Menyebarkan Keindahan Al-Qur’an: Pemimpin Ahmadiyah Meluncurkan Mesin Pencari Al-Qur’an

mesin pencari alquran

Menyebarkan Keindahan Al-Qur’an: Pemimpin Ahmadiyah Meluncurkan Mesin Pencari Al-Qur’an

Islamabad, Tilford, 9 April 2021: Dalam kesempatan khotbah Jumat (09/04/2021), Hazrat Mirza Masroor Ahmad, Khalifah Ahmadiyah kelima mengumumkan peluncuran website mesin pencari Al-Qur’an yang dibuat oleh tim alislam.org. Mesin pencari Al-Qur’an terbaru ini dapat ditemukan di www.HolyQuran.io

Berbicara tentang mesin pencari Al-Qur’an ini, Huzur menyatakan:

“Kita dapat melakukan pencarian untuk setiap surah, ayat, kata atau topik tertentu dalam bahasa Arab, Inggris dan Urdu melalui mesin pencari terbaru. Hasil pencarian dapat dilihat dalam terjemahan Ahmadi maupun non-Ahmadi. Di bawah setiap ayat, kita dapat membaca tafsirnya, topik dan ayat-ayat yang terkait dan akan lebih banyak fitur yang ditambahkan.

“Insya-Allah, versi kedua akan diluncurkan pada Jalsah Salanah UK 2021.

“Selain mesin pencari, tim juga meluncurkan versi terbaru ReadQuran.app yang memiliki banyak fitur baru, yang mana kita dapat mendengarkan, membaca dan mencari Al-Qur’an.”

Hazrat Khalifatul Masih berdoa:

“Saya berdoa semoga Allah Ta’ala dapat menjadikan ini sebagai sarana menyebarkan ajaran Al-Qur’an yang indah ke seluruh dunia. Dan semoga para anggota Ahmadi juga memperoleh manfaat sebanyak-banyaknya dari pekerjaan ini.”

keindahan alquran
Hazrat Mirza Masroor Ahmad, Khalifah Ahmadiyah V (aba)

Latar Belakang

Al Hakam telah berbicara dengan Dr Nasim Rehmatullah Sahib, penanggung jawab alislam.org, yang memberi tahu kami lebih banyak hal tentang latar belakang proyek ini dan petunjuk dari Hazrat Khalifatul Masih.

Terkait:   Dr Hamid Sheikh Anggota Muslim Ahmadiyah Amerika Memenangkan Emmy Award

“Seperti yang dijanjikan selama mulaqat virtual tim Al Islam dengan Huzur pada 21 November 2020, dengan karunia Allah, situs mesin pencari Al-Qur’an versi 1 siap diluncurkan saat Ramadhan ini.

“Kami telah menulis surat kepada Huzur untuk meraih berkat beliau dan meminta beliau mengumumkan dan meluncurkan website ini pada saat Khutbah Jumat. Versi 2 dengan fungsionalitas yang ditingkatkan (berdasarkan feedback) dan fitur-fitur tambahan insya Allah akan tersedia saat Jalsah Salanah UK 2021. Situs ini juga dapat diakses di perangkat seluler.

“Fitur utama website ini adalah tampilannya yang simpel. Versi 1 dari website ini adalah HolyQuran.io (OpenQuran.com) juga memungkikann pencarian Al-Qur’an dalam bahasa Inggris, Urdu dan Arab. Situs ini juga memberikan akses pada terjemahan bahasa Inggris Hazrat Mulvi Sher Ali, terjemahan bahasa Urdu dari Hazrat Mirza Basyiruddin Mahmud Ahmad. Selain itu, tafsir Al-Qur’an oleh Hadhrat Masih Mau’ud (as) juga tersedia untuk ayat-ayat yang memiliki tafsir. Versi ini juga memberikan pembaca untuk akses beberapa terjemahan non-Ahmadi untuk perbandingan. Tafsir Singkat Al-Qur’an dan Tafsir Lima Volume juga tersedia pada ayat-ayat yang dilihat.

“Fitur lainnya adalah tombol geser untuk menghitung atau tidak menghitung bismillah dalam penomoran ayat. Juga terdapat fitur ‘suggestion’ dalam bentuk drop down saat mengetik di bilah pencarian. Jumlah ayat dari hasil pencarian kita juga tersedia, dan masih banyak lagi. Ini adalah versi beta, berbagai peningkatan serta pengaturan akan dilakukan ketika ada feedback atau saat kami melihat adanya kelemahan.

Terkait:   Menjadi Tuan Rumah Donor Darah ke-13: JAI Lurah Ingu Berikan Pelayanan Terbaik

“Kami juga telah memperbarui, untuk Ramadhan ini, situs Al-Qur’an Al Islam, ReadQuran.app. Situs ini memberikan kemudahan membaca Al-Qur’an dengan berbagai terjemahan dan tafsir dalam bahasa Arab, Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol dan Urdu. Fitur mendengarkan berbagai bacaan dan pencarian juga ditambahkan.

“Hazrat Khalifatul masih V (aba) telah begitu baik meluangkan waktu dan memberikan arahan-arahan dalam upaya ini. Ini adalah produk dari berkah Khilafat dan inspirasi yang diberikannya. Lebih dari 12 laki-laki dan 40 perempuan dari anggota Ahmadiyah dari Amerika Serikat, Kanada dan Inggris telah bekerja dengan penuh cinta dan semangat selama berjam-jam. Saya minta doakanlah mereka. Semoga Allah menerimanya untuk kita semua. Terdapat satu orang Waqf Zindegi yang ditugaskan oleh Huzur untuk kami, yang lainnya adalah sukarelawan.

“Diperkirakan pekerjaan ini dan jumlah jam yang dihabiskan untuk proyek ini akan menelan biaya setidaknya 1,5 Juta Dollar jika ini dikomersilkan, belum lagi ini ditambah waktu sekitar 18 bulan. Tim kami mencapai ini dalam kurang dari enam bulan, alhamdulillah.

Terkait:   JAI Sukabumi Gelar Acara Clean The City dan Menanam Pohon

“Kami memohon doa dari semua orang dan menerima feedback.”

Masood Nasir Sahib, Managing Director alislam.org mengatakan kepada kami bahwa fitur berikut dapat digunakan dalam mesin pencari baru ini:

  1. Kolom Pencarian Terpadu (Unified search field): Pencarian dalam bahasa Inggris, Urdu atau Arab dari kotak pencarian yang sama.
  2. Persebaran Surah (Chapter spread): Melihat visual seberapa sering pencarian Anda di seluruh surah Al-Qur’an
  3. Akses cepat tafsir (Quick commentary access): Mudah melihat tafsir sebuah ayat oleh Hadhrat Masih Mau’ud as dan lainnya dengan satu klik.
  4. Perbandingan terjemahan sederhana: Menampilkan terjemahan dari penulis Ahmadi dan non-Ahmadi secara bersamaan – dalam bahasa Inggris dan Urdu.
  5. Topik Ayat: Pilih sebuah ayat dan lihat daftar semua topik yang berkaitan.

Ke depan, mereka berharap akan menambahkan fitur-fitur berikut:

  1. Fitur reverse translation (Membalikkan hasil terjemahan ke bahasa semula)
  2. Akar kata bahasa Arab
  3. Pencarian kamus terintegrasi
  4. Link langsung ke konten Al Islam dari spesifik ayat
  5. Analisis penggunaan gramatikal untuk kata-kata dalam Al-Qur’an
  6. Lebih banyak bahasa dan terjemahan perkata (split word translations)

Beliau mengatakan, “Silakan kunjungi aplikasinya di OpenQuran.com dan beri tahu kami pendapat Anda.”

Sumber: Al Hakam

Comments (3)

Tim Ahmadiyah.Id
22/06/2021, 17:14
Allah bless all of us, aameen..
Tim Ahmadiyah.Id
27/06/2021, 05:14
Jazzakumullah ahsanal jazza
Tim Ahmadiyah.Id
29/06/2021, 06:40
ALHAMDULLILAH yaa ALLAH Semoga ini membawa manfa'at utk saya pribadi & umat manusia di berbagai negeri... Aamiin Allahumma Aamiin🤲

Leave a Reply

Begin typing your search above and press return to search.