Pidato Ludhiana

pidato ludhiana

Judul: Pidato Ludhiana
Penulis: Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad
Penerjemah: Mln. Athaul Ghalib Yudi Hadiana
Edisi: Cetakan 1, Agustus 2018
Penerbit: Neratja Press
ISBN: 978-602-0884-29-5

Isi Buku Pidato Ludhiana

Pidato ini disampaikan oleh Hazrat Mirza Ghulam Ahmad pada tanggal 4 November 1905 di Ludhiana. Ludhiana adalah tempat di mana pertam akali fatwa kafir ditetapkan bagi Hazrat Mirza Ghulam Ahmad. Kini beliau datang ke tempat itu untuk memberikan pidato untuk menegaskan kepada orang-orang bahwa kini situasi sudah berbalik.

Setelah datang ke tempat ini, kata beliau, beliau hanya ditemani oleh beberapa orang saat beliau pergi dari sana dan di mana-mana terdengar suara-suara yang meneriakkan beliau kafir dan dajjal. Saat itu orang-orang berpikir bahwa mereka dapat membubarkan Ahmadiyah dan menghapuskannya dari muka bumi. Banyak usaha dikerahkan untuk tujuan ini dan banyak konspirasi yang dibuat. Sebuah fatwa ditulis dan disampaikan ke berbagai tempat di India untuk menunjukkan bahwa beliau adalah seorang kafir.

Namun beliau berkata bahwa sekarang beliau bisa melihat mereka yang memanggil beliau kafir sudah tidak ada lagi tetapi beliau masih hidup dan anggota Jamaah beliau telah bertambah.

Pidato ini sebagian besar diperuntukkan bagi orang-orang Islam dan di dalamnya beliau menyatakan bahwa keyakinan beliau sama dengan yang Islam ajarkan dan beliau juga membuktikan kewafatan Nabi Isa – dan beliau melakukannya dengan bukti-bukti yang dikutip dari Al-Qur’an, Sunnah dan Hadits dan argumentasi intelektual.

Beliau juga mengatakan kepada umat Islam bahwa tidak benar bahwa Islam disebarkan dengan ujung pedang dan ini merupakan kehinaan bagi agama yang agung ini. Mereka harus ingat, kata beliau bahwa Islam telah memenangkan hati orang-orang dengan ajarannya yang indah dan melalui kasih sayang diperoleh manusia dengan mengikuti perintah-perintahnya dan kasih ini tetap akan diperoleh oleh manusia. Inilah bukti nyata bahwa nabi kita yang mulia Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah nabi yang hidup.

Buku Lainnya