Apakah Islam Disebarkan Dengan Pedang?

Pertanyaan: Apakah Islam Disebarkan dengan Pedang?
Jawab: Tidak.

Seandainya umat Islam menerapkan strategi penyebaran Islam dengan pedang, maka hal itu bertentangan dengan prinsip dasar Al-Qur’an berikut:

“Tidak ada paksaan dalam beragama. Sungguh jalan yang benar itu nyata bedanya dengan kesesatan… (QS Al-Baqarah [2]: 257)

Dan hal itu juga bertentangan dengan teladan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang selalu menerapakan cara-cara yang damai dan adil dalam situasi apa pun. Teladan beliau dalam hal perdamaian dan pengampunan tidak ada bandingannya.

Contoh utamanya adalah ketika Rasulullah dan umat Islam memasuki Mekkah dengan sepuluh ribu tentara yang kuat. Di situasi seperti itu, yaitu ketika Islam di posisi yang kuat, mereka tidak memaksakan Islam kepada orang-orang Mekkah dan juga tidak menghukum orang-orang karena tidak mau masuk Islam, walaupun hal itu sangat mudah bagi mereka untuk melakukannya. Sebaliknya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam membiarkan mereka semua untuk tetap menjalankan keyakinan lama mereka. Jadi dari contoh ini Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah meletakkan pesan perdamaian Islam yang hakiki.

Terkait:   Apakah Nabi Muhammad Memerintahkan Pembunuhan Delapan Pria karena Murtad?

Dengan jelas Al-Qur’an memerintahkan bahwa setiap Muslim harus menyebarkan pesan Islam dengan cara terbaik, yaitu dengan hujjah dan hikmah, dan tidak ada ruang untuk menggunakan kekuatan ataupun kekerasan.

“Panggillah kepada jalan Tuhan engkau dengan hikmah dan nasihat yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang sebaik-baiknya. Sesungguhnya Tuhan engkau lebih mengetahui siapa yang telah sesat dari jalan-Nya; dan Dia Maha Mengetahui siapa yang telah mendapat petunjuk.” (QS An-Nahl [16]: 126)

Selanjutnya menurut Al-Qur’an, misi Rasulullah shallallahu alaihi wasallam hanyalah menyampaikan pesan-pesan Islam, tetapi setelah itu terserah kepada orang-orang untuk menerima atau menolaknya, dan pilihan mereka itu tanpa adanya paksaan atau ancaman hukuman, karena mereka akan bertanggung jawab kepada Tuhan, bukan kepada manusia.

Terkait:   Mengapa Al-Qur'an Mengatakan bahwa Orang-orang Kafir Harus Dibunuh?

Tetapi sekiranya mereka berpaling, maka Kami tidak mengutus engkau sebagai penjaga atas mereka. Kewajiban engkau hanyalah menyampaikan Pesan… (QS Asy-Syura [42]: 49)

Jadi ayat ini menjelaskan bahwa kewajiban umat Islam dalam hal penyebaran Islam adalah menyampaikan pesan, dan segala bentuk paksaan atau ancaman sama sekali tidak memiliki dasar dalam Islam.

Dalam hal ini menarik untuk dicatat bahwa populasi Muslim terbesar di dunia adalah di Indonesia, Islam masuk ke sana melalui pendekatan awal para pedagang Islam dan orang-orang suci. Baru-baru ini kita mengetahui bahwa di Eropa Islam adalah agama yang paling cepat berkembang, namun dalam penyebaran Islam di sana tidak ada pedang yang digunakan.

Terkait:   Apakah Islam Melarang Melindungi Non Muslim?

https://www.alislam.org/question/islam-spread-by-sword/

Leave a Reply

Begin typing your search above and press return to search.
Select Your Style

You can choose the color for yourself in the theme settings, сolors are shown for an example.