Setelah kenabian, Khilafah adalah lembaga terpenting dalam Islam. Para Khalifah pada dasarnya diangkat oleh Tuhan melalui petunjuk-Nya. Meski sempat hilang, kini Khilafah telah ditegakkan kembali seperti yang dinubuatkan oleh Nabi Muhammad saw. Selengkapnya

Khilafat menurut Alquran

Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman dari antara kamu dan berbuat amal shaleh, bahwa Dia pasti akan menjadikan mereka itu khalifah di bumi” more

Khilafat menurut Hadits

“Kenabian akan tetap berada diantara kalian selama Allah menghendaki. Kemudian akan berlaku masa khilafah yang mengikuti jejak kenabian.” more

Khilafah Rasyidah

Keempat penerus setelah Nabi Muhammad saw yang  dikenal sebagai “Khalifah Rasyidah”.

Abu Bakar Siddiq ra

Dalam masa sekitar sekitar dua tahun, Kekhilafahan Abu Bakar ra berhasil mempertahankan kesatuan umat Islam setelah kewafatan Rasulullah saw.

Umar bin Khattab ra

Dengan membentuk sebuah badan penasihat dan pertimbangan bagi Khalifah dan membagi negara Islam menjadi provinsi-provinsi, Hazrat Umar bin Khattab mendirikan sistem administrasi dan pemerintahan Islam yang efektif.

Usman bin Affan ra

Sebagai Khalifah, Hazrat Utsman bin Affan, mengawasi proses produksi  dan penyebaran Alquran di seluruh negara Muslim. Beliau juga mengeluarkan banyak kekayaan pribadinya untuk memajukan  Islam.

Ali bin Abi Thalib ra

Sepupu dan menantu Nabi Suci saw, Hazrat Ali bin Abi Talib berusaha membangun perdamaian setelah pembunuhan Khalifah Usman.

Khilafah Ahmadiyah

Penerus Masih Mau’ud (as) yang dikenal sebagai “Khilafat Ahmadiyah”

Hazrat Hakim Nuruddin ra

Seperti halnya Hazrat Abu Bakar, Hazrat Nuruddin menghimpun persatuan setelah kewafatan Masih Mau’ud

Hadhrat Mirza Basyiruddin Mahmud Ahmad ra

Hazrat Mahmud Ahmad, yang juga dikenal sebagai Muslih Mau’ud, melakukan banyak kemajuan dalam administrasi Jamaah Ahmadiyah.

Hadhrat Mirza Nasir Ahmad ra

Sebagai Khalifah, Hazrat Nasir Ahmad menujukkan kepemimpinan dan bimbingan yang hebat ketika Pakistan menyatakan bahwa Ahmadiyah adalah non-Muslim.

Hadhrat Mirza Tahir Ahmad ra

Selain pencapaiannya yang luar biasa, Hazrat Tahir Ahmad meluncurkan jaringan televisi satelit Muslim pertama.

Hadhrat Mirza Masroor Ahmad ra

Sebagai Khalifah saat ini, Hazrat Masroor Ahmad membimbing Ahmadiyah melalui masa-masa skeptisisme dan permusuhan global yang besar terhadap Islam.

(Visited 1,645 times, 1 visits today)