Bagaimana Keyakinan Umat Islam tentang Nabi dan Kitab Suci Sebelum Islam?

Umat Islam percaya bahwa semua nabi-nabi terdahulu yang diutus Allah Ta’ala dan percaya bahwa kitab-kitab mereka dalam bentuknya yang asli mengajarkan tentang Tauhid Ilahi. Dua dari enam Rukun Iman umat Islam adalah:

  • Beriman kepada para Utusan Allah
  • Beriman kepada Kitab-kitab Suci

Islam mengajarkan bahwa para Nabi dan Kitab Suci tersebut adalah benar dan mereka dikirim oleh Tuhan yang sama yang mengutus Nabi Muhammad (saw) sebagai seorang Nabi dan menurunkan Al-Qur’an kepadanya.

Menurut Al-Qur’an, Allah telah mengutus Rasul-rasul-Nya kepada setiap kaum:

وَاِنْ مِّنْ اُمَّةٍ اِلَّا خَلَا فِيْهَا نَذِيْرٌ

“Dan tiada suatu kaum pun melainkan telah datang kepada mereka seorang pemberi peringatan.” (QS Fatif [35]:25)

وَلِكُلِّ اُمَّةٍ رَّسُوْلٌ

Terkait:   Bagaimana Keadaan Jasmani, Akhlak dan Rohani Manusia?

“Dan untuk setiap umat ada seorang rasul.” (QS Yunus [10]:48)

Beberapa nabi telah disebutkan dalam Al-Qur’an, seperti Nabi Adam (as), Ibrahim (as), Daud (as), Sulaiman (as), Musa (as), Isa (as) dan tentu saja Nabi Muhammad (saw). Nabi-nabi lain (yang tidak disebutkan dalam Al-Qur’an) di antaranya adalah Zoroaster, Krishna dan Konfusius.

Seperti disebutkan di atas, umat Islam tidak hanya percaya pada semua nabi terdahulu tetapi juga pada wahyu dan Kitab Suci yang diberikan kepada para nabi oleh Allah. Di dalam Al-Qur’an disebutkan tentang empat kitab wahyu selain Al-Qur’an:

SUHUF (Gulungan) Ibrahim (QS 87:20)

Kitab suci Nabi Ibrahim ini tidak banyak diketahui. Gulungan-gulungan ini kemungkinan tidak pernah dicatat secara tertulis.

Terkait:   Keteladanan Para Sahabat Nabi Muhammad shallaLlahu ‘alaihi wa sallam (Manusia-Manusia Istimewa, seri 52)

TAURAT MUSA (QS 3:4)

Taurat Nabi MUsa (as) terdiri dari lima kitab pertama dari Alkitab Ibrani dan berisi Syariat lengkap untuk Bani Israil. Kelima kitab tersebut adalah Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan dan Ulangan. Kelima kitab tersebut dikenal dengan Pentateuch. Taurat diturunkan dari generasi ke generasi dari mulut ke mulut dan akhirnya dicatat secara tertulis beberapa ratus tahun setelah Musa (as). Alkitab Ibrani adalah kumpulan dari 24 Kitab, termasuk limat kitab Taurat.

ZABUR (Mazmur Daud) (QS 4: 164)

Sangat sedikit yang diketahui tentang Zabur, atau wahyu Nabi Daud (as). Dalam Alkitab Ibrani ada banyak mazmur (syair puji-pujian) yang dikaitkan dengan Daud (as) yang mungkin merupakan bagian dari Zabur.

Terkait:   Bagaimana pandangan Islam Terhadap Yahudi?

INJIL Nabi Isa (QS 5:47)

Injil diturunkan kepada Nabi Isa (as) tetapi tidak dicatat selama masa hidup beliau. Setelah kewafatannya, maka dibuatlah upaya untuk mengkompilasi ajaran beliau secara tertulis. Dari sekian banyak riwayat, empat yang dipilih oleh Gereja Awal sebagai kompilasi resmi dari ajaran Nabi Isa (as). Keempat versi Injil ini sekarang dikenal sebagai Injil Matius, Lukas, Markus, Yohanes. Namun ada juga Injil lain (yang tidak termasuk dalam Alkitab) yang juga berisi tentang informasi penting tentang kehidupan dan ajaran Nabi Isa (as).

Dari semua kita suci di atas, selain Al-Qur’an, tidak yang tetap mempertahankan bentuk aslinya.

Alislam.org

Leave a Reply

Begin typing your search above and press return to search.
Select Your Style

You can choose the color for yourself in the theme settings, сolors are shown for an example.