https://ahmadiyah.id/wp-content/uploads/2021/05/services-head-1.png

Buku ‘Islam Sumber Ilmu Dunia’

Arsip Buku-buku Lama

download buku 'Islam sumber ilmu dunia'

Judul: Islam Soember Ilmoe Doenia
Penulis: M. Rahmat Ali H.A.O.T
Penerbit: Neratja Trading Company, 1948
Halaman: 79 halaman
Format File: Scan pdf

Buku Islam Sumber Ilmu Dunia (Islam Soember Ilmoe Doenia) merupakan buku karya M. Rahmat Ali H.A.O.T pada tahun 1948.

Dalam kata pengantarnya M. Rahmat Ali H.A.O.T mendedikasikan karya beliau ini sebagai sumbangsih untuk masyarakat Indonesia dalam memajukan bangsanya yang berlandaskan ilmu pengetahuan.

Tujuan yang ingin beliau sampaikan dalam buku ini adalah memaparkan zaman keemasan Islam sebagai pendorong umat Islam untuk menegakkannya kembali.

Sebagian berpendapat bahwa ilmu pengetahuan datangnya dari Barat atau Eropa atau dari agama Kristen, sebaliknya ada yang berpendapat bahwa agama merupakan penghambat kemajuan.

M. Rahmat Ali H.A.O.T menunjukkan dalam buku ini bahwa Islam memiliki jasa besar dalam perkembangan ilmu pengetahuan dunia, seperti ilmu kimia, ilmu astronomi, geografi, sejarah, matematika, kedokteran, biologi, seni, industri dll.

Beliau menulis bahwa ajaran-ajaran Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an banyak yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Lebih jauh lagi beliau jelaskan bahwa ilmu-ilmu di dalam Al-Qur’an itu dibawa oleh Rasulullah (shallallahu ‘alaihi wasallam) yang justru sosok yang buta huruf, semata-mata ilmu itu beliau dapatkan karena keimanan kepada Allah.

Leave a Reply

Begin typing your search above and press return to search.