Benarkah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam memaksa orang lain untuk masuk Islam?

nabi muhammad memaksa masuk islam?

Jawabannya tidak. Juru tulis Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam meninggalkan Islam dan diizinkan untuk kembali ke Mekah tanpa disakiti atau dihalangi. Kejadian ini menggambarkan bahwa tidak ada orang yang diteror untuk menerima Islam oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Para kritikus yang menggambarkan bahwa orang-orang ‘diteror untuk beriman’ itu mengutip Surah Al-Anfal: 13 yang berbunyi:

اِذْ يُوْحِيْ رَبُّكَ اِلَى الْمَلٰۤىِٕكَةِ اَنِّيْ مَعَكُمْ فَثَبِّتُوا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْاۗ سَاُلْقِيْ فِيْ قُلُوْبِ الَّذِيْنَ كَفَرُوا الرُّعْبَ فَاضْرِبُوْا فَوْقَ الْاَعْنَاقِ وَاضْرِبُوْا مِنْهُمْ كُلَّ بَنَانٍۗ

“Ketika Tuhan engkau mewahyukan kepada para malaikat, “Sesungguhnya Aku besertamu, maka teguhkanlah orang-orang yang beriman. Aku akan memasukkan rasa takut ke dalam hati orang-orang kafir. Maka pukullah pada leher mereka dan pukullah pada tiap ujung jari mereka.”

Ayat ini menggambarkan peristiwa Badr, sebuah peperangan yang dilakukan umat Islam untuk mempertahankan diri melawan serangan tentara Mekkah.

Terkait:   Apakah Rasulullah mengajarkan Hukuman Mati bagi Orang yang Murtad?

Dalam Perang Badr, 313 pasukan Islam yang tidak terlatih yang terdiri dari pria dan anak-anak, membela hak mereka untuk dapat bebas menjalankan ibadah, melawan 1000 tentara Mekkah yang terlatih dan memiliki persenjataan lengkap.

Bahkan, banyak pasukan Islam yang berjuang mempertahankan diri dengan tongkat dan pedang kayu, sungguh menyedihkan.

Dalam surah Al-Anfal: 13 di atas Allah mengingatkan umat Islam bahwa kemenangan yang mereka dapatkan semata karena pertolongan Allah taala melalui para Malaikat, bukan karena upaya mereka sendiri.

Ayat ini tidak ada yang menunjukkan, menyarankan atau memerintahkan untuk melakukan teror ke dalam hati orang-orang yang belum menerima Islam. Ayat ini merujuk pada balasan Allah Taala kepada pihak-pihak yang telah menganiaya umat Islam tanpa henti di mekah selama 13 tahun, yang bahkan memburu umat Islam selama sebulan perjalanan ke Madinah untuk membunuh mereka.

Terkait:   Keteladanan Para Sahabat Nabi Muhammad shallAllahu ‘alaihi wasallam (Manusia-Manusia Istimewa, seri 37)

Sumber : Alislam.org – Did Muhammad terrorize people to accept Islam?
Penerjemah: Lisa Aviatun Nahar