga janggut beliau yang mulia menyentuh bagian depan yang nmenojol dari tempat duduk yang beliau duduki. Dalam riwayat seperti ini banyak sekali misal-misal yang seperti ini yang dari itu beberapa akhlak beliau yang mulia menjadi zahir .
Kemudian apabila kita melihat bahwa untuk hamba-hamba-Nya betapa gejolak rasa terima kasih beliau. Apabila mendapat faedah dari seseorang betapa beliau saw mengungkapkan rasa terima kasih padanya,seperti itu banyak misal-misal unik yang nampak pada kita,baik pada saat suka maupun duka, sedikit saja orang mendatangkan mamfaat pada beliau maka sedemikian rupa beliau menyatakan semangat penghargaan kepada orang-orang dan memberikan perhatian pada mereka. Kemudian tidak hanya dengan orang-orang yang secara langsung mempunyai ikatan dengan beliau semata (bukan dengan peristiwa yang ada kaitannya dengan beliau ) tetapi dengan orang-orang yang mempunyai ikatan dekat dengan beliau pun tidak terhingga ucapan rasa terima kasih yang beliau ungkapkan terhadap mereka dan senantiasa memperhatikan mereka. Hadhrat Abu Bakar r.a adalah merupakan salah satu dari sahabah-sahabah beliau yang paling akrab. Dalam setiap saat baik saat suka dan duka, pada saat menemui kesusahan biasa beliau menolong/mendukung Rasulullah saw. Untuk beliau Rasululah saw sedemikian rupa memiliki perasaan yang sangat sensitif sehingga beliau sama sekali tidak dapat sabar manakala ada kata-kata yang tidak enak yang diucapkan mengenai Abu Bakar r.a. yang dapat menyentuh emosional Abu Bakar atau membuat beliau tersinggung. Ini semua adalah merupakan akibat gejolak rasa syukur karena orang itu (Abu Bakar) telah memenuhi hak persahabatan beliau dan beliau benar-benar senantiasa menjadi orang yang terdepan dalam pengorbanan. Karena itu beliau tidak dapat menerima/bersabar jika ada kesusahan yang menimpa beliau.
Sebagaimana tertera dalam sebuah riwayat bahwa pernah seorang sahabah berselisih dengan Hadhrat Abu Bakar r.a. Hudhur mengetahui hal itu maka beliau bersabda : Ketika Allah mengirim saya kepada kalian, maka semuanya mengatakan saya seorang pendusta dan Abu Bakar yang memberikan kesaksian akan kebenaran saya dan dia telah menolong saya dengan harta dan jiwanya. Apakah kalian tidak akan berhenti menyakiti sahabahku itu ? Kemudian pada suatu kali di saat dekat wafat beliau, beliau bersabda: Dari antara orang-orang yang setiap saat ada bersama saya dan paling banyak melakukan kebaikan terhadap saya dengan hartanya, Abu Bakar lah yang telah melakukannya. Beliau bersabda: Semua jendela Mesjid Nabawi tertutup kecuali jendela Abu Bakar. Bukhari kitabul manaakib bab fadhaailu Abi Bakar
Kemudian Hadhrat Aisyah r.a menerangkan bahwa Rasulullah saw kebanyakan menyebut Hadhrat Khadijah r.a dengan cara yang sangat baik dan nada memuji. Pada suatu hari karena cemburu ,kata Hadhrat Aisyah,saya mengatakan kepada Rasulullah saw, apakah Tuan terus saja menyebut perempuan tua itu, padahal Allah telah memberikan kepada Tuan istri yang lebih baik dari itu. Maka Hudhur saw bersabda bahwa tatkala orang-orang mendustakan saya maka dia menerima saya. Pada saat orang-orang ingkar pada saya maka dia beriman. Pada saat orang-orang memahrumkan saya dari harta maka dia telah menolong saya dengan hartanya. Dan dari dialah Allah telah menganugerahkan anak-anak kepada saya. Musnad Ahmad jilid 6 hlm 117
Adapun terkait karena hubungan sebagai istri itu tentu ada, tetapi beliau merupakan seorang istri yang sedemikian sangat setia yang telah mengurbankan segala-galanya, dan beliau saw merupakan seorang manusia yang paling banyak bersyukur maka bagaimana dapat terjadi bahwa beliau melupakan akan kebaikan yang Hadhrat Khadijah telah lakukan.
Kemudian dapat diketahui dari sejarah bahwa pada masa yang ke 13 tahun kenabian beliau, sebelum Hudhur saw hijrah, ada 70 orang dari Madinah yang baiat pada beliau dan mereka berkata bahwa apabila Hudhur akan datang ke Madinah maka kami akan menjaga Hudhur seperti kami menjaga diri kami sendiri. Pada kesempatan itu seorang sahabah mengatakan wahai Rasulullah saw dengan orang-orang yahudi kami mempunyai hubungan yang sudah lama, jika kami mendukung Tuan maka itu akan terputus,itu akan putus dan akan berakhir. Jangan-jangan ketika Allah memberikan kemenangan kepada Tuan maka Tuan akan meninggalkan kami lalu akan kembali ke Mekah. Maka Hudhur mengatakan, tidak, tidak. Sekali-kali tidak akan seperti itu. Darah kalian akan menjadi darah saya . Sahabah kalian adalah sahabah saya dan musuh kalian adalah musuh saya. Sirat ibni Hisyam jilid 2 hlm 85 . Edisi musthafa Mesir 1936
Di dalam diri beliau terdapat rasa berterima kasih dan memberi pernghargaan sampai pada titik puncaknya. Bagaimana mungkin kebaikan Anshar kepada kaum Muhajirin beliau dapat lupakan. Sesuai dengan itu dunia telah melihat bahwa beliau tidak hanya mengingat itu bahkan beliau banar-benar memenuhi haknya. Beliau telah menyatakan diri beliau merupakan satu bagian dari Anshar.
Sebagaimana tertera dalam sebuah riwayat bahwa setelah perang Hunain pada saat pembagian harta rampasan perang pada saat seorang Anshar melontarkan kritikan maka Hudhur saw menyampaikan ceramah yang sangat memilukan. Beliau bersabda: Jika kalian mengatakan bahwa wahai Muhammad (saw)engkau datang pada kami dalam keadaan didustakan dan pada saat itu kami membenarkan engkau. Dan tatkala orang-orangmu sendiri menghalau engkau maka pada saat itu kami telah menerimamu dan melindungimu. Engkau datang pada kami dalam keadaan bahwa kamu lemah dari segi harta maka kami menjadikanmu kaya. Dan jika kalian mengatakan itu, maka saya mengiyakan kata-kata kalian itu. Wahai Anshar ! jika orang-orang melakukan perjalanan di lembah yang berbeda-beda maka saya akan berjalan pada lembah dimana Anshar berjalan. Jika untuk saya hijrah itu tidak ditakdirkan maka saya akan menyukai saya dikatakan dari antara kalian. Dekatnya kalian dengan saya adalah seperti kain yang menempel di badan saya dan orang lain adalah seperti kain yang di bagian atas tubuh saya. Musnad Ahmad bin Hanbal jilid 3 hlm 76
Jadi adanya gejolak rasa bersyukur inilah yang karenanya beliau telah memberikan kepada Anshar kemuliaan menjadi orang yang paling dekat dengan beliau saw.
Kemudian sikap menghargai kebaikan dan satu lagi misal sikap tahu berterima kasih disebutkan demikian bahwa pada saat di Mekah berbagai macam penderitaan ditimpakan kepada orang-orang Islam maka sesuai dengan izin Allah mereka berhijrah menuju ke Abesinia. Orang-orang Islam pergi kesana. Pada saat itu Raja Abesinia memberikan perlindungan di negaranya. Rasulullah saw senantiasa mengenang akan kebaikan Raja Najasi itu dan pada setiap peluang Rasulullah saw senantiasa mengungkapkan rasa terima kasih atas kebaikan itu, baik dengan perkataan , amal maupun dengan ucapan-ucapan beliau. Oleh karena itu tatkala delegasi Najasi datang kepada Rasulullah saw maka Rasulullah sendiri berdiri untuk memberikan sambutan kepada mereka dan sahabah beliau menanyakan kepada beliau, ya Rasulullah kami cukup.Rasulullah saw bersabda bahwa dia memperlakukan sahabah-sahabah kami dengan baik . Dia sangat menghormatinya. Dan dia telah mendudukkannya di dekatnya. Maka saya menyukai bahwa saya sendiri yang membayar kebaikan itu. Siiratunnabawiyyah liibni Hisyam jili 2hlm 31 bab hijraun man haajara min ashhaabinabiyyi saw min makkati ila ardhi habsyah firaaru bdiinihim minal fitnah
Kemudian disebutkan mengenai sebuah pristiwa demikian bahwa tatkala terjadi perang badar dan para tahanan dibawa maka diantara mereka terdapat juga Hadhrat Abbas yang tidak menggunakan baju. Rasululah saw mencari baju untuknya tetapi karena dia adalah seorang yang tinggi maka tidak ada baju seseorang yang cukup untuknya. Maka ketika para sahabah melihat,maka ternyata baju Abdullah bin Ubai bin Sulul yang cukup untuk beliau adalah seorang yang berbadan tinggi maka mereka menyebutkannya di hadapan Rasulullah saw. Maka Hudhur saw mengambil bajunya lalu memberikan Hadhrat Abbas mengenakan baju itu. Jadi kendati tidak terhingga kelancangan dan niat tidak baiknya dan kata-kata kotor yang diolontarkan kepada beliau saw sesudahnya, tertera dalam sebuah riwayat bahwa pada saat wafatnya tatkala dia telah diturunkan di liang lahat maka Rasulullah saw datang . Maka beliau saw memerintahkan untuk mengeluarkannya dan kepalanya beliau letakkan di atas lutut beliau dan beliau memberikan air liur beliau. Jadi dia telah merasakan kebaikannya yang telah memberikan menggunakan bajunya. Bukhari kitabu fazaailu ashhabinnabiyyi saw lau kuntu muttakhidzan khaliila
Beliau saw untuk khadim-khadim beliau juga karena pengkhidmatan mereka beliau mendoakan mereka dengan rasa bersyukur kepada Allah. Misalnya, disebutkan pada pristiwa perang Khaibar bahwa tatkala Rasulullah menikah dengan Hadhrat Shafiah maka pada malam pernikahan Hadhrat Abu Ayyub Khalid bin Zaid sepanjang malam berjaga-jaga diluar kemah Rasulullah saw . Pada saat Rasulullah bangun di pagi hari dan beliau melihat bahwa Abu Ayyab tengah berjaga-jaga maka kepada beliau ditanyakan :
ما لك يا ابا ايوب –maa laka yaa abaa ayyub ? Bagaimana kabar hai Abu Ayyub ? Apa yang terjadi ? Beliau menjawab saya khawatir berkenaan dengan Tuan akibat perempuan itu bahwa jangan-jangan dia menimpakan kemudharatan kepada Tuan, sebab pada perang khaibar Tuan telah membunuh suaminya ,bapaknya dan orang-orangnya sementara dia baru saja menerima Islam karena itu dari pihak dia saya klhawatir berkenaan dengan Tuan. Rawi menerangkan begitu melihat keikhlasannya ini beliau berdoa :
اللهم احفظ ابا ايوب كما بات يحفظنى –allahumahfaz kama baata yahfazuni– Wahai Allah peliharalah Abu Ayyub sebagaimana sepanjang malam dia menjaga saya. Arraudhul anf jilid 4 hlm 85 bab abu ayyub yahrusu arrasuul lailata
Kemudian tertera lagi sebuah riwayat mengenai pengkhidmatan seorang khadim. Hadhrat Anas r.a meriwayatkan bahwa pada suatu kali Rasulullah saw pergi untuk buang hajat maka saya menyiapkan air untuk beliau (sebelum saya pergi saya menyiapkan air disana) Rasulullah saw bertanya siapa yang meletakkan air ini maka kepada beliau diberitahukan bahwa Ibnu Abbas yang telah meletakkannya.. Maka Rasulullah mendoakan untuknya
اللهم فقهه فى الدين Allahumma faqqihhu fiddiin –Wahai Allah anugerahilah dia pemahaman dalam agama Bukhai kitabulwudhu bab wadhaalmaa ‘indal khalaa‘
Jadi perhatikanlah bahwa dengan pengkhidmatan yang sedikit betapa lengkap doa yang beliau panjatkan untuknya. Kemudian tertera dalam sebuah riwayat. Ismail bin Ibrahim bin Abdullah bin Abi Rabiah dari bapaknya dan kakeknya dia meriwayatkan bahwa nabi saw meminjam hutang dari saya sebanyak 40 ribu dirham. Kemudian tatkala harta datang kepada Rasulullah saw maka beliau mengembalikan uang itu dan sambil mendoakan beliau bersabda. Semoga Allah memberikan berkat kepada keluarga dan hartamu. Juga beliau bersabda: Ganjaran memberikan hutang adalah pelunasan hutang dengan ucapan terima kasih. Sunan Annasai kitabul buyu’ bab alistiqra’
Seringkali terjadi beliau mengembalikan hutang dengan melebihkannya dan contoh ini beliau telah tegakkan supaya seorang yang telah mengambil hutang maka mereka hendaknya mengembalikannya dengan cara yang baik.
Kemudian terdapat juga kebiasaan beliau saw juga bahwa apabila beliau memperoleh berita gembira maka beliau bersabda: اللهم بنعمته تتم الصالحات – allaahumma bini’matihi tatimmushaalihaat– Semua pujian adalah untuk Tuhan yang dengan nikmatnya kebaikan-kebaikan itu sampai pada kesempurnaannya. Dan jika ada masaalah seperti itu yang beliau tidak sukai yang dihadapi maka beliau berdoa:
الحمد لله على كل حا ل- alhamdulillah ‘la kullihaalin-Dalam setiap keadaan apapun saya memuji Allah. kanzul ummal jilid 4hlm 27
Dan gejolak-gejolak rasa syukur ini beliau ingin ciptakan di dalam ummat beliau juga dan keinginan beliau adalah bahwa setiap individu ummat beliau menjadi hamba Allah yang bersyukur, menjadi orang yang memuji Allah dan menjadi orang yang menyanjung pujian pada-Nya.
Sebagaimana Hadhrat Anas bin Malik meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda: Allah menyukai apabila ada seorang hamba yang memakan makanan lalu dia memuji Allah dan apabila meminum air maka tetap juga dia memuji Allah yakni terhadap nikmat-nikmat yang sekecilnya pun dia bersykur kepada Allah.
Kemudian tertera dalam sebuah riwayat bahwa seorang bertanya kepada seorang bahwa bagaimana keadaan kamu. Dia menjawab saya baik. Rasulullah saw kembali bertanya bahwa apa kabar. Maka dia menjawab bahwa saya baik dan saya memuji dan bersyukur pada Allah. Maka Rasulullah saw bersabda bahwa inilah yang saya inginkan yaitu kamu mengatakan seperti ini. Attibrani
Jadi, inilah nasehat kepada semua ummat bahwa sambil melakukan syukur seperti itu hendaknya membertahukan akan keadaannya. Hendaknya melewati kehidupan dengan senantiasa memuji Allah dan bersyukur pada-Nya. Senantiasa berkenaan dengan orang-orang yang beliau cintai beliau senantiasa menyukai supaya mereka menjadi orang yang pandai berterima kasih pada Allah.
Sebagaimana tertera dalam sebuah riwayat dari Muaz bin Jabal r.a bahwa pada suatu ketika Rasulullah saw memanggil saya bahwa hai Muaz : Demi Allah, saya mencintaimu dan hai Muaz, saya menasehatkan kepadamu bahwa jangalah lupa membaca doa ini dalam setiap sehabis shalat
اللهم اعنى على ذكرك و شكرك وحسن عباد اك –allahum ‘ainni ‘ala dzikrika wa syukrika wa husni ibaadatika– Hai Allah anugerahilah taufik kepadaku agas aku menyebut Engkau dan mengucapkan rasa syukur kepadamu dan menyembahmu dengan cara yang terbaik. Abu Daud kitabushshalaat bab fil istigfaar
Kemudian sambil menasehatkan kepada kami beliau bersabda: Yakni barangsiapa yang makan makanan dan berdoa
الحمد لله الذىاطعمنى هذاورزقنى من غير حول منىولا قوةغفر له ما تقدم من ذنبه– alhamdulillahilladzi ‘aamani haadza wa razaqani min gairi haulin minni wala quwwatin gufira lahu ma taqaddama min dzanbihi – yakni segala puji adalah bagi Allah yang telah memberikan makan kepada saya dan telah memberikan kepada saya rezeki tampa kekuatan dan kemampuan serta andil saya. Maka dosanya yang telah berlalupun akan dimaafkan. Maka semua dosa-dosanya akan dimaafkan. Attirmidzi kitabudda’waat bab maa yaquulu idza fariga minaththa’am
Jadi gejolak- gejolak rasa ucapan terima kasih itulah yang telah menyediakan sarana untuk pengampunan dan kemudian lahir pula taufik untuk melakukan kebaikan-kebaikan.
Kemudian sambil memberikan nasehat yang bersumber dari Hadhrat Nu’man bin Basyir r.a. Rasulullah saw Setelah berdiri di mimbar beliau bersabda: Barangsiapa yang tidak bersykur pada hal yang kecil maka dia tidak juga bisa bersyukur pada hal yang besar . Dan barangsiapa yang tidak bersyukur pada hamba-Nya maka dia tidak bisa bersyukur pada Allah. Dan senantiasa menyebut akan karunia-karunia Allah adalah tanda bersyukur. Yakni manusia hendaknya senantiasa menyebut atas nikmat-nikmat Allah pada setiap saat. Dan tidak menyebutnya adalah tidak bersyukur. Jemaat adalah rahmat dan perpecahan adalah azab, atas hal itu hendaknya harus bersyukur bahwa manusia masuk atau memiliki ikatan dengan jemaat. Kemudian beliau menasehatkan supaya ummat senantiasa jauh dari kerakusan dunia dan menjadi hamba-hamba Allah yang bersyukur.yakni: ‘ Lihatlah orang yang lebih rendah atau yang kurang sarananya dari kamu dan janganlah kamu melihat yang lebih banyak saranannya dari kamu’ . Inipun juga merupakan satu cara untuk bersyukur yakni andaikata manusia bukannya melihat yang rendah malah melihat yang ada diatasnya maka akan timbuil raa hasad dan jika melihat yang dibawahnya /yang lebih rendah maka akan timbul rasa syukur. Cara ini hendaknya ditempuh yang mana akan menjadikan kalian layak sedemikian rupa sehingga kalian tidak akan tidak menghargai akan nikmat-nikmat Allah. Muslim kitabuzzuhud
Hadhrat Masih Mauud a.s bersabda: Ini adalah merupakan karunia sempurna Allah bahwa Dia telah memperlihatkan pada kita jalan akidah-akidah yang benar lagi sempurna dan disempurnakan dengan perantaraan nabi saw tampa kita bekerja keras dan jerih payah kita. “Dia telah memperlihatkan tampa kerja keras dan jerih payah ” .Jalan yang telah diperlihatkan kepada kalian pada zaman ini banyak sekali orang-orang alim yang mahrum dari itu pada zaman ini. Oleh karena itu bersyukurlah atas karunia dan nikmat Allah itu dan syukur itu adalah melakukan amal -amal saleh dengan hati yang tulus yang ada pada bagian yang lain sesudah akidah yang benar dan mohonlah pertolongan pada-Nya dengan mengambil pertolongan dengan amal-amal kalian supaya Dia menegakkan kalian pada langkah-langkah yang benar dan menganugerahi taufik untuk melakukan amal saleh. Malfuzhat jilid I hlm 94-95 Edisi Baru
Semoga kita menjadi orang-orang yang berusaha berjalan pada contoh Junjungan kita saw yang beliau telah tegakkan di hadapan kita dan menjadi orang yang mengamalkan nasehat-nasehat yang untuk menjadi hamba yang bersyukur beliau telah sabdakan kepada kita. Dan sebagaimana sabda Hadhrat Masih Mauud a.s : Berdoalah, sebab dengan doa-doalah akan mendapatkan taufik untuk mengamalkan itu. Semoga Allah menganugerahi taufik kepada semuanya.
Qamaruddin Syahid