Bagaimana pandangan Islam Terhadap Yahudi?

Islam mengharuskan umat Islam untuk menghormati setiap orang dari semua agama dan tentu hal ini termasuk umat Yahudi.

Orang-orang Yahudi merupakan satu golongan yang digambarkan sebagai ‘Ahli Kitab’. Ini adalah sebutan yang diberikan kepada dua golongan yaitu; Yahudi dan Nasrani, yang kedua kelompok tersebut diberi petunjuk langsung oleh pendirinya Nabi Musa (as) dan Nabi Isa (as).

Selain itu, Islam tidak mengecam setiap individu, karena setiap orang memiliki kesempatan yang sama di mata Allah guna mendapatkan keridhaan-Nya. Jadi orang Yahudi juga memiliki kesempatan yang sama dan mendapatkan penghormatan dalam Islam.

Ketika Rasulullah (saw) hijrah ke Madinah dan diangkat menjadi Pemimpin Madinah, beliau membuat berbagai perjanjian salah satunya dengan orang-orang Yahudi, suatu perjanjian yang didasarkan pada keadilan dan kesempatan yang sama.

Terkait:   Apa itu Rukun Islam?

Contoh lain adalah Zaman Keemasan budaya Yahudi di Semenanjung Iberia, yaitu ketika umat Islam menguasai Spanyol pada abad kedelapan.

Al-Qur’an memang mencatat bahwa orang-orang Yahudi bertanggung jawab untuk membunuh seorang Nabi, Yaitu Nabi Isa, dengan cara menyalibkannya. Tentu ini tidak berarti bahwa seorang orang Yahudi bersalah atau mendapatkan hukuman, sebagaimana Al-Qur’an menyatakan:

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَالَّذِيْنَ هَادُوْا وَالنَّصٰرٰى وَالصَّابِــِٕيْنَ مَنْ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَعَمِلَ صَالِحًا فَلَهُمْ اَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْۚ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani, dan orang-orang Shabi, barangsiapa di antara mereka benar-benar beriman kepada Allah dan Hari Kemudian serta mengerjakan amal saleh, maka bagi mereka ada ganjaran yang sesuai di sisi Tuhan mereka, dan tidak ada ketakutan atas mereka mengenai yang akan datang dan tidak pula mereka akan bersedih mengenai yang telah lalu.” (QS Al-Baqarah [2]:63)

Terkait:   Menurut Islam, apakah semua non-Muslim akan Masuk Neraka?

Menurut Islam banyak orang-orang Yahudi hebat, dan perlu dicatat sebagian besar nabi yang disebutkan dalam Al-Qur’an adalah orang-orang Yahudi, seperti Nabi Musa (as), Harun (as), Daud (as), Sulaiman (as), Ilyas (as), Yahya (as) dan Nabi Isa (as).

Alislam.org

Leave a Reply

Begin typing your search above and press return to search.
Select Your Style

You can choose the color for yourself in the theme settings, сolors are shown for an example.