Apakah Umat Islam diperintahkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam untuk memerangi kaum Yahudi?

Islam memerangi yahudi?

Terdapat satu riwayat dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda: “Kiamat tidak akan terjadi hingga kaum Muslimin memerangi dan membunuh orang-orang Yahudi, sampai-sampai apabila ada orang Yahudi bersembunyi di balik batu dan pohon, maka batu dan pohon itu akan berkata, ‘Wahai Muslim, wahai hamba Allah, ada orang Yahudi di belakangku, kemarilah dan bunuhlah dia.’ Kecuali pohon Gharqad karena ia adalah pohon Yahudi.”

(HR Muslim, Kitabul Fitan)

Hadits ini menyebutkan sebuah peristiwa yang akan terjadi di masa depan terkait konflik antara Muslim dan Yahudi. Hal ini tidak berlaku untuk semua orang Yahudi setiap saat. Isi hadits tersebut mencerminkan sebuah situasi konflik. Sabda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam itu berkaitan dengan perilaku kaum Yahudi yang layak dikecam pada waktu itu. Hal tersebut bukan berarti beliau mengecam semua umat Yahudi hanya karena mereka adalah orang Yahudi.

Terkait:   Keteladanan Para Sahabat Nabi Muhammad shallAllahu ‘alaihi wasallam (Manusia-Manusia Istimewa, seri 37)

Hadits tersebut digambarkan seolah anti-semit, padahal baik Islam maupun Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam secara konsisten menjunjung tinggi keadilan, sekaligus mengecam ketidakadilan – tidak peduli siapapun pelakunya. Seperti telah dijelaskan dalam Al-Qur’an:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُوْنُوْا قَوَّامِيْنَ بِالْقِسْطِ شُهَدَاۤءَ لِلّٰهِ وَلَوْ عَلٰٓى اَنْفُسِكُمْ اَوِ الْوَالِدَيْنِ وَالْاَقْرَبِيْنَ ۚ اِنْ يَّكُنْ غَنِيًّا اَوْ فَقِيْرًا فَاللّٰهُ اَوْلٰى بِهِمَاۗ فَلَا تَتَّبِعُوا الْهَوٰٓى اَنْ تَعْدِلُوْا ۚ وَاِنْ تَلْوٗٓا اَوْ تُعْرِضُوْا فَاِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرًا

“Hai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu orang-orang yang teguh dalam melaksanakan keadilan dan jadilah saksi karena Allah, walaupun bertentangan dengan dirimu sendiri atau ibu-bapak dan kaum kerabat. Baik ia kaya atau miskin, tetapi Allah lebih memperhatikan keduanya…” (QS An-Nisa [4]: 136)

Kaum Yahudi menerima kecaman dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam hadits di atas karena mereka memang layak dikecam, bukan karena mereka adalah orang Yahudi.

Terkait:   Benarkah Nabi Muhammad Mengajarkan Terorisme dan Jihad dalam Menyebarkan Islam?

Sumber : MuhammadFactCheck.orgAre Muslims ordered by Muhammad to fight Jews?
Penerjemah : Irfan Adiatama