Wahyu, Rasionalitas, Pengetahuan dan Kebenaran

Judul              : Wahyu Rasionalitas Pengetahuan dan Kebenaran
Penulis          : Mirza Tahir Ahmad
Judul Asli     : Revelation, Rationality, Knowledge and Truth
Penerjemah : R. Ahmad Anwar, A.Q. Khalid
Editor            : Drs. Mahmud Mubarik Ahmad, MM; DR. Eng. Didit Hadi Barianto, MSc; Ahmad Mukhlis Firdaus, ST, MT; Farzand Abdullatif, ST, Msi
Edisi               : Cetakan Pertama, 2014
Penerbit        : Neratja Press, 2017
ISBN              : 978-602-14539-2-6

SINOPSIS

Setiap perbedaan antara wahyu dengan rasionalitas maupun agama dengan logika biasanya berlangsung dengan cara yang tidak rasional. Jika agama dan rasionalitas tidak dapat berjalan dengan bergandeng tangan, mesti ada sesuatu yang sangat keliru dengan salah satu dari keduanya.

Apakah Wahyu bisa memainkan peran penting dalam urusan kemanusiaan? Bukankah rasionalitas telah cukup dalam membimbing manusia dalam memecahkan seluruh masalah yang dihadapi manusia? Banyak pertanyaan seperti ini yang akan ditelaah dalam waktu yang sangat pendek. Semua masalah besar dengan pengaruh pemikiran modern berusaha untuk disisipkan dalam pembahasan ini secara lengkap. Apapun latar belakang intelektualitas atau pendidikan para pembaca, buku ini telah menawarkan sesuatu yang sangat menarik.

Buku ini menguraikan dengan sangat beragam serta rentang yang dalam termasuk di dalamnya uraian tentang konsep wahyu dalam setiap agama yang ada, sejarah filsafat, kosmologi, kehidupan di luar bumi, masa depan kehidupan di bumi, seleksi alam serta perannya dalam evolusi. Buku ini membahas hal yang rumit yaitu tentang turunnya Al-Masih, atau sosok Pembaharu (Reformer) yang universal, yang lama ditunggu-tunggu oleh pemeluk setiap Agama. Demikian pula, banyak isu-isu tematik lain yang telah mengusik pikiran manusia sejak zaman dahulu sampai zaman sekarang.

Penekanan utama buku ini adalah pada Al-Quran yang telah mampu secara tepat dan benar membahas semua peristiwa penting di masa lalu, sekarang, dan juga masa depan; dan awal penciptaan alam semesta sampai tujuan akhir dari penciptaan itu. Dibantu oleh Logika yang kuat dan bukti ilmiah yang tidak terbantahkan, Al-Quran tidak menghindar dari fakta yang ada dan juga dengan pengawasan yang tajam dari kaidah rasionalitas.

Ini akan sulit bagi pembaca untuk menemukan setiap masalah yang tidak dijawab dengan penjelasan memuaskan. Kami berharap, sebagian besar pembaca akan bersaksi bahwa buku ini akan menjadi sebuah buku dia antara berbagai buku - yang menjadi karya literatur terbesar pada abad ini.

 
(Visited 119 times, 1 visits today)