Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam lahir di Mekkah pada bulan Agustus 570 M. beliau diberi nama Muhammad, yang artinya yang terpuji. Ketika Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam berusia sekitar tiga puluh tahun, kecintaan kepada Allah semakin menguasai beliau. Karena menentang kemusyrikan dan berbagai keburukan penduduk Mekkah, beliau memilih untuk berkhalwat di sebuah gua yang berjarak sekitar dua atau tiga mil.
Ketika beliau berusia empat puluh tahun, beliau menerima wahyu pertamanya. Dalam ayat-ayat pertama Al-Qur’an (96:2-6), beliau diperintahkan untuk menyebut nama Tuhan Yang Maha Esa, Yang telah menciptakan manusia dan menabur benih kecintaan-Nya dan kecintaan sesama manusia dalam sifatnya; dan telah dinubuatkan bahwa dunia akan diajarkan segala macam pengetahuan melalui pena. Berikut beberapa contoh ayat Al-Qur’an tentang Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam:
Surah At-Taubah [9:128]: Kasih Sayang Rasulullah (saw)
لَقَدْ جَاۤءَكُمْ رَسُوْلٌ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ عَزِيْزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيْصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِيْنَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ
“Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari antaramu; berat terasa olehnya penderitaan yang kamu alami, ia sangat mendambakan kesejahteraan bagimu dan terutama terhadap orang-orang mukmin ia sangat penyantun dan penyayang.”
Tafsir:
Ayat ini boleh dikenakan kepada orang-orang mukmin maupun kepada orang-orang kafir; bagian permulaannya mengenai orang-orang kafir dan bagian akhir mengenai orang-orang mukmin.
Kepada orang-orang kafir ayat ini mengatakan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam merasa sedih melihat kamu terjerumus dalam masalah, yaitu sekalipun kamu mendatangkan kepada beliau segala macam keaniayaan dan kesusahan, namun hati beliau begitu sarat dengan rasa kasih-sayang kepada umat manusia, sehingga tiada tindakan yang datang dari pihak kamu dapat membuatnya sakit hati terhadap kamu dan membuat ia menginginkan keburukan bagimu. Beliau begitu penuh kasih-sayang dan belas kasihan terhadap kamu, sehingga beliau tidak tega melihat kamu menyimpang dari jalan kebenaran hingga mendatangkan kesusahan kepadamu.”
Kepada orang-orang mukmin, ayat ini berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam penuh dengan kecintaan, kasih sayang, dan rahmat bagi kamu, yaitu beliau dengan riang dan gembira ikut dengan kamu dalam menanggung kesedihan dan kesengsaraan. Lagi dari itu, seperti seorang ayah yang penuh dengan kasih sayang, ia memperlakukanmu dengan penuh kebaikan dan belas kasih.”
Sifat ‘belas kasih dan penyayang’ yang diterapkan di sini kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam juga diterapkan kepada Allah. Sesungguhnya sifat Allah itu ada dua macam: (1) تنزیھیة [tanzihiyyah] yakni sifat-sifat yang membedakan-Nya dari makhluk-Nya. Misalnya رحمان (Wujud yang rahmat-Nya meliputi semuanya); sifat-sifat ini tidak pernah ditujukan kepada siapa pun kecuali kepada Allah. (2) تشبیھیة, yakni sifat-sifat yang menyerupai makhluk lain, misalnya رحیم (penyayang); karena belas kasih adalah sifat yang dapat dimiliki oleh makhluk lain, meskipun dalam kadar yang sangat kecil.
(Quran-um-Majid, The Holy Quran with English Translation and Commentary, Islam International Publication Limited)
Surah Al-Anbiya [21:108]: Rahmat bagi Semesta Alam
وَمَآ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا رَحْمَةً لِّلْعٰلَمِيْنَ
“Dan tidaklah Kami mengutus engkau melainkan sebagai rahmat bagi semesta alam.”
Tafsir
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam merupakan perwujudan rahmat Ilahi. Beliau adalah rahmat bagi para pengikut beliau dan juga rahmat bagi para musuh. Beliau adalah rahmat bagi orang-orang Arab yang buta huruf yang telah beliau angkat dari titik terendah kebejatan moral ke puncak tertinggi keunggulan rohani, dan beliau adalah rahmat bagi generasi mendatang karena beliau telah meninggalkan petunjuk yang tepat dan pasti bagi mereka dalam bentuk Al-Qur’an dan ajaran-ajaran beliau.
Beliau adalah rahmat bagi seluruh umat manusia karena risalah beliau tidak terbatas pada suatu negara atau kaum tertentu, sedangkan Nabi-nabi sebelum beliau diutus sebagai rahmat yang terbatas bagi kaum mereka. Melalui beliau, bangsa-bangsa di dunia telah diberkati yang mana mereka tidak diberkati melalui Nabi lainnya. Tidak ada pujian yang lebih besar bagi Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam selain pujian yang telah Allah berikan kepada beliau dalam Al-Qur’an, yaitu:
لَقَدْ جَاۤءَكُمْ رَسُوْلٌ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ عَزِيْزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيْصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِيْنَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ
“Sesungguhnya telah datang kepadamu kamu seorang Rasul dari antaramu; berat terasa olehnya apa yang menyusahkan kamu, ia sangat mengharapkan kesejahteraan bagimu dan terhadap orang-orang mukmin ia sangat berbelas kasih, penyayang. (QS At-Taubah [9]:128)
(Quran-um-Majid, The Holy Quran with English Translation and Commentary, Islam International Publication Limited)
Surah Al-Ahzab [33:22]: Nabi Muhammad sebagai Uswatun Hasanah
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنْ كَانَ يَرْجُوا اللّٰهَ وَالْيَوْمَ الْاٰخِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيْرًاۗ
“Sungguh bagi kamu dalam diri Rasulullah terdapat suri teladan yang terbaik untuk orang yang mengharapkan bertemu dengan Allah dan Hari Akhir, dan yang banyak mengingat Allah.”
Tafsir:
Pertempuran Khandak mungkin merupakan cobaan paling pahit di dalam seluruh jenjang kehidupan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, dan beliau keluar dari ujian yang paling berat itu dengan keadaan akhlak dan wibawa yang lebih tinggi lagi. Sesungguhnya, pada saat yang sangat berbahayalah, yakni, di sekitar gelap gulita, atau dalam waktu mengenyam sukses dan kemenangan, yakni ketika musuh bertekuk lutut di hadapannya, watak dan perangai seseorang yang sesungguhnya diuji; dan sejarah memberi kesaksian yang jelas kepada kenyataan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam baik dalam keadaan dukacita karena dirundung kesengsaraan dan pada saat sukacita karena meraih kemenangan – tetap menunjukkan kepribadian agung lagi mulia. Pertempuran Khandak, Uhud, dan Hunain menjelaskan dengan serang-seterangnya satu watak beliau yang indah, dan Fatah Mekkah (Kemenangan atas Mekkah) memperihatkan watak beliau lainnya.
Mara bahaya tidak mengurangi semangat beliau atau mengecutkan hati beliau; begitu pula kemenangan dan sukses tidak merusak watak beliau. Ketika beliau ditinggalkan hampir seorang diri pada hari Pertempuran Hunain, sedang nasib Islam berada di antara hidup dan mati, beliau tanpa gentar sedikit pun dan seorang diri belaka maju ke tengah barisan musuh seraya berseru dengan kata-kata yang patut dikenang selama-lama-nya, انا النبی لاکذب انا ابن عبدالمطل “Aku nabi Allah dan aku bukan pendusta. Aku anak Abdul Muthalib,” dan tatakala Mekkah jatuh dan seluruh tanah Arab bertekuk lutut maka kekuasaan yang mutlak dan tak tersaingi itu tidak kuasa merusak beliau. Beliau menunjukkan keluhuran budi yang tiada taranya terhadap musuh-musuh beliau.
Kesaksian lebih besar mana lagi yang mungkin ada terhadap keagungan watak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam selain kenyataan bahwa pribadi-pribadi yang paling akrab dengan beliau dan yang paling mengenal beliau, mereka itulah yang paling mencintai beliau dan merupakan yang pertama-tama percaya akan misi beliau, yakni, istri beliau yang tercinta, Khadijah ra.; sahabat beliau sepanjang hayat, Abu Bakar ra.; saudara sepupu yang juga menantu beliau, Ali ra. dan bekas budak beliau yang telah dimerdekakan, Zaid ra. Hz. Rasulullah saw. merupakan contoh kemanusiaan yang paling mulia dan model yang paling sempurna dalam keindahan dan kebajikan.
Dalam segala segi kehidupan dan watak beliau yang beraneka ragam, tidak ada duanya dan merupakan contoh yang tiada bandingannya bagi umat manusia untuk ditiru dan diikuti. Seluruh kehidupan beliau nampak dengan jelas dan nyata dalam cahaya lampu-sorot sejarah.
Beliau mengawali kehidupan beliau sebagai anak yatim dan mengakhirinya dengan berperan sebagai wasit yang menentukan nasib seluruh bangsa. Sebagai kanak-kanak beliau penyabar lagi gagah, dan di ambang pintu usia remaja, beliau tetap merupakan contoh yang sempurna dalam akhlak, ketakwaan, dan kesabaran. Pada usia setengah baya beliau mendapat julukan Al-Amin (si Jujur dan setia kepada amanat) dan selaku seorang pedagang beliau terbukti paling jujur dan cermat. Beliau menikah dengan perempuan-perempuan, yang di antaranya ada yang jauh lebih tua daripada beliau sendiri dan ada juga yang jauh lebih muda, namun semua bersedia memberi kesaksian dengan mengangkat sumpah mengenai kesetiaan, kecintaan, dan kekudusan beliau. Sebagai ayah beliau penuh dengan kasih sayang, dan sebagai sahabat beliau sangat setia dan murah hati.
Ketika beliau diamanati tugas yang amat besar dan berat dalam usaha memperbaiki suatu masyarakat yang sudah rusak, beliau menjadi sasaran derita aniaya dan pembuangan, namun beliau memikul semua penderitaan itu dengan sikap agung dan budi luhur. Beliau bertempur sebagai prajurit gagah berani dan memimpin pasukan-pasukan. Beliau menghadapi kekalahan dan beliau memperoleh kemenangan-kemenangan. Beliau menghakimi dan mengambil serta menjatuhkan keputusan dalam berbagai perkara. Beliau adalah seorang negarawan, seorang pendidik, dan seorang pemimpin.
“Kepala negara merangkap pemimpin agama, beliau adalah Kaisar dan Paus sekaligus. Tetapi beliau adalah Paus dan tidak bergaya seperti Paus, dan Kaisar tanpa pasukan-pasukan yang megah. Tanpa balatentara tetap, tanpa pengawal, tanpa istana yang megah, tanpa pungutan pajak tetap dan tertentu, sehingga jika ada orang berhak mengatakan bahwa ia memerintah dengan hak ketuhanan, maka orang itu hanya Muhammad, sebab beliau mempunyai kekuasaan tanpa alat-alat kekuasaan dan tanpa bantuan kekuasaan. Beliau biasa melakukan pekerjaan rumah tangga dengan tangan beliau sendiri, biasa tidur di atas sehelai tikar kulit, dan makanan beliau terdiri dari kurma dan air putih atau roti jawawut, dan setelah melakukan bermacam-macam tugas sehari penuh, beliau biasa melewatkan malam hari dengan mendirikan shalat dan doa-doa hingga kedua kaki beliau bengkak-bengkak. Tidak ada orang yang dalam keadaan dan suasana yang begitu banyak berubah, telah berubah begitu sedikitnya”. (Muhammad dan Muhammadanism karya Bosworth Smith).
(Kitab Suci Al-Qur’an dengan Terjemah dan Tafsir Singkat, Neratja Press, 2023)
Surah Al-Ahzab [33:41]: Rasulullah Khatamun Nabiyyin
مَا کَانَ مُحَمَّدٌ اَبَاۤ اَحَدٍ مِّنۡ رِّجَالِکُمۡ وَ لٰکِنۡ رَّسُوۡلَ اللّٰہِ وَ خَاتَمَ النَّبِیّٖنَ ؕ وَ کَانَ اللّٰہُ بِکُلِّ شَیۡءٍ عَلِیۡمًا
“Muhammad bukan bapak salah seorang laki-laki di antaramu, akan tetapi ia adalah Rasul Allah dan Khaataman Nabiyyin, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”
Lihat tafsir ayat Khatamun Nabiyyin
Surah Al-Ahzab [33:46-47]: 5 Keutamaan Rasulullah
يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ اِنَّآ اَرْسَلْنٰكَ شَاهِدًا وَّمُبَشِّرًا وَّنَذِيْرًاۙ – وَّدَاعِيًا اِلَى اللّٰهِ بِاِذْنِهٖ وَسِرَاجًا مُّنِيْرًا
“Wahai Nabi sesungguhnya Kami telah mengutus engkau sebagai saksi dan pembawa kabar gembira serta pemberi peringatan. Dan sebagai penyeru kepada Allah dengan perintah-Nya, dan sebagai matahari yang memancarkan Cahaya.”
Tafsir
Dalam ayat ini dan ayat berikutnya disebutkan lima sifat utama Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam untuk menunjukkan bahwa beliau memiliki semua keunggulan yang diperlukan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin rohani yang diamanatkan dengan misi Ilahi ‘membawa manusia keluar dari kegelapan menuju cahaya’.
1) beliau adalah seorang saksi, yang menyebarkan syariat dan sebagai teladan;
2) beliau adalah pembawa kabar gembira, yakni Allah tidak kehilangan perhatian pada manusia dan terus mengirimkan Rasul-rasul dan Nabi-nabi-Nya untuk mengembalikan kembali nilai-nilai kemanusiaan yang hilang manakala dibutuhkan
3) Beliau adalah seorang Pemberi Peringatan yang memberi tahu umat manusia bahwa jika mereka tidak mengambil manfaat dari ajaran beliau dan terus berada dalam jalan kejahatan, maka mereka akan mendapat malapetaka.
4) Beliau adalah seorang Penyeru kepada Allah atas perintah-Nya, yakni beliua bukan seorang Pembaharu [reformer] yang menasbihkan diri sendiri, melainkan seorang guru agung yang diutus oleh Allah;
5. Beliau adalah Pelita yang memberikan cahaya, artinya, saat ini, hanya beliau-lah ‘cahaya dan jalan.’
Sebagaimana matahari adalah titik pusat di alam semesta lahiriah, demikian pula Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam adalah titip pusat alam rohani. Beliau adalah matahari di cakrawala para Nabi dan mujaddid-mujaddid yang seperti bintang-bintang dan bulan yang berputar mengelilinginya dan meminjam cahaya darinya. Diriwayatkan beliau pernah bersabda: ‘Para sahabatku bagaikan bintang-bintang yang sangat banyak, barangsiapa di antara mereka yang kalian ikuti, niscaya kalian akan mendapat petunjuk’ (Saghir)
(Quran-um-Majid, The Holy Quran with English Translation and Commentary, Islam International Publication Limited)
Surah Al-Abzab [33:57]: Allah dan Malaikat Bershalawat untuk Nabi
اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا
“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang beriman bershalawatlah untuknya dan sampaikanlah salah keselamatan kepadanya.”
Tafsir:
Shalawat dari Allah dan para malaikat-Nya kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam menunjukkan bahwa orang-orang yang berusaha menghambat kemajuan perjuangan beliau dengan memfitnah dan melontarkan tuduhan palsu terhadap beliau, maka mereka akan hidup dalam angan-angan palsu. Mereka tidak akan dapat menyakiti beliau dengan kejahatan-kejahatan mereka. Perjuangan beliau akan terus maju dan berhasil karena Allah dan para malaikat-Nya senantiasa memberkati.
(Quran-um-Majid, The Holy Quran with English Translation and Commentary, Islam International Publication Limited)
Surah Al-Fath [48:29]: Rasulullah Memenangkan Islam
هُوَ الَّذِيْٓ اَرْسَلَ رَسُوْلَهٗ بِالْهُدٰى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهٗ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهٖ ۗوَكَفٰى بِاللّٰهِ شَهِيْدًا
“Dialah Yang telah mengutus Rasul-Nya dengan petunjuk dan agama yang benar, agar Dia memenangkannya atas semua agama, dan cukuplah Allah sebagai saksi.”
Ayat ini membuat nubuat yang sangat berani yang menyatakan bahwa Islam tidak hanya akan menang di Arabia tetapi juga pada akhirnya akan menang atas semua agama lain. Tanda-tanda terpenuhinya nubuat ini sudah nampak jelas.
(Quran-um-Majid, The Holy Quran with English Translation and Commentary, Islam International Publication Limited)
Surah Al-Qalam [68:05]: Rasulullah Pemiliki Akhlak yang Agung
وَاِنَّكَ لَعَلٰى خُلُقٍ عَظِيْمٍ
“Dan sesungguhnya engkau benar-benar memiliki akhlak yang agung.”
Tafsir
Ayat ini merupakan ulasan lebih lanjut mengenai kejanggalan tuduhan yang dilemparkan kepada Hz. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam seakan-akan beliau tidak berpikiran normal. Menurut ayat ini, Hz. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bukan saja tidak mengalami gangguan pikiran, malahan beliau adalah yang paling mulia dan paling sempurna di antara umat manusia dan yang memiliki segala kesempurnaan akhlak dalam ukuran sepenuhnya, kesemua sifat itu bersama-sama membuat sang pemiliknya itu jadi gambaran sempurna Penciptanya. Beliau adalah perwujudan segala nilai akhlak baik yang bisa dimiliki manusia. Segala nilai akhlak tinggi berpadu pada pribadi beliau dalam suatu keseluruhan yang sempurna dan serasi. Aisyah ra, istri Hz.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang dikenal sangat cerdas ketika suatu ketika diminta menerangkan tentang akhlak Hz. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Maka ia menjawab, “Beliau memiliki segala keagungan akhlak yang disebut dalam Al-Qur’an sebagai ciri-ciri istimewa seorang abdi Allah yang sejati.” (Bukhari)
(Kitab Suci Al-Qur’an dengan Terjemah dan Tafsir Singkat, Neratja Press, 2023)
Comments (1)