Keteladanan Para Sahabat Nabi Muhammad shallaLlahu ‘alaihi wa sallam (Manusia-Manusia Istimewa, seri 70)
Pembahasan lanjutan mengenai seorang Ahlu Badr (Para Sahabat Nabi Muhammad (saw) peserta perang Badr), Hadhrat Thalhah Bin Ubaidullah radhiyAllahu ta’ala ‘anhu.
Khotbah Jumat
Sayyidina Amirul Mu’minin, Hadhrat Mirza Masroor Ahmad, Khalifatul Masih al-Khaamis (ayyadahullaahu Ta’ala binashrihil ‘aziiz) pada 13 Maret 2020 (Aman 1399 Hijriyah Syamsiyah/ 17 Rajab 1441 Hijriyah Qamariyah) di Masjid Mubarak, Islamabad, Tilford, UK (United Kingdom of Britain/Britania Raya)
أشْهَدُ أنْ لا إله إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لا شَرِيك لَهُ ، وأشْهَدُ أنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ. أما بعد فأعوذ بالله من الشيطان الرجيم.
بسْمِ الله الرَّحْمَن الرَّحيم * الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمينَ * الرَّحْمَن الرَّحيم * مَالك يَوْم الدِّين * إيَّاكَ نَعْبُدُ وَإيَّاكَ نَسْتَعينُ * اهْدنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقيمَ * صِرَاط الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْر الْمَغْضُوب عَلَيْهمْ وَلا الضالِّينَ. (آمين)
Riwayat sahabat Badr yang akan disampaikan pada hari ini bernama Hadhrat Thalhah Bin Ubaidullah radhiyAllahu ta’ala ‘anhu (أبو محمد طلحة بن عبيد الله بن عثمان بن عمرو بن كعب بن سعد بن تيم بن مرّة بن كعب بن لؤي بن غالب). Beliau berasal dari kabilah Banu Taim Bin Murrah. Ayahanda beliau bernama Ubaidullah Bin Utsman.
Ibunda beliau bernama Sha’bah, putri Abdullah Bin Imad al-Hadhrami (الصَّعبة بنت عبد الله بن عماد بن مالك بن ربيعة بن أكبر بن مالك بن عُويف بن مالك بن الخزرج بن إياد بن الصّدف بن حضرموت بن كندة). Ibu beliau saudari Hadhrat ‘Alaa Bin al-Hadhrami atau (‘Alaa putra orang Hadhrami) (العلاء بن الحضرمي). Hadhrat Thalhah dipanggil Abu Muhammad.[1]
Nama Ayahanda dari Hadhrat ‘Alaa dan Ibu Hadhrat Thalhah yang disebut Al-Hadhrami ialah Abdullah Bin Ibad (عبد الله بن عباد بن ربيعة). Hadhrat ‘Alaa berasal dari Hadhr Maut. Beliau adalah pendukung Harr Bin Umayyah. Baginda Nabi (saw) pernah menetapkan beliau (Hadhrat ‘Alaa al-Hadhrami) sebagai gubernur Bahrain dan terus menjabat sampai akhir hayat beliau. Beliau wafat pada 14 Hijri, pada masa kekhalifahan Hadhrat Umar Ra.
Seorang saudara beliau, Amir Bin al-Hadhrami terbunuh dalam keadaan kufur pada perang Badr. Seorang saudara lainnya yang bernama Amru Bin al-Hadhrami merupakan orang pertama dari antara kaum musyrik yang terbunuh oleh seorang Muslim dan hartanya merupakan yang pertama sebagai khumus dalam Islam.
Silsilah mata rantai leluhur Hadhrat Thalhah Bin Ubaidullah dan Baginda Nabi (saw) bertemu pada generasi ketujuh yang bernama Murrah Bin Ka’b [yang juga menurunkan Kilab, ayah Qushay]. Sementara itu, pertemuan jalur kakek moyang dengan Hadhrat Abu Bakr ialah pada generasi urutan yang keempat [yaitu bertemu pada ‘Amru bin Ka’b bin Sa’d bin Taim (عَمْرو بن كَعْب بن سَعْد بن تَيْم)].
Ubaidullah, Ayah Hadhrat Thalhah (ra) tidak mendapati zaman Islam namun ibunda beliau berumur panjang dan beriman kepada Rasulullah lalu mendapatkan kehormatan sebagai sahabiyah (Sahabat wanita Ra). Beliau baiat sebelum Hijrah.
Hadhrat Thalhah Bin Ubaidullah tidak ikut serta pada perang Badr namun Rasul menetapkan bagian harta ghanimah bagi beliau. Dijelaskan mengenai sebab beliau tidak ikut serta pada perang Badr setelah Rasulullah memperkirakan keberangkatan kafilah Quraisy dari Syam (Suriah dsk sekarang), lalu Rasulullah mengutus Hadhrat Thalhah Bin Ubaidullah dan Hadhrat Said Bin Zaid pada sepuluh hari sebelum keberangkatannya untuk tujuan mencari informasi berkenaan dengan kafilah Quraisy tersebut.
Ketika keduanya berangkat dan sampai di Haura (الحوراء), mereka menunggu di sana sampai kafilah melewati tempat mereka berada. Haura merupakan area pemberhentian yang terletak di Bahirah Ahmar (Laut Merah) yang biasa dilalui oleh kafilah yang berjalan diantara Hijaz dan Syam. Sebelum Hadhrat Thalhah dan Hadhrat Sa’id Bin Zaid bin ‘Amru bin Nafil (سعيد بن زيد بن عمرو بن نفيل) kembali ke Madinah Hadhrat Rasulullah ternyata telah mendapatkan kabar tersebut.
Rasul memanggil para sahabat dan berangkat dari Madinah menuju kafilah Quraisy tersebut. Akan tetapi, ternyata Kafilah Quraisy itu menggunakan jalan lain yakni melaju pesat melalui jalan pantai. Mengenai hal itu pernah saya sampaikan sebelumnya. Kafilah Kufar Makkah pun terus berjalan siang malam untuk menghindari orang-orang yang menyasar mereka.
Sementara Hadhrat Thalhah dan Hadhrat Sa’id berjalan menuju Madinah untuk mengabarkan perihal kafilah Kufar kepada Rasulullah. Keduanya tidaklah mengetahui perihal keberangkatan Rasulullah menuju perang Badr. Mereka sampai di Madinah pada hari ketika Rasulullah Saw bertempur dengan lasykar Quraisy pada perang Badr.
Mereka berdua berangkat dari Madinah untuk menjumpai Rasulullah dan berjumpa dengan Rasulullah di daerah Turban sekembalinya beliau dari perang Badr. Turban adalah sebuah lembah yang berjarak 19 Mil dari Madinah yang mana di sana banyak sekali terdapat sumur yang airnya bermutu baik. Rasul singgah di tempat tersebut ketika dalam perjalanan menuju Badr.
Hadhrat Thalhah dan Hadhrat Sa’id tidak ikut serta pada perang Badr, namun Rasulullah memberikan jatah bagian harta ghanimah kepada mereka berdua sebagaimana telah disebutkan di awal. Alhasil, keduanya ditetapkan ikut serta pada perang Badr.[2]
Hadhrat Thalhah ikut serta pada perang Uhud dan seluruh peperangan lainnya. Begitu pun beliau ikut serta pada saat perjanjian Hudaibiyah.
Beliau termasuk 10 orang yang diberi kabar suka ketika hidupnya bahwa mereka calon ahli surga.[3] Beliau termasuk 8 orang yang paling pertama menerima Islam. Beliau juga termasuk 5 orang yang menerima Islam dengan perantaraan Hadhrat Abu Bakr. Beliau juga termasuk salah satu anggota komite syura [lembaga pemberi musyawarah secara intens] yang dibentuk oleh Hadhrat Umar Ra. Beliau adalah salah seorang yang diridhai oleh Rasulullah ketika wafatnya.
(عَنْ يَزِيدَ بْنِ رُومَانَ قَالَ :) Yazid Bin Ruman meriwayatkan, خَرَجَ عُثْمَانُ بْنُ عَفَّانَ , وَطَلْحَةُ بْنُ عُبَيْدِ اللهِ عَلَى أَثَرِ الزُّبَيْرِ بْنِ الْعَوَّامِ , فَدَخَلاَ عَلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى الله عَلَيه وسَلَّم , فَعَرَضَ عَلَيْهِمَا الإِسْلاَمَ , وَقَرَأَ عَلَيْهِمَا الْقُرْآنَ , وَأَنْبَأَهُمَا بِحُقُوقِ الإِسْلاَمِ , وَوَعَدَهُمَا الْكَرَامَةَ مِنَ اللهِ , فَآمَنَا وَصَدَّقَا ، فَقَالَ عُثْمَانُ : suatu ketika Hadhrat Usman, Hadhrat Thalhah Bin Ubaidullah keduanya berangkat di belakang Hadhrat Zubair Bin Awwam dan hadir di hadapan Rasulullah Saw. Rasulullah (saw) menyampaikan pesan Islam kepada mereka berdua, memperdengarkan Al-Qur’an dan menjelaskan kepada mereka perihal hak-hak dan kewajiban-kewajiban dalam (ajaran) Islam. Rasul juga menjanjikan kepada mereka berdua kemuliaan yang akan didapatkan dari Allah Ta’ala. Keduanya lalu baiat dan membenarkan Rasulullah.
Hadhrat Usman berkata, يَا رَسُولَ اللهِ قَدِمْتُ حَدِيثًا مِنَ الشَّامِ فَلَمَّا كُنَّا بَيْنَ مَعَانٍ وَالزَّرْقَاءِ “Wahai Rasulullah! Saya baru-baru ini pulang dari negeri Syam dan ketika saya tiba di Mu’aan dalam perjalanan pulang.”
Mu’an ialah suatu tempat yang terletak sebelum Mu-tah (dari arah Makkah ke Syam). Pada pertempuran Mu-tah, orang-orang Muslim mendapat kabar 200 ribu prajurit Romawi tengah bersiap untuk menyerang umat Islam. Lasykar Muslim tinggal selama dua hari di tempat itu.
Dikatakan oleh Hadhrat ‘Utsman, “Ketika kami sampai di antara Ma’aan dan Zurqah (yang berdekatan dengan Mu’aan) kami memasang tenda di sana. Ketika kami tengah tidur, ada seorang yang mengumumkan, أَيُّهَا النِّيَامُ ، هُبُّوا ؛ فَإِنَّ أَحْمَدَ قَدْ خَرَجَ بِمَكَّةَ ‘Wahai orang-orang yang tidur! Bangunlah! Ahmad telah datang di Makkah.’ Sepulangnya kami dari sana, kami mendengar kabar perihal Anda (Rasulullah shallallahu ‘alaih wasallam).”[4]
Thalhah Bin Ubaidullah meriwayatkan, حضرت سوق بُصرى، فإذا راهب في صومعته يقول: “Pada suatu ketika saya tengah berada di pasar Boshra.” Boshra (sebuah kota besar di negeri Syam) ialah sebuah kota yang disinggahi oleh Nabi (saw) ketika beliau (saw) masih remaja menyertai uwak beliau (Abu Thalib) dalam perjalanan dagang.
Thalhah Bin Ubaidullah meriwayatkan, “Ada seorang Rahib di tempat ibadah Yahudi mengatakan, سلوا أهل الموسم، أفيهم أحدٌ من أهل الحرم؟ ‘Wahai para pedagang, adakah di antara tuan-tuan yang berasal dari kota Makkah?’
نعم أنا. “Ya, saya penduduk Makkah,” sahut saya (Thalhah).
هل ظهر أحمد بعد؟ “Sudah munculkah orang di antara kalian orang bernama Ahmad?” tanyanya.
ومن أحمد؟ “Ahmad yang mana?”
Pendeta itu berkata: ابن عبد الله بن عبد المطلب، هذا شهره الذي يخرج فيه، وهو آخر الأنبياء، مخرجه من الحرم، ومهاجره إلى أرض ذات نخلٍ، فإياك أن تُسبق إليه. “Ia putra Abdullah bin Abdul Muthalib. Bulan ini pasti muncul sebagai Nabi terakhir. Kelak ia akan hijrah dari negerimu ke negeri berbatu-batu hitam yang banyak pohon kurmanya. Negeri itu subur makmur, memancarkan air dan garam. Sebaiknya engkau segera menemuinya dan jangan mengabaikannya, wahai anak muda!” sambung pendeta itu.
Ucapan pendeta itu begitu membekas di hati Thalhah (ra)hingga tanpa menghiraukan kafilah dagang di pasar ia langsung pulang ke Makkah.
Setibanya di Makkah, ia langsung bertanya kepada keluarganya, هل من حدثٍ؟ “Ada peristiwa apa sepeninggalku?”
Keluarganya menjawab, نعم محمد بن عبد الله الأمين تنبأ وقد تبعه ابن أبي قحافة “Ada Muhammad bin Abdullah Al-Amin (Al-Amin ialah gelar orang-orang Makkah kepada Nabi (saw) yang artinya terpercaya) mendakwakan dirinya Nabi. Ibnu Abu Qahafah (putra Abu Qahafah, julukan untuk Abu Bakr) telah mempercayai dan mengikuti apa yang dikatakannya,” jawab mereka.
Setelah itu Thalhah langsung mencari Abu Bakr dan bertanya, اتبعت هذا الرجل؟ “Benarkah Muhammad bin Abdullah telah menjadi Nabi dan engkau mengikutinya?”
Abu Bakr radhiyallaahu ‘anhu berkata, نعم، فانطلق فاتبعه ‘Betul. Kamu pun silahkan jumpai beliau dan berimanlah karena beliau menyeru pada kebenaran.”
Thalhah ganti bercerita tentang pertemuannya dengan seorang Rahib di Boshra. Abu Bakr lalu ia mengajak Thalhah untuk menemui Rasulullah. Hadhrat Thalhah baiat masuk Islam dan menceritakan apa yang dikatakan oleh pendeta tadi. Mendengar itu Rasulullah merasa bahagia. Hal ini tertulis dalam buku Tarikh (sejarah) bernama ath-Thabaqah al-Kubra [karya Muhammad ibnu Sa’d].[5]
Ketika Naufal bin Khuwailid Al-Adawiyah (نوفل بن خويلد بن العدوية, penentang Nabi) mengetahui Hadhrat Thalhah masuk Islam, dengan segera dia mengambil tali dan mengikat Hadhrat Thalhah dan Hadhrat Abu Bakr (ra) dalam satu ikatan. Keduanya dijuluki Qarinain (القرينين, dua orang yang bersahabat). Naufal bin Khuwailid terkenal dengan sikap kerasnya di kalangan Quraisy Makkah.[6]
Saudara Hadhrat Thalhah yang bernama ‘Utsman Bin Ubaidullah termasuk diantara yang mengikat. Mereka diikat supaya tidak dapat pergi menemui Rasulullah dan juga supaya keluar dari Islam.
Di dalam riwayat Al-Baihaqi disebutkan pula Rasulullah Shalallahu ‘alahi wa sallam berdoa, اللَّهُمَّ اكْفِنَا شَرَّ ابن الْعَدَوِيَّةِ “Ya Allah, lindungilah mereka dari kejahatan Naufal al-Adawiyah.”[7]
(عن مسعود بن حراش) Hadhrat Mas’ud Bin Khiraasy (ra) meriwayatkan, بينا أنا أطوف بين الصفا والمروة إذا ناس كثير يتبعون فتى شابا موثقا يده في عنقه “Suatu hari saya tengah mengelilingi diantara Safa dan Marwah. Saya melihat banyak sekali orang yang tengah menggiring seorang pemuda yang tangannya diikat ke leher.
Saya bertanya, مَا شَأْنَهُ؟ ‘Siapa orang ini?’
Mereka menjawab: هَذَا طَلْحَةُ بن عُبَيْدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ صَبَأَ وَامْرَأَةٌ وَرَاءَهُ تُدَمْدِمُ وَتَسُبُّه ‘Dia adalah Thalhah Bin Ubaidullah yang sudah keluar dari kepercayaannya [paganis, menyembah berhala].’ هذه أمه الصعبة بنت الحضرمي Saat itu ibu beliau, Sha’bah pun ikut di belakang mereka memaki-maki Hadhrat Thalhah.”[8]
Abdullah Bin Sa’d meriwayatkan dari ayahnya (عن عبد الله بن سعد عن أبيه قال), لما ارتحل رسول الله صلى الله عليه وسلم من الخرار في هجرته إلى المدينة فكان الغد لقيه طلحة بن عبيد الله جائيا من الشام في عير فكسا رسول الله صلى الله عليه وسلم وأبا بكر من ثياب الشام وخبر رسول الله صلى الله عليه وسلم أن من بالمدينة من المسلمين قد استبطؤوا رسول الله فعجل رسول الله صلى الله عليه وسلم السير ومضى طلحة إلى مكة حتى فرغ من حاجته ثم خرج بعد ذلك مع آل أبي بكر فهو الذي قدم بهم المدينة “Ketika Rasulullah (saw) beranjak dari Al-Kharrar (Sebuah tempat di dekat hijaz, dan dikatakan juga bahwa itu merupakan salah satu lembah di Madinah) pada saat hijrah ke Madinah, beliau bertemu dengan Thalhah bin Ubaidillah yang baru datang dari Syam bersama sebuah kafilah. Thalhah menghadiahkan Rasulullah (saw) dan Abu Bakr dengan pakaian dari Syam, dan memberitahu Rasulullah (saw) bahwasanya kaum Muslimin yang berada di Madinah telah menunggu kedatangan beliau. Rasulullah (saw) mempercepat jalannya, sementara Thalhah meneruskan perjalanannya ke Makkah hingga menyelesaikan seluruh urusannya. Setelah itu ia pun hijrah bersama keluarga Abu Bakr. Dialah yang membawa mereka ke Madinah.”[9]
Ketika Hadhrat Thalhah dan Hadhrat Zubair menerima Islam di Makkah, sebelum hijrah Rasulullah menjalinkan persaudaraan antara keduanya. Ketika umat Muslim hijrah ke Madinah, Rasulullah menjalinkan persaudaraan antara Hadhrat Thalhah dengan Hadhrat Abu Ayyub Anshari (أبي أيوب خالد بن زيد).[10]
Dalam riwayat lain dikatakan bahwa Rasulullah menjalinkan persaudaraan antara Hadhrat Thalhah dengan Hadhrat Sa’id Bin Zaid bin ‘Amru bin Nafil (سعيد بن زيد بن عمرو بن نفيل). Berdasarkan riwayat lainnya lagi ialah dengan Hadhrat Ubay Bin Kaab (أبي بن كعب). Ketika di Madinah tinggal di rumah Hadhrat As’ad Bin Zurarah.[11]
Atas dasar pengorbanan harta yang beliau lakukan, Rasul menjuluki Hadhrat Thalhah dengan sebutan al-Fayyadh (amat dermawan). Sebagaimana diriwayatkan pada kesempatan perang Dzi Qardz (غزوة ذي قَرَد), Rasulullah Saw datang ke sebuah sumur dan beliau bertanya mengenai nama sumur tersebut.
Kemudian para sahabat menjawab, “Ya Rasulullah, nama sumur itu adalah Baysan (بَيْسان مالح) karena rasanya asin.”
Rasulullah Saw pun bersabda, “Tidak, nama sumur itu adalah Na’maan (نَعْمَان، وهو طيب) karena rasanya pun manis dan bersih”.
Kemudian Thalhah bin Ubaidullah (ra), membeli sumur tersebut dan mewakafkannya (mendermakannya bagi kepentingan publik umat Muslim), dan airnya berubah menjadi manis. Ketika Hadhrat Thalhah datang menemui Rasul dan melaporkan hal itu, Rasulullah Saw bersabda, مَا أنْتَ يا طَلُحة إلا فَيَّاضٌ “Ya Thalhah, kamu sangat dermawan.”[12]
Setelah itu, beliau dipanggil dengan sebutan Thalhah al-Fayyadh (طَلْحَةَ الْفَيَّاضَ).
(عَنْ مُوسَى بْنِ طَلْحَةَ ، عَنْ أَبِيهِ طَلْحَةَ ، قَالَ 🙂 Musa Bin Thalhah meriwayatkan dari ayahnya, سماني رسول الله صلى الله عليه وسلم يوم أحد طلحة الخير ويوم العسرة طلحة الفياض ويوم حنين طلحة الجود “Pada perang Uhud Rasul menjuluki saya (Thalhah) dengan sebutan Thalhah al-Khair (طَلْحَةَ الْخَيْرَ). Sedangkan pada perang Tabuk dan Dzi Qard dijuluki Thalhah al-Fayyadh dan pada perang Hunain Thalhah al-Juud (طَلْحَةَ الْجُودَ).” Artinya juga sama yaitu dermawan.[13]
As-Saa-ib bin Yazid (عن السائب بن يزيد) berkata tentang Thalhah (ra), صحبت طلحة بن عبيد الله في السفر والحضر فلم أخبر أحدا أعم سخاء على الدرهم والثوب والطعام من طلحة “Saya berkawan dengan Thalhah baik dalam perjalanan maupun sewaktu bermukim. Saya melihat tidak ada seorang pun yang lebih dermawan dari dia dalam mendermakan uang, sandang dan pangannya.”[14]
Pada satu saat dalam perang uhud ketika pada lahiriahnya pasukan Muslim terlihat mengalami kekalahan Rasulullah (saw) mengambil janji setia untuk mengorbankan jiwa. Para sahabat tetap teguh dan bermain-main dengan ancaman bahaya jiwanya untuk melindungi Rasulullah (saw) sampai-sampai beberapa diantara mereka syahid. Diantara orang yang baiat janji setia pada saat itu adalah Hadhrat Abu Bakr, Hadhrat Umar, Hadhrat Thalhah, Hadhrat Sa’d, Hadhrat Sahl bin Hunaif dan Hadhrat Abu Dujanah.[15]
Hadhrat Thalhah bersama dengan Rasulullah pada saat perang Uhud. Beliau termasuk sahabat yang pada saat itu tetap teguh menyertai Rasulullah (saw) dan baiat janji setia untuk syahid. Malik Bin Zuhair (مالك بن زهير, dari pihak musuh) melontarkan panah ke arah Rasulullah, Hadhrat Thalhah melindungi wajah Rasulullah dengan tangannya. Anak panah mengenai kelingking beliau yang menyebabkan kelumpuhan. Ketika panah mengenai jari tersebut, beliau mengeluarkan sedikit suara karena sakitnya. Rasul bersabda, لو قال بسم الله لدخل الجنة والناس ينظرون “Seandainya ia mengucapkan bismillah, maka ia akan masuk surga dalam keadaan orang-orang tengah menyaksikannya.”[16]
Dalam buku-buku Sejarah lebih lanjut disebutkan bahwa pada hari perang Uhud tersebut seorang Musyrik melukai kepala Hadhrat Thalhah sebanyak dua kali pukulan, pertama ketika ketika beliau mengarah padanya sedangkan yang kedua kali, ketika beliau berbalik darinya, dampaknya cukup banyak darah beliau keluar.
Riwayat lain berkenaan dengan kejadian serupa itu tertulis dalam as-Sirah al-Halbiyah bahwa Qais Bin Abu Hazim menuturkan, “Saya melihat keadaan tangan Hadhrat Thalhah bin Ubaidullah pada saat perang Uhud yang kemudian lumpuh karena digunakan untuk melindungi wajah Rasululah dari tembakan anak-anak panah.”[17]
Dalam satu riwayat lain dikatakan (عن قيس بن أبي حازم قال), رأيت يد طلحة بن عبيدالله شلاء وقى بها رسول الله صلى الله عليه وسلم يوم أحد “Karena tangan beliau tertembak anak-anak panah sedemikian banyaknya darah mengalir sehingga beliau pingsan. Hadhrat Abu Bakr menyiprati beliau dengan air. Beliau seketika sadar dan langsung bertanya, ما فعل رسول الله ؟ ‘Bagaimana kabar Rasulullah.’
Hadhrat Abu Bakr berkata, هو بخير، وهو أرسلني إليك ‘Beliau (saw) baik-baik saja. Beliau-lah yang mengirim saya kemari.’
Hadhrat Thalhah berkata, الْحَمْدُ لِلّهِ كُلّ مُصِيبَةٍ بَعْدَهُ جَلَلٌ ‘Alhamdulillah! Kullu mushiibatin ba’dahu jalalun – segala puji bagi Allah, setelah pasti beliau tidak apa-apa, setiap musibah terasa kecil.’”[18]
Berkenaan dengan perang tersebut tertulis dalam kitab-kitab Tarikh (sejarah).
Hadhrat Zubair meriwayatkan (عن الزبير قال), فرأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم حين ذهب لينهض إلى الصخرة وكان رسول الله صلى الله عليه وسلم قد ظاهر بين درعين فلم يستطع أن ينهض إليها فجلس طلحة بن عبيد الله تحته فنهض رسول الله صلى الله عليه وسلم حتى استوى “RasuluLlah (saw) mengenakan dua pakaian besi pada perang Uhud. Rasul hendak menaiki bukit. Namun disebabkan beban berat pakaian besi ditambah kepala dan wajah beliau yang terluka sehingga beliau menjadi lemah dan tidak dapat memanjat. Hadhrat Rasulullah (saw) meminta Hadhrat Thalhah berlutut (duduk diatas lutut) di bawah bukit kemudian beliau (saw) naik ke bukit dengan menginjakkan kaki diatas tubuh Thalhah. سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول أوجب طلحة Saya (Hadhrat Zubair) mendengar Rasulullah (saw) pernah bersabda, ‘Thalhah telah mewajibkan surga bagi dirinya.’”[19]
Dalam riwayat lain dikatakan, “Salah satu kaki Hadhrat Thalhah lumpuh yang karenanya beliau tidak dapat berjalan dengan baik. Ketika beliau mengangkat Rasulullah (saw), beliau terus berusaha kuat supaya kaki beliau seimbang supaya jangan sampai disebabkan karena kelumpuhannya Rasulullah (saw) menjadi menderita. Setelah itu kelumpuhannya itu hilang untuk selama-lamanya.”
(عن عائشة وأم إسحاق ابنتي طلحة قالتا) Aisyah dan Ummu Ishaq, keduanya putri Hadhrat Thalhah meriwayatkan, جُرِحَ أَبُونَا يَوْمَ أُحُدٍ أَرْبَعًا وَعِشْرِينَ جِرَاحَةً ، وَقَعَ مِنْهَا فِي رَأْسِهِ شَجَّةٌ مُرَبَّعَةٌ ، وَقُطِعَ نَسَاهُ يَعْنِي عِرْقَ النَّسَا ، وَشَلَّتْ إِصْبَعُهُ ، وَسَائِرُ الْجَرَّاحِ فِي سَائِرِ جَسَدِهِ ، وَقَدْ غَلَبَهُ الْغَشْيُ ، وَرَسُولُ اللهِ صَلَّى الله عَلَيه وسَلَّم مَكْسُورَةٌ رَبَاعِيَّتَاهُ ، مَشْجُوجٌ فِي وَجْهِهِ ، قَدْ عَلاَهُ الْغَشْيُ ، وَطَلْحَةُ مُحْتَمِلُهُ ، يَرْجِعُ بِهِ الْقَهْقَرَى ، كُلَّمَا أَدْرَكَهُ أَحَدٌ مِنَ الْمُشْرِكِينَ قَاتَلَ دُونَهُ حَتَّى أَسْنَدَهُ إِلَى الشِّعْبِ. “Pada perang Uhud ayah kami memperoleh 24 luka yang diantaranya luka yang terdapat pada kepala beliau, urat kaki juga terputus, jari beliau lumpuh dan luka-luka tubuh lainnya yang mengakibatkan beliau pingsan. Gigi bagian depan Nabi (saw) patah dan wajah beliau pun terluka. Nabi (saw) pun sempat pingsan. Hadhrat Thalhah menaikkan Nabi (saw) ke atas punggungnya sambil meletakkan kaki kiri ke belakang, dengan tujuan supaya jika mendapati musuh dapat menghadapinya. Berkat sandaran tersebut Rasul dapat menaiki bukit.” (Tabaqatul Kubra)[20]
Ketika Khalid Bin Walid (yang saat itu ialah masih tokoh Kuffar Quraisy Makkah) menyerang pasukan Muslim secara tiba-tiba sehingga menyebabkan pasukan Muslim berpencar. Menggambarkan kejadian itu Hadhrat Mushlih Mau’ud bersabda dengan merujuk pada berbagai rujukan. Kejadian tersebut menampilkan bagaimana keteguhan standar pengorbanan Thalhah yang menakjubkan. Dari kisah sebelumnya pun kita sudah dapat mengetahui standar tersebut.
Namun kisah ini menjelaskan sebagai berikut, Hadhrat Mushlih Mau’ud bersabda: Beberapa sahabat berlari dan berkumpul di sekeliling Rasul yang jumlahnya sekitar 30 orang. Pasukan kuffar menggempur area itu dengan bertubi-tubi, karena di sana terdapat Rasulullah. Satu per satu para sahabat berguguran ketika melindungi Hadhrat Rasulullah.
Selain pasukan berpedang, para pemanah musuh melontarkan banyak sekali anak panah dari arah bukit. Melihat keadaan itu, Hadhrat Thalhah seorang pemuda dari Quraisy dan bergabung dengan muhajirin Makkah, menempatkan tangannya di hadapan wajah Rasul. Anak panah yang terlontar mengenai tangan beliau satu per satu, namun sahabat pemberani itu tidak membiarkan tangannya bergerak. Karena luka parah sehingga tangan beliau menjadi lumpuh sehingga hanya satu tangan yang masih bekerja.
Bertahun-tahun kemudian ketika terjadi perang pada zaman kekhalifahan keempat (Zaman Hadhrat ‘Ali bin Abi Thalib sebagai Khalifah), pihak musuh mengejek Thalhah dengan mengatakan ‘si buntung’. [21]
Mendengar itu sahabat lain berkata, “Memang beliau tangan beliau buntung, namun betapa berkatnya buntungnya beliau. Tahukah kamu bahwa tangannya buntung disebabkan melindungi wajah RasuluLlah (saw)?”
Paska perang Uhud ada yang bertanya kepada Hadhrat Thalhah, “Ketika anak panah menancap di tangan anda, apakah anda tidak merasakan sakit? Apakah keluar suara uph dari mulut anda.”
Thalhah menjawab, “Memang sakit dan ingin juga bersuara ‘uph’, namun saya tidak melakukannya supaya jangan sampai ketika bersuara itu tangan saya menjadi bergerak sehingga anak panah dapat mengenai wajah Rasulullah (saw).”
Pada saat menuju perang Hamra-ul-Asad, Hadhrat Rasulullah berjumpa dengan Hadhrat Thalhah. Rasul bersabda kepada beliau, يا طلحة، سلاحك! “Thalhah! Mana senjatamu?”
Hadhrat Thalhah menjawab, قريباً. “Ada di dekat sini.”
Hadhrat Thalhah pun bergegas mengambil senjatanya padahal saat itu pada dada sbeliau saja sudah terdapat 9 luka bekas perang Uhud. Total luka yang terdapat pada tubuh beliau adalah 70.
Hadhrat Thalhah meriwayatkan, “Saya lebih mengkhawatirkan luka Rasulullah daripada luka saya sendiri.
Rasulullah mendatangi saya dan bertanya, ترى القوم الآن؟ ‘Dimana kamu melihat musuh?’
Saya menjawab, هم بالسيالة ‘Di daerah Siyalah.’
Beliau (saw) bersabda, ذلك الذي ظننت، أما إنهم يا طلحة لن ينالوا منا مثل أمس حتى يفتح الله مكة علينا ‘Saya juga berpikir demikian.’
Hadhrat Rasulullah (saw) bersabda mengenai orang-orang Quraisy, ‘Di masa yang akan datang mereka tidak akan mampu memperlakukan kita seperti kemarin sampai Allah Ta’ala mengizinkan kita menaklukkan kota Makkah kelak.’”[22]
Pada kesempatan perang Tabuk Hadhrat Rasulullah (saw) mendapatkan kabar bahwa sebagian orang-orang Munafik berkumpul di rumah seorang Yahudi bernama Suwailim (سُوَيْلِمٍ الْيَهُودِيِّ). Rumahnya terletak di dekat daerah Jasum yang disebut juga Bi’r Jasim. Ini adalah sebuah sumur milik Abu Haitsam Bin Taihan yang terletak di arah menuju Syam dan di pinggiran kota Ratij. Airnya sangat bagus. Hadhrat Rasulullah (saw) pun pernah meminumnya. Singkat kata, mereka berkumpul di rumah tersebut. Orang-orang Munafikin tersebut mencegah orang-orang supaya tidak berangkat ke Perang Tabuk bersama dengan Hadhrat Rasulullah (saw). فَبَعَثَ إلَيْهِمْ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ طَلْحَةَ بْنَ عُبَيْدِ اللَّهِ فِي نَفَرٍ مِنْ أَصْحَابِهِ، وَأَمَرَهُ أَنْ يُحَرِّقَ عَلَيْهِمْ بَيْتَ سُوَيْلِمٍ، فَفَعَلَ طَلْحَةُ. فَاقْتَحَمَ الضَّحَّاكُ بْنُ خَلِيفَةَ مِنْ ظَهْرِ الْبَيْتِ، فَانْكَسَرَتْ رِجْلُهُ، وَاقْتَحَمَ أَصْحَابُهُ، فَأَفْلَتُوا. Hadhrat Rasulullah (saw) mengutus Hadhrat Thalhah (ra) bersama dengan beberapa orang sahabat lainnya ke sana dan memerintahkan untuk membakar rumah Suwailam. Hadhrat Thalhah (ra) melaksanakan perintah tersebut. Dhahhaak Bin Khulaifah ()kakinya patah pada waktu melarikan diri melalui belakang rumah. Teman-teman lainnya juga melarikan diri.[23]
Hadhrat Ali (ra) meriwayatkan, “Dua telinga saya sendiri mendengar Hadhrat Rasulullah (saw) bersabda, طَلْحَةُ وَالزُّبَيْرُ جَارَايَ فِي الجَنَّةِ ‘Thalhah (ra) dan Zubair (ra) akan menjadi dua tetangga saya di surga.’”[24]
Salah satu diantara orang-orang yang tertinggal pada perang Tabuk adalah Hadhrat Ka’b Bin Malik. Beliau (ra) diboikot. Setelah 40 hari Allah Ta’ala mengabulkan taubat beliau (ra) dan pemberian ampunan ini diumumkan. حَتَّى دَخَلْتُ الْمَسْجِدَ فَإِذَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَالِسٌ حَوْلَهُ النَّاسُ فَقَامَ إِلَيَّ طَلْحَةُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ يُهَرْوِلُ حَتَّى صَافَحَنِي وَهَنَّانِي وَاللَّهِ مَا قَامَ إِلَيَّ رَجُلٌ مِنْ الْمُهَاجِرِينَ غَيْرَهُ وَلَا أَنْسَاهَا لِطَلْحَةَ Ketika beliau (ra) hadir di mesjid di hadapan Hadhrat Rasulullah (saw), Hadhrat Thalhah (ra) menghampiri dan menyalami Hadhrat Ka’ab (ra) serta mengucapkan selamat. Selain Hadhrat Thalhah (ra) tidak ada seorang pun dari majlis waktu itu yang berdiri. Hadhrat Ka’ab (ra) mengatakan, “Saya tidak akan pernah bisa melupakan kebaikan Hadhrat Thalhah (ra) ini.”[25]
Hadhrat Sa’id Bin Zaid (سَعِيدُ بْنُ زَيْدٍ) (ra) meriwayatkan, فَأَشْهَدُ عَلَى التِّسْعَةِ إِنَّهُمْ فِي الْجَنَّةِ وَلَوْ شَهِدْتُ عَلَى الْعَاشِرِ لَمْ إِيثَمْ “Saya memberikan kesaksian mengenai sembilan orang ini bahwa mereka adalah ahli surga, dan jika saya juga memberikan kesaksian mengenai orang yang kesepuluh maka saya tidak akan berdosa.”
Ditanyakan kepada beliau (ra), وَمَنِ التِّسْعَةُ “Bagaimana mungkin seperti itu? Siapa mereka?”
Beliau (ra) menjawab, “Kami bersama Hadhrat Rasulullah (saw) berada di atas bukit Hira. Bukit itu berguncang. Beliau (saw) bersabda, اثْبُتْ حِرَاءُ إِنَّهُ لَيْسَ عَلَيْكَ إِلاَّ نَبِيٌّ أَوْ صِدِّيقٌ أَوْ شَهِيدٌ “Tenanglah wahai Hira! Karena di atasmu sekarang tidak ada yang lain selain Nabi, Shiddiiq dan Syahiid.”
Ditanyakan kepada Hadhrat Sa’id Bin Zaid (ra), وَمَنِ التِّسْعَةُ “Siapakah mereka itu?”, Hadhrat Sa’id (ra) mengatakan, رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم وَأَبُو بَكْرٍ وَعُمَرُ وَعُثْمَانُ وَعَلِيٌّ وَطَلْحَةُ وَالزُّبَيْرُ وَسَعْدُ بْنُ أَبِي وَقَّاصٍ وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ “Rasulullah (saw), Abu Bakr (ra), Umar (ra), Utsman (ra), Ali (ra), Thalhah (ra), Zubair (ra), Sa’d (ra) dan Abdurrahman Bin ‘Auf. Ini adalah kesembilan orang tersebut.”
Ditanyakan kepada beliau (ra), وَمَنِ الْعَاشِرُ فَتَلَكَّأَ هُنَيَّةً “Siapakah yang kesepuluh?”
Hadhrat Sa’id Bin Zaid (ra) terdiam sejenak, kemudian berkata, أَنَا “Itu adalah saya”.[26]
(عن سعيد بن جبير قال:) Hadhrat Sa’id Bin Jubair (ra) meriwayatkan, كان مقام أبي بكر ، وعمر ، وعلي ، وعثمان ، وطلحة ، والزبير ، وسعد ، وعبد الرحمن بن عوف ، وسعيد بن زيد بن عمرو بن نفيل ، كانوا أمام رسول الله صلى الله عليه وسلم في القتال ، وخلفه في الصلاة في الصف ، ليس لأحد من المهاجرين والأنصار يقوم مقام أحد منهم غاب أم شهد. “Kedudukan Hadhrat Abu Bakr (ra), Hadhrat Umar (ra), Hadhrat Utsman (ra), Hadhrat Ali (ra), Hadhrat Thalhah (ra), Hadhrat Zubair (ra), Hadhrat Sa’d (ra), Hadhrat Abdurrahman (ra) dan Hadhrat Sa’id Bin Zaid (ra) adalah, mereka bertempur di medan perang di depan Hadhrat Rasulullah (saw) dan shalat di belakang beliau (saw).”[27]
Hadhrat Jabir Bin Abdullah (ra) meriwayatkan Rasulullah (saw) bersabda, مَنْ سَرَّهُ أَنْ يَنْظُرَ إِلَى شَهِيدٍ يَمْشِي عَلَى وَجْهِ الأَرْضِ فَلْيَنْظُرْ إِلَى طَلْحَةَ بْنِ عُبَيْدِ اللهِ “Siapa yang ingin melihat seorang syahid yang berjalan di muka bumi, maka lihatlah Thalhah Bin ‘Ubaidillah (ra).”[28]
(عَنْ مُوسَى وَعِيسَى ابْنَيْ طَلْحَةَ عَنْ أَبِيهِمَا طَلْحَةَ) Hadhrat Musa Bin Thalhah (ra) dan Hadhrat ‘Isa Bin Thalhah (ra) meriwayatkan dari ayah mereka, Hadhrat Thalhah Bin Ubaidillah (ra), أَنَّ أَصْحَابَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالُوا لِأَعْرَابِيٍّ جَاهِلٍ سَلْهُ عَمَّنْ قَضَى نَحْبَهُ مَنْ هُوَ وَكَانُوا لَا يَجْتَرِئُونَ هُمْ عَلَى مَسْأَلَتِهِ يُوَقِّرُونَهُ وَيَهَابُونَهُ فَسَأَلَهُ الْأَعْرَابِيُّ فَأَعْرَضَ عَنْهُ ثُمَّ سَأَلَهُ فَأَعْرَضَ عَنْهُ “Para sahabat Rasulullah (saw) mengatakan kepada seorang Arab Badui supaya datang ke hadapan Hadhrat Rasulullah (saw) dan menanyakan, ‘man qadha nahbahu’, siapakah yang dimaksud dengan, ‘Orang yang telah memenuhi janjinya’ itu?
Ketika orang Arab Badui ini bertanya kepada beliau (saw), beliau (saw) terdiam. Kemudian ia bertanya lagi, beliau (saw) tetap tidak memberikan jawaban. Ia bertanya lagi, namun ketiga kalinya pun beliau (saw) tetap tidak memberikan jawaban.
ثُمَّ إِنِّي اطَّلَعْتُ مِنْ بَابِ الْمَسْجِدِ وَعَلَيَّ ثِيَابٌ خُضْرٌ فَلَمَّا رَآنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَيْنَ السَّائِلُ عَمَّنْ قَضَى نَحْبَهُ قَالَ الْأَعْرَابِيُّ أَنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ هَذَا مِمَّنْ قَضَى نَحْبَهُ Kemudian saya – Hadhrat Thalhah (ra) – datang dari arah pintu Masjid. Waktu itu saya memakai baju berwarna hijau. Ketika Hadhrat Rasulullah (saw) melihat saya, beliau (saw) bersabda, ‘Manakah orang yang menanyakan mengenai “man qadhaa nahbahuu?”’
Orang Arab Badui itu menjawab, ‘Saya! Ya Rasulullah.’
Beliau (saw) menunjuk ke arah saya dan bersabda, ‘Perhatikanlah! Inilah orang yang telah menjadi penggenapan “man qadhaa nahbahu”.’”[29]
عن معاذ بن عبد الرحمن بن عثمان التيمي عن أبيه عبد الرحمن بن عثمان قال Abdurrahman Bin Utsman meriwayatkan, كنا مع طلحة بن عبيد الله رضي الله عنه ونحن حرم فأهدى له طير وطلحة راقد فمنا من أكل ومنا من تورع فلم يأكل فلما استيقظ طلحة وفق من أكله وقال أكلناه مع رسول الله صلى الله عليه و سلم “Suatu kali kami bersama Hadhrat Thalhah Bin Ubaidillah (ra). Kami mengenakan pakaian Ihram. Seseorang membawa seekor burung sebagai hadiah untuk kami. Hadhrat Thalhah (ra) pada waktu itu sedang tertidur. Beberapa orang diantara kami memakan daging burung tersebut dan sebagiannya lagi menghindar untuk memakannya. Ketika Hadhrat Thalhah (ra) bangun, beliau (ra) sepakat dengan orang-orang yang memakan daging burung tersebut dan berkata, ‘Kami pun dalam keadaan ihram pernah memakan hasil buruan orang lain sementara Nabi (saw) berada di antara kami.’”[30]
(عن نافع عن أسلم مولى عمر) Aslam, seorang budak Hadhrat Umar (ra) yang telah merdeka meriwayatkan, أن عمر أبصر طلحة بن عبيد الله وعليه ثوبان ممشقان “Hadhrat Umar (ra) melihat dua kain berwarna merah tanah pada tubuh Hadhrat Thalhah Bin Ubaidullah padahal beliau sedang ihram.
Beliau (ra) bertanya, ما هذا يا طلحة ‘Wahai Thalhah (ra)! Mengapa kedua baju engkau itu berwarna?’
Hadhrat Thalhah (ra) menjawab, يا أمير المؤمنين إنما هو مدر ‘Amirul Mukminin! Saya memang mewarnainya dengan warna tanah.’
Hadhrat Umar (ra) berkata, إنكم أيها الرهط أيمة يقتدى بكم ولو رآك أحد جاهل قال طلحة يلبس الثياب المصبغة وهو محرم ‘Wahai golongan sahabat! Kalian adalah para imam (teladan, diikuti). Orang-orang akan mengikuti kalian. Jika ada seorang jahil yang melihat engkau memakai dua pakaian ini, ia akan mengatakan, “Thalhah memakai pakaian berwarna padahal dalam keadaan ihram.” Ia akan mengajukan keberatan, bukannya memakai pakaian yang berwarna putih malah memakai pakaian yang berwarna, terlepas dari warna apa pun itu yang engkau gunakan.’”[31]
Dalam riwayat lain terdapat tambahan kalimat bahwa Hadhrat Umar (ra) bersabda, وإن أحسن ما يلبس المحرم البياض فلا تلبسوا على الناس “Pakaian yang terbaik untuk ihram adalah yang berwarna putih supaya tidak menimbulkan keraguan pada orang-orang.”[32]
Diriwayatkan dari Hadhrat Hasan (ra), أن طلحة بن عبيد الله باع أرضا له من عثمان بن عفان بسبعمائة ألف فحملها إليه فلما جاء بها قال “Hadhrat Thalhah Bin Ubaidillah (ra) menjual sebidang tanah miliknya kepada Hadhrat Utsman Bin ‘Affan (ra) seharga 700 ribu dirham. Hadhrat Utsman (ra) membayarnya sejumlah itu. Ketika Hadhrat Thalhah (ra) membawa uang tersebut ke rumahnya maka beliau (ra) berkata, إن رجلا تبيت هذه عنده في بيته لا يدري ما يطرقه من أمر الله العزيز بالله ‘Jika sepanjang malam di sisi seseorang ada harta sebanyak ini maka dia tidak tahu apa yang akan ditaqdirkan oleh Allah Ta’ala terhadap dirinya pada malam itu. Perkara hidup dan mati tidak ada yang tahu.’
فبات ورسله مختلف بها في سكك المدينة حتى أسحر وما عنده منها درهم Oleh karena itu, Hadhrat Thalhah melewati malam tersebut dengan cara utusan beliau (ra) berkeliling di lorong-lorong Madinah untuk membagikan harta tersebut kepada orang-orang yang membutuhkan, hingga pada pagi harinya tidak ada satu dirham pun yang tersisa dari uang tersebut.”[33]
Ibnu Jarir meriwayatkan, “Hadhrat Thalhah (ra) bertemu dengan Hadhrat Utsman (ra) ketika keluar dari mesjid. Hadhrat Thalhah (ra) berkata, قَدْ تَهَيَّأَ مَالُكَ فَاقْبِضْهُ ‘Uang 50 ribu dirham tuan ada pada saya. Sekarang saya telah mendapatkannya. Kirimlah seseorang kepada saya untuk mengambilnya.’”
Yakni, beliau suatu kali telah meminjam uang, sekarang uang itu sudah tersedia, dipersilahkan untuk diambil.
Hadhrat Utsman (ra) berkata kepada beliau, هُوَ لَكَ يَا أَبَا مُحَمَّدٍ مَعُونَةً لَكَ عَلَى مُرُوءَتِكَ. “Dikarenakan jiwa kemanusiaan tuan, saya telah memberikan itu sebagai hadiah untuk tuan.”[34]
Hadhrat Thalhah (ra) syahid pada perang Jamal. Mengenai hal itu terdapat riwayat sebagai berikut. Diriwayatkan dari Qais Bin Abu Hazim (قيس بن أبي حازم), رمى مروان بن الحكم طلحة يوم الجمل في ركبته فجعل الدم يغذو يسيل فإذا أمسكوه استمسك وإذا تركوه سأل قال “Marwan Bin Hakam (مروان بن الحكم) pada perang Jamal memanah lutut Hadhrat Thalhah (ra) maka darah mengalir dari nadi beliau (ra). Ketika beliau (ra) memegangnya dengan tangan maka darahnya berhenti, dan ketika dilepaskan mengalir kembali.
Hadhrat Thalhah (ra) berkata, والله ما بلغت إلينا سهامهم بعد ‘Demi Allah! Setelah ini tidak akan pernah lagi mengalami anak-anak panah orang-orang tersebut.’
Kemudian berkata, دعوه فإنما هو سهم أرسله الله “Abaikanlah luka ini karena panah ini Allah Ta’ala Yang telah mengirimkannya.”[35]
Hadhrat Thalhah Bin Ubaidillah (ra) syahid pada tanggal 10 Jumadits Tsaani 36 Hijriah pada saat perang Jamal. Pada saat pensyahidan beliau berusia 64 tahun. Menurut riwayat lain 62 tahun.
Sa’id Bin Musayyab (سعيد بن المسيب) meriwayatkan, رَجُلا كَانَ يَقَعُ فِي عَلِيٍّ وَطَلْحَةَ وَالزُّبَيْرِ، فَجَعَلَ سَعْدَ بْنَ مَالِكٍ يَنْهَاهُ، وَيَقُولُ: “Ada seseorang yang sedang menjelek-jelekkan Hadhrat Ali (ra), Hadhrat Thalhah (ra) dan Hadhrat Zubair (ra). Hadhrat Sa’ad Bin Malik yakni Hadhrat Sa’d Bin Abi Waqqash (ra) melarangnya dan berkata, لا تَقَعُ فِي إِخْوَانِي ‘Janganlah menjelek-jelekkan saudara-saudaraku.’
فَأَبَى، فَقَامَ سَعْدٌ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ قَالَ: Namun ia tidak menuruti. Hadhrat Sa’d bangkit dan melaksanakan shalat dua rakaat. Setelah itu beliau (ra) berdoa, اللَّهُمَّ إِنْ كَانَ مُسْخِطًا لَكَ فِيمَا يَقُولُ فَأَرِنِي بِهِ آفَةً، وَاجْعَلْهُ آيَةً لِلنَّاسِ، ‘Ya Allah! Jika hal yang dikatakan orang ini menjadi penyebab kemurkaan Engkau, maka turunkanlah suatu bencana kepada orang itu di hadapan hamba dan jadikanlah itu sebagai ibroh (pelajaran) bagi orang-orang.’
فَخَرَجَ الرَّجُلُ فَإِذَا هُوَ بِبَخْتِيٍّ يَشُقُّ النَّاسَ، فَأَخَذَهُ بِالْبَلاطِ فَوَضَعَهُ بَيْنَ كَرْكَرَتِهِ وَالْبَلاطِ فَسَحَقَهُ حَتَّى قَتَلَهُ Pendek kata, orang itu keluar lalu berhadapan dengan unta yang suka mencabik-cabik manusia. Unta itu mencengkeram orang tersebut di suatu tempat yang berbatu dan meletakkan orang itu diantara dadanya dan tanah lalu menggilasnya hingga mati.
Perawi mengatakan, “Saya melihat orang-orang berkata di belakang Hadhrat Sa’d, هَنِيئًا لَكَ أَبَا إِسْحَاقَ أُجِيبَتْ دَعْوَتُكَ ‘Wahai Abu Ishaq! Selamat untuk anda! Doa anda telah dikabulkan.’”[36]
Ali Bin Zaid meriwayatkan dari ayahnya, ويُروى أَنّ رجلًا رأى طلحة في رؤية بعد وفاته يقولَ له seseorang melihat Hadhrat Thalhah (ra) yang telah wafat di dalam mimpi, yang mana beliau (ra) berkata, حَوِّلُونِي عَنْ قَبْرِي، فَقَدْ آذَانِي الْمَاءُ “Pindahkan kuburanku ke tempat lain. Aliran air di sana sangat membuatku menderita.” Demikianlah orang itu melihat lagi beliau (ra) dalam mimpi untuk kedua kalinya. Singkatnya, tiga kali berturut-turut ia melihat mimpi seperti itu. Orang itu lalu datang kepada Ibnu Abbas dan menceritakan kepada beliau mimpinya. Ketika orang-orang pergi ke kuburan beliau, mereka melihat bagian tubuh beliau yang terbenam dengan tanah menjadi hijau karena adanya air. Mereka lalu mengeluarkan Hadhrat Thalha (ra) dari makam beliau dan menguburkannya di tempat lain.
Perawi mengatakan, فَكَأَنِّي أَنْظُرُ إِلَى الْكَافُورِ بَيْنَ عَيْنَيْهِ لَمْ يَتَغَيَّرْ إِلا عَقِيصَتُهُ فَإِنَّهَا مَالَتْ عَنْ مَوْضِعِهَا “Sekarang pun saya seolah-olah melihat kapur barus yang dipakaikan di kedua matanya. Sama sekali tidak ada perubahan yang terjadi padanya. Hanya pada rambutnya ada sedikit perubahan, yaitu sudah terlepas dari tempatnya.”[37]
Orang-orang membeli salah satu rumah keluarga Hadhrat Abu Bakrah (آلِ أَبِي بَكْرَةَ) seharga 10 ribu dirham dan di dalam rumah itu Hadhrat Thalhah (ra) dikuburkan.[38]
Hadhrat Thalhah Bin Ubaidillah (ra) memiliki hasil pertanian dari tanah-tanah di Irak senilai 400-500 ribu dirham. Beliau (ra) juga memperoleh hasil dari tanah-tanah di berbagai tempat di daerah Saraah, daerah pegunungan yang disebut juga Jabal As-Saraah. Ia merupakan rangkaian pegunungan mirip sebuah pulau di sebelah barat Jazirah Arab yang membentang dari utara ke selatan, dari sana beliau mendapatkan hasil pertanian senilai 10 ribu dinar. Dari tanah lainnya juga beliau mendapatkan hasil pertanian.
Tidak ada seorang miskin pun di kalangan Banu Taim yang tidak pernah memperoleh manfaat dari kekayaan beliau. Tidak ada janda-janda di kalangan mereka yang menikah lagi tanpa bantuan harta beliau. Tidak ada pula orang-orang yang kesulitan diantara mereka yang tidak beliau bantu. Maksudnya, beliau (ra) membantu orang-orang miskin dan orang-orang yang berhutang dengan membayarkan semua hutang di antara mereka. Selain itu, setiap tahun ketika beliau (ra) mendapatkan penghasilan dari hasil pertanian, beliau (ra) mengirimkan 10 ribu dirham kepada Hadhrat Aisyah (ra).[39]
Hadhrat Muawiyyah (ra) bertanya kepada Musa Bin Thalhah bin Ubaidullah (موسى بن طلحة), كم ترك أبو محمد يرحمه الله من العين “Berapa harta yang ditinggalkan oleh Abu Muhammad, yakni Hadhrat Thalhah Bin Ubaidillah (ra)?”
Beliau menjawab, ترك ألفي ألف درهم ومائتي ألف درهم ومائتي ألف دينار “2.200.000 (dua juta dua ratus ribu) dirham dan 200.000 dinar.” Seluruh harta beliau dihasilkan dari pertanian yang berasal dari banyak lahan.[40]
Sebagai mana telah saya sampaikan, Hadhrat Thalhah bin UbaiduLlah (ra) syahid pada perang Jamal. Rincian mengenai hal ini insya Allah akan disampaikan pada kesempatan yang akan datang karena rinciannya memerlukan pembahasan yang terpisah, sehingga beberapa pertanyaan yang muncul di benak kita bisa didapatkan jawabannya. Insya Allah saya akan sampaikan pada kesempatan yang akan datang.
Sekarang, sebagaimana telah disampaikan pada jum’at yang lalu mengenai wabah yang sedang menyebar akhir-akhir ini, yaitu virus corona. Hendaknya untuk itu terus dilakukan upaya kehati-hatian dan ketika datang ke mesjid datanglah dengan berhati-hati. Jika menderita demam dan lain sebagainya, sakit-sakit yang ringan pada tubuh, janganlah pergi ke tempat-tempat umum. Hindarkanlah diri sendiri dan juga orang lain. Berikanlah banyak perhatian pada doa-doa, semoga Allah Ta’ala menyelamatkan dunia dari bala bencana.
Khotbah II
اَلْحَمْدُ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنُؤْمِنُ بِهِ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْهِ
وَنَعُوْذ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا
مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلَا هَادِيَ لَهُ –
وَنَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَنَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ‑
عِبَادَ اللهِ! رَحِمَكُمُ اللهُ!
إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِى الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ
يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذكَّرُوْنَ –
أُذكُرُوا اللهَ يَذكُرْكُمْ وَادْعُوْهُ يَسْتَجِبْ لَكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ
Penerjemah:
Mln. Mahmud Ahmad Wardi, Syahid (London, UK) dan Mln. Muhammad Hasyim; Editor:
Dildaar Ahmad Dartono.
[1] Al-Isti’aab fi Ma’rifatil Ash-haab (الاستيعاب في معرفة الأصحاب) karya Abu Umar Yusuf bin ‘Abdullah bin Muhammad bin ‘Abdul Barr bin ‘Ashim An-Namari al-Qurthubi (أبو عمر يوسف بن عبد الله بن محمد بن عبد البر بن عاصم النمري القرطبي) (lahir 978 w. 1071). Beliau berasal dari Negara Spanyol dan dari Kabilah Namir bin Qasith yang merupakan salah satu kabilah dari negeri Arab. Beliau tumbuh dan berkembang di kota Cordova (Qurthubi ialah pengArab-an dari Cordova) yang merupakan ibu kota negara Spanyol pada waktu itu.
[2] Mustadrak ‘alash Shahihain bab (ذكر مناقب طلحة بن عبيد الله التيمي رضي الله عنه) dan ath-Thabaqaat al-Kubra karya Muhammad ibnu Sa’d: لما تحين رسول الله صلى الله عليه وسلم فصول عير قريش من الشام بعث طلحة بن عبيد الله وسعيد بن زيد بن عمرو بن نفيل قبل خروجه من المدينة بعشر ليال يتحسبان خبر العير فخرجا حتى بلغا الحوراء فلم يزالا مقيمين هناك حتى مرت بهما العير وبلغ رسول الله صلى الله عليه وسلم الخبر قبل رجوع طلحة وسعيد إليه فندب أصحابه وخرج يريد العير فساحلت العير وأسرعت وساروا الليل والنهار فرقا من الطلب وخرج طلحة بن عبيد الله وسعيد بن زيد يريدان المدينة ليخبرا رسول الله صلى الله عليه وسلم خبر العير ولم يعلما بخروجه فقدما المدينة في اليوم الذي لاقى فيه رسول الله صلى الله عليه وسلم النفير من قريش ببدر فخرجا من المدينة يعترضان رسول الله صلى الله عليه وسلم فلقياه بتربان فيما بين ملل والسيالة على المحجة منصرفا من بدر فلم يشهد طلحة وسعيد الوقعة فضرب لهما رسول الله صلى الله عليه وسلم بسهامهما وأجورهما في بدر فكانا كمن شهدها
[3] Sunan at-Tirmidzi.
[4] ath-Thabaqaat al-Kubra karya Muhammad ibnu Sa’d, bab mengenai (ذِكْرُ إِسْلاَمِ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَخْبَرَنا مُحَمَّدُ بْنُ عُمَرَ قَالَ حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ صَالِحٍ).
[5]Mustadrak bab (ذكر مناقب طلحة بن عبيد الله التيمي رضي الله عنه); ath-Thabaqaat al-Kubra karya Muhammad ibnu Sa’d.
[6] ath-Thabaqaat al-Kubra karya Muhammad ibnu Sa’d.
[7] Dalaa-ilun Nubuwwah (Dalil-Dalil kebenaran kenabian) atau (دلائل النبوة ومعرفة أحوال صاحب الشريعة 1-7 مع الفهارس ج7) karya Imam al-Baihaqi (أبي بكر أحمد بن الحسين بن علي/البيهقي).
[8] At-Taarikh ash-Shaghiir (التاريخ الصغير) atau juga dinamai At-Taarikh al-Ausath (التاريخ الأوسط) karya Imam al-Bukhari (البخاري), bab mereka yang wafat setelah zaman ‘Utsman (ذكر من مات بعد عثمان في خلافة علي رضى الله تعالى عنهما). Tercantum juga dalam Kitab Mawaarid azh-Zham-aan li Duruusiz Zamaan (موارد الظمآن لدروس الزمان) karya Abdul Aziz bin Muhammad Salmaan (عبد العـزيز بن محمد السلمان), pasal contoh kesabaran Thalhah (نَمَاذِج مِنْ صَبْرِ طَلْحَةِ بن عُبَيْدِ اللهِ:).
[9] ath-Thabaqaat al-Kubra karya Muhammad ibnu Sa’d.
[10] Kanzul ‘Ummal nomor 30723: كان رسول الله صلى الله عليه و سلم مقدمه المدينة مهاجرا قد آخى بين المهاجرين والأنصار يتوارثون دون ذوي الأرحام حتى نزلت آية الفرائض { وأولوا الأرحام بعضهم أولى ببعض في كتاب الله } فآخى بين طلحة بن عبيد الله وبين أبي أيوب خالد بن زيد
[11] ath-Thabaqaat al-Kubra karya Muhammad ibnu Sa’d: لما هاجر طلحة بن عبيد الله إلى المدينة نزل على أسعد بن زرارة
[12] Al-Ishabah (الإصابة في تمييز الصحابة – ج 3 – الزارع – ظالم – 2769 – 4326);
حجة الله على العالمين في معجزات سيد المرسلين صلى الله عليه وسلم
Oleh يوسف بن إسماعيل/النبهاني
[13] Usdul Ghaabah (أسد الغابة – ابن الأثير – ج ٣ – الصفحة ٥٩); juga dalam al-Bidayah wan Nihaayah (البداية والنهاية/الجزء السابع/فصل في ذكر أعيان من قتل يوم الجمل).
[14] ath-Thabaqaat al-Kubra karya Muhammad ibnu Sa’d.
[15] Kanzul ‘Ummal: 30049 – عن سعد بن عبادة قال : بايع رسول الله صلى الله عليه و سلم عصابة من أصحابه على الموت يوم أحد حتى انهزم المسلمون فصبروا وكرموا وجعلوا يسترونه بأنفسهم يقول الرجل منهم : نفسي لنفسك الفداء يا رسول الله وجهي لوجهك الوقاء يا رسول الله وهم يحمونه ويقونه بأنفسهم حتى قتل منهم من قتل وهم أبو بكر وعمر وعلي والزبير وطلحة وسعد وسهل بن حنيف وابن أبي الأفلح والحارث بن الصمة وأبو دجانة والحباب بن المنذر
[16] ath-Thabaqaat al-Kubra karya Muhammad ibnu Sa’d.
[17] As-Sirah al-Halabiyyah.
[18] Kitab al-Maghazi karya Muhammad bin Umar al-Waqidi. Tercantum juga di dalam Tarikh Madinah Dimashq (تاريخ مدينة دمشق 1-37 ج14); Syarh Nahjul Balaghah (شرح نهج البلاغة – ج١٤) karya Ibnu Abil Hadid (– ابن ابي الحديد) dan Imta’ul Asma (إمتاع الأسماع – ج 1).
[19] Ath-Thabaqaat al-Kubro karya Ibnu Sa’d; Al-Mustadrak ‘alash Shahihain (المستدرك على الصحيحين) karya Imam Naisaburi (محمد بن عبد الله أبو عبد الله الحاكم النيسابوري).
[20] Ath-Thabaqaat al-Kubro karya Ibnu Sa’d. Hadhrat Thalhah bin Ubaidullah mempunyai 10 istri (tentu di selang waktu yang berbeda atau bukan satu waktu), 11 putra dan 4 putri. Istri-istri beliau ialah Hamnah binti Jahsy (حمنة بنت جحش, janda Mush’ab bin Umair), Khaulah binti Qaqa’ (خولة بنت القعقاع) janda Abul Jahm, Ummu Aban binti ‘Utbah bin Rabi’ah bin ‘Abdu Syams yang juga janda (أُمّ أبان بنت عُتْبة بن ربيعة بن عبد شمس), Ummu Kultsum binti Abu Bakr ash-Shiddiq (أم كلثوم بنت أبي بكر الصديق), Su’da binti ‘Auf bin Kharijah (سعدى بنت عوف بن خارجة), Ummul Harits binti Qasamah bin Hanzhalah (أمّ الحارث بنت قسامة بن حنظلة), dua wanita yang disebut Ummu Walad (أمّ ولد), al-Far’ah binti ‘Aliyy (الفَرْعة بنت عليّ), al-Fari’ah binti Abu Sufyan (الفارعة بنت أبي سفيان) atau (الرفاعة بنت أبي سفيان) dan Ruqayyah binti Abu Umayyah (رقية بنت أبي أمية) atau Qaribah binti Abu Umayyah (قريبة بنت أبي أمية). Putra-putra beliau (ra): Muhammad (محمد) dan ‘Imran (عمران) putra Hamnah, Musa (موسى) putra Khaulah binti Qaqa’, Ya’qub (يعقوب), Isma’il (إسماعيل) dan Ishaq (إسحاق) putra Ummu Aban binti ‘Utbah, Zakaria (زكريا) dan Yusuf (يوسف) keduanya putra Ummu Kultsum binti Abu Bakr, Yahya (يحيى) dan ‘Isa (عيسى) putra Su’da binti ‘Auf bin Kharijah serta Shalih (صالح). Putri-putri beliau (ra): Ummu Ishaq (أم إسحاق) putri Ummul Harits, ia salah satu istri Hadhrat Imam Hasan bin Ali (ra) dan ketika Imam Hasan wafat, Ummu Ishaq dinikahi oleh Imam Husain, ‘Aisyah (عائشة) putri Ummu Kultsum binti Abu Bakr, Shu’bah (الصعبة) dan Maryam (مريم) putri Ummu Walad.
[21] Perang Jamal terjadi pada sekitar tahun 656 di dekat Bashrah, (wilayah Iraq sekarang). Perang terjadi antara pasukan yang mengikuti Aisyah, Thalhah dan Zubair yang datang dari Makkah melawan pasukan yang mengikuti Hadhrat Khalifah Ali bin Abi Thalib yang datang dari Madinah dan Kufah. Meski perang ini dimenangkan oleh Hadhrat Ali (ra) dan jumlah pasukan beliau lebih sedikit namun kejadian ini amat disesalkan oleh beliau dan juga pihak Aisyah. Pasukan yang kalah diperlakukan dengan hormat dan Hadhrat Ali (ra) memilih saudara Aisyah, Muhammad bin Abu Bakr yang disertai para pengawal wanita berpakaian prajurit untuk mengantar Aisyah pulang ke Makkah. Sebelum perang, dialog dan surat-menyurat terkait bagaimana menegakkan penghukuman terhadap para pemberontak di zaman Khalifah Utsman berakhir dengan damai dan positif. Namun, kaum perusuh dari golongan munafik dibawah Jabalah dan Abdullah bin Saba’ yang terlibat dalam pemberontakan terhadap Khalifah Utsman mengadu kedua pasukan. Pada dini hari menjelang pagi mereka membelah diri menjadi dua golongan dan saling menyerang dari arah berbeda dari perkemahan tersebut hal mana memancing kedua pasukan untuk saling menyerang karena mengira diserang. Dua sahabat awalin, Zubair bin Awwam dan Thalhah syahid dalam perang ini.
[22] Kitab al-Maghazi karya Muhammad bin Umar al-Waqidi.
[23] As-Sirah an-Nabawiyah karya Ibnu Hisyam.
[24] Sunan at-Tirmidzi, kitab tentang Manaqib (سنن الترمذي/كتاب المناقب/6); (تاريخ مدينة دمشق – ج 25 – طغتكين منصور – عامر بن عبد الله); (مرقاة المفاتيح شرح مشكاة المصابيح – ج 11 – تابع الفضائل والشمائل – المناقب)
[25] Shahih al-Bukhari, Kitab al-Maghazi (كتاب المغازى), bab penceritaan Ka’b bin Malik (بَاب حَدِيثُ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ وَقَوْلُ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ {وَعَلَى الثَّلَاثَةِ الَّذِينَ خُلِّفُوا}), nomor 4418.
[26] Sunan Abi Dawud (سنن أبي داود), (كتاب السنة), (باب شَرْحِ السُّنَّةِ).
[27] Fadhail ash-Shahaabah karya Imam Ahmad ibn Hanbal (فضائل الصحابة لأحمد بن حنبل), nomor 439; Usdul Ghaabah (أسد الغابة في معرفة الصحابة 1-8 مع الفهارس ج2).
[28] Kanzul ‘Ummal (كنز العمال – ج 11) dan silsilah Hadits Shahih (سلسلة الأحاديث الصحيحة – مرتبة على الأبواب الفقهية).
[29] Sunan at-Tirmidzi atau Jami’ at-Tirmidzi (جامع الترمذي), (كتاب تفسير القرآن عن رسول الله صلى الله عليه وسلم), nomor 3203.
[30] Musnad Ahmad bin Hanbal (مسند أحمد بن حنبل/المجلد الأول/مسند أبي محمد طلحة بن عبيد الله); (جامع المسانيد والسنن – ج 6).
[31] Ath-Thabaqaat al-Kubro karya Ibnu Sa’d.
[32] Ath-Thabaqaat al-Kubro karya Ibnu Sa’d.
[33] Ath-Thabaqaat al-Kubro karya Ibnu Sa’d.
[34] Tarikh ath-Thabari (تاريخ الطبري نویسنده : الطبري، ابن جرير جلد : 3 صفحه : 433).
[35] Ath-Thabaqaat al-Kubro karya Ibnu Sa’d. Di dalam Siyar a’lamin Nubala (سير أعلام النبلاء) karya Adz-Dzahabi (الذهبي) disebutkan bahwa setelah Marwan bin Hakam menembak Thalhah bin Ubaidullah dan membunuhnya, Marwan bin Hakam berkata kepada Aban putra ‘Utsman bin ‘Affan: قد كفيناك بعض قتلة أبيك “Telah kutunaikan pembalasan atas sebagian yang mendukung pembunuhan ayahmu.” Tampaknya, Marwan terpengaruh fitnah yang menyebar pada saat pemberontak dari Kufah, Bashrah dan Mesir mendatangi Madinah, mengepung rumah Khalifah ‘Utsman selama lebih dari sebulan dan membunuh beliau (ra). Fitnah tersebut ialah ucapan para pemberontak yang seolah-olah didukung sebagian tokoh Sahabat dalam tindakan mereka. Marwan bin Hakam bin Abul ‘Ash bin Umayyah ialah sepupu Khalifah ‘Utsman bin ‘Affan bin Abul ‘Ash bin Umayyah. Dia ikut rombongan ‘Aisyah, Thalhah dan Zubair dari Makkah ke arah Bashrah namun ketika terjadi perang dengan pasukan Ali dan pasukan mereka terdesak, ia malah menyasar Thalhah.
[36]
Tarikh Baghdad madinah as-salaam (sejarah Baghdad, kota
perdamaian) atau (تاريخ مدينة السلام
وأخبار مُحَدِّثيها وذكر قُطَّانِها العلماء من غير أهلها ووارديها) karya Abu Bakr Ahmad bin `Ali bin Tsabit bin Ahmad bin
Mahdi al-Shafi`i (أبو بكر أحمد بن علي بن ثابت بن أحمد بن مهدي),
lebih dikenal sebagai al-Khatib
al-Baghdadi (bahasa Arab: الخطيب البغدادي) (khatib dari Baghdad)
(10 Mei 1002 – 5 September
1071; 392 AH-463 AH), adalah seorang ulama ahli hadis dan sejarawan. Salah satu riwayat
menyatakan ia memiliki lebih dari 80 judul buku.
[37] Siyaar as-Salafush Shalihin (سير السلف الصالحين) karya Isma’il bin Muhammad al-Ishbahani ( الأصبهاني، إسماعيل بن محمد).
[38] Siyaar as-Salafush Shalihin (سير السلف الصالحين) karya Isma’il bin Muhammad al-Ishbahani
[39] Ath-Thabaqaat al-Kubro karya Ibnu Sa’d: كان طلحة بن عبيد الله يغل بالعراق ما بين أربعمائة ألف إلى خمسمائة ألف ويغل بالسراة عشرة آلاف دينار أو أقل أو أكثر وبالأعراض له غلات وكان لا يدع أحدا من بني تيم عائلا إلا كفاه مؤونته ومؤونة عياله وزوج أياماهم وأخدم عائلهم وقضى دين غارمهم ولقد كان يرسل إلى عائشة إذا جاءت غلته كل سنة بعشرة آلاف
[40] Ath-Thabaqaat al-Kubro karya Ibnu Sa’d: وكان ماله قد اغتيل كان يغل كل سنة من العراق مائة ألف سوى غلاته من السراة وغيرها ولقد كان يدخل قوت أهله بالمدينة سنتهم من مزرعة بقناة كان يزرع على عشرين ناضحا وأول من زرع القمح بقناة هو فقال معاوية عاش حميدا سخيا شريفا وقتل فقيرا رحمه الله