Penjelasan Hadits Rasulullah (saw) Batu Bata Terakhir

Rasulullah batu bata terakhir

Makna Rasulullah (saw) sebagai  Labinah (Batu Bata) dan Khataman Nabiyyin

Mukadimah

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ـ رضى الله عنه ـ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ:‏ إِنَّ مَثَلِي وَمَثَلَ الأَنْبِيَاءِ مِنْ قَبْلِي كَمَثَلِ رَجُلٍ بَنَى بَيْتًا فَأَحْسَنَهُ وَأَجْمَلَهُ، إِلاَّ مَوْضِعَ لَبِنَةٍ مِنْ زَاوِيَةٍ، فَجَعَلَ النَّاسُ يَطُوفُونَ بِهِ وَيَعْجَبُونَ لَهُ، وَيَقُولُونَ هَلاَّ وُضِعَتْ هَذِهِ اللَّبِنَةُ قَالَ فَأَنَا اللَّبِنَةُ، وَأَنَا خَاتَمَ النَّبِیّٖنَ

“Dari Abu Hurairahra bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Perumpamaanku dan para nabi sebelumku ibarat seorang laki-laki yang membangun rumah. Ia memperbaiki dan memperindahnya kecuali ada satu lubang batu bata di sudut rumah yang belum ada batanya.  lalu orang-orang mengelilingi rumah itu dan terkagum-kagum seraya berkata, ‘Andai saja ada batu bata di lubang ini.’ Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ‘Akulah batu bata itu karena aku adalah Khataman Nabiyyin‘.” (HR. Bukhari, No. 3535)

Umat ​Islam non-Ahmadi menggunakan hadis ini sebagai bukti jika Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam itu nabi terakhir karena beliau shallallahu ‘alaihi wasallam adalah batu bata terakhir di rumah tersebut. Selain itu, mereka mengatakan karena Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam secara terang-terangan mengatakan sebagai Khataman Nabiyyin, maka tidak ada nabi lagi yang bisa datang setelah beliau shallallahu ‘alaihi wasallam. Penafsiran ini tidak hanya bertentangan dengan Al-Qur’an dan Hadits, tetapi juga bertentangan dengan pandangan para ulama mereka sendiri.

Bantahan

Pertama, hadis ini sebenarnya melengkapi penjelasan kami tentang ayat Khataman Nabiyyin. Orang-orang kagum dengan keindahan rumah itu kecuali ada satu batu bata hilang yang seharusnya bisa membuat rumah itu sempurna. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam mengklaim sebagai batu bata tersebut dan telah menyempurnakan bangunan rumah itu. Rumah tersebut melambangkan Syariat yang dibawa para nabi sebelumnya, tetapi Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam menyempurnakan dan menyelesaikannya dengan membawa Islam kepada kita. Hal ini dijelaskan secara rinci dalam artikel kami tentang Khataman Nabiyyin.

Kedua, penjelasan hadits batu bata tersebut telah diuraikan lebih lanjut di hadis yang lebih panjang dalam Musnad Ahmad. Hadist ini menjelaskan keunggulan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dibandingkan para nabi lainnya, serta keterhubungannya antara ayat Khataman Nabyyin dengan hadits tentang batu bata.

عن أبي هريرة: فُضِّلتُعلىالأنبياءِبسِتٍّ. قيلَ: ماهُنَّ، أيرسولَاللهِ؟ قال: أُعطيتُ جَوامِعَ الكَلِمِ، ونُصِرتُ بالرُّعبِ، وأُحِلَّتْ لي الغَنائمُ، وجُعِلتْ لي الأرضُ طَهورًا ومسجِدًا، وأُرسِلتُ إلى الخَلْقِ كافَّةً، وخُتِمَ بي النَّبيُّونَ. مَثَلي ومَثَلُ الأنبياءِ كمَثَلِ رَجُلٍ بَنى قَصرًا، فأكمَلَ بِناءَه وأحسَنَ بناءَه، إلّا مَوضِعَ لَبِنةٍ، فنظَرَ النّاسُ إلى القَصْرِ. فقالوا: ما أحسَنَ بُنيانَ هذا القَصرِ، لو تَمَّتْ هذه اللَّبِنةُ، ألا وكنتُ أنا اللَّبِنةُ، ألا وكنتُ أنا اللَّبِنةُ

“Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,: Aku diberi kelebihan atas para nabi lainnya dengan enam perkara. Lalu beliau shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya: Wahai Rasulullah, apa saja itu? Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab: Aku diberi kata-kata yang singkat padat penuh makna, aku dimenangkan dengan rasa takut pada musuh, dihalalkan bagiku ghanimah, bumi dijadikan untukku sebagai tempat sujud (masjid) serta tempat bersuci, dan aku diutus untuk seluruh umat manusia dan juga sebagai Khattaman Nabiyyin. Perumpamaanku dengan para nabi terdahulu adalah seibarat seorang pria yang membangun sebuah istana, ia menyempurnakan dan memperindah bangunannya kecuali lubang kosong tempat satu batu bata diletakan. Orang-orang melihat istana tersebut seraya mengatakan: ‘Betapa indahnya bangunan ini sekiranya ada satu batu bata yang dapat menyempurnakan lubang tersebut!’ Ketahuilah aku lah batu bata tersebut, ketahuilah aku lah batu bata tersebut.” [HR. Musnad Ahmad, No.9337][1]

Ketiga, Penafsiran hadits tersebut sama seperti pemahaman yang disampaikan oleh para ulama Islam lainnya. [Berikut penafsiran para ulama terdahulu tentang makna hadits tersebut]

Penafsiran Para Ulama

1.      Al-Raghib Al-Isfahani (Wafat 450 H)[2]

وكان قبل الإسلام في شيء بين إفراط وتفريط بالإضافة إلى شرعيتها، وذلك على حسب ماكان يقتضي حكمة الله في كل زمان فكمَّله الله تعالى بالنبي صلى الله عليه وسلم، وجعله وسطًا مصونًا عن الإفراط واتفريط، كما قال: وَكَذٰلِكَ جَعَلْنٰكُمْ اُمَّةً وَّسَطًا، وكمله وتممه به كما قال عليه الصلاة والسلام:  بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاقِ. وقال: إن مثل الأنبياء كمثل بيت ترك بينه موضعُ لبنة فكنت اللبنة. فهذا معنى قوله:  الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ   

“Sebelum munculnya Islam, ada beberapa hal yang berlebihan dan diabaikan pada syariat agama para nabi terdahulu sesuai kebijakan Tuhan yang ditetapkan pada setiap zamannya. Kemudian Allah Ta’ala menyempurnakannya dengan diutusnya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Dan menjadikannya seimbang serta selaras sebagaimana Dia berfirman: وَكَذٰلِكَ جَعَلْنٰكُمْ اُمَّةً وَّسَطًا (Kami jadikan kamu umat yang seimbang)[3]. lalu Dia menyempurnakan serta melengkapinya sebagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاقِ (aku diutus guna memperbaiki akhlak mulia)[4]. Selanjutnya beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Perumpamaan aku dengan para nabi terdahulu seibarat rumah yang dindingnya dibiarkan ada ruang kosong untuk satu batu bata. Dan aku lah batu bata tersebut. Inilah makna dari Firman-Nya: الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ (Hari ini telah Aku sempurnakan untuk kamu agamamu)[5].” [Tafsir Al-Raghib al-Isfahani, Vol. 1, hal. 266]

2.      Ibn Al-Arabi Al-Maliki (Wafat 543 H)[6]

Ibn Al-Arabi Al-Maliki mengemukakan penafsiran yang lain:

إذا تأمل المتفظن هذا الحديث رأى أن قدر النبي الله صلى الله عليه وسلم في الخلق أعظم رفعًا وأكرم فورًا من لبنة في حائط. والحديث صحيح ومعناه مما تكررت على الأيام فيه بلقاء الأنام، ولم ألف عند أحد به طريقًا إلى الإعلام، فرجعت إلى نفسي القاصرة فظهر إليَّ فيه والله أعلم أن اللبنة كانت من الأس، ولولا كون هذه اللبنة في هذا الأس لأنقض المنزل، لأنها القاعدة والمقصود.  

“Ketika orang yang bijak merenungkan hadits ini, ia akan melihat bahwa kedudukan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dalam penciptaan jauh lebih agung dan lebih mulia daripada hanya sekedar sebuah batu bata di dinding. Hadits ini shahih dan penuh makna. Saya mengulanginya kepada orang-orang selama berhari-hari tetapi tidak menemukan seorang pun yang memiliki jalan untuk memahaminya. Jadi saya kembali kepada diri saya yang terbatas ini dan menjadi jelas bagi saya, dan Allah Maha Mengetahui, bahwa batu bata ini adalah fondasinya. Jika batu bata ini tidak ada di fondasinya, maka bangunan itu akan runtuh. Hal Ini karena batu bata itu adalah landasan dan tujuan [dari bangunan] tersebut.” [‘Aridat al-Ahwadhi’ bisharh Sahih al-Tirmidhi, Vol. 9, hal. 226]

Terkait:   Ahmadiyah Percaya pada Khatamun Nubuwah

3.      Ibn Al-Jauzi (Wafat 597 H)[7]

Beliau juga menulis di bawah tafsir dari Hadits yang sama:

اعلم أن بدء الشّرائع كان على التخفيف، فلا يُعرف في شرع نوح و هود و صالح وإبراهيم تثقيل، ثم جاء موسى بالتشديد والإثقال، و جاء عيسى بنحو من ذلك، وجاءت شريعة نبينا صلى الله عليه وسلم تنسخُ تشديدً أهل الكتاب، ولا تُطْلِيقُ في تسهيل مَن كان قبلهم، فهي على غاية من الاعتدال مع ماتحوي من محاسن الآداب وتلقيح العُقول وتعليم الفِطنة، وتدلُّ على استنباط خفيّ المعاني، إلى غير ذلك ممّا لم يكن فيما تقدّم.       

“Ketahuilah, pada mulanya hukum-hukum syariat itu mudah, sehingga tidak dikenal adanya beban dalam hukum syariat Nuh, Hud, Shalih, dan Ibrahim alaihmus salam. Kemudian datanglah Musa alaihis salam dengan hukum syariat yang ketat dan berat, setelah itu datanglah Isa alaihis salam dengan sesuatu yang serupa. Hukum syariat Nabi shalallahu alahi wasalam, telah menghapus ketatnya hukum syariat Ahli Kitab, tetapi tidak sampai melonggarkan kemudahan yang ekstrem sebagaimana ciri khas (kebiasaan) orang-orang terdahulu. Hukum syariat ini begitu seimbang, mengandung adab yang luhur, mencerahkan pikiran, membuka wawasan pengetahuan, menuntun kepada pemahaman akan makna-makna tersembunyi, dan hal-hal lain yang tidak ada dalam hukum syariat sebelumnya.” [Kashf Al-Mushkil, vol.3, hal. 46]

Jelaslah bahwa rumah tersebut merupakan representasi hukum syariat para nabi terdahulu dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam datang untuk menyempurnakannya. Inilah makna dari Khataman Nabiyyin.

4. Ibn Taimiyyah (Wafat 728 H)[8]

وقوله سبحانه في صفة نبينا صلى الله عليه وسلم: يَأْمُرُهُمْ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهٰىهُمْ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبٰتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبٰۤىِٕثَ. هو بيان الكمال رسالته، فإنه صلى الله عليه وسلم هو الذي أمرالله على لسانه بكل معروف، ونهى عن كل منكر، وأحل كل طيب وحرم كل خبيث، و لهذا روي عنه أنه قال: إنما بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاقِ. وقال في الحديث المتفق عليه: مَثَلِي ومَثَلُ الأنْبِياءِ، كَمَثَلِ رَجُلٍ بَنَى دارًا فأتَمَّها وأَكْمَلَها إلَّا مَوْضِعَ لَبِنَةٍ، فكان النَّاسُ يطيفونَ بها ويَعجَبون من حسنها، ويقولونَ: لَوْلا مَوْضِعُ اللَّبِنَةِ! فأنا تلك اللَّبِنةَ. فبه كمل دين الله المتضمن للأمر بكل معروف والنهي عن كل منكر، وإحلال كل طيب وتحريم كل خبيث. وأما من قبله من الرسل فقد كان يحرم على أممهم بعض الطيبات، كما قال: فَبِظُلْمٍ مِّنَ الَّذِيْنَ هَادُوْا حَرَّمْنَا عَلَيْهِمْ طَيِّبٰتٍ اُحِلَّتْ لَهُمْ. وربما لم يحرم عليهم جميع الخبائث، كما قال تعالى: كُلُّ الطَّعَامِ كَانَ حِلًّا لِّبَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اِلَّا مَا حَرَّمَ اِسْرَاۤءِيْلُ عَلٰى نَفْسِهٖ مِنْ قَبْلِ اَنْ تُنَزَّلَ التَّوْرٰىةُۗ.

وتحريم الخبائث يندرج في معنى، النهي عن المنكر، كما أن إحلال الطيبات يندرج في الأمرالمعروف لأن تحريم الطيبات مما نهى الله عنه، وكذلك الأمر بجميع المعروف والنهي عن كل منكر مما لم يتم إلا للرسول، الذي تمم الله به مكارم الأخلاق المندرجة في المعروف، و قد قال الله تعالى: اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ الْاِسْلَامَ دِيْنًاۗ. فقد أكمل الله لنا الدين، وأتم علينا النعمة، ورضي لنا الإسلام دينًا.       

“Allah Ta’ala berfirman mengenai gambaran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam: dia menyuruh mereka pada yang ma’ruf, mencegah dari yang mungkar, menghalalkan bagi mereka segala yang baik, mengharamkan bagi mereka segala yang buruk.[9] Ini menunjukan kesempurnaan risalah beliau shallallahu ‘alaihi wasallam, sebab sesungguhnya beliau shallallahu ‘alaihi wasallam diperintahkan Allah Ta’ala untuk menyampaikan segala yang ma’ruf dan mencegah segala yang mungkar. Menghalalkan semua hal yang baik (thayib), dan mengharamkan semua hal yang buruk. Dalam sebuah riwayat beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: sesungguhnya aku diutus guna memperbaiki akhlak mulia.[10] Kemudian dalam sebuah hadits mutafaqun alaih beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Perumpamaanku dan para nabi ibarat seorang laki-laki yang membangun rumah. Ia menata dan menyempurnakannya kecuali ada satu lubang batu bata yang belum ada batanya.  lalu orang-orang yang mengelilinginya dibuat takjub dengan keindahannya seraya berkata: ‘Andai saja ada batu bata di lubang ini!’ Dan sesungguhnya aku lah batu bata tersebut.[11] Maka sempurnalah agama Allah melalui beliau, yang meliputi amar ma’ruf, nahi munkar, menghalalkan segala yang baik, dan mengharamkan segala yang buruk. Adapun para rasul sebelum beliau melarang beberapa hal yang baik terhadap umat mereka, sebagaimana Dia berfirman: Maka disebabkan kezaliman orang-orang Yahudi, Kami haramkan atas mereka beberapa hal baik yang dahulu pernah dihalalkan bagi mereka.[12] Bisa jadi tidak semua yang buruk dilarang, sebagaimana Firman-Nya: Semua makanan halal bagi Bani Israil, kecuali makanan yang diharamkan oleh Israil (Ya‘qub) untuk dirinya sebelum Taurat diturunkan.[13]

Mengharamkan segala yang buruk termasuk ke dalam perbuatan nahi munkar, begitu juga menghalalkan segala yang baik termasuk ke dalam perbuatan amar ma’ruf. Hal ini karena larangan terhadap hal-hal yang baik (thayib) merupakan sesuatu yang diharamkan Allah Ta’ala. Amar ma’ruf dan nahi munkar tersebut terpenuhi pada diri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, dan melalui diri beliau inilah Allah Ta’ala menyempurnakan Akhlak Mulia yang termasuk ke dalam hal yang ma’ruf. Oleh karenanya, Allah Ta’ala berfirman: Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamamu.[14] Allah Ta’ala telah menyempurnakan agama ini untuk kita, dan telah melengkapi karunia-Nya kepada kita, dan telah meridhoi Islam sebagai ajaran agama kita.” [Majmu’ al-Fatawa, Vol. 16, hal. 57]

5. Ibn Khaldun (Wafat 808 H)[15]

فيفسّرونَ خَاتَم النبِيِّينَ باللبِنَةِ التي أَكملَتِ البُنبانَ، ومعناه النبيُّ الذي حصلت له النُّبُوَّةُ الكامِلَةُ.   

Terkait:   Pandangan Para Ulama tentang Khataman Nabiyyin

“Mereka menafsirkan Khatamun Nabiyyin yaitu batu bata yang melengkapi bangunan tersebut. Padahal, maknanya adalah seorang Nabi yang memperoleh derajat kenabian paling sempurna.” [Muqaddimah Ibn Khaldun, hal. 300]

6. Ibn Hajar Al-Asqalani (Wafat 852 H)[16]

Dalam tafsir Shahih Bukhari, beliau menulis:

فالمراد هنا النظر إلى الأكمل بالنسبة إلى الشريعة المحمدية مع ما مضى من الشرائع الكاملة   

“Maksud hadits ini yaitu untuk menunjukan begitu sempurnanya syariat Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dibandingkan kesempurnaan syariat para nabi sebelumnya.” [Fathul Bari, Vol. 6, hal. 646]

7. Ibn Imad Al-Aqfashi (Wafat 867 H)[17]

التام: وهو بمعنى الوافي و “الكامل” “المكمِّل” بكسر الميم. “المتمِّم” وهما بمعنى قال تعالى: اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ،…. ومن المكمل قوله صلى الله عليه وسلم: إنما مثلي ومثل الأنْبياء قبلي، كمثل رجل بنى دارًا فأكْملها وأحسنها إلّا موْضعَ لبنة، فجعل النّاس يتعجَبون من حسنها، ويقولون: لوْلا موْضعُ اللّبِنة! فأنا اللّبِنة وأنا خاتم النبيين.      

At-Tamm (التام) : Memiliki makna الكامل atau المكمِّل (menyempurnakan) dengan tanda kasrah pada huruf mim, dan المتمِّم (mencukupi/memenuhi). Kedua makna ini ada dalam firman Allah Ta’ala berbunyi: ‘Pada hari ini Aku telah sempurnakan untukmu agamamu dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku kepadamu.’[18] .… Dan untuk makna dari المكمل (menyempurnakan) Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam telah menyabdakannya sebagai berikut: ‘Perumpamaanku dan para nabi sebelumku adalah seperti seorang pria yang membangun sebuah rumah. Ia melengkapi dan memperbaikinya, kecuali ada satu lubang batu bata yang belum ada batanya.  lalu orang-orang yang mengelilinginya dibuat takjub dengan keindahannya seraya berkata: ‘Andai saja ada batu bata yang ditempatkan di lubang ini!’ Dan sesungguhnya aku lah batu bata tersebut,dan akulah khattaman Nabiyyin.”[19] [Al-Irshad al-Fiqh, Vol 2, hal. 467]

8. Mullah Ali Al-Qari (Wafat 1013 H)[20]

(بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاقِ ) ورواه مالك في الموطأ ولفظه بلغني أن رسول الله صلى الله تعالى عليه وسلم قال بعثت لأتمم حسن الأخلاق ورواه البغوي في شرح السنة بلفظ أن الله بعثني  لتمام مكارِم الأَخلاق وكمال محاسن الأفعال أي الملكات النفسية والحالات القدسية  التي جمعها حسن الخلق المتضمن لأداء حق الحق والخلق مما لا يستحصى ولا يتصور أن يستقصى و فيه إيماء إلى أن الأنبياء كانوا موسومين بالأخلاق الرضية والشمائل البهية إلا أنها لم تكن على وجه الكمال الذي لا يكون فوقه كمال وأنه صلى الله تعالى عليه وسلم مجتمع الأخلاق العلية ومنبع الأحوال السنية بحيث لايتصور فوقها كمال حتى من تعدى عن ذلك الحد وقغ في النقصان في المآل ويدل على ماقررنا على وجه حررنا حديث مثلي ومثل الأنبياء قبلي كمثل قصر أحسن بنيانه وترك منه موضع لبنة فطاف به النظاريتعجبون من حسن بنيانه إلا موضع تلك اللبنة فكنت أنا سددت موضع اللبنة ختم لي النبيون ويشير إلى هذا المبنى قوله تعال (الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ )

“(Aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia). Dalam Al-Muwatta karya Imam Malik, lafaz hadits yang sampai kepada beliau berbunyi: بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ حُسْنَ الأخلاقِ (Aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang baik). Dan dalam Syarah As-Sunnah karya Imam Al-Baghawi, lafaz hadits tersebut berbunyi: إنَّ اللَّهَ بعثني لتمامِ مَكارمِ الأخلاقِ وَكمالِ محاسِنِ الأفعالِ (Sesungguhnya Allah mengutusku untuk menyempurnakan akhlak mulia dan menyempurnakan amal saleh).[21] Maksudnya bahwa kualitas keruhanian, dan daya Qudsiyah beliau shallallahu ‘alaihi wasallam yang berpadu dengan akhlak terpuji meliputi pemenuhan atas hak asasi manusia sudah tidak terhitung jumlahnya dan dianggap telah mencakup seluruhnya. Hal ini menyiratkan fakta bahwa meskipun para nabi memiliki akhlak yang baik dan karakter yang cemerlang namun mereka tidak berada pada taraf sempurna yang bisa melampaui kesempurnaan. Sementara Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam merupakan perpaduan dari akhlak yang paling agung serta sumber dari kondisi keruhanian yang paling luhur, sehingga tidak terpikirkan akan ada kesempurnaan lain yang melampauinya. Kendatipun ada yang berusaha melampaui batas tersebut namun pada akhirnya akan jatuh dalam kekurangan. Dan apa yang telah kami tetapkan ini ditunjukan dengan hadits: ‘Perumpamaanku dengan para nabi sebelumku adalah seperti Istana yang dibangun dengan sangat baik, tetapi masih menyisahkan ruang untuk satu batu bata. Orang-orang yang melihat dan mengelilinginya dibuat takjub dengan keindahannya, kecuali bagian ruang tersisa untuk satu batu bata. Dan aku yang mengisi ruang satu bata tersebut (labinah), dan denganku juga bangunanpara nabi tersebut khatam.’ Bangunan tersebut disinggung dalam firman Allah Ta’ala: الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ (Hari ini telah Aku sempurnakan untuk kamu agamamu)[22].” [Sharh al-Shifa, Vol 1, hal. 230]

9. Isma’il Haqqi al-Bursawi (Wafat 1127 H)[23]

فالدين من عهد آدم عليه السلام كان في التكامل بسلوك ألأنبياء سبيل الحق إلى عهد النبي عليه الصلاة و السلام فكل نبي سلك في الدين مسبكاً أنزله بقربه من مقامات القرب …. ولكن في حجة الوداع في يوم عرفة عند وقوفه بعرفات أظهرعلى ألأمة عند إظهاره على الأديان كلها وظهور كمالية الدين بنزول الفرائض وألأحكام بالتمام فقال : (ٱلْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِى وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلْإِسْلَٰمَ دِينًا ۚ ) ويدل على هاذا التأويل ما روى أبوهريرة قال : قال رسول الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَثَلِي ومَثَلُ الأنْبِياءِ مِن قَبْلِي كَمَثَلِ رَجُلٍ ابْتَنَى بُيُوتًا فأحْسَنَها وأَجْمَلَها وأَكْمَلَها، إلَّا مَوْضِعَ لَبِنَةٍ مِن زاوِيَةٍ مِن زَواياها، فَجَعَلَ النَّاسُ يَطُوفُونَ ويُعْجِبُهُمُ البُنْيانُ فيَقولونَ: ألّا وضَعْتَ هاهُنا لَبِنَةً فَيَتِمَّ بناؤها.قالَ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ : فَأنا اللَّبِنَةَ. متفق على صحته فصح ماقرر من مقامات الأنبياء وتكامل الدين بهم وكماليته بالنبي عليه السلام                

“Agama, sejak zaman Adamas terus berkembang mengarah kepada kesempurnaan melalui perilaku para nabi yang berjalan di atas kebenaran hingga zamannya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Setiap nabi menjalankan agama yang diwahyukan kepada mereka sesuai maqam keruhanian yang terdekat.…..  Akan tetapi pada Hari Arafah saat Haji Wada, ketika beliau shallallahu ‘alaihi wasallam wuquf di Arafah, diperlihatkan lah kepada umat beliau shallallahu ‘alaihi wasallam dimana keunggulan beliau atas semua agama menjadi jelas dan kesempurnaan agama menjadi nyata dengan diturunkannya kewajiban-kewajiban dan hukum-hukum secara lengkap. Oleh karena itulah Dia berfirman: (ٱلْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِى وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلْإِسْلَٰمَ دِينًا ۚ ), “Pada hari ini, telah Aku sempurnakan bagimu agamamu dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku atasmu dan telah Aku ridhoi Islam sebagai agamamu.”[24] Penafsiran ini didukung dengan apa yang diriwayatkan Abu Hurairah, bahwa Rasulullahshallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Perumpamaanku dengan para nabi sebelumku adalah seperti orang yang membangun sebuah rumah. Dibaguskan, dpercantik dan disempurnakanlah bangunan tersebut kecuali ruang satu batu bata di salah satu sudutnya. Lalu orang-orang pun berkeliling dengan rasa kagum terhadap bangunan tersebut, dan berkata: Kenapa batu di tempat ini belum dipasang sehingga bangunanmu menjadi sempurna? Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Akulah batu bata tersebut.”[25] Jadi hal ini memperjelas apa yang telah ditetapkan perihal maqam kerohani para Nabi, dimana yang melengkapi agama adalah mereka, sementara yang menyempurnakannya adalah Nabisaw.” [Tafsir Ruhul-Bayan, Vol 2, hal. 301]

Terkait:   Nabi Masih Bisa Datang Dalam Islam: Tiga Ayat Al-Qur'an

Sanggahan Terhadap Pemahaman Suni

Klaim bahwa setiap batu bata mewakili satu nabi sebenarnya adalah sebuah penistaan terhadap agama. Sebab hal itu merendahkan derajat seorang nabi yang diberi gelar Rahmatan Lil alamin dan Khataman Nabiyyin. Artinya, beliau shallallahu ‘alaihi wasallam disejajarkan dengan para nabi yang bahkan tidak diberi syariat apa pun, apalagi yang sifatnya sempurna dan universal seperti syariat Islam.

Lebih jauh lagi, klaim bahwa setiap nabi mewakili masing-masing batu bata malah lebih bermasalah sebab bagaimana mungkin syariat yang paling sempurna (yakni Islam) hanya diberi satu batu bata, sementara syariat sebelumnya telah diberi banyak batu bata? Misalnya, syariat Musaas telah diberi begitu banyak batu bata karena memiliki banyak sekali nabi di bawahnya seperti Harunas, Daudas, Sulaimanas, Yunusas, Yahyaas, Isaas dan lain sebagainya

Selain itu, umat Islam non-Ahmadi juga meyakini bahwa sepeninggalan Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam akan ada Isaas yang datang sebagai seorang nabi. Artinya bahwa batu bata Isaas akan dilepas dan ditambahkan setelah Muhammadsaw sehingga menjadikan Isaas sebagai batu bata terakhir.

Ringkasan

Singkatnya, Khataman Nabiyyin merupakan gelar keagungan Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Hadits batu bata tersebut merupakan tafsir dari ayat (ٱلْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ) dan membuktikan bahwa beliau shallallahu ‘alaihi wasallam memang penyempurna dari bangunan syariat tersebut.

Penerjemah: Mln. Yusuf Awwab

Sumber: White Minaret


[1] Lihat juga No. 8969 untuk versi Al-Alamiyah. (Penerjemah)

[2] Beliau bernama, Abu Qasim Hussein bin Muhammad bin Mufadhal Al-Isfahani. Seorang cendikiawan muslim Sunni ahli sastra, sejarah, syair dan pakar dalam Ilmu balaghah. Beberapa sejarawan berbeda pendapat perihal kewafatannya, ada yang berpendapat beliau wafat tahun 450 H tapi ada juga yang mengatakan beliau wafat tahun 502 H di Baghdad. Salah satu karya beliau yang terkenal lainnya yaitu Al- Mufradat fi Gharib al-Qur’an yang dianggapi menempati urutan pertama di antara karya-karya leksikografi Arab yang berkaitan dengan Al-Qur’an. (Penerjemah)

[3] QS. Al-Baqarah 2: 144. (Penerjemah)

[4] HR. Al-Baihaqi, No. 21301; Imam Al-Albani dalam kitabnya As-Silsilah Al-Hadits As-Shahihah menilai hadits ini Shahih. Dikeluarkan juga dalam Musnad Ahmad No. 8952 dengan redaksi sbb:إِنَّمَا بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ صَالِحَ الْأَخْلَاقِ  (Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang baik); Lihat juga No. 8595 untuk Musnad Ahmad versi Al-Alamiyah, (Penerjemah)

[5] QS. Al-Maidah 5: 4. (Penerjemah)

[6] Beliau bernama, Abu Bakar Muhammad ibn Al-Arabi Al-Maliki, dipanggil Ibn Al-Arabi. Beliau sosok yang berbeda dengan Ibn Arabi, ulama tasawuf  yang bergelar Muhyiddin Ibn Arabi (wafat 637 H). Beliau Seorang Qadhi dan juga Ulama ahli fiqih dari mazhab Maliki. Salah satu karya monumental beliau adalah Ahkam al-Qur’an, tafsir bercorak fikih. (Penerjemah)

[7] Beliau bernama, Abu Al-Faraj Abdurrahman Ibn Al-Jauzi. Beliau ulama mazhab Hanbali yang memiliki garis keturunan langsung kepada Hahdrat Abu bakar As-Siddiq. Beliau sudah yatim piatu sejak berusia 3 tahun. (Penerjemah)

[8] Beliau bernama, Abu Abbas Taqiyuddin Ahmad ibn Taimiyyah, guru dari Ibn Qayyim Al-Jauziyyah. Beliau Seorang ulama fiqih Mazhab Hanbali. Maj’mual Fatwah adalah karya beliau yang fenomenal. (Penerjemah)

[9] QS. Al ‘Araf 7:158

[10] HR. Imam Baihaqi, Kitab Sunan Al-Kubro, Jild. 10, hal. 192

[11] HR. Imam Bukhari, Kitab Manaqib, No. 3535; dan HR. Imam Muslim, Kitabul Fadhail, No. 2286

[12] QS. An-Nisa 4:161

[13] QS. Ali Imran 3:94

[14] QS. Al-Maidah 5:4

[15] Beliau bernama, Abu Zaid Abdurrahman Ibn Muhammad Ibn Khaldun. Lebih dikenal dengan sebutan Ibnu Khaldun. Beliau seorang cendikiawan muslim asal Tunisa, dijuluki bapak historiografi, sosiologi, ekonomi dan demografi. Ahli Ekonomi Paul Krugman menyebut: Ibn Khaldun merupakan seorang filsuf Islam abad ke-14 yang mendasari ditemukannya ilmu yang hari ini kita sebut the social sciences (ilmu sosial). (Penerjemah)

[16] Seorang Ulama terkemuka ahli hadits bermazhab Syafi’i. Al-Asqalani sendiri diambil dari nama Ashkelon (Asqhelon) yaitu nama kota yang terletak di pesisir laut palestina. Karya beliau yang termasyhur adalah Fathul Bari. (Penerjemah)

[17] Beliau lahir tahun 750H, seorang Hakim dan ahli fiqih dari mazhab Syafi’I. Nama lengkapnya adalah Syihabuddin Ahmad Ibn Imad Ibn Yusuf Ibn Abdu Nabiy Ibn Abu Abbas Al-Aqfahsi. Terkenal dengan sebutan Ibn Imad Aqfahsi.(Penerjemah)

[18] QS. Al-Maidah 5: 4

[19] HR. Bukhari & Muslim

[20] Nama lengkapnya adalahNuruddin Abu Hasan Ali ibn Sultan Muhammad Hirawi al-Qari. Ulama Mazhab Hanafi. (Penerjemah)

[21] Al-Baghawi, Syarah As-Sunnah, No. 3622; Al-Baihaqi, Syua’bil Imani, No. 7979; Thabrani, Al-Mu’jamul Aswat, No. 6895

[22] QS. Al-Maidah 5: 4. (Penerjemah)

[23] Ulama Sufi yang hidup pada masa Kekhalifahan Utsmaniyah, Turki. Karya terkenalnya adalah Ruhul Bayan. (Penerjemah)

[24] QS. Al-Maidah 5: 4. (Penerjemah)

[25] HR. Bukhari No. 3271; Muslim No. 4238 dan Ahmad No. 7768 (Penerjemah)

Leave a Reply

Begin typing your search above and press return to search.
Select Your Style

You can choose the color for yourself in the theme settings, сolors are shown for an example.