Perempuan Muslim Ahmadiyyah Cibeureum mendukung Kegiatan Posyandu

Bogor (22/11/2021). Dalam rangka acara pelatihan posyandu, dan cara pengisian Kartu Menuju Sehat (KMS) online telah dilaksanakan di Posyandu Dukuh. Acara tersebut dihadiri oleh Ibu Lurah Dukuh dan Para Kader Posyandu. Bertempat di kediaman salah satu kader posyandu dan merupakan anggota Ahmadiyah Cabang Cibeurum, yaitu Ny. Armilah.

“Peran posyandu di tengah masyarakat sangatlah besar. Meski identik dengan bayi dan balita, kegiatan posyandu dan manfaatnya ternyata tidak hanya sebatas itu. Banyak program posyandu yang juga diperuntukkan bagi ibu hamil, ibu menyusui, imunisasi, dan pasangan usia subur. Pemeriksaan KIA, pemberian PMT Bumil dan Balita.”  Ungkap Ibu Armilah.

Pos pelayanan terpadu atau yang sering disingkat Posyandu merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan dan juga mencegah stanting atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

Terkait:   Doa Orang Yang Mulia Tidak Selalu Dikabulkan

Beberapa orang perempuan Ahmadiyah Cabang Cibeuruem ikut ambil bagian dalam kegiatan posyandu, dimana mereka berperan sebagai kader. Posyandu Balita Kelurahan Dukuh, terdiri dari sekitar 50 orang Balita dan 12 orang ibu hamill. Sedangkan Posyandu Cibeureum RT 03 RW 08 dengan kadernya Ibu Pipin Farida dengan Ibu Siti Hasanah, melayani sebanyak 69 orang Balita dan 6 orang Bumil.

Posyandu Dukuh melaksanakan kegiatannya secara rutin setiap bulan sekali di Kp. Cimangir, RT 1, 2, dan 3, RW. 06. Seluruh warga sangat antusias datang ke Posyandu untuk memeriksakan pertumbuhan dan perkembangan anak-anaknya, seperti pemeriksaan kesehatan, menimbang berat badan, tinggi badan, lingkar kepala dan pemberian vitamin.

Terkait:   Perdamaian Dunia Hakiki yang Berkelanjutan

“Mereka juga diberikan makanan tambahan untuk menunjang gizi balita”. Pungkas Ibu Armilah.

Keterlibatan para Lajnah Cibereum di Pos Pelayanan Terpadu ini merupakan bentuk kepedulian kaum wanita Ahmadiyah terhadap kesehatan masyarakat di sekitarnya.

Kontributor: Yati Nurhayati Syafi

Editor: Harpan Ahmad

Leave a Reply

Begin typing your search above and press return to search.