https://ahmadiyah.id/wp-content/uploads/2021/05/services-head-1.png

Buku Rahasia-Rahasia Rukun Islam

ARSIP BUKU-BUKU LAMA

Buku Rahasia-Rahasia Rukun Islam (Rahasia2 Roekoen Islam) merupakan buku yang ditulis oleh M. Rahmat Ali H.A.O.T pada tahun 1947.

Seperti judulnya, buku ini membahas tentang 5 Rukun Islam, yaitu syahadat, shalat, puasa, zakat dan haji.

Penekanan yang ingin disampaikan oleh M. Rahmat Ali H.A.O.T dalam buku ini adalah dalam hal keseimbangan antara ibadah zahir dan batin.

Sebagian ada yang lebih mementingkan ibadah zahir sehingga lupa hakikatnya, sedangkan ada sebagian lagi yang sangat berpegang pada hakikat ibadah dan tidak mementingkan ibadah zahir.

Beliau menjelaskan bahwa sejatinya tujuan agama Islam adalah membawa perubahan rohani bagi umat Islam. Sehingga ibadah zahir yang kita lakukan hendaknya memiliki pengaruh dalam rohani dan akhlak kita. Untuk itulah beliau menjelaskan tidak hanya tentang ibadah-ibadah zahir tetapi juga hakikat dari ibadah tersebut.

Di sisi lain buku ini memberikan jawaban kepada orang-orang yang hanya terpaku pada hakikat dan mengesampingkan ibadah zahir.

Misalnya mereka beranggapan bahwa shalat awalnya diajarkan oleh Rasulullah karena waktu itu umat Islam tidak mengenal disiplin, tidak menghargai waktu dan individualis. Begitu juga wudhu diajarkan sebagai bentuk kebersihan karena zaman dahulu umat Islam jauh dari kebersihan. Tetapi karena sekarang umat Islam sudah disiplin, maju, dan menjaga kebersihan, shalat dan wudhu bisa ditinggalkan. Begitu juga puasa dan zakat sebagai simbol supaya umat Islam bisa berbagi kepada sesama, dan haji sebagai upaya supaya membentuk persatuan, yang kalau semua itu sudah terwujud ibadah-ibadah itu menjadi tidak perlu.

Beliau menuliskan jawaban bahwa tubuh dah ruh memiliki hubungan yang erat. Tubuh akan berpengaruh pada Ruh, begitu juga ruh dapat mempengaruhi tubuh. Tubuh dan ruh mempunyai kewajiban untuk beribadah. Jika kita hanya ibadah ruh tanpa melibatkan tubuh maka mustahil kita menzahirkan suatu perasaan.

Leave a Reply

Begin typing your search above and press return to search.