Apakah Islam itu?

Islam adalah agama yang paling cepat berkembang di dunia. Kata ‘Islam’ secara harfiah artinya adalah ‘Damai dan berserah diri kepada kehendak Allah Ta’ala.’

Fondasi Islam diletakkan oleh Nabi Muhammad (Shallallahu ‘alaihi wasallam) lebih dari 1400 tahun yang lalu di Arab. Nabi Muhammad (Shallallahu ‘alaihi wasallam) menerima wahyu dari Allah di mana beliau diberi kabar bahwa Islam adalah agama terakhir dan paling sempurna bagi umat manusia. Para pengikut Islam disebut Muslim.

Kitab suci agama Islam adalah Al-Qur’an, yang diturunkan oleh Allah Ta’ala kepada Nabi Muhammad (Shallallahu ‘alaihi wasallam). Al-Qur’a sumber petunjuk sempurna. Ajaran Al-Qur’an sesuai dengan sifat manusia. Islam adalah agama yang diwahyukan bagi seluruh umat manusia untuk sepanjang masa yang akan datang.

Pendiri Islam

Nabi Muhammad (Shallallahu ‘alaihi wasallam) (570-632 M) lahir di Mekkah, Arab. Beliau dikenal karena kejujuran dan kesalehannya. Beliau memiliki ikatan yang kuat kepada Allah dan kepada sesama.

Beliau menikah pada usia 25 tahun. Lima belas tahun kemudian, Beliau menerima wahyu Al-Qur’an pertamanya dari Allah ketika beliau berkhalwat di sebuah gua bernama Gua Hira di dekat Mekah. Ini menandai awal dakwah Nabi Muhammad (Shallallahu ‘alaihi wasallam) sebagai Rasul Allah. Pesan utamanya adalah Tauhid dan Beliau terus menekankan hal ini sepanjang hidupnya.

Terkait:   Perubahan Akhlak Melalui Islam

Sesuai dengan sifatnya, Nabi Muhammad (Shallallahu ‘alaihi wasallam) mengamalkan apa yang beliau dakwahkan dan memberikan contoh nyata dari semua yang diajarkan oleh Islam. Kerendahan hati, kejujuran, toleransi, keteguhan, keberanian, kebaikan, dan kebijaksanaan senantiasa menjadi teladan Beliau.

Kitab Suci Islam

Al-Qur’an adalah kitab suci Islam. Al-Qur’an adalah firman Allah dan diturunkan kepada Nabi Muhammad (Shallallahu ‘alaihi wasallam) selama 23 tahun. Al-Qur’an terdiri dari 30 juz dan memiliki 114 surah.

Al-Qur’an berisi beragam ajaran dan merupakan pedoman yang komprehensif bagi umat manusia. Al-Qur’an juga mengandung banyak nubuatan yang di antaranya telah tergenapi dan akan terus tergenapi.

Al-Qur’an ditulis dalam bahasa Arab – bahasa yang digunakan untuk menyampaikannya. Kata Qur’an artinya sesuatu yang dibaca berulang-ulang dan itulah kenyataannya, umat Islam senantiasa membaca Al-Qur’an berkali-kali dalam keseharian mereka. Banyak umat Islam yang juga hafal seluruh isi Al-Qur’an. Meskipun berusia lebih dari 1400 tahun, teks Al-Qur’an tetap utuh – sebagaimana yang telah dijanjikan dalam Al-Qur’an oleh Allah sendiri. Terjemahan Al-Qur’an saat itu telah tersedia dalam lebih dari 70 bahasa, termasuk bahasa Inggris.

Terkait:   Perlunya Agama Islam

Ajaran Islam

Allah mengajarkan agama kepada dunia secara bertahap dengan mengutus para Nabi-Nya di waktu yang berbeda dan kepada mayarakat yang berbeda pula. Petunjuk agama ini menjadi lengkap dan sempurna melalui Islam. Ajaran utama Islam dikenal dengan lima rukun Islam.

Lima Rukun Islam

  • Syahadat

Syahadat merupakan pernyataan keyakinan seseorang pada Tauhid dan menerima Nabi Muhammad (Shallallahu ‘alaihi wasallam) sebagai utusan Allah. Arti dari syahadat adalah, “Saya bersaksi bahwa tidak ada yang patut disembah selain Allah dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah Utusan Allah.” (Allah adalah Wujud yang bebas dari segala cacat dan yang memiliki semua sifat yang baik)

  • Shalat

Umat Islam diwajibkan menunaikan shalat lima waktu untuk membangun dan meraih hubungan kedekatan kepada Allah.

  • Shaum (Puasa)

Umat Islam diwajibkan berpuasa selama bulan suci Ramadhan. Ketika berpuasa, umat Islam tidak boleh makan atau minum dari subuh sampai sore.

Terdapat pengecualian bagian sebagian orang seperti orang yang sakit, ibu hamil dan menyusui, anak kecil dan orang yang bepergian (musafir). Selama Ramadhan, umat Islam melakukan upaya maksimal dalam mengingat Allah dan memohon ampunan-Nya.

  • Zakat
Terkait:   Menurut Islam, apakah semua non-Muslim akan Masuk Neraka?

Umat Islam diharuskan memberikan sebagian kekayaan mereka untuk kepentingan orang miskin dan orang-orang yang membutuhkan. Ukuran zakat adalah 2,5 % dari penghasilan setahun mereka.

  • Haji

Umat Islam wajib menunaikan ibadah haji ke Mekkah setidaknya sekali seumur hidup jika mereka mampu. Haji dilakukan selama bulan haji, bulan kedua belas dari kalender Islam.

Umat Islam juga percaya pada semua nabi Allah, para Malaikat-Nya, kita-kitab-Nya, Kehidupan setelah mati, Hari Penghisaban dan Takdir Ilahi. Islam juga menekankan bahwa laki-laki dan perempuan sama di hadapan Allah. Yang membedakan derajat ketinggian adalah amal saleh.

Islam meneguhkan konsep kemanusiaan dan menghormati kebebasan individu. Islam juga mengingatkan tentang hak asasi manusia untuk bebas memilih agamanya sendiri. Dengan jelas dinyatakan di dalam Al-Qur’an bahwa tidak ada paksaan dalam agama. (QS Al-Baqarah [2]: 257)

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting sehingga laki-laki dan perempuan Muslim didorong untuk meningkatkan ilmu di manapun mereka berada.

Alislam.org – What is Islam?

Leave a Reply

Begin typing your search above and press return to search.
Select Your Style

You can choose the color for yourself in the theme settings, сolors are shown for an example.