Menurut Islam, apakah semua non-Muslim akan Masuk Neraka?

non muslim masuk neraka

Apakah semua non-Muslim akan masuk neraka? Jawaban singkatnya adalah ‘Tidak’. Dalam Islam, keputusan yang masuk surga dan siapa yang masuk neraka sepenuhnya diserahkan kepada Allah, karena hanya Allah yang mengetahui hati orang-orang dan amal perbuatan mereka. Apa yang dinyatakan oleh Islam adalah Islam adalah agama yang sempurna untuk umat manusia dan sebuah agama untuk setiap zaman dan seluruh manusia.

“Hari ini telah Kusempurnakan agama-mu bagimu, telah Kulengkapkan nikmat-Ku atasmu, dan telah Aku ridhai Islam sebagai agama bagimu.
(QS Al-Mai’idah [5]:3)

Jadi, Islam tentu saja mengklaim menyediakan tuntunan terbaik – yang jika diikuti akan mengarah pada surga – tetapi menjadi Muslim semata tidak cukup menjadikan orang masuk surga. Hanya orang-orang bertakwa saja yang diridhai Allah, yang mungkin dia adalah Muslim, Kristen, Yahudi dll.

Terkait:   Keteladanan Para Sahabat Nabi Muhammad shallaLlahu ‘alaihi wa sallam (Manusia-Manusia Istimewa, seri 52)

Al-Qur’an menyatakan bahwa orang-orang yang berbuat baik maka mereka akan diberi ganjaran:

“Bagi orang-orang yang berbuat baik ada balasan untuk-nya yang lebih baik dan tambahan yang lebih baik dari itu. (QS Yunus [10]: 27)

Jadi hal ini diserahkan sepenuhnya kepada Allah siapa yang layak masuk surga.

Islam juga memberi tahu kita ciri-ciri orang yang akan masuk surga:

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, beramal saleh, mendirikan shalat dan membayar zakat, bagi mereka ada ganjarannya di sisi Tuhan mereka, tidak ada ketakutan pada mereka dan tidak pula mereka akan bersedih.” (QS Al-Baqarah [2]: 278)

“Dan sekiranya mereka beriman dan bertakwa, tentu mereka akan meraih ganjaran terbaik dari sisi Allah, seandainya mereka mengetahui.” (QS Al-Baqarah [2]: 104)

Terkait:   Apa itu Hukum Syariah?

Dalam dua contoh ayat di atas, orang-orang yang beriman kepada Allah, melakukan perbuatan baik, beramal saleh, mendirikan shalat dan bersedekah dijanjikan ganjaran oleh Allah – dan termasuk di dalamnya adalah ganjaran utama berupa surga di akhirat nanti.

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani, dan orang-orang Shabi, barangsiapa di antara mereka benar-benar beriman kepada Allah dan Hari Kemudian serta mengerjakan amal saleh, maka bagi mereka ada ganjaran yang sesuai di sisi Tuhan mereka, dan tidak ada ketakutan atas mereka mengenai yang akan datang dan tidak pula mereka akan bersedih mengenai yang telah lalu.” (QS Al-Baqarah [2] 63)

Jika seseorang menolak Islam setelah ia sudah mengetahui Islam dan benar-benar memahami kebenarannya maka ia akan ditanyai tentang hal itu oleh Allah. Alternatif lain, ia dihisab menurut agamanya sendiri atau pemahamannya tentang benar dan salah.

Terkait:   Keteladanan Para Sahabat Nabi Muhammad (saw) (Manusia-Manusia Istimewa, seri 59)

Alislam – According to Islam, are all non-Muslims going to hell?

Leave a Reply

Begin typing your search above and press return to search.
Select Your Style

You can choose the color for yourself in the theme settings, сolors are shown for an example.