Deklarasi Desa Peduli Donor Kornea Mata di Simpang Samid, Sukabumi

desa peduli donor kornea mata

Sukabumi, Jawa Barat – Komunitas Donor Mata Indonesia (KDMI) melakukan deklarasi “Desa Peduli Donor Kornea Mata di Kampung Simpang Samid, Desa Bojong Jengkol, Selasa (21/12/2021).

KDMI merupakan komunitas yang berdiri pada tahun 2016 yang bertujuan untuk mewadahi orang-orang yang ingin menjadi calon pendonor kornea mata untuk orang-orang yang membutuhkan, khususnya kepada para tunanetra.

Acara ini merupakan bentuk kerjasama antara KDMI, Humanity First, Bank Mata dan Jemaat Ahmadiyah cabang Citalahab.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh pemerintah, di antaranya Bpk. Kepala Desa (Dadan Sutisna), Danramil (Agus B.), Ketua KDMI (A. Ghani), Gift of Sight/Dewan Pembina (Iman A.), Bpk. Kecamatan (Isep Rahmat S.), Ketua Dusun (Apre), perwakilan dari Bank Mata dan para anggota donor mata daerah setempat.

Terkait:   Pidato Pertama Hazrat Hafiz Hakim Maulana Nuruddin ra. saat terpilih sebagai khalifah

Acara diawali dengan pembacaan ayat Suci Al-Qur’an oleh Mln. Basyiruddin N.A, kemudian dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan dari beberapa narasumber.

Ketua KDMI wilayah Sukabumi, Ahmad Sobari menyampaikan bahwa jumlah calon pendonor mata di Sukabumi telah mencapai 1000 orang, termasuk di dusun Bojong Jengkol yang berjumlah 100 orang calon pendonor mata.

Sedangkan orang-orang yang sudah diambil kornea matanya berjumlah 100 pasang.

“Di tahun 2021 ini yaitu dalam periode Januari-Desember, kami telah mendapatkan seratus pasang kornea mata.” Ujar bapak Iman, ketua Gift of Sight, Humanity First.

Dalam kesempatan itu Mubaligh Ahmadiyah wilayah Sukabumi, bapak Mln. Ahmad Ilyas menyampaikan sambutannya bahwa donor kornea mata merupakan salah satu bentuk amal saleh yang dapat bermanfaat bagi orang lain.

Terkait:   Kegiatan tabligh dan rabtah perempuan Ahmadi Lenteng Agung

“Allah ta’ala berfirman bahwa apa-apa yang bermanfaat bagi manusia maka akan tetap ada di bumi dan Rasulullah (saw) juga bersabda bahwa orang yang terbaik adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain.” Imbuhnya.

Kegiatan ini pun diakhiri dengan pembacaan Deklarasi Desa Peduli Donor Mata oleh Bpk. Apre (Ketua Dusun) dan penyerahan sertifikat kepada keluarga yang telah berkenan mendonorkan kornea mata dan doa penutup yang dipimpin oleh Mln. Ahmad Ilyas.

Peserta yang hadir berjumlah 67 orang. Turut hadir Nazim A’la Majelis Ansharullah Ahmadiyah dan jajaran Pengurus Daerah Lajnah Imaillah Sukabumi.

Kontributor: Khadijatun Sahibah LI Citalahab

Leave a Reply

Begin typing your search above and press return to search.
Select Your Style

You can choose the color for yourself in the theme settings, сolors are shown for an example.